Home » » Inovasi Susu yang Sehat dan Halal: Dulu dan Sekarang
Wednesday, 4 July 2012

Inovasi Susu yang Sehat dan Halal: Dulu dan Sekarang

Posted by Mungkin Blog on Wednesday, 4 July 2012

Senang sekali rasanya saat saya menemukan beberapa ide untuk ditulis di blog saya kali ini. Untuk kali ini saya akan membahas tentang Susu Inovasi yang Sehat dan Halal untuk Pertumbuhan anak. Untuk lebih rincinya sesuai judul, saya akan membahas Inovasi Susu Sehat dan Halal: Dulu dan Sekarang. Inovasi terhadap susu pertumbuhan anak tidak hanya muncul saat zaman modern, namun inovasi ini juga muncul saat zaman dulu. Disaat itu inovasi muncul tanpa teknologi canggih dan yang pasti hasilnya juga tak secanggih dan sebaik susu pertumbuhan yang ada saat ini. Zaman itu merupakan saat nenek buyut saya memiliki anak yaitu nenek saya. Ah..sudahlah, kita tidak perlu membahas lebih lanjut tentang nenek buyut atau nenek saya. Mari simak bersama-sama perbedaan Susu Inovasi Zaman Dulu dan Sekarang. Check It Out..!!!

Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal: Dulu
Air Tajin
Sesampainya dikampung halaman, saya segera bertanya kepada nenek tentang pengganti susu Ibu di zaman dahulu. Apakah ada yang demikian? Walaupun zaman dahulu kala tidak ada susu inovasi dengan teknologi canggih, namun tidak menutup kemungkinan adanya inovasi lain. Inovasi sederhana yang muncul dikalangan masyarakat saat itu adalah Dadiah (Dadiah berarti Air Tajin). Air Tajin adalah air yang diperoleh dari hasil memasak beras. Saat beras hampir masak menjadi nasi, maka akan terdapat air berwarna putih susu dan inilah yang dinamakan Air Tajin.

Air Tajin mengandung glukosa, poliglukosa, Magnesium (Mg),  Kalsium (Ca) dan Protein yang berguna untuk pertumbuhan. Protein pada air tajin sangat tinggi yaitu sekitar 7-10%. Protein ini sangat berguna dalam menunjang keberadaan setiap sel tubuh serta untuk proses kekebalan tubuh. Selain itu juga terdapat Magnesium dan Kalsium yang berperan penting dalam pertumbuhan anak.

Dikarenakan keterbatasan biaya, ilmu dan teknologi, maka Air Tajin menjadi pilihan utama susu pengganti Air Susu Ibu pada saat itu. Air tajin terbukti sehat, karena banyaknya kandungan gizi dan protein didalamnya. Air tajin juga terbukti halal, karena air tajin berasal dari beras. Jadi sekarang saya tidak heran melihat tubuh nenek saya yang masih terlihat tinggi dan kuat hingga saat ini. Kini saya telah menemukan rahasia inovasi susu pertumbuhan yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak pada zaman dahulu.

Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal: Sekarang 
Era globalisasi merupakan masa dimana perkembangan ilmu dan perkembangan teknologi global. Oleh karena itu, pada masa sekarang ini sangat mudah menemukan inovasi baru. Bertambahnya ilmu dan berkembangnya teknologi, tentu sangat menimbulkan banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Bersamaan dengan ini, ditemukan pula inovasi baru untuk menciptakan susu yang sehat dan halal. Inovasi itu adalah susu pertumbuhan dengan Isomaltulosa untuk gizi lengkap dan seimbang.

Isomaltulosa merupakan sebuah kata yang gencar dibicarakan akhir-akhir ini. Isomaltulosa sangat berkaitan dalam hal kesehatan serta pertumbuhan anak. Isomaltulosa merupakan sejenis karbohidrat yang menghasilkan glukosa yang memberikan energi lebih lama jika dibandingkan karbohidrat dengan indeks glikemik lebih tinggi seperti maltodekstrin, glukosa, sukrosa, dan lain-lain. Isomaltulosa dapat memberikan manfaat positif terhadap kinerja kognitif anak, terutama konsentrasi dan daya ingat. Isomaltulosa juga dapat melengkapi nutrisi esensial yang telah dikomposisikan secara tepat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa air tajin hanya memiliki beberapa protein dan glukosa yang dapat dikalahkan oleh Isomaltulosa. Jadi, terbukti bahwa inovasi saat ini lebih berkembang dibandingkan zaman dulu yang hanya memanfaatkan beberapa nutrisi dari Air Tajin.  Dengan Isomaltulosa anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga anak dapat tumbuh dengan asupan nutrisi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan fisik dan kognitif serta aktifitas mereka. Namun, kembali lagi pada diri sendiri dalam memilih susu yang tepat untuk anak. Sebelum berinovasi, yang pasti harus dimiliki oleh sebuah minuman untuk anak seperti susu ini yaitu sehat dan halal. Sehat dalam hal batin dan fisik, serta halal untuk dikonsumsi. Sehingga tidak meragukan Ibu untuk memberikan asupan nutrisi tersebut kepada anak.

Susu Formula Frisian Flag 123 dan 456 dengan Isomaltulosa

Ternyata susu dengan inovasi terbaru yaitu Isomaltulosa tidak dimiliki oleh banyak produsen susu di Indonesia. Inovasi terbaru ini pertama kali diluncurkan di Indonesia oleh PT. Frisian Flag Indonesia tepatnya bulan Mei 2012. Manfaat Isomaltulosa terhadap kinerja kognitif anak ternyata telah terbukti melalui uji klinis di Indonesia yang dilakukan oleh FrieslandCampina dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Pada akhirnya inovasi susu dengan Isomaltulosa ini dikemas dalam Susu Formula Frisian Flag 123 dan 456.

Anak merupakan modal paling utama yang berperan sebagai penerus bangsa dan penentu bagi masa depan Indonesia ini suatu saat kelak. Dengan adanya inovasi terbaru ini, diharapkan pertumbuhan anak-anak Indonesia akan lebih baik dari sebelumnya sehingga melahirkan anak bangsa yang lebih pintar, cerdas dan dapat menjadi kebanggan disuatu hari nanti. Saya pribadi sangat mengharapkan lahirnya anak bangsa yang demikian, sehingga masalah-masalah negara ini suatu saat nanti dapat diselesaikan dengan tuntas. Tidak ada lagi Indonesia yang bobrok moral dan miskin ilmu. Melainkan Indonesia dengan masyarakat berpendidikan, cerdas, dan mampu berinovasi untuk menjadi lebih maju dan berkembang menjadi lebih baik.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

1 komentar: