Wednesday, 9 November 2011

Bintang dan Rasi Bintang

Klik untuk memperbesar dan mengcopy gambar
Saya ingin memberi sedikit pengetahuan saya kepada sobat semua tentang bintang dan rasi bintang. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa lukisan malam sang pencipta sangatlah indah, dengan hamparan bintang-gemintang di langit malam yang gelap. Bintang adalah benda langit yang memancarkan sinarnya sendiri. Sifat tersebut yang membedakan bintang dengan planet. Sekumpulan bintang yang apabila digabung-gabungkan akan mempunyai bentuk tertentu disebut rasi bintang. Ilmu untuk menyelidiki cakrawala (bintang-bintang dilangit) disebut Astronomi.

Bintang-bintang yang tampak apada malam hari adalah benda yang tidak jauh berbeda dengan matahari, karena jaraknya jauh cahayanya lemah dan tampak kecil. Matahari juga sebuah bintang. Bintang yang terdekat dengan bumi kita. Banyak bintang yang lebih besar dari matahari, dan juga yang lebih kecil. Bintang nampak kecil karena amat jauh dari kita. Bintang-bintang tempatnya yang satu terhadap yang lain tampak tak berubah. Rasi Bintang diberi nama untuk memudahkan pengenalannya.



Gubug Penceng, merupakan segugus bintang yang terdiri dari empat buah bintang yang menyusun gugus tertentu bentuknya menyerupai dangau (gubug) dan letaknya condong (penceng). Rasi bintang gubug penceng disebut juga Rasi Bintang Pari. Rasi bintang ini dijadikan pedoman arah selatan.
Rasi bintang Waluku (orion), merupakan rasi bintang yang lain, dan dapat dipergunakan untuk pedoman menunjukkan arah barat. 
Disebelah tenggara tampak bintang-bintang yang berkelompok membentuk gambar kalajengking, disebut rasi bintang kalajengking (scorpion)
Disebelah utara kadang-kadang terlihat rasi bintang Biduk atau rasi bintang beruang besar.
Demikianlah pengetahuan saya  tentang bintang dan rasi bintang. Semoga Bermanfaat..!!
Artikel ini berjudul Bintang dan Rasi Bintang. Buruan ngomong di kotak komentar yang ada di bawah ini ya..!
Liat aja kalo elu gak komen di Mungkin Blog, gw tunggu di Pekanbaru. Ayo sini..!! Awas lu ya..!!!
Comments
2 Comments

2 comments:

  1. waahh..informasi Bagus nich Mbak Iva...terima kasih y...ngomong2..lama nich Ga berkunjung disini...hehehehe....semoga sukses y....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm thanks,,
      iya neh kmna aj,,,
      sukses sllu jg :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...