Home » , » Air Terjun Guruh Gemurai, Wisata Impian Kuansing
Wednesday, 14 March 2012

Air Terjun Guruh Gemurai, Wisata Impian Kuansing

Posted by Mungkin Blog on Wednesday, 14 March 2012

Peta Riau dan Kabupaten Kuansing
Assalamualaikum pembaca setia Mungkin Blog. Apa kabarnya nih Semoga elok2 je nye mak (semoga baik2 saja ya). Udah lama rasanya gak nulis blog , padahal baru 3 hari.
Sebelum mulai nih ya, IVA mau tanya :
Tau gak dimana Kuansing alias Kuantan Singingi??
Gak tau ya??? Kesian dehh...
HHmmmm tag aseek lah ee.
Itu loh, Kabupaten Kuantan Singingi alias Kuansing yang selalu menjadi lautan manusia saat adanya Festival Pacu Jalur. Pacu Jalur tau gak sih????
Gak tau juga??? Ya udah gak apa-apa, tapi kalau masih penasaran baca artikel yang Kota Jalur.


Sedikit bocoran dan pengenalan dulu dengan Kota Teluk Kuantan. Berikut fotonya :D

Teluk Kuantan (Taman Jalur)


Air Mancur di bundaran perkantoran DPRD
ke kuansing pergi rekreasi
pergi rekreasi masa' bawa lemari
dari pada banyak basa basi
langsung aja deh, yuk mari

Air terjun guruh gemurai adalah salah satu wisata alam kebanggaan dari Kabupaten Kuantan Singingi. Air terjun guruh gemurai sudah sangat dikenal oleh mayoritas penduduk Provinsi Riau bahkan Provinsi Sumatera Barat. Air terjun guruh gemurai terletak diperbatasan Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat lebih tepatnya lagi didesa Kasang (dalam hutan lindung Bukit Betabuh), Kecamatan Kuantan Mudik (Lubuk Jambi), Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Kabupaten Kuantan Singingi yang beribukota Teluk Kuantan ini berjarak 163 Km dari Kota Pekanbaru, Riau. Dari Kota Pekanbaru ke Kota Teluk Kuantan dapat di tempuh melalui jalur darat selama lebih kurang 3 jam. Sedangkan, untuk sampai ke wisata impian yaitu Air terjun guruh gemurai yang berjarak sekitar 24 Km dari Kota Teluk Kuantan diperlukan waktu lebih kurang 30 menit. (satu hari mungkin nyampe kalau ngesot wkwkwkwk *becanda)


Saat memasuki kota Teluk Kuantan pilih Arah ke Lubuk Jambi

Nama air terjun Guruh gemurai diambil dari bahasa daerah masyarakat Kuansing. Guruh atau gemuruh berarti suatu suara yang muncul dari air terjun tersebut dan gemurai artinya adalah suara percikan air yang berserakan. Namun, kami masyarakat Kuansing sering menyebutnya "kasang" karena air terjun tersebut terletak di Desa Kasang. Air terjun guruh gemurai utama memiliki tinggi sekitar 20 meter. Di dasar air terjun terdapat sebentuk kolam yang biasa dinikmati pengunjung untuk berenang dan bersenda gurau bersama sahabat atau keluarga tercinta. Selain air terjun utamanya, masih banyak tingkatan air terjun yang lainnya. Namun, anda harus mempersiapkan energi yang banyak untuk dapat turun lebih jauh menyusuri anak tangga jika ingin melihat anak-anak air terjun guruh gemurai ini. Maka tak heran lagi apabila kawasan air terjun ini cukup luas.

Air Terjun Guruh Gemurai
Air terjun Guruh Gemurai adalah wisata impian yang tak asing lagi bagi masyarakat Kuansing. Air terjun guruh gemurai kerap menjadi tujuan utama masyarakat Kuansing untuk menghabiskan weekend dan liburan. Tidak hanya itu, di guruh gemurai juga sering diadakan acara seperti konser musik, berbagai macam kontes, bahkan juga sering digunakan sebagai tempat syuting film atau video klip. Selain itu, guruh gemurai juga salah satu tujuan utama masyarakat Kuansing untuk melaksanakan tradisi mandi balimau menjelang bulan puasa.

Objek wisata air terjun guruh gemurai telah mengalami banyak pembenahan. Pembenahan itu dilakukan oleh Pemda Kuansing. Pemda Kuansing telah mengaspal jalan menuju air terjun, membuat areal parkir, membuat mushola, pentas terbuka, kamar mandi, saung, dan tangga beton menuju air terjun guruh gemurai. Selain itu, pemda Kuansing juga membangun pos di pinggir jalan menuju air terjun. Dari puncak pos tersebut, kita bisa melihat panorama alam yang masih sangat hijau.


Berhasil foto panoramanya pakai kamera senndiri nih :D

Untuk masuk ke areal wisata alam Air terjun guruh gemurai, kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Tarifnya biasa dihitung per kendaraan. Tarif masuknya yaitu:
-Sepeda motor: Rp. 10.000
-Mobil: Rp. 15.000
Kalau sobat mau hemat, alternatif satu-satunya adalah naiki sepeda motor dengan 4 orang atau isi mobil dengan 20 orang. Hahaha jangan diambil hati. Cuma bergurau :D

Sobat penasaran gak sama keseruan kami saat berlibur bersama sahabat tercinta di wisata impian kami ini???
Penasaran atau gak, mau tau atau gak, tetap saja akan saya tunjukkan. Semoga tertarik ya....!!! Sebelumnya kalau sobat mau minum, mandi, makan, tidur dan sebagainya, diharapkan untuk menahan hasratnya sebentar saja :D Okee..???
Berikut sedikit liputan saat kami berwisata ke Air Terjun Guruh Gemurai. Biasanya kami kesana, saat libur atau weekend dan kalau ada acara-acara seru disana kami pasti datang deh. Maaf ya kualitas fotonya gak bagus :D


Duduk disalah satu tingkatan air terjun guruh gemurai (rendah)

Sobatku (vera dan dian)


Merenung (iva dan dian)

Jangan ditiru..!! Berbahaya...!!!

Vera lagi naikin anak tangga

 


Liburan bareng teman2 ( aku yg baju hitam samping putih ya :D) *gk penting ya?



Terlihat sangat indah bukan??
Di samping keindahan dan keterpesonaan kita terhadap air terjun guruh gemurai. Ternyata masih banyak kekurangan yang harus di koreksi agar Air terjun guruh gemurai menjadi wisata impian. Saya akan mencoba mengkritik dan memberi sedikit saran demi kemajuan wisata air terjun guruh gemurai. Jangan marah di kritik yee..!!

Pertama, masih banyak sampah dan pepohonan tumbang yang tidak dirapikan. Selalu dan selalu masalah sampah dan kerapian, ini pula yang terlihat dari wisata impian air terjun guruh gemurai. Betapa kita sangat menyayangkan hal ini. Sampah-sampah ini akan menjadi salah satu aspek negatif yang akan menurunkan minat wisatawan. Wisatawan mana pun pasti menginginkan wisata impian yang bersih dan nyaman. Kita tidak bisa menyalahkan pemerintah atau penjaga tempat wisata. Hanya saja diminta kesadaran dari setiap pengunjung atau wisatawan :D. Lihat saja foto berikut ini (lingkaran merah merupakan sampah).

Dalam lingkaran merah bukan penampakan setan, hantu atau jin yaa,,, itu mah sampaaahh

Sekali lagi itu bukan hantu atau jin, melainkan sampah ("sarok/ronya" dalam bahasa Kuansing)


Kedua, kamar mandi yang belum memadai. Untuk sebuah tempat wisata, apalagi merupakan wisata alam air terjun. Kamar Mandi merupakan suatu aspek yang sangat penting yang harus diperhatikan. Setiap pengunjung pasti mengharapkan tempat yang nyaman untuk berganti pakaian. Namun, kalau boleh jujur setiap saya dan teman-teman kesana, kami tidak pernah membawa baju ganti. Tidak nyaman rasanya berganti pakaian di kamar mandi yang masih kurang memadai itu. Maka, biasanya kami pulang ke Kota Teluk Kuantan dalam keadaan berbasah-basah ria. Waktu 30 menit + waktu beristirahat dijalan sudah cukup membuat pakaian kembali kering saat sampai dirumah. Hahahaha

Kamar Mandi di Air Terjun Guruh Gemurai
Ketiga, corat-coret yang membuat risih. Ini nih fenomena tempat-tempat wisata yang sangat sering terjadi. Siapa lagi yang punya kerjaan kalau bukan pengunjung. Katanya sih buat kenang-kenangan. Agar ada nama kita tertulis disana sebagai bukti bahwa kita pernah kesana. Siapa peduli? Toh, kalau misalnya saya tulis "iva" dan kemudian dibaca oleh pengunjung lain, saya yakin mereka juga tidak akan peduli. Kecuali kita pajang poster wajah kita disetiap pohon yang ada disana. Mungkin pengunjung akan merasa peduli . Wkwkwkwk tidak ada gunanya. Tapi, saya tidak menyalahkan atau menekankan siapa atau siapanya. Saya hanya berharap kesadaran kita sebagai manusia yang mencintai alam dan lingkungan kita. 

Keempat, sebenarnya yang keempat ini gak terlalu penting. Gini loh, untuk mencapai ke dasar air terjun guruh gemurai, kita harus menuruni ratusan anak tangga. Kalau untuk turun sih masalah gampang. Yang menjadi masalah adalah untuk naik kembali. Membayangkannya saja sudah membuat pikiran lelah *lebay. Terlebih lagi apabila saya pergi berlibur dengan keluarga. Saya merasa kasihan kepada nenek dan orang tua saya. Pasti mereka sangat kelelahan, sedangkan saya yang masih muda saja lumayan terasa ngos-ngosannya. Seandainya saja ada lift, tentunya terasa lebih ringan tinggal mencet tombol langsung deh naik lagi. Atau mungkin ada alternatif lain agar hal ini bisa diatasi. Hehe Tapi, untuk masalah yang keempat ini tidak perlu terlalu digubris, mungkin memang dasar sayanya saja yang malas.
 
Demikianlah kritik dan saran saya terhadap Air Terjun Guruh Gemurai, saya sebagai masyarakat Kuansing berharap dan menyarankan agar pemerintah lebih tanggap untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut. Karena tempat wisata juga dapat meningkatkan APBD suatu daerah dan semoga hal tersebut juga ada pada Kuansing. Semoga di masa depan Air Terjun Guruh Gemurai akan menjadi wisata impian di Kuansing dan dapat dikenal oleh wisatawan lokal maupun asing.

Kemudian sedikit pesan saya kepada teman-teman semua.
"Jagalah alam dan lingkungan sekitar kita. Kalau bukan kita yang menjaga nya, siapa lagi? Karena alam sekitarlah yang memberikan kita keindahan hidup ini. Mari kita jaga bumi dan wisata alam kita. Jangan sampai semua yang kita punya lenyap oleh kecerobohan kita atau bahkan dirampas tetangga sebelah :D"
Oya sobat satu lagi nih...!!!
Datang ya ke Kota kami, masih banyak lagi wisata alam menarik yang ingin kami tunjukkan. Kami tunggu kedatangannya ya sobat :D
Motto Kuansing : "Basatu Nagori Maju"
Ternyata INDONESIA memiliki keindahan alam dan budaya yang luar biasa.  Aku bangga menjadi blogger dan anak INDONESIA.
Salam sukses untuk kita semua :D

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

11 komentar:

  1. Terimakasih udah ikut serta lomba blog

    ditunggu yah hasil lombanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. :D
      sangat berharap bisa menang ^_*

      Delete
  2. Semoga air terjun guruh gemurai bisa benar-benar menjadi wisata impian dan bebas dari masalah sampah. bagus artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiinnn semoga aj deh.. :D
      terima kasih

      Delete
  3. Semoga sukses ya dengan lombanya... :)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. ya udah, dtang saja ke jambi,,hhe
      kalau gak ke kuansing (riau) aja, liat air trjun gruh gmurai dan wisata2 mnarik lainnya :D

      Delete