Home » » Negara Terkecil dan Negara Terbesar di Dunia
Thursday, 29 December 2011

Negara Terkecil dan Negara Terbesar di Dunia

Posted by Mungkin Blog on Thursday, 29 December 2011

Negara terkecil didunia, mungkin bisa diperkirakan hanya sebesar sebuah kota bahkan lebih kecil. Bayangkan saja, negara itu terletak didalam sebuah kota. Negara terbesar didunia, jika diperkirakan luas negara tersebut sekitar dua kali lipat luas Asia Tenggara. Negara apakah itu???

Negara Terkecil di Dunia

Kota Vatikan bukanlah sekadar sebuah kota, melainkan sebuah negara merdeka dan berdaulat. Negara vatikan merupakan negara terkecil dibenua Eropa, bahkan negara terkecil didunia. Luas wilayah negara Vatikan hanya 44 hektar atau sekitar 0,44 km² dengan jumlah penduduk sekitar 800 orang. Dan tidak memiliki perairan sama sekali. Jika kita bayangkan negara itu hanya sebesar kebun sawit Pak Joko. Hahahaha

Negara Vatikan berada di Eropa Selatan, tepatnya berada ditengah-tengah kota Roma, ibu kota negara Italia. Seluruh wilayah negara Vatikan berbatasan langsung dengan Roma (italia). Bisa disimpulkan bahwa negara Vatikan merupakan sebuah negara yang terletak di dalam sebuah Kota, yaitu Roma.

Negara Terbesar di Dunia


Rusia merupakan negara terbesar didunia. Rusia termasuk bekas negara bagian Uni Soviet. Luas daratan Rusia yaitu 16.995.800 km² dan luas perairan 79.400 km². Sehingga luas wilayah Rusia lebih kurang 17.075.200 km². Jika kita bandingkan dengan luas Asia Tenggara yaitu: 9.877.137 km², bisa kita simpulkan Luas wilayah Rusia hampir mencapai dua kali lipat Luas Asia Tenggara. Rusia ada yang masuk Benua Eropa dan juga Benua Asia. Wilayah sebelah utara sampai ke Samudera Arktik. Wilayah sebelah timur sampai ke Selat dan Laut Beriing, yaitu perbatasan Amerika Utara. Wilayah sebelah selatan sampai ke perbatasan daratan Mongolia dan Cinaa. Wilayah sebelah barat sampai ke perbatasan negara Finlandia. Melihat luas wilayah negara Rusia tersebut, tidak perlu heran jika Rusia memiliki Cuaca yang berbeda. Kita dapat membeku kedinginan di wilayah Rusia sebelah utara. Sebaliknya, kita dapat kepanasan, kering kerontang di wilayah Rusia sebelah Selatan. Ibu kota Rusia adalah Moskow.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

1 komentar: