Home » » 5 Hal yang Identik dengan Kartini
Friday, 4 May 2012

5 Hal yang Identik dengan Kartini

Posted by Mungkin Blog on Friday, 4 May 2012

Apa kabar sahabat Mungkin Blog???
Semoga sehat dan berada dalam kebahagiaan ya.
Apakah ada kata terlambat untuk menulis artikel tentang kartini ??
Menurut saya tidak harus tepat di tanggal 21 April untuk memposting artikel ini. Saya hanya ingin mengenang jasa Ibu Kartini di setiap saya merasa menjadi seorang wanita yang kuat.

Kita mulai saja membahas tentang beberapa icon atau beberapa hal yang identik dengan Kartini. Saat kata "Kartini" , "Ibu Kartini" atau "Hari Kartini", apa yang terngiang dan terbayang dibenak sobat? Pasti banyak yang akan terbayang dan yang ingin sobat ungkapkan. Begitu juga yang saya rasakan, disaat mengingat dan memikirkan sesuatu tentang kartini. Berikut beberapa hal yang langsung terkenang, terngiang bahkan sampai terbayang-bayang tentang "Kartini".

  • Paras Cantik R.A Kartini

  •   
    Yang pertama sekali teringat saat mengucapkan atau mendengar kata "Kartini" adalah paras cantik Ibu Kartini  dan nama lengkap Ibu Kartini yaitu Raden Ajeng Kartini. Raden Ajeng daalah gelar untuk wanita bangsawan yang menikah dengan pria bangsawan dari keturunan generasi kedua hingga ke delapan dari seorang raja Jawa yang pernah memerintah, sedang penggunaan gelar R.A. (Raden Ajeng) hanya berlaku ketika belum menikah. "Raden Ajeng Kartini" sebuah nama yang sangat indah.

  • Tanggal 21 April 


  • Kemudian hal yang teringat saat mendengar kata "Kartini" adalah tanggal peringatan Hari Kartini yaitu 21 April. R.A Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 dan wafat pada umur 25 tahun. Semenjak Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini 
  • Lagu Nasional "Ibu Kartini"



  • Setelah kita teringat paras cantik Ibu Kartini dan tanggal peringatan Hari Kartini. Selanjutnya saat mendengar kata "Kartini", lidah ini seakan ingin menyebutkan dan mengiramakan sesuatu yaitu lagu nasional "Ibu Kita Kartini" ciptaan W.R Supratman. Yang mana penggalan lirik lagunya adalah:
    "Ibu kita Kartini, putri sejati, putri Indonesia, harum namanya."
    Yuk lanjutkan sendiri sobat :)

  • Emansipasi Wanita

  • Saat membaca kutipan surat Ibu Kartini diatas, serta merta saya sebagai seorang wanita ingin segera bangkit dari keterpurukan dengan semangat yang menggebu. Tidak heran jika seorang wanita dapat terinspirasi dari sepenggal kalimat diatas. R.A Kartini adalah pahlawan emansipasi bagi wanita Indonesia. Dengan jasa Ibu Kartini, seorang wanita tidak lagi dianggap lemah. Wanita bukan pula hanya sebagai figuran dalam kehidupan, wanita juga merupakan manusia utuh dengan kemampuan dan kepintaran yang dapat menyamakan bahkan melebihi seorang lelaki.
     
  • Baju Kebaya

  • Aku dan sahabat-sahabatku


    Dalam memperingati Hari Kartini banyak sekali wanita Indonesia yang memperingatinya dengan menggunakan baju kebaya. Hal ini dikarenakan ciri khas Ibu Kartini yang selalu menggunakan baju kebaya, sanggul serta aksesoris adat Jawa. Apakah wanita bertambah cantik mengenakan kebaya? Sobat bisa menilai sendiri :)

Demikian 5 hal yang menjadi ciri khas atau icon dari "Hari Kartini". Apakah sobat setuju dengan pendapat saya???
Terima Kasih telah berkunjung dan sampai jumpa lagi :D

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Thanks for finally writing about > "5 Hal yang Identik dengan Kartini" < Liked it!

    Here is my weblog - ugenial.
    com

    ReplyDelete