Home » » Belajar Bahasa Taluk Po?
Monday, 27 February 2012

Belajar Bahasa Taluk Po?

Posted by Mungkin Blog on Monday, 27 February 2012

hai,,hai..sobat semua,,,
iva gak tau mw nulis apa neh, tapi iva mw protes. Kenapa??
Soalnya ada yang bilang bahasa minang (sumatera barat) itu sama dengan bahasa taluk.
ooooohhh noooo...!!!!
Kalau dibilang mirip sih va bisa terima, tapi gak bisa dibilang sama dong,,,..!!!!
Disini iva akan sedikit meluruskan.
Hehehehe

Sobat masih bingung dimana tuh taluk??
hehehe tenang dulu, va akan menjelaskan sedikit saja, kota taluk kuantan (sekarang teluk kuantan) itu berada di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Kalau mau lebih jelas baca aja artikel va yang ini Kota Jalur, Teluk Kuantan (Pacu Jalur).

Udah ada sedikit pencerahan kan??
Oke langsung aja kita mulai les bahasa hari ini. Hahahaha
Tapi maaf sebelumnya disetiap desa di Kabupaten Kuantan Singingi memiliki bahasa yang terkadang berbeda pula. Oleh karena itu, va akan memberikan contoh hanya untuk bahasa Kota Teluk Kuantan dan sekitarnya (lebih spesifiknya desa Pulau Aro).

Oke deh, kita akan mulai membedakan kosa kata terlebih dahulu...

Bahasa IndonesiaBahasa TalukBahasa Minang
kemanakemanokama
bagaimanabaapoba a
mengapaabekmanga
apaapoa
siapasiaposia
berapaberapobara
maunaknio
tidurtiduarlalok
bentukbontuakbantuak
janganjanijan
pasirbunginkosiak
tauobeabeh
kabarhobarkaba
bolehbuliabulia
pinjamsolangsalang
dudukduduakduduak
lamalamolamo
manamanomaa
enaklomaklamak
pedaspodehpadeh
pulangbaliakpulang/baliak
ngapainngapomanga
sudahola/laalah
baring2guliang2-
kangentedogaktaragak
nantibeekobeko
sendirisurangsurang

Bagaimana teman2 semua, berbeda kan (walaupun ada yg sama)???
Sekarang teman2 semua udah punya sedikit kosa kata untuk Bahasa Minang dan Bahasa Taluk. Bertambah deh ilmu nya. hoyee,,,prok prok prok....

Bagaiamana kalau kita coba membuat percakapan, tapi kali ini hanya untuk bahasa taluk saja, yukk mari disimak, jangan ketawa yee... :D
Nih percakapan seorang cowok (abg) dan seorang cewek (adk) yang lagi sms-an hahaha :D

abg : ngpo di diak?? la makan po??
adk : ko guliang2 je nye,, ola nye baru kan sudah.
abg : lai bulia abg kerumah adiak??
adk : ngapo abg kemari??
abg : nak nengok adiak je nye. hehehe tedogak *gombal.com
adk : ee abg ge, ado2 je ma, kemari la..
abg : lai bulia po??
adk : lai nye bg..
abg : yo la, beeko abg kesinan ge.
adk : hehe adk tunggu, abg dimano kini di??
abg : ko di warnet, adk dgn siapo di?
adk : ko surang je nye, abg dak kuliah po??
abg : la baliak nye, hehehe
adk : abek abg buruak bg?
abg : ntah bele heh.

hahahaha bisa kah anda mengartikan itu semua????
perlu dijelaskan bahwa kata-kata (di, nye, ge, ma, po, bele) susah dijelaskan dengan kata2, ibarat kan to be jika kita belajar bahasa inggris.
dicoba dulu deh artikan yaa....
gak bisa juga???
Silahkan tanyakan kepada yg lebih mampu!!!!
HAHAHAHAAHAHAH
Terima Kasih atas perhatiannya, silahkan kirimkan uang les nya ke kantor pos terdekat.
Wkwkwkwkwkwkwk:D

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

21 komentar:

  1. Percakapan seorang cowok (abg) dan seorang cewek (adk) yang lagi sms-an pakai bahasa taluk sebaiknya ada terjemahkan Bahasa Indonesia juga dongk…

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba terjemahin sndri, mana tau bisa, kan ad kosa katanya,,,hahahaha

      Delete
  2. hahaha...saya cuma bisa nyimak aja nih...gak ngerti blas bang...hahayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf sebelumnya saya nih cewe, koq dpanggil abg???

      Delete
  3. bahasa apa tuh sulit amat di pelajarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa taluk, termasuk suku melayu juga :D

      Delete
  4. hahahaa..mantaaap,,lanjutkan..taluk punya nie..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya neh,,,ok deh,,,slam sukses sllu untuk blogger taluk :D

      Delete
  5. hghghghghg..... ongak2 ma va..... apo2 ge.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tu lah yan,,memang ongak yg buek,, baapo lo lai,,,,biar la di,,,

      Delete
  6. susah amir sist bacanya lida ane keseleo :D

    ReplyDelete
  7. Persis kaya bahasa batu sangkar atau 50 kota,,, mang begitulah sebagian suka ngaku2,,tu liat aja tetangga kita malaisyia!

    ReplyDelete
  8. Persis kaya bahasa batu sangkar atau 50 kota,,, mang begitulah sebagian suka ngaku2,,tu liat aja tetangga kita malaisyia!

    ReplyDelete
  9. sama persis bahasanya dengan kampung saya lintau tanah datar. Minang darek emang kaya gt bhsanya.

    ReplyDelete
  10. saking samanya.. 2 nagari di lintau juga ada di kuansin iaitu nagari taluk dan nagari pangian

    ReplyDelete
  11. Abek pendek bonar ulasan kau ge
    Buek panjang mela
    Mak ngroti urang

    ReplyDelete
  12. saya dulu pernah di taluk kuantan.

    masih ingat iklan air minum.. dulu janji abang dalam suko dan duko turuik basamoak.

    ReplyDelete