Tuesday, 29 May 2012

Asal Mula Manusia, Teori Evolusi Darwin vs Nabi Adam a.s

Jika kita berdebat tentang asal mula manusia, maka yang terpikir, terlintas, atau terbersit pertama kali dipikiran adalah teori evolusi Charles Darwin. Dalam teori evolusi Charles Darwin dijelaskan bahwa manusia pertama adalah kera, sedangkan dalam kitab suci umat Islam yaitu Al-Qur'an, dijelaskan bahwa manusia pertama adalah Nabi adam a.s. Namun, hingga saat ini para ilmuwan masih terus mencari bukti untuk memastikan asal mula manusia.
Sekarang saya ingin mengajak sobat berpikir terlebih dahulu, teori mana yang sekiranya mampu sobat logika kan? Mari kita pikirkan bersama-sama mulai dari sekarang..! Waktu berpikir habis. Ok, sekarang sobat simpan dulu jawaban sobat karena kita akan membahasnya sekarang bersama-sama. Sebelumnya, saya ingin mengibaratkan suatu percakapan yang mungkin terjadi antara seorang cucu dan seorang nenek moyangnya. Berikut saya sajikan percakapan mereka (Lucy sebagai Nenek Moyang dan Iva sebagai Cucu).

Klik untuk memperbesar

Yak, percakapan diatas muncul berdasarkan Teori Evolusi Cahrles Darwin. Berdasarkan logika yang sobat miliki, mungkinkah hal demikian terjadi? Mari kita bahas bersama-sama.

Teori Asal Mula Manusia menurut Charles Darwin
Pernyataan Darwin mendukung bahwa manusia modern berevolusi dari sejenis makhluk yang mirip kera. Selama proses evolusi tanpa bukti ini, yang diduga telah dimulai dari 5 atau 6 juta tahun yang lalu, dinyatakan bahwa terdapat beberapa bentuk peralihan antara manusia moderen dan nenek moyangnya. Menurut skenario yang sungguh dibuat-buat ini, ditetapkanlah empat kelompok dasar sebagai berikut: 
  1. Australophithecines
  2. Homo habilis
  3. Homo erectus
  4. Homo sapiens
Genus yang dianggap sebagai nenek moyang manusia yang mirip kera tersebut oleh evolusionis digolongkan sebagai Australopithecus, yang berarti "kera dari selatan". Australophitecus, yang tidak lain adalah jenis kera purba yang telah punah, ditemukan dalam berbagai bentuk. Beberapa dari mereka lebih besar dan kuat dan tegap, sementara yang lain lebih kecil dan rapuh dan lemahDengan menjabarkan hubungan dalam rantai tersebut sebagai "Australopithecus > Homo Habilis > Homo erectus > Homo sapiens," evolusionis secara tidak langsung menyatakan bahwa setiap jenis ini adalah nenek moyang jenis selanjutnya.


Asal Mula Manusia berdasarkan Al-Qur'an (Nabi Adam a.s)
Saat Allah Swt. merencanakan penciptaan manusia, ketika Allah mulai membuat “cerita” tentang asal-usul manusia, Malaikat Jibril seolah khawatir karena takut manusia akan berbuat kerusakan di muka bumi. Di dalam Al-Quran, kejadian itu diabadikan,
 












 ".. Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, 'Sesungguhnya, Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka, apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud" (QS. Al Hijr: 28-29). 

Firman inilah yang membuat malaikat bersujud kepada manusia, sementara iblis tetap dalam kesombongannya dengan tidak melaksanakan firman Allah. Inilah dosa yang pertama kali dilakukan oleh makhluk Allah yaitu kesombongan. Karena kesombongan tersebut Iblis menjadi makhluk paling celaka dan sudah dipastikan masuk neraka. Kemudian Allah menciptakan Hawa sebagi teman hidup Adam. Allah berpesan pada Adam dan Hawa untuk tidak mendekati salah satu buah di surga, namun Iblis menggoda mereka sehingga terjebaklah Adam dan Hawa dalam kondisi yang menakutkan. Allah menghukum Adam dan Hawa sehingga diturunkan kebumi dan pada akhirnya Adam dan Hawa bertaubat. Taubat mereka diterima oleh Allah, namun Adam dan Hawa menetap dibumi. Baca Surat Al-Baqarah Ayat 33-39.


Adam adalah ciptaan Allah yang memiliki akal sehingga memiliki kecerdasan, bisa menerima ilmu pengetahuan dan bisa mengatur kehidupan sendiri. Inilah keunikan manusia yang Allah ciptakan untuk menjadi penguasa didunia, untuk menghuni dan memelihara bumi yang Allah ciptakan. Dari Adam inilah cikal bakal manusia diseluruh permukaan bumi. Melalui pernikahannya dengan Hawa, Adam melahirkan keturunan yang menyebar ke berbagai benua diseluruh penjuru bumi; menempati lembah, gunung, gurun pasir dan wilayah lainnya diseluruh penjuru bumi. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah SWT yang berbunyi:













"Dan sesungguhnya Kami muliakan anak-anak Adam; Kami angkut mereka didaratan dan di lautan; Kami berikan mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyak makhluk yang telah Kami ciptakan." (QS. al-Isra' [17]: 70)



               
             Demikianlah dua pendapat tentang asal mula manusia. Jika sobat bertanya kepada saya, maka saya akan memilih option yang kedua. Drama penciptaan Adam di Surga memang sudah sangat melekat dibenak saya sejak masih kecil dan ingusan. Tentu saja ini benar adanya, karena seluruh keluarga saya beragama Islam. Pengetahuan demikian sudah diajarkan oleh kedua orang tua saya sejak masih kecil. Tidak hanya berasal dari kedua orang tua, pengetahuan demikian juga saya peroleh dengan cerita yang sama saat duduk di bangku sekolah dasar. Keyakinan saya semakin kuat, apalagi saya seorang Islam. Bertolak ukur dari keyakinan saya terhadap Al-Qur'an maka saya sangat mengerti dan paham akan drama penciptaan adam disurga tersebut.



Keyakinan saya tak pernah goyah akan cerita asal mula manusia ini, sebelum saya tau tentang Teori Darwin. Teori Darwin saya pelajari saat duduk dibangku sekolah menengah pertama. Karena masih dalam masa labil, saya tidak mau terjerumus kedalam kesesatan. Dan akhirnya saya menanyakan kembali kepastiannya kepada kedua orang tua saya. Lagi- lagi kedua orang tua saya meyakinkan akan kebenaran Al-Qur'an, kitab suci umat Islam. Hingga saat ini saya masih meyakini apa saja yang tertulis dalam Al-Quran. Demikian pula tentang asal mula manusia dan drama penciptaan Adam di surga hingga turun kebumi. Jadi, tetap pada pilihan pertama, Nabi Adam a.s adalah manusia pertama di muka bumi dan Nabi Adam a.s merupakan nenek moyang kita.



Apakah sobat setuju bahwa Nabi Adam a.s adalah nenek moyang manusia? Jika masih belum yakin, mari kita yakinkan bersama-sama. Untuk meyakinkan kita bahwa Teori Darwin merupakan sebuah kesalahan, saya akan sedikit membahas tentang kesalahan tersebut. Berikut sedikit penjelasan yang dapat saya ungkapkan kembali, dari beberapa buah buku yang dulu pernah saya baca. Disini saya akan berbagi tentang pembuktian kesalahan Teori Darwin berdasarkan kepercayaan ilmiah dan rasional. Ada tiga alasan ilmiah yang menjadi dasar bahwa manusia bukan berasal dari kera:


1. Mata
Ilmu pengetahuan mengakui bahwa mata hanya dapat berfungsi jika tersusun sepenuhnya. Mata setengah jadi tidak akan bisa melihat. Jika kehilangan lensa mata saja, maka mata akan rusak dan tidak dapat melihat sama sekali. Teori evolusi menyatakan bahwa manusia terjadi melalui proses secara bertahap secara kebetulan. Maka akan terjadi proses setengah jadi lalu jadi. Hal ini tidak bisa terjadi pada mata, karena mata tersusun atas bagian yang sangat komplek dan tak tersederhanakan. Oleh karena itu teori evolusi dinyatakan runtuh.


2. Temuan Fosil
Dalam bukunya, The Origin of Species, Darwin menulis,
"Jika setiap spesies berasal dari spesies lain secara bertahap, mengapa dimana-mana kita tidak melihat bentuk transisi yang amat banyak? Akan tetapi, dikawasan antara, yang mempunyai kondisi antara kehidupan, mengapa kita sekarang tidak menemukan jenis yang kemungkinan besar merupakan perantara? Kesulitan ini cukup membingungkan saya dalam waktu lama."
Demikian sedikit kutipannya dari sebuah buku yang pernah saya baca. Disana terlihat jelas bahwa Darwin menyadari kelemahan teorinya. Ia menyatakan jika tidak ditemukan bentuk transisi dan ada bentuk yang tidak mungkin terjadi karena evolusi karena tak tersederhanakan maka teorinya runtuh.Penemuan fosil dari waktu kewaktu belum menemukan adanya bentuk transisi. Sehingga secara otomatis Teori Darwin runtuh dengan sendirinya.




3. Sel
Menuru Darwin manusia dan semua makhluk hidup berasal dari nenek moyang yang sama yang berupa makhluk bersel satu. Makhluk bersel satu tersebut terus berevolusi hingga menjadi kera, dari kera menjadi manusia dalam waktu yang lama. Namun nyatanya dulu, Darwin bisa melihat sel hanya permukaannya saja yang berupa kotak sederhana. Darwin juga tidak mampu menjelaskan asal usul sel tersebut. Oleh karena itu, lagi-lagi Teori Darwin dinyatakn runtuh.


Saya rasa cukup tiga alasan ilmiah yang menjadi dasar bahwa manusia bukan berasal dari kera. Jadi jelas bahwa teori evolusi hanyalah mitos belaka yang kemudian dijadikan sebuah dogma melalui gencarnya propaganda. Kini tidak ada alasan ilmiah yang kuat yang bisa membuktikan kebenaran ilmiah teori evolusi. Apalagi ditambah dengan penjelasan dari kitab suci Al-Qur'an, hal ini tentunya menambah kepercayaan kita bahwa teori evolusi merupakan sebuah kesalahan.


Kesimpulan
Jadi, asal-usul manusia adalah Nabi Adam a.s yang diciptakan oleh Allah SWT dan diturunkan dari surga. Asal usul manusia dari kera hanyalah mitos yang direka-reka. Manusia bukan dari kera melainkan dari manusia pertama bernama ADAM.


Apakah sobat setuju dengan pendapat yang saya kemukakan?
Sobat bisa berikan komentar di kolom komentar dibawah.
Berikut saya akan menuangkan lagi-lagi dalam bentuk komik singkat tentang wawancara saya kepada Om Darwin. Apapun yang menjadi kepercayaan kita, itu adalah hak masing-masing. Asalkan tidak menimbulkan perpecahan antara satu dan lainnya. Karena Indonesia harus tetap bersatu...!! Benar gak sobat??


Support Mungkin Blog dengan cara like, comment, dan follow. Apabila ada link atau file yang error, harap segera beri tahu.

MungkinBlog.com juga membuka jasa review, promosi, atau endorse. Silahkan kontak admin (Iva Mairisti, S.Pd)
E-mail:matematikaiva93@gmail.com :)
Line@:Line MungkinBlog.com

98 comments:

  1. ctrl-D dolo sist..
    ane bantu laik di fb :ngacir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh alhamdulillah,,
      makasih banget sobat :D

      Delete
    2. Asal mula manusia (Manusia Pertama) nabi Adam adalah dongeng yang paling konyol,dulu saya juga sangat mepercayainya.....
      Teori Darwin juga tidak sepenuhnya benar tapi juga mungkin benar tapi itu ilmiah,berdasar penelitian bukan KONON,KATANYA dan TIDAK JELAS SUMBERNYA.....dan berasal dari bangsa/negara yang bodoh dan tertinggal.....

      Delete
    3. Asal mula manusia (Manusia Pertama) nabi Adam adalah dongeng yang paling konyol,dulu saya juga sangat mepercayainya.....
      Teori Darwin juga tidak sepenuhnya benar tapi juga mungkin benar tapi itu ilmiah,berdasar penelitian bukan KONON,KATANYA dan TIDAK JELAS SUMBERNYA.....dan berasal dari bangsa/negara yang bodoh dan tertinggal.....

      Delete
    4. Saya setuju, kalau teory Darwin lebih memiliki penjelasan yg ilmiah bukan dari KONON KATANYA.....

      Delete
    5. Nabi Adam itu bukan tokoh dongeng ataupun kemunculannya itu dongeng. tapi itu kenyataan dan terjadi ribuan tahun lalu, sebelum kita lahir. semua ada di dalam Al-Qur'an, silahkan dibaca keseluruhan isi Al-Qur'an, karena Al-Qur'an tidak diharamkan untuk semua orang, semua orang boleh membacanya. jadi, sebelum bilang bahwa Nabi Adam itu hanyalah kekonyolan dan dongeng belaka, saya persilahkan untuk mencari jawaban pastinya di dalam Al-Qur'an :) . karena saya lebih percaya sesuatu yang diciptakan oleh Allah SWT daripada ciptaan Manusia yang manusia itu sendiri masih punya keraguan dalam teorinya :)

      Delete
    6. anda bisa membuktikan kalau allah menciptakan manusia???????

      Delete
  2. Va, gaya bahasanya bagus.
    Cuma ada sedikit kesalahan di pemilihan kata dan tanda baca.
    Benar berbahasa berarti Iva orang yang pintar dan berpengetahuan luas.
    Secara keseluruhan saya suka blog Iva dan penggunaan kata-katanya bagus.
    Kenapa Iva tidak membeli domain saja yg berekstensi dotcom?
    Ivamairisti.com atau yg lainnya.
    Harganya lebih kurang 100 ribu untuk 1 tahun.
    Coba cek nama yang Iva inginkan di > godaddy.com atau namecheap.com atau di dalam negeri juga banyak, tinggal cari di mbah Google.
    Nilai blog Iva jadi tinggi dan mudah dikenal dibandingkan memakai ekstensi blogspot dibelakangnya.
    Oh ya, teman Iva sudah terlalu banyak ya di FB, jadi saya cuma bisa jadi subscriber aja :-)
    mau nanya-nanya tentang taluk kuantan juga, soalnya saya sebentar lagi mau KKN di taluk kuantan tepatnya Pasar Inuman :-*
    salam kenal ya Iva ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak sobat atas kritik dan sarannya. Ini akan sangat membangun untuk saya dan blog ini tentunya. Saya akan mencoba untuk lebih baik lagi dikemudian harinya.
      Untuk membeli domain, memang sedang saya pertimbangkan. Terima kasih sudah meyakinkan saya. Semoga keinginan ini bisa tercapai.
      Kalau FB saya memang sudah penuh, mohon maaf sobat.
      Sayang sekali sobat tidak mencantumkan nama sobat di komentar ini, jadi saya tidak dapat mengenali sobat.
      Ok...selamat datang diteluk kuantan. Salam kenal juga >_<

      Delete
  3. Jrvan ScreamoSykes nama facebook saya.
    Liat di subscribers Iva ;-)

    ReplyDelete
  4. ok sy stj bhw teori darwin itu sngt salah.tp apakah anda bs membuktikan jg klu yg menciptakan manusia itu allah s.w.t.....mgkn anda cm mendengar crta saja,adam di ciptakan oleh allah,emang anda pernah menyaksikan sendiri cara dia menciptakan nya,trus kata nya udh jutaan thn lalu adam dan hawa di ciptakan nya,trus beranak,smpe skrg manusia sbnyk ini,apa kalian pernah melihat taw ktm dgn sang pncpta manusia,anda kan cm dpt crt2 dr org2 dahulu,dari buku sj,sdgkn org itu jg tdk prnh ataw tdk bs membuktikan klu allah lh yg menciptakan manusia,bentuk org yg menciptakan kt sj anda jg tdk tau sprti apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya memang tidak bisa membuktikan..
      Itu tergantung kepercayaan masing-masing, saya mempercayai dan beriman kepada kitab-kitab Allah SWT dan disana jelas bahwa Allah SWT menciptakan Adam dan diturunkan kebumi.
      Terserah kepada diri sendri mau percya atau tidak..

      Delete
    2. Logikanya gini aja, meja ga akan bisa kebentuk tanpa ada yg menciptakan, siapa yg menciptakannya ya tukang kayu. begitu pun manusia pastinya ada yg menciptakannya yaitu Allah SWT. sudah diterangkan dalam kitab suci AlQuran. kitab yg tidak ada keraguan didalamnya..

      Delete
    3. @? - Allah SWT memang tak tampak, tapi, Allah SWT berjanji akan menampakkan diri-Nya di Surga nanti.. Trus, kalo bukan Allah SWT yang nyiptain manusia, siapa lagi? Yesus? Ceritanya, Yesus itu yang duluuuuuuuuuu disalib itu, kan? Gini, pikir.. Orang yang nyalib Yesus, dia ada barengan sama Yesus kan? Lha? Masa' makhluk barengan lahirnya sama Tuhan (Satu zaman)? Harusnya, Tuhan duluan ada dari semua-muanya, diibaratkan sama dengan tukang kayu diatas.. Lanjut, trus, Yesus disalib kan? Berarti Yesus udah mati dong.. Kalau Yesus mati, harusnya seluruh kehidupan di dunia ini juga berakhir, karna tidak ada lagi Tuhan yang mengatur kehidupan.. Kan Tuhannya udah mati? Trus, kenapa manusia masih ada sampai sekarang? Bagi kristiani, kepada siapa lagi mereka menyembah? Kan, Yesus udah mati? Atau mereka menyembah "RUH" Yesus? Oohh, berarti Yesus sama seperti manusia, punya ruh, bisa mati.. Bukankah harusnya, Tuhan lebih mulia? Yah, itu aja deh..

      Delete
    4. Sblum ngmng di teliti dlu ,, dalam alkitab dbilang kalo Yesus adalah anak Allah yg diutus Allah ke dunia,, jadi emng bener Allah yg menciptakan dan saat it Allah mengirim Anak-Nya ke dunia untuk menebus dosa manusia,, dan setelah Yesus disalibkan iaa meninggal dan bangkit duduk disblah kanan Allah,,ksimpulannya iaa mati dan bangkit ,, it aj tq

      Delete
    5. Agan Percaya Sinyal Gak? Agan Bisa Liat Sinyal Gak?

      Bagaimana Agan Bisa Coment Tanpa Adanya Sinyal(Sesuatu Yg Tak Nampak Mata Yg Agan Anggap Itu Tak Ada)?

      Maaf Atas Pertanyaan Bodoh Saya. Maklum Gak Sekolah.

      Delete
    6. Saya kurang percaya kalau manusia pertama diciptakan allah, kalau adam diciptakan allah seharusnya agama pertama di dunia adalah islam dong ?
      Kenapa agama islam muncul blakangan dan memualai peperangan dengan nabi hais darahnya ? APA ADAM TIDAK MENGAJARKAN AGAMANYA KEPADA ANAK2 NYA ?

      Delete
    7. Adam adalah ciptaan allah... islam adalah agama pertama atau kedua ke3 nya saya ngak tau tapi yang pasti itu allah membuat agama agama lainnya untuk mengguji kita didunia ini pada suatu saat kita akan kembali lagi ke yang maha esa untuk mempertanggung jawabkan kesalahan yang kita perbuat di dunia ini dan siapa yang percaya pada agama dia lah yang pantas mendapatkan surga (kan sudah ada di al-quran semuanya) tak perlu dipertanyakan lagi al-quran sebagai bukti nya dan sudah beribu bahkan berjuta tahun yang lalu sudah ada...semua contekan2 masa depan sudah ada di al-quran hanya tinggal BACALAH

      Delete
  5. Postinganmu sangat bermanfaat. terimakasih(y)

    ReplyDelete

  6. Salam Blogger Indonesia, jika anda gemar menulis di blog serta memiliki waktu luang, ikutilah Blog Review Competition 2012 By Laku.com dengan Hadiah Total 16 juta Rupiah untuk 20 pemenang. Jadi kesempatan menangnya sangat besar lho.

    Rincian Pemenang:
    Pemenang I: Uang tunai Rp. 5.000.000
    Pemenang II: Uang tunai Rp. 3.000.000
    Pemenang III: Uang tunai Rp. 1.500.000
    Pemenang 4-10: Uang tunai Rp. 500.000
    Pemenang 11-20: Uang tunai Rp. 300.000

    Silahkan daftarkan artikel blog anda tentang Laku.com di Blog Review Competition 2012 By Laku.com

    ReplyDelete
  7. bagus artikelnya..
    sukses buat adminnya

    ReplyDelete
  8. salam kenal iya . mampir juga ke blogee saya nih http//www.gembalgembu.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Evolusi yg djelaskan bukan semerta2 seperti anak tangga , manusia yang dari kera , tp bercabang , nenek moyang kera yang punya kemiripan dgn nenek moyang manusia .bisa jadi memang dulu asal usul kita punya ekor , berbulu lebat , mirip dgn kera karna kondisi pd jaman tsb , ciri fisik smcam itu dbtuhkan di lingkungan yg ekstrim , bulu yang dluny cuma sehelai 2 helai yg brguna utk memperpnjang indra kita , brtahan pd suhu dngin . Ekor yg dlu dgunakan utk brmanuver / mnambah agilitas gerak , d pepohonan atau d hutan ,knpa skrg tdk ad lg krna mmg kita sdh tdk butuh ciri fisik smacam itu di jaman skrg , scra simpel evolusi menysuaikan pd lingkungan d jaman itu , dan menghilangkan apa yg tdk prlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. pinter banget mz ini..
      trus maz dedek mw tanya..
      orang eskimo yang hidup ribuan tahun sampai sekarang dalam lingkungan yang super extrim -0 drajat celsius kenapa bentuknya n bulunya sama kaya tukang bejak deket alun alun yg tiap hari tidur siang di bawah angetnya sinar matahari?
      harusnya klo manusia bisa OTOMATIS berefolusi mengikuti tuntutan alam untuk survive orang eskimo harusnya kn bulunya jauh lebih lebat dari tukang becak itu?
      dan harusnya suku anak dalam di kalimantan yg jauh dari perdaban n hidup dari buah dan berburu minimal punya ekor 5 cm aja di belakang tbuh tp knyataanya fisiknya persis ma tukang becak yg makannya di warung padang ekornya pendek di depan lagi..
      wkwkwkwkwk.. makan daging mz jangan kerupuk sama micin nggarai gak cerdas..

      Delete
  10. Manusia modern skrg jg msh ad sisa2 fisik lampau yg skrg jg dianggap "organ tdk brguna" sprti sisa tulang ekor , otot yng mmngkinkan (sbagian) org menggerakkan telinga , usus buntu , bs saja itu sisa nnk moyang kt yg memang makan tanpa diolah , shingga mmbutuhkan usus penampung tambahan . Mnurut pndpt anda mngenai mata , toh itupun brkembang , benar melalui proses , tp dr proses yg sdh ad sblumny kmudian disempurnakan , memang benar ad suatu master race atau mkhluk kunci , yg memulai , tp tidak bgtu saja mnyesuaikan dn berwujud sprti manusia modern sprti skrg , sprti gmbran anda ttg adam , mkhluk kunci brevolusi bercabang , mkhluk yg brda d daerah dngin tntu mngembangkan ciri fisik yg mampu brtahan d daerah dngin , sprti bulu tebal , lapisan lemak tebal , bgtu jg yg di tropis , pegunungan , dan itu butuh proses yang sgt lama utk bs mnjdi sprti skrg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kita dri kera,kok kera berubah evolusinya? Kalau kita terbuat dari kera. Bukan dari allah ygdiciptakan dari roh.. Jelasin dong kok bisa ada namana setan hantu kalau kamu gak percaya tuhan yang ciptain? Bukan alquran/islam aja yg blg kita ni diciptain tuhan (nenek moyangpertama) teruss kalau kamu masi ragu tuhan yg ciptain kok ada penemuan tengkorak raksasa? 30 meter? Di alquran disebutkan jaman dulu org nya gede gede.. Toh kera aja ga sampe 2 meter ? Cemana? Dukung darwin juga? Udah banyak yg blg darwin itu salah. Kalau manusia dari kera. Maka kera tu dari apa? Mahluk2 hidup,bakteri2,sel2 itu darimana asalnya? Darimana kalau bukan sang pencipta? Kalau kamu nanya emangnya saya pernah lihat atau engga.. Ya tentu engga.. Kamu juga gak liat kan manusia tu evolusi kera? Yaudah... Itu pertanyaan bego amat... Dah pasti belum ada yg liat.. Namanya nenek moyang pertama.. Terus klaudibilang manusia jaman dulu tu purba alias gak modern .. Itu mugkin setelah jaman es (cerita bahtera nabi nub)... Soalnya banyak kali peninggalan yg amat jauh modern dibanding skrg ni... Belum bisa dibbuat sama manusia skrg contoh paramida..mereka udah ada kertas dll.. Terus jaman duludulunya begitu banyak peninggalan yg tenggellam,benua hilang dll.. Terus ufo yg didefinisikan sebagai pesawat yg tdkdiketahui.. Sering muncul tapi ditutup2in sama pemerintah.. Bisa saja mereka tu yg selamat dari banjir badang/jaman es mencair pada bejurta tahun yg lalu.. Yg udah modern terus pergi keplanet lain? Bisa sajakan? Tidak ada yg tidak mungkin.. Dimars itu udah ditemukan bangunan2 / batu2 yg diukir secara baik,begitu juga dibulan.. Divideo nasa aja emang ada ufo tu bisa liat diyoutube yg tentang ketika badai matahari terlihat ufo .. Albert einstein aja blg "science without religion is lame,religion without science is blind" bearti kita bisa ambil cerita2 dari kitab2 kita masing2.. Kalau saya alquran dan hadits.. Terus saya bandingin dengan yg fakta 100% betul.. Tapi cara nya iu memahami apa arti sebenarnya disetiap ayatt... Jadi setiap agama itu harus ada ilmu,setiap ilmu harus ada agama.. Supaya dapat menemukan jawaban yang de facto

