Home » » Gue = Aku = Saya = Iva = AMBO
Saturday, 18 August 2012

Gue = Aku = Saya = Iva = AMBO

Posted by Mungkin Blog on Saturday, 18 August 2012

Terkadang gue sering bingung, gue bingung harus pilih yang mana. Gue, Aku atau Saya? Gue sering banget baca postingan blognya edotz, dia  gunakan “gue” sebagai kata ganti untuk menyebut dirinya sendiri. Jujur saja gue rasa penggunaan “gue” di blog edotz membuat gue jadi ngerasa nyaman banget pas baca blog dia. Bukan cuma nyaman, gue juga merasa lebih santai dan berasa seperti anak gaol gituh.


Tapi yang jadi permasalahan kali ini, gue bingung mau pilih yang mana? Gue galau banget. Secara gue ini anak melayu, masa’ gue mesti pakai kata ganti “gue” (juga). Setahu gue, panggilan “gue” itu sering digunakan oleh orang-orang di ibukota sana. Kalau gue gak salah juga nih, mereka itu anak-anak betawi. Mangkanye pada pakai kata “gue”.

Emang banyak sih blogger yang gunain kata “gue” walaupun mereka bukan anak betawi. Gue yakin itu karena mereka merasa nyaman menggunakan “gue” dalam berkomunikasi sama pembaca blognya. Kalau gue sih, kadang-kadang ngerasa nyaman banget gunain kata “gue”, tapi terkadang gue juga eneg dengernya. Apalagi kalau ada nih anak melayu yang mampir ke blog gue. Bisa-bisa mereka menghina gue “eh va, sejak kapan monas pindah ke Pekanbaru? Sok-sok pakai lo gue :p”. Nah kalau udah gitu, gue mesti gimana dong? Kayaknya penggunaan kata “gue” emang gak pas bagi anak melayu kayak gue. Walau sebenarnya nih, didalam hati masih berasa pengen banget gunain kata “gue” biar lebih keren dan nyaman didengar gitu. Hehehe

Jadi kalau gue gak cocok gunain “gue” sebagai kata ganti, trus yang cocok apa dong? Coba gue pakai “aku”. Nah loh, kok gue jadi ngerasa kayak mas Anang Hermansyah gitu ya. “Aku aku aku suka sama suara kamu” (gaya mas anang waktu ngejuriin Idol). Trus gue rasa kata “aku” juga terkesan formal banget. Dan gue rasa kata “aku” gak menjadikan gue lebih terasa dekat dengan pembaca blog gue.  Makanya gue jarang banget gunain “aku” kalau gue lagi curhat di blog. Yah paling-paling gue pakai “aku” kalau gue lagi bersyair di label puisi gue. Hhmm

Selain “aku” masih ada kata “saya”. Gue sering banget gunain “saya” dalam artikel gue. Setidaknya itu membuat gue lebih nyaman ketimbang kata ganti yang lain. Tapi kadang-kadang gue juga ngerasa kok kaku banget jadinya. Nah semenjak itu gue benar-benar galau harus gunain kata ganti yang mana. Gue gak tau mana yang paling cocok buat gue. Kadang gue juga gak peduli dan campur-campurin tuh semua kata ganti.
Pernah juga gue gunain nama gue langsung. “iva”. Sekilas gue ngerasa nyaman, tapi lama-lama kok terkesan manja gitu. Gue kok jadi unyu-unyu gitu kedengerannya. Ya udah, semenjak itu gue  gunain “iva” kalau gue lagi ngerasa imut dan lucu. Padahal nihil banget, malah mungkin orang-orang pada jijai dengerinnya. Dilihat dari ujung monas + sedotan , gue gak kelihatan imut dan lucu sedikit pun.

Dilema. Racun itu sedang menjalar ditubuh gue saat ini. Gue benar-benar gak tau harus pilih yang mana. Selama ini gue udah berhasil dengan mudah milih pacar dari sekian banyak cowok yang ngantri buat dapetin gue. *janganPercaya. Tapi gue rasa memilih ini lebih susah ketimbang gue milih pacar. Padahalkan iva, gue, aku dan saya itu artinya sama. Harus kah gue gunain “ambo” (ambo= gue, aku, saya di kampung gue)..??

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

44 komentar:

  1. pake kata ganti kulo aja mbak..dalam bahasa jawa kulo=saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini lebih gak nyambung lagi sob,,
      malah manggil "mbak" emg gue mbak2 jamu gtu??

      kulo?? lebih aneh lg,,haha

      Delete
    2. hahahah lah klo cewek kan manggilnya mbak...mosok mas...

      Delete
    3. ya, iva gak biasa aja dipanggil mbak, biasanya org melayu panggilnya kakak,,

      lau bisa, panggilnya iva aja ya, gak ush mbak2 segala,,wehehe :)

      Delete
  2. udah pake gue aja deh kakak, lebih nyaman. ato mau pake I?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sih lebih nyaman pakai "gue", tpi apa gak aneh gtu seh?

      I..?? jadi kayak orang2 malay dong,.! malas ah,, ntar malah dikira blogger malay..hhmm -_-'

      Delete
    2. tapi kayanya lebih keliatan unyu deh kalo pake I :D

      Delete
    3. eiiii so unyunyu bgt kyknya seh,,hhe
      silahkan,,aseh aja yg coba dulu I gak brani coba2..hhe
      *buatAnakJanganCoba2

      Delete
  3. pake kata "I" aja mbak biar dikira bule :p wkwkwkwkwk
    kalo gue sih di postingan pake kata saya biar semua pada nyaman karena itu bahasa indonesia yang baik dan benar :) tp kalo ngobrol byasa, pake kata "gue"

    ReplyDelete
    Replies
    1. *sebelumnya gue tegasin, jgn panggil gue "mbak", gue bukan tukang jamu n bukan jg org jawa. panggil iva aja, ok sob :)

      bule nyasar mksudnya gitu???
      btw makasih sarannya, kyknya gue ikut cara mu aja sob, pkai saya di postingn dan pke "gue" wktu ngobrol.. makasih pencerahannya :') *terharubanget

      Delete
  4. pake kata gue aja lebih gimana gitu. enaklah, lebih enak dari pada upil kalo pake kata gue.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaahhh gini deh, klau jadi korban upil,,,wkwkwk >_<

      Delete
  5. bodo amat orang mau nilai apa, yang penting selama ga ada orang lain yang dirugiin lakuin aja apa yang kita anggep nyaman :)_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sih,,, bener juga tuh,,,hhmm

      oh tuhaaan,,,,aku gaaalllaaauuu.... :'(

      Delete
  6. lagi-lagi si edotz yang disebut, entah setan apa yang dia pelihara. wkwkwkwk piss bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lu kayak gak tau aja, setan edotz itu udh nyebar kemana-mana, udh bnyak noh yg kerasukan..

      Delete
  7. saya.. :)

    entah kenapa saya (nah lo, saya bilang diri saya sebagai saya) lebih merasanya nyaman dengan kata saya.. mungkin saya cendrung untuk bersikap rendah diri dengan tidak mengagung agungkan diri saya dengan kata aku dan gue.. :)

    hmm.. tambah lagi, dari pada kata ambo, lebih baik diganti dengan kata kulo (jawa) atau tiang (sasak) hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah gue kn bukan org jawa tau sasak. -_-

      kayaknya gue bakal tetap pakai "saya" deh, makasih atas penguatannya, akhirnya gue udah nemuin jati dir,,yeaaahh merdeka..!!! *4Lay

      Delete
  8. hahahha, gwe pake kata gwe mba. "g.w.e" lebih membuat gwe pede kalo gue itu udah terlalu pasaran dan, klo di baca berulang2 agak jangal heheheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. janggal maksudnya yam?

      hhmm stelah va pikir2, kyaknya itu semua tergantung ma diri masing2 aja kali yak,,

      Delete
  9. aku pernah pake gue, tapi keliatan norak banget.
    pernah pake ANE, kok ke-arab-araban.
    pernah pake SAYA, kok kesannya bahsa Indonesia banget ya...
    akhirnya sekarang aku pake AKU. lebih down to earth githu deh! heheh


    btw, ditunggu follbacknya ya... *tetep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiiaaahhh kayaknya lebih banyak yg milih aku n saya ya..mungkin krna lebih meng-indonesia.

      okok, sabar vas, ntar jg iva follow kq,,maksa bener dah -_0

      Delete
  10. Pake kata ganti "ane" aja kalo nggak "beta" aja mungkin lebih gaul lagi -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane itu bukannya yg sering digunakan kaskusers gitu??
      beta? *KeningSeribuKerutan

      Delete
  11. hahaha hadeeeh -_-
    eeh nama gue disebut di atas :)
    *senyum paling manis*

    gue jg bukan orang ibukota ..
    orang jawa ngapak yang biasa nyebut "gue" sebagai "nyonk"
    nah lohh .. gue sih cuek aja temen2 mau bilang gue sok gaul ato apah
    yang jelas pake "gue" jauh lebih santai

    aku atau saya sepertinya terlalu formal dan gak tau kenapa bikin kurang nyaman ...

    tapi yah yang paling sreg menurut elu aja va :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan manis2, ntar banci2 pada terpikat, nah loh kan gawat.

      brarti tu semua tergantung kta aj kan. ok kalau gtu va tetep aja pakai "saya", kayaknya lebih Indonesia. terserah deh pada mau ngomong apa :D
      *tadi kan udah coba2 pakai gue, kayaknya emg gak pas sma org melayu kayak sya :(

      Delete
    2. bancinya cantik gak ? ehemb .. hehe

      iyah , senyamannya elu aja va , kalo sreg pake "saya" yah gpp
      yg penting itu nyaman jadi nulisnya bisa lebih santai lagi ..
      nyeritain sesuatu di tulisan elu lebih rileks dengan "saya"
      hehe

      Delete
    3. mana ada banci cantik mas,,hahaha

      ya udah, ntar va ganti2 aja panggilannya,,kadang-kadang pakai gue, kadang2 pakai aku atau saya,,boleh gak tuh???

      Delete
    4. ya gak papa siiih va kalo mau ganti2 ...
      tapi ntar pembaca setia km protes apa gak , hehe

      mending dimantepin aja salah satu ...
      kalo pake "gue" tar terus2 an juga terbiasa dan kesannya gak papa ...

      kalo mau pake saya juga gak papa , kn sebelum2nya pake itu ..

      mampir blogku yah ada sesuatu nih ..

      Delete
    5. gak kan gnti2 cwok lagi kq,,,hhe *GakNyambung

      ya ntr sya ttap gunakan "saya", itu lebih pas kyknya,,,
      oy mksh ya awardnya :D

      Delete
  12. panggil eike aja ato akika...jadi kayak bences dewh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klau iva kan cewek, jd biasa aja klu panggil kyk gtu,,
      oke mister, iva persilahkan pakai eike,,
      yyuuukk mri cyyyiiinn..

      Delete
  13. Pertanyaan yang sama dengan yang sering saya pikirkan. Dulu saya pernah coba pakai "gue" di blog tetapi yang ampun. Rasanya jadi overgaul lah buat saya (Saya blogger Makassar).
    Sampai sekarang saya masih pakai "saya" untuk bercerita di blog. Iya, bagi beberapa orang sih "Saya" memang kaku penggunaannya dan memang berpengaruh ke paragraf yang kita tulis selanjutnya. Pada akhirnya kita akan memilih pilihan masing-masing toh? *sokbijak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bgt kebijakn mu sob,,,itu dah trgntung msing2 blogger jg lah,,sya akhirny ttp milih "saya" ya soalnya itu lah yg paling cocok dan nyaman tuk digunakan :D thanks dah brknjung sob,,jauh bgt kunjungannya dri makassar >_<

      Delete
    2. Nggak apa-apa kok. Mau Saya, Gue, Aku, Akikah, Ane, itu masing-masing balik ke bloggernya aja. Kalau tulisan dan blognya memang enak dibaca, kenapa nggak? Kenapa harus maksa buat kayak blogger-blogger lain yang emang sudah terbiasa pakai Lo Gue dalam kesehariannya. Anggap aja ini bikin kita beda.

      Iya nih, saya dari Makassar, bagi THR-nya dong #ea...

      Delete
    3. yes,,sya stju bgt sma kamu sob..thanks ya,,,
      ooww salam kenal ya sob, mf blum sempat berkunjung ke blog kamu,,
      yaahh..malah minta THR ksini, sya aja gak dpet sob :'(

      Delete
  14. gitu aja kok bingung pake kata inyong aja biar di sangka orang tegal

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaahh inyong..????kamu aj deh sob,,sya gak ikut2an daaah,, :P

      Delete
  15. berbahasa-lah dengan kata hatimu..asalkan tetap mengikuti aturan Bahasa Indonesia dengan Ejaan Yang Benar :)

    ReplyDelete
  16. Yang mana yang paling nyaman menurut lo, itu yg dipake.
    yg penting sesuaikan sama situasi

    Oh ya ditunggu follbacknya
    Sama kenal Iva

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok deh sob, thanks kunjungannya,,slam kenal jg ya :D

      ntar deh, sya psti brknjung, blum sempat soalnya,,masih dikampung halaman nih, jaringannya lelet kayak siput, ntar klu udah di Pekanbaru, sya psti balas kunjungannya sobat :D

      Delete
  17. Haha guna aja i sama u... gimana kalu coba..


    ntar dibilang.." apa-apaan ini iva? baru pulang dr amerika? pake i segala lagi"

    haha pakai aja apa pun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya apa itu maksudnya I dan U,,wkwk
      betul sekali :)

      Delete