Saturday, 4 August 2012

Contoh Media Pembelajaran Matematika (Bangun Ruang dan Geometri)

Menjadi seorang guru yang profesional, dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan metode, model, media dan strategi pembelajaran. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sebuah contoh media pembelajaran matematika (Bangun Ruang dan Geometri). Media pembelajaran ini merupakan sebuah tugas yang telah saya tuntaskan dalam mata kuliah teknologi informasi dan komunikasi di semester 4 lalu. Seorang guru juga harus mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam profesinya.

Oleh karena itu, media pembelajaran matematika kali ini menggunakan slide powerpoint untuk membuat animasinya. Media pembelajaran ini nantinya akan mempermudah bagi seorang guru dalam menyampaikan suatu materi pelajaran. Hasil yang saya perolah memang tidak begitu sempurna. Namun setidaknya dapat memberikan sedikit referensi dan pencerah untuk sobat lainnya yang membutuhkan. Berikut tampilan slide dalam bentuk video saat slide powerpoint dijalankan.



Video diatas merupakan penggalan dari tampilan slide show dari powerpoint tersebut. Memang terkesan sederhana, namun sobat dapat mengeditnya lagi sesuai keinginan sobat. Disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana proses membuat slide-slide dan animasi tersebut. Jadi sobat dapat mempelajarinya di berbagai sumber yang banyak tersebar di blog lainnya, sobat bisa cari dengan search engine :D

Dalam file tersebut terdapat beberapa sub pembahasan, diantaranya:
  • Menghitung Volume Kubus
  • Menentukan Panjang, Lebar dan Tinggi serta Volume Balok
  • Kedudukan Garis terhadap Garis
Berikut ini merupakan link download file powerpoint dari media pembelajaran matematika yang berupa animasi dalam bentuk powerpoint.
Tips Download: Klik link dibawah ini, tunggu 5 detik dan klik SKIP AD disudut kanan atas.
File diatas masih dalam format .rar oleh karena itu ekstrak terlebih dahulu untuk dapat membuka file dalam bentuk powerpoint.
Semoga Membantu :D
Tidak punya blog? Mau Fiksi Mini, Cerpen, atau Puisi mu ada di Mungkin Blog?
Baca caranya DISINI :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...