      Delete
  11. Msalah fosil makhluk transisi yg tdk dtmukan mnrut sy mmg ktrbatasan tknologi skrg , sdalam ap mnusia bs menggali dgn tknologi skrg , dn brpa dalam lg yg mmpu mrka lakukan dgn tknologi mndatang ,jstru pribadi yg sy anggap sbgai mitos adlah teori sprti mnusia dr adam , mkan buah kuldi , bla bla bla , ya ya ya ya , srasa sprti dongeng utk anak kecil atau orang primitif , tentu saja krna literatur yg dprcaya mmg brasal dr msa lampau , yg tdk bs dkasih tau dgn bukti scientifik dan ilmu pgetahuan , agar gampang y dkasih dongeng , berbau spiritual , magis , mukjizat , krna emng org jman dlu doyan dkasih bgituan , dan g bs dsngkal teori sprti big bang , evolusi dn lain2 bnyk yg prcaya ya krna itu mmg yg paling bs dterima akal , bukan dgn hal2 mukjizat atau ruh2 .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu trsrh pendapat masing2,, disini smua bebas brpendapat, saya prcya akan Al-Qur'an, dan anda prcya kpd teori2 sprti itu,,silahkan saja. Semua org psti punya pendapat yg brbeda-beda. Terima kasih udh brpndapat :D

      Delete
    2. dalam Al Quran itu saling berkaitan,sekarang gampang kalo ga percaya Tuhan , berarti dia ga percaya adanya jin, iblis apa lagi sorga dan neraka,banyak bukti dari al quran salah satunya firma Allah mengatakan Aku angkat firaun sbg pelajaran bagi umat rasul. dan terbukti jasad firaun tidak membusuk dalam laut dan di temukan oleh antropolog perancis abad 19.pola makan rasul yg menyehatkan baru di buktikan dokter dokter barat abad 20. NASA membuktikan bahwa bulan pernah terbelah pada zaman rasul.NASA jg menyimpan dokumen betapa mempersonanya saat lailatul qadr. ilmuwan amerika beberapa tahun lalu menemukan bentuk alam semesta mirip terompet sangkala yg mana sekali tiup seluruh mahluk akan mati. tentang kiamat oleh barat seakan akan seperti kiamatnya jaman nabi Nuh, padahal dalam Al Quran di sebutkan alam semesta ini akan digulung seluruh isi alam semesta hancur lebur tak kecuali bumi ini.tidak seperti film 2012. semuanya ciptaan Allah punya kadar baik itu mahluk mati maupun hidup. kalau manusia bukan cipataan Allah lalu siapa yg menciptakan langit dan bumi? apakah langit dan bumi beserta isinya tumbuh sendiri dari mahluk bersel satu?
      Sesungguhnya Al Quran dan sains tidak saling bertentang cuma ilmu manusia belum mencapai memahami ayat demi ayat,Pernahkah terpikir sebuah ayat yg ber bunyi" Aku ciptakan gunung gunung untuk keimbangan bumi ini"
      setelah beberapa kali mengalami gunung meletus barulah aku terpikir, Maha Benar firman Allah seandainya tak ada gunung di bumi ini, bahwa bumi yg bulat ini berisi panas di atas 6000derajat selsius dan kerak bumi pun bergerak dai tempat yg panas menuju tempat yg dingin. panas bumi pun mencari jalan keluarnya untuk melepaskan energinya ,pada lapisan bumi yg lemah terbetuklah kantong2 lava. pada suhu diatas ambang batas dia akan memuntahkan laharnya, seandainya semua gunung dapat di sumbat, sudah pasti sekali meledak akan menghancurkan satu daratan benua,kita lihat ledakan kecil gn Tambora dan gn Krakatau sudah dapat merubah suhu bumi sangat ekstrim. maha benar Allah dengan segala firmanNya.

      Delete
  12. Jd klau yg anda mksudkan manusia prtama itu manusia modern / berperadaban / brjalan tegap (apa sj yg dgmbrkan sbg manusia) , dan kbtulan aj namanya adam ,bisa saja . Krn yg dgmbarkan adlah manusia prtama , bukan asal usul manusia , kalau pmbahasan ttg asal usul mnusia dr 2 pihak , anggp sja pihak beragama dan tdk beragama, sblum cangkir itu kosong , pmbahasan itu tdk akan mnmukan titik terang . Krna cangkir org bragama cndrung penuh dgn crita2 / dongeng masa lampau shingga tdk punya tmpat atau cndrung lgsg menyangkal pendapat lain / probabilitas lain sprti teori evolusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pada ngomongin apa sih, cangkir2 segala, saya bukan org filsafat. gak ngerti bahasa anda yg terlalu tinggi. Oya, kalau mau komen yang berani dong, nih gak, pakai anonim terus ;P

      Delete
    2. semua komen yang ada harus nya walaupun dengan bahasa aneh, atau nyeleneh harus diartikan secara bijaksana oleh saudari Iva yang mempunyai bahasan. untuk bahasan di atas saya juga 100% percaya terhadap al-quran, lalu dengan teori evolusi saya juga percaya, fakta sederhana yaitu manusia yang hidup di alam dingin, tropis dan panas berbeda warna kulit dan struktur rahang muka yang sedikit berbeda, kasarnya bule sama orang indonesia asli pasti berbeda, tapi itu tercipta oleh evolusi alam yang sangat sederhana dan tidak perlu jutaan tahun lamanya. dan teori probabilitas alam itu pasti tentunya. tapi intinya semua masih wallohu alam bisawab, hanya tuhan yg tahu. kita manusia masih hanya bisa terus mencari ilmu2 allah yang msh banyak tabir yg belum terkuak. untuk charles darwin yg seorang ilmuwan tentu dia hanya menurut ilmu probabilitas yang ada bukan dia bermaksud membuat kontadiksi dengan ilmu agama atau asal ngawur, walau bagaimamapun kita tetap patut menghargai dia sebagai ilmuwan.

      Delete
  13. Mau asal dari kera keq..., mau asal dari buaya keq.., yang pasti saat ini kita ada dan hdiup.., hdiup lah enak.., jangan seenaknya..

    ReplyDelete
  14. apapun asal muasal manusia, gue gk peduli yang penting gue masih bisa hidup and bersenang senang.OK

    ReplyDelete
  15. pembuktian nanti setelah padang mashar di buka dan sidang di mulai........ allahhuakbar.....

    ReplyDelete
  16. orang bodoh ikut nimbrung.

    gw ogah bagt dibilang keturunan kera. seperti apa yg "x" katakan bhwa dia yakin teori darwin adalah suatu fakta.

    tp yg saya pengen tanyakan pada "x" apakah dia bangga klo saya bilang anda tak lebihnya kaya KERA???

    Klo X bangga ya karena dia keturunan KERA.
    tp klo dia marah... emanganya nenek moyang x itu apa????

    ReplyDelete
  17. hidup klo gak ada perbedaan jd kurang seru, itulah yang dinamakan dengan dinamika kehidupan. tp klo memang kita semua punya iman, insyaallah kita akan tetap berpegang teguh pd keimanan kita masing-masing.... salah hondaC70

    ReplyDelete
  18. hawa ialah perempuan.napsu ialah hasrat.
    adam di goda sama hawa melalui buah quldi yg artinya buah yg di larang yg ada di surga,dlm arti lain buah kenikmatan...yg di nikmati adam .
    buah kuldi ialah buah dada wanita. yg hanya ada pada hawa untuk menggoda adam,karna bisikan syetan.

    ketika adam memakan nya terjadila hubungan zina
    antara adam dan hawa.
    dri situla terbentuk proses penciptaan manusia.
    sesuai dgn firman nya,,kami ciptakan manusia dri tulang sulbi dan tulang rusuk,kami jdikan segumpal dara dan daging ,tulang belulang dan di bentuk dgn sempurna, yg tersimpan pada dinding yg koko yaitu kandungan.
    dan akan di hembuskan zat nya.
    lalu akan lahir pada waktu yg di tentukan.

    ketika lahir, manusia itula yg di sebut adam(bayi mungil)
    yg lahir ke dunia.yg artinya adam di turnkan ke bumi.

    ketika itula allah berfirman akan kami ciptakan manusia,malaikat dan jin. yg ada pada setiap insan.

    hari ke bulan terus ke tahun adam tumbuh dgn membawa sifat malaikat dan setan maksudnya sifat baik dan buruk pada setiap manusia.

    di perjalanan hidup inila penentuan surga dan neraka .
    waspadala syetan terus menggoda anak cucu adam,awas jgn sampai tersesat menuju jalan sirotol mustakin.

    ReplyDelete
  19. Thanks yaa atas artikelnya bagus banget!!

    ReplyDelete
  20. Carles darwin saja tidak mengakui bahwa kera nenek moyangnya

    ReplyDelete
  21. Saya setuju dengan kakak,bahwa sebenarnya manusia pertama nabi adam a.s dan yang menciptakan seluruh alam semesta ini termauk nabi adam adalah Allah SWT bukannya charles darwin.
    Karena dahulunya semua buku buku teori dunia dan akhirat itu adalah milik orang islam.Tetapi waktu itu semua bukunya di curi oleh orang kafir dan di ganti isi-isinua terkecuali Al-Qur'an kitab suci muslim.Makanya saya,lebih percaya kepada Al-Qur'an.

    ReplyDelete
  22. Permisi...
    Ttg teory evolusi qt patut berterimakasih sama om darwin yg secara tdk langsung telah membuktikan bahwa jauh sebelum om darwin berteory Al-Quran telah memberi tau bahwa Adam adalah yg pertama dibumi tp bukan mahluk pertama. Krn jauh sebelum Adam ada penghuni yg menghuni bumi ini. dan telah dimusnahkan krn ke dzalimannya. inilah yg oleh darwi di katakan sebagai mata rantai yg hilang. mahluk yg pertama di bumi adalah yg qt sebut BANULJJAN. silahkan cari tau siapa banuljjan itu agar qt semua dpt pencerahan karenanya.

    ReplyDelete
  23. assalamualaikum wr wb.
    Sy sependapat dgn iva. 100% sy percaya nenek moyang semua manusia adalah Nabi Adam a.s. Karena dlm kitab suci agama sy pun menyatakan demikian.
    Mengenai penciptaan Nabi Adam a.s yg tanpa perantara seorang ayah dan ibu. Menurut sy pribadi jikalau hal ini hanya ddihat dr sisi logis tidaknya, perlu diktahui bahwa logika manusia itu terbatas untuk memahami sesuatu hal yg dluar btas kemampuannya(seperti halnya. bagaimana bisa seorang manusia ada tanpa perantara ayah-ibu). Kita ambil contoh jika kita menuangkan seember air kedalam sebuah cangkir, apa yg akan trjadi? Air itu akan meluber kemana mana. Begitu pun logika manusia yg mempunyai batas, apabila suatu hal/persoalan itu sudah mencapai batas pemikiran logika manusia yg trjadi adalah munculnya opini opini yg di tdk memiliki dasar/bukti yg kuat. Hanya mengirangira saja.. . . .perlu diketahui brsama bahwa sungguh keyakinan yg kuat adalah yg berasal dr hati yg suci, bukan dr logika semata.

    Bukan sy bermaksud untuk menceramahi, menggurui, merasa dr paling benar, atau memojokan salah satu golongan. tapi tolong bacalah terjemahan ayat di bawah:

    "Dan di antara mereka, ada orang yang
    mendengarkan (bacaan)mu, padahal
    Kami telah meletakkan tutupan di atas hati
    mereka, (sehingga mereka tidak)
    memahaminya dan (Kami letakkan)
    sumbatan di telinganya. Dan jika pun mereka melihat segala tanda (kebenaran),
    mereka tetap tidak mau beriman
    kepadanya. Sehingga apabila mereka
    datang kepadamu, untuk membantahmu,
    orang-orang kafir itu berkata: 'Al-Qur'an ini
    tidak lain hanyalah, dongengan orang- orang dahulu'." – (QS. Al-An'am 6:25)

    ReplyDelete
  24. Sepertinya penulis perlu lebih banyak membaca lagi perihal evolusi. Sampe ngakak bacanya terutama bagian yg menyebut evolusi adalah mitos dan dogma. Evolusi itu adalah prinsip ilmu biologi seperti prinsip gravitasi dan listrik dalam fisika. Menolak evolusi berarti Menolak banyak ilmu pengetahuan alam termasuk kedokteran.

    ReplyDelete
  25. Tidak usah berdebat, mari kita menuntut ilmu dan menyimak yang satu ini:
    Teori Evolusi Darwin dalam Islam

    ReplyDelete
  26. Wahh....QS. Al-An'am 6:25 ini merupkn tamparan n sindiran keras bagi si mr.X yg ga percya adam d cptkan Allah td va...hehekena juga dia, dsar ga beragama, sfatnya mr.X td aja udh ad d alquran, trbukti kn kbenaran kitab suci al Quran? :)
    malu bnget psti si mr.X td va...hehe

    ReplyDelete
  27. Teori Revolusi Som Wyn menginformasikan manusia adalah hasil revolusi microcosmos di bumi, argumentasinya: manusia hadir di bumi "paling akhir", namun perkembangan otaknya melebihi makluk hidup di bumi yang hadir sebelumnya, baik yang telah punah maupun yang kini masih ada di bumi. Hal ini dapat dilacak dari berbagai sumber informasi yang tersedia di Alam Semesta, diantaranya pengamatan isi langit, berbagai fenomena si antariksa dan isi bumi, diantaranya fosil dan peninggalan masa lalu. Jadi kita harus berterima kasih pada para peneliti yang memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk menguak rahasia macrocosmos maupun microcosmos.

    Ilmu pengetahuan materialistik memandang Alam Semesta hanyalah terisi oleh materi, memandang makluk hidup sekedar proses fisika/kimia, tak mengakui adanya soul, yang jika melakukan interaksi vitalistik dengan body yang tersusun dari energi akan menghasilkan microcosmos, individu makluk hiudp, yang jelas sangat berbeda dari sekedar benda, termasuk fosil.

    ReplyDelete
  28. Teori Minimalis menginformasikan bahwa Alam Semesta merupakan sebuah sistem tertutup, dimana jumlah energinya tetap yang berubah hanya kesadarannya seiring dengan jalannya waktu yang merupakan urutan suatu proses.

    Sebelum menciptakan Alam Semesta Tuhan Yang Maha Esa telah merencanakan dengan seksama, dan menyertakan hukum yang akan mengaturnya, yaitu Hukum Ekologi Alam Semesta (HEAS). Atas dasar HEAS) Alam Semesta dan isinya dapat menjadi teratur (cosmos) sehingga disebut Macrocosmos (keteraturan besar). Ada kalanya macrocosmos dapat menjadi kacau (chaos) akibat perebutan kepentingan, namun akan kembali menjadi cosmos saat masing-masing telah menyadari kepentingahnj bersama.

    Agar Alam Semesta dapat cosmos, maka Tuhan YME memberikan bekal kesadaran (consciousness) pada setiap ciptaan Nya untuk mengurusi diri sendiri, jenis dan lingkungannya, yang dapat berubah menyesuaikan dengan dimensi lingkungannya.
    Atas dasar kesadaran energi,Macrocosmos dibedakan menjadi:
    1. Sub Alam Gaib yang hanya terakses oleh bathin, 2.Sub Alam Metafisika yang hanya terakses oleh fikiran/akal, 3. Sub Alam Transien yang secara keseluruhan hanya terakses lewat kemampuan bawah sadar, sehingga sangat sulit terakses oleh otak dalam condisi sadar, 4. Sub Alam Fisika yang dapat terakses oleh pancaindra secara telanjang atau dengan bantuan peralatan fisika yang dibuat berdasar kemampuan berfikir manusia dan hasil jerih payah manusia, 5. Sub Alam Organisme (biologi) yang hanya terdapat di wilayah Alam Semesta yang memiliki biosfera.

    ReplyDelete
  29. Bumi bagaikan debu di Alam Semesta, namun sangat langka terdapat di Alam Semesta, sehingga manusia di bumi sanggup melakukan proses revolusi. Mengapa? Teori Paralogika yang menginformasikan living organisme, memanfaatkan komputer sebagai model organisme dan user sebagai model spirit. Antara komputer dengan user harus seimbang kemampuannya, demikian halnya antara organisme dengan spirit juga harus seimbang.
    Organisme manusia dapat saja mirip dengan organisme binatang bahkan tumbuh-tumbuhan, karena bahannya sama-sama dari bumi, namun karena dikembangkan oleh spirit manusia menjadi sangat berbeda dengan organisme living organisme lainnya.

    Living organisme memiliki massa sehingga dicengkeram oleh gaya grafitasi, sedangkan spirit bertubuh astral yang tak memiliki massa sehingga dapat bebas berkelana di segenap penjuru Alam Semesta. Spirit dari galaksi lain yang peradabannya telah sangat maju dapat datang ke -bumi untuk memanfaatkan organsime yang dapat terbentuk lewat proses alami, bahkan saat ini telah dapat ditiru oleh manusia.

    ReplyDelete
  30. Haaaaaaa.....hri gini koran dipercaya....kitab contekan aja dipercayaa....haaaa...adam tuh org yahudi ..wong yg pertama myakini orng yahudi kok...ini fakta....arab mah...bangsa copy paste ..edit sedikit biar logis diksih lakon yg namanya mamat.....haaaaa

    ReplyDelete
  31. KALIAN SEMUA SALAH GUE YANG BENER

    ReplyDelete
  32. Kalian belum tau ya siapa itu charles darwin?

    Dia itu seorang penipu ulung dari illuminati/freemasonry yang ingin dengan sengaja membuat propaganda teori evolusi manusia seolah2 benar sehingga tujuannya adalah untuk mendangkalkan aqidah/keimanan umat muslim diseluruh dunia.

    ReplyDelete
  33. Sejak kapan adam dan hawa ada buka ke publik ttg skandal mereka?? Dan dri mana tau klo manusia pertama namanya adam? Siapa yg lihat? Apa Tuhan Yang Maha Esa kirim sms kasi tau loe?? Ada yg tau kulit adam warna apa? Coklat? Hitam? Kuning? dan bagaimana dgn org berkulit hitam seperti org africa?? Bgmna Mata sipit seperti org china, korea, japan?? Org bule? Org arab? Dan apakah agama ada menceritakan ttg mahluk purba paling besar yaitu dinosaurus, t-rex end teman" nya? Agama di ciptakan manusia supaya kita mengerti tata krama.tujuan agama itu smua baik cuma ajarannya berbeda2.teori darwin dan agama itu berbeda. Agama hanya mengajarkan kita cara bertata krama yg baik dan benar sdgkan teori darwin adalah ilmu pengetahuan berdasarkan riset fakta di lapangan. Teori darwin menceritakan kejadian berjuta-juta tahun yg lalu... Seperti di temukan nya kerangka kera purba yg di duga berevolusi menjadi manusia akibat perubahan alam, dan tulang" dinosaurus yg ditemukan di sluruh penjuru dunia. Saya percaya teori darwin itu benar, dan agama kita tdk perlu membahas apakah adam yg pertama atau bla bla bla bla... Mungkin itu hanya mempersingkat ajaran agama ttg cikal bakal manusia. yg hanya perlu kita ambil ajaran" positif yg terkandung di dalamnya. Suapaya mahluk hidup di dunia ini saling bisa menghargai dan di hargai. Thx.. Saya rasa itu saja. Salam: Z

    ReplyDelete
  34. Sejak kapan adam dan hawa buka skandal mereka? Dari mana tau kalo adam manusia pertama di bumi? Apa Tuhan Yang Maha Esa sms kasi tau loe?? Adam berkulita wrna apa? Hitam? Coklat? Kuning? Bagaimana dgn org berkulit hitam africa? Org sipit seperti china, japan dll? Bgmna dgn org bule? Arab? India? Apakah agama ada menceritakan mahluk paling besar di bumi, dinosaurus seperti t-rex dan teman"nya?? Agama diciptakan manusia supaya manusia punya tata krama yg baik dan mengajarkan hal" yg baik. Sdkan teori darwin berdasarkan riset fakta dilapangan seperti ditemukannya kerangka kera purba yg menyerupai manusia dan tulang" mahluk purba seperti dinosaurus yg ditemukan di smua belahan dunia. Saya setuju dgn teori darwin. Dan mengenai adam manusia pertama di dunia mungkin cerita singkat dari agama yg pada intinya hanya meinginkan manusia cara bertata krama yg baik dan benar. Thx all.. Salam: Z

    ReplyDelete
  35. Terserah aja orang mau berpendapat asal usul manusia dr mana..ntar klu dh akhir zaman baru kita tau..kita berasal dr mana,dr siapa,dn dr apa...klo skrng gw msh berpegangan teguh dngn ajaran tua yaitu nenek moyang gw seoranag pelaut..wkwkwkwkwk..ada laguny kn??lg lo2 pd ribut bgt tentang siapa manusia pertama..y udh jelas nabi Adam as...itu menurut agama gw dn pikirin gw yg kuno tp ttp OK

    ReplyDelete
  36. gue gak tinggal di Pekanbaru.. lagipula gue setuju kalau nenek moyang kita itu bukan KERA!

    ReplyDelete
  37. apapun pendapat kalian,
    enaknya ya teh botol sosro ...
    :-p

    ReplyDelete
  38. udah,ga usah pada ribut ??
    kaya lagi rebutan pisang aja ..
    upz ....
    jadikan perbedaan itu suatu keindahan ..

    ReplyDelete
  39. Iva, numpang share karya tulisan iva di fb ane yach. :)

    ReplyDelete
  40. Teori darwin salah besar..dan siapa bilang nabi adam cuma dongeng dengan sumber yg ga jelas..kisah nabi adam jelas 2 bersumber dari alquran..jadi istigfar buat sobat yg telah keliru..

    ReplyDelete
  41. lagi2, debat antara islam ama kristen..
    Pengen banget deh gue nyobek2 PANCASILA kalo gini terus kelakuan islamo ame kristiano..

    ReplyDelete
  42. Charles Darwin buat teori asal manusia dari kera krn dia itu mirip kera. Jika teorinya itu bisa dipercaya olh sluruh manusia, maka generasi Darwin itu gak minder lagi hidup dimuka bumi ini, ia mirip kera krn moyangnya berasal dr kera (monyet)

    ReplyDelete
  43. Inti dari semua percakapan...

    Semua yg di bicarakan di atas itu adalah rahasia di balik rahasia rahasia yang ad.untuk yang umat non muslim..kita buktikan nanti d akhirat.untuk umat islam.pertebal keimanan.kenali lah dirimu rata rata sebelum kenal dengan tuhan yang nyata.

    ReplyDelete
  44. Ass.inti dari semua percakapan di atas.

    Untuk yang islam..pertebal aja keimanan kita.kenali lah diri kita rata rata sebelum kenal dengan tuhan yg nyata.

    Untk yang non muslim.semoga allah memberikan rahmat dengan kalian semua..karna sesungguh nya kalian tidak mengerti dengan ap yg klian lakukan.saya sokrates.lapor kan aja saya sama ke tiga tuhan mu.

    ReplyDelete
  45. adam sbnr nya bukan nama org tp sebutan buat org laki laki. adam di turunkan ke bumi krn di planet dia tinggal, terjadi bencana atau perang shg planet nya rusak.

    ReplyDelete
  46. Dimana-mana setiap ada postingan yg menyangkut pautkan tentang keislaman pasti bakal ada koment kisruh dr agama kristen. Begitu pula sebaliknya. Sungguh tanda-tanda dr kiamat kecil semakin nampak. Islam Vs kafir. Subhanallah

    ReplyDelete
  47. Hadeeeeeh...pngen mkan enak aja susah mlah diajak debat.asal usul manusia itu dr sperma kan?yg punya sperma ya makhluk hidup.sperma ayam ya jd ayam...sperma ular ya jd ular..sperma kera ya jd kera...sperma manusia ya jd manusia.dll....dr sini sudah jelas kan.masa sperma kera jd manusia....hadeeh.untung g sperma ayam yg jd manusia.wahahaha.bsa dipatok ayam donk.scara logia aja lah.tuhan menciptakan mkhluk diduniaini bukan hnya satu macam tp beribu2 macam.jd bukan hnya nabi adam yg allah ciptakan.klo allah hnya mnciptkan nabi adam brti nabi adam g pernh mkan aym goreng donk.wakakaka.intinya smua mkhluk diciptakan spy dia bsa memiliki keturunan.binatang,tumbuhan,manusia,jin,setan,smua diciptakn utk memiliki keturunan.istilah jowone"cetakan genteng ya jd genteng gak bkal jd kendi.cetakan manusia ya jd manusia cetakan kera ya jd kera.dievolusi beribu2 juta taun ya g bkal berubah.yg ad mlah musnah.conrtoh kecil aja...ada ular coba kita evolusikan?ap akn berubah bntuk jd yg lain?enggak kan.jd komodo ato apa lah.g mngkin kan.jd teori evolusi itu hnya skdar pengetahuan.yg benar kera ya kera manusia ya manusia.gak ad kera yg berubah jd manusia..emangnya kera sakti yg di tv2?itu hnya dongeng.dongeng itu dibuat oleh nenek moyang utk hiburan cucu2nya biar cucunya tersenyum,tertawa,bahagia.kebenaran dongeng dan sejarah itu g seratus persen benar.kebenaran yg benar adlah alam dan waktu.jd biarkan alam dan waktu yg mnjawabnya.okeee.selama kita berwujud manusia nenek moyang kita ya manusia.selama kera msih ada brti nenek moyangnya juga kera.bisa dipahami kan.jgn persempit pemikiran ya broo...maaf saya hnya tukang potong rambut yg ingin bicara.

    ReplyDelete
  48. Dunia ini tiada awal tiada akhir, begitu juga alam semesta dan seluruh jagad raya ini, Seorang ilmuwan tidak semudah itu mempercayakan suatu hal tanpa dibuktikan dengan akal sehat dan penelitian, Fenomena Adam dan Hawa sebenarnya hanyalah cerita yang tertera dalam buku yang ditulis oleh orang jaman dahulu yang masih berpengetahuan primitif karena minimnya ilmu pengetahuan, mereka mengarang dan menulis cerita itu dengan atas nama Allah yang sampai saat itu tidak diketahui keberadaannya untuk dibuktikan, dalam sejarah kemunculan agama yang dianut manusia, agama pertama di muka bumi adalah agama jhana di india, kedua hindu, ketiga buddhist, keempat kristiani, dan terakhir islam, jika kita berpikir lagi tentang kepercayaan adam dan hawa yang diyakini pernah diciptakan pertama kali di dunia bagi keyakinan kristiani dan islam, mengapa dalam keyakinan jhana, hindu dan buddhist tidak menceritakan hal itu, padahal keyakinan itulah yang pernah ada pertama kali sebelum kristiani dan islam, apakah adam dan hawa hanya satu karangan dalam kitab injil dan al-quran yg terlihat dalam tulisan manusia, kita sebagai manusia yang cerdas dan menggunakan logika harus dikaji lagi menggunakan fakta, bukti, dan diteliti lagi dengan penelitian. Bukan dengan cerita atau dongeng semata. Yang hanya ikut-ikutan dan percaya, padahal belum tentu benar, bumi ini telah melahirkan makhluk hidup sudah milliaran tahun silam, dari moleukul hingga jadi manusia ini memerlukan evolusi selama puluhan juta tahun, itu mutlak, dan itu dianggap benar dalam ilmu alam, jadi soal ini kembali kepada individu masing2, kalian mau percaya boleh.. Tidak percayapun tak ada yg menuntut kalian, agama tidak lebih tua dari umur bumi, kepercayaan terciptanya manusia berasal dari ilmu penelitian, bukan dari agama yg tidak memiliki laboraturium, para profesor dan ilmuwanlah yang paham soal itu, bagi kalian yg hanya belajar dalam ruang lingkup kepercayaan kalian tanpa belajar dari kepercayaan yang lain percuma saja kalian membenarkan keyakinan kalian, sama seperti katak di dalam sumur tidak merasakan indahnya danau.

    ReplyDelete
  49. Kenapa Islam menjadi agama terakhir? Karena untuk menyempurnakan agama2 sblm Islam. Supaya menjadi rohmatallil 'alamiin.

    ReplyDelete
  50. Hhehee perdebatan yg bodoh. Bodoh karena memisahkan AGAMA dengan SAINS, kenapa tidak menyatukan antara keduanya pasti lebih logis!
    Tapi ingat ada didunia ini yg tidak bisa kita rumuskan.

    ReplyDelete
  51. Kalau kita berdebat tentang asal usul manusia, itu tidak akan ada habisnya. Itu semua tergantung pada keyakinan kita masing-masing, saya muslim jadi saya percaya Nabi Adam as itu adalah orang pertama yang mengijakan kaki di atas bumi ini, itu sudah mutlak tidak bisa di tawar lagi, dan bagi semua umat muslim wajib umtuk mempercayainya. Dan bagi non muslim silahkan saja mau pilih yang mana, itu hak anda.Tapi saya sarankan jgn sampai keliru, karena anda akan menyesal nantinya......thank's

    ReplyDelete
  52. Hanya orang bodoh yang menstarakan dirinya dengan kera :) bayangkan saja manusia kini sudah sangat maju, jika saja kera mengapa tidak ada DNA kita yang cocok dengan kera ? Kita memiliki 23 pasang kromosom sedangkan kera 16 pasang kromosom. Revolusi manapun tidak akan pernah merubah struktur genetika sebuah organisme. Itu cukup untuk meruntuhkan teori Charles Darwin yang konyol. Jika revolusi manusia berasal dari kera, mengapa kera sekarang masih ada ? Revolusi adalah kejadian tunggal organisme yang hampir mendekati 0 kemungkinan jenis organisme yang sama, artinya kera dulu yang pernah berevolusi adalah kera pada masa sekarang, sedangkan masih tersisa spesies kera hingga sekarang, berarti kera tak mengalami revolusi apapun, hanya ada revolusi jenis. Pikirkan sekali lagi jika anda setuju dengan Darwin, maka anda harus menganggap kera seperti keluarga anda sendiri, dan menganggap kera bukan termasuk satwa, melainkan nenek moyang. Saya lulusan S2 Universitas Gadjah Mada Yogyakarta jurusan Biologi. Semoga membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bohong, mana ada lulusan S2 UGM biologi bilang "evolusi" jadi "revolusi". It's a different thing mas. Ati ati, bohong itu dosa mas hahahaha

      Delete
  53. Teori darwin ada benarnya......informasi kitab suci sangat benar pula adanya...

    Tinggal kita mampu ga sih memahami dan mempersepsikan dengan tepat

    Seleksi alam darwin mnurut saya sama sekali tdk pernah mnyebutkan manusia berasal dr kera. Dia bilang berasal dr sebuah makhluk yang memiliki kekerabatan dekat dan ciri2 mirip kera. Nah seperti kera kan bukan kera. Seperti kera jg bukan sepenuhnya secara fisik seperti kera. Bs dipersepsikan ikatan dna, anatomi, fungsi tubuh, kondisi fisiologis dll. Makhluk tersebut berkembang hingga menyerupai saat ini dan memenangkan seleksi alam

    Adam hawa diciptakan sebagai ruh di akhirat...bs dipelajari jg pada berbagai kitab dikatakan tingginya beberapa puluh hasta atau kurang lbh guede banget mpe akhirnya makin kecil dan kcil jd kayak skarang..nah itu menunjukkan proses adaptasi jg kan termasuk pada kondisi fisiologisnya. Cb dibaca jg mengenai kemungkinan bntuk tubuh manusia ribuan tahun yg akan datang...tentunya akan mengalami perubahan walau ilustrasinya hasil dari perkiraan manusia.

    Darwin tak cukup usia untuk menyempurnakan teorinya namun jelas ada kebenaran yg terkandung di dalamnya. Bagi pemeluk agama jelas saya pikir kitab agama masing2 mengandung kebenaran yg sebenarnya bagi mereka....dan tidak akan pernah bertentangan kok dengan bukti dan riset yg ada..kalaupun ada pertentangan saya kira balik kepada persepsi dan kapasitas manusia dalam memahami sesuatu. Perlu dikaji lagi atas pertentangan tersebut

    Namun saya pribadi sama sekali tdk melihat pertentangan dalam dua teori tersebut...hanya permasalahn pemahaman manusia saja yg terlalu cepat mengambil simpulan tanpa coba mencerna isi hipotesis seseorang dengan jernih dan menyeluruh

    Dan please deh klo dah ke fremason dll jd pembahasan lbh absurd lagi dong

    Pertentangan islam vs kafir dll? Hello.....semua kitab dan agama samawi saling terhubung keleus.....dan smua jg ngomong soal adam n eve adam n hawa. So agak ga relevan klo disebut perdebatan antar agama jg. Jngn gampang bawa urusan ke arah itu deh ntar indonesia ga nyatu2 lho...

    Simpulan mnurut gw....emang manusia bukan dr kera....masalahnya mnurut gw si darwin jg kagak bilang begono...

    ReplyDelete
  54. Sabar-sabar teman-teman jangan terbawa emosi, karena itu yang dicari para setan,supaya kita bertengkar, hahaha. Bisa bisa kesetanan kita , padahal cuma masalah siapa nenek moyang kita. Aku kasih tahu ya doubel sama tempenya dah, hahaha. Siapa yang gak percaya sama al-qur'an mending nyoba mati dulu sebentarrrrrrrrr aja. Kira kira di alam kubur ada apa. Nanti telfon-no kita tukar pikiran rasanya gimana disana. Hahaha. Jangan nyuruh aku mati dulu soalnya aku percaya al-qur'an. Maksudku buat yang gak percaya baik islam ktp maupun agama lain.

    ReplyDelete
  55. Yang gak percoyo al-qur'an jare kyaiku di suruh mencoba mati, nanti tak kasih hp kita telfonan yah, gimana rasanya disana kabari aku. Tapi jangan di putar balikkan ke aku yang di suruh coba duluan karena aku percaya al-qur'an, aku pertegas lagi yang gak percaya al-qur'an boleh di buktikan cobalah mati meski di kubur hanya semalam. Hahahaha.

    ReplyDelete
  56. Monyet ya monyet... manusia ya manusia.. emang loe mau jdi kingkong.. knapa gak jd babi saja

    ReplyDelete
  57. Sya prcaya menurut al-qur'an tapi saya juga percaya menurut teori evolusi.....

    ReplyDelete
  58. Kitab yang sedikitpun tak ada keraguan didalamnya. Saya yakini 100%. Om darwin..kasian anda.

    ReplyDelete
  59. yang merasanya keturunan kera sana pigi ke hutan jgn tinggal di kota .

    ReplyDelete
  60. yg merasa dirinya keturunan kera pindah aja ke hutan jgn tinggal dikota tinggal di pohon aja

    ReplyDelete
  61. Maaf bget klo salah, karna bahas manusia..
    Dari mana manusia bisa bernafas?

    ReplyDelete
  62. Manusia asalnya dari kecoa .... Ane percaya yg ini

    ReplyDelete
  63. Jk mm manusia adalah hasil evolusi dari kera,knp sekarang masih ada yg namanya kera..? Harusnya sekarang kera udh jadi manusia semua dong.

    ReplyDelete
  64. Teori darwin lebih logis dari dogma

    ReplyDelete
  65. otak manusia itu tidak lebih besar dari pada telor ayam tapi sok mikirin adam lah, surga lah, kiamat lah...preet...kerja lo baik baik semuanya. jangan ikut" bodoh membahas yg ngga lo ketahui kebenarannya.

    ReplyDelete
  66. Aku ingin tanya al quran turun pada tahun brapa dan penemuan fosil manusia pertama di temukan pada tahun berapa, dan tahun masehi dan hijriah itu asalnya dari mana dan siapa penemunya

    ReplyDelete
  67. Numpang tanya kawan saya muslim.saya ingin tanya jika islam adalah penyebaran agama terakhir kenapa sampai saat ini agama kristen dan ketiga agama lainya masih juga di percaya oleh banyak umat

    ReplyDelete
  68. sekarang begini aja ya mas semua nya !!
    sebenernya sangat gampang untuk berfikir yg masuk logika.
    yg pertama(1) : kalau kera itu berevolusi menjadi manusia, kenapa tetap ada kera2 dimuka bumi ini? seharus nya mereka sudah berevolusi menjadi manusia semua. LOL !!
    yg kedua(2) : kalau kita manusia mempunyai iman dan percaya akan adanya tuhan pasti kita semua percaya dengan kitab suci kita masing2 seperti
    TAURAT INJIL ATAU AL-QURAN, karna didalam kitab2 tersebut tidak ada yg menyatakan manusia itu dari MONYET yg berevolusi!
    saya rasa coment2 diatas banyak yg menyudutkan tentang agama islam?
    sbnernya orang islam itu lebih kristen daripada kristen itu sendiri, kenapa demikian? salah 1 contoh nabi isa a.s (yesus) itu disunat pada hari ke 8. itu dijelaskan di injil.
    contoh berikut nya, manusia tidak boleh makan babi, orang oslam tidak makan babi, tapi orang kristen makan babi.
    itu tanda nya orang2 islam lebih mengikuti ajaran2 nabi isa a.s (yesus) dibandingkan orang kristen itu sendiri.
    kenapa demikian? karna mereka orang2 kristen sudh di doktrin dengan gereja2 tempat mereka beribadah. sesungguh nya kalau mereka mengikuti ajaran nya nabi isa a.s (yesus) mereka pasti akan benar2 percaya bahwa nabi isa a.s itu bukan tuhan.

    itu saja thx !!

    ReplyDelete
  69. TEORI EVOLUSI DAN RIWAYAT-RIWAYAT ISLAM, SERTA PENGHUJAHAN ADAM KE ATAS KESERUPAAN MANUSIA PADA ZAMANNYA.
    Pastinya, persoalan evolusi tidak mungkin disebutkan di dalam riwayat-riwayat secara terperinci, tetapi wujud indikator-indikator di dalam riwayat-riwayat yang mengisyaratkan kepada persoalan evolusi. Ia menjelaskan dengan terang bahawa Adam AS bukanlah makhluk pertama yang mempunyai fizikal tubuh manusia sepertimana hari ini. Bahkan makhluk yang menyerupai manusia Adam dari sudut fizikal tubuh mereka telah pun mendahuluinya, tetapi mereka bukanlah dari anak keturunan Adam AS, bererti mereka telah mendahului Adam AS. Riwayat-riwayat telah menamakan mereka sebagai NasNas, iaitu nama yang hampir kepada penamaan-penamaan peringkat evolusi sains hari ini, seperti: homo erektus, homo sapiens, manusia neintherdial dan sesetengah saintis menamakan mereka sebagai keserupaan manusia.
    Apa yang menarik perhatian kita adalah kedapatan banyak riwayat daripada Keluarga Muhammad AS yang mengesahkan fakta sains yang muncul akhir-akhir ini, hasil daripada penemuan fosil-fosil dan kajian sains genetik. Perkara ini menyumbang sebagai dalil dan hujah buat Keluarga Muhammad AS bagi mereka yang ingin mengenal kebenaran. Dari manakah Keluarga Muhammad AS telah mendapat tahu bahawa terdapatnya keserupaan manusia yang mendahului kewujudan kita atas muka bumi ini, jika bukan kerana Keluarga Muhammad AS berhubung dengan Allah SWT. Dengan ini tetaplah hujah Keluarga Muhammad AS buat mereka yang mencari kebenaran, dan ketetapan wujud Allah yang memberitahu,8menyampai dan memindahkan fakta-fakta ini kepada mereka. Di sini saya saya pindahkan beberapa riwayat:
    Diriwayatkan daripada Muhammad bin Ali al-Baqir AS: Allah Azza wa Jalla telah menciptakan di atas muka bumi semenjak Dia menciptakannya (bumi) tujuh umat sejagat, mereka bukanlah daripada anak keturunan Adam dan diciptakan mereka daripada permukaan bumi. Mereka menghuninya satu persatu beserta umatnya. Kemudian Allah Azza wa Jalla menciptakan bapa manusia ini dan menciptakan zuriatnya daripadanya. (Al-Khishal, Syeikh Shadooq, ms 359)
    Diriwayatkan daripada Jabir bin Yazid al-Ja'fi, daripada Abi Ja'far Muhammad bin Ali bin al-Hussein, daripada bapanya, daripada bapa-bapanya AS, berkata Ali Amirul Mukminin AS: Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Taala hendak menciptakan makhluk dengan tanganNya dan yang demikian itu adalah selepas berlalunya Jin dan NasNas di bumi selama tujuh ribu tahun, dan hal keadaanNya menciptakan Adam adalah menggeserkan mangkuk-mangkuk langit, lantas berfirman kepada para Malaikat: Lihatlah kepada makhluk Ku dari kalangan penghuni bumi dari kalangan Jin dan NasNas.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...