Home » » Kosmetik Halal untuk Kecantikan Jasmani
Sunday, 12 August 2012

Kosmetik Halal untuk Kecantikan Jasmani

Posted by Mungkin Blog on Sunday, 12 August 2012

Assalamu'alaikum ncik tuan dan puan Mungkin Blog, baik yang di Pekanbaