Home » » Bentang alam Australia dan New Zealand
Tuesday, 29 September 2009

Bentang alam Australia dan New Zealand

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 29 September 2009

BENTANG ALAM AUSTRALIA
A. Pembagian Daerah
Menurut lingkungan alamnya atau tinggi rendahnya, tanah Australia dapat di bagi menjadi tiga daerah, yaitu bagian timur, tengah, dan barat.

1). Bagian Timur
Bagian timur merupakan deretan tanah pegunungan yang disebut The Great Dividing Range, terdiri atas plato, dataran tinggi, bukit, dan gunung, diantaranya Pegunungan Biru dan Alpen Australia atau Snowy Mountain. Daerah ini banyak terjadi hujan karena pengaruh angin pasat tenggara. Lereng The Great Dividing Range merupakan daerah pertanian, pada kawasan ini hujan turun sedikit sekali, sehingga sering menimbulkan masalah kekeringan. Akan tetapi, pemerintah Australia telah berupaya mengatasi kekurangan air dengan irigasi modern yang diberi mana Snowy Mountain Hydro-Electric Scheme sumbernya dari Snowy River.
2). Bagian Tengah
Bagian Tengah merupakan dataran rendah yang disebut Great Artesian Basin, terdiri atas danau dan rawa. Permukaan air di Danau Eyre tingginya lebih kurang 12 m dibawah permukaan laut atau merupakan daerah depresi kontinen. Dengan adanya usaha pengadaan air irigasi, daerah ini sudah memiliki lebih kurang 2500 buah sumur bos artesis yang dipakai untuk mengairi padang rumput. Sekarang daerah ini merupakan daerah padang rumput yang luas dan baik. Jauh di sebelah selatannya antara sungai Lachlan dan sungai Murray, terdapat daerah pertanian dan peternakan yang terkaya di Australia.

3). Bagian Barat
Bagian barat merupakan plato atau dataran tinggi. Daerah plato ini terdiri atas stepa dan gurun pasir yang kering.

Dibagian tengah dari gurun ada beberapa lapisan tanah yang terangkat keatas, diantaranya yang terkenal adalah Ayers Rock/Uluru yang berupa tiang-tiang batu raksasa dengan luas alas nya lebih kurang 9 km persegi dan menjulang keatas setinggi 335 m, terletak ditengah-tengah Benua Australia daerah Northern Territory.

Ayers Rock merupakan salah satu tempat yang istimewa, hal ini di karena kan sebagai berikut :
¤ Uluru (Ayers Rock) dapat berubah warna kebiru-biruan pada waktu matahari terbenam.
¤ Uluru dianggap daerah yang sangat keramat bagi suku Aborigin.
¤ Uluru merupakan salah satu tempat pariwisata yang terkenal di wilayah utara, memberi pemasukan lebih kurang 104 juta US $ setiap tahunnya.


BENTANG ALAM NEW ZEALAND
Bentang alam New Zealand terbagi menjadi Pulau Utara dan Pulau Selatan.

A. Pulau Utara
Secara alami dapat dibagi tiga wilayah utama, antara lain :

1). Semenanjung Utara dan Lembah Sungai Waikoto berada dibagian utara pulau, daerahnya berhutan dan merupakan dataran rendah.
2). Daerah bukit barat terletak di separuh bagian barat Pulau Utara, terdiri atas batuan vulkanik dan terdapat plato besar tertutup batu apung dan sejumlah gunung api yang aktif.
3). Daerah perbukitan timur terletak di bagian timur pulau. Wilayah ini subur dan digunakan untuk pengembalaan dan pertanian.

B. Pulau Selatan
Secara alami juga dapat dibagi menjadi tiga wilayah utama, yakni sebagai berikut :
1). Pegunungan Alpen Selatan dan dataran tinggi yang menyebar di banyak bagian pulau.
2). Dataran Canterbury merupakan dataran paling luar di New Zealand, terletak di sepanjang pantai tengah bagian timur dan memiliki sungai-sungai besar.
3). Plato dan Lembah Otago terletak di ujung tenggara pulau. Pulau-pulau kecil Stewart memiliki hutan yang lebat untuk swaka margasatwa.

Kepulauan New Zealand memang merupakan ujung dari deretan Pegunungan Sirkum Pasifik. Jadi, mempunyai banyak gunung api yang masih aktif. Puncak tertinggi Mount Cook (3764 m) terletak di Pulau Selatan.
mount cook.jpg
------------------------------------------
Apabila tulisan di atas bermanfaat.
Silahkan download..!

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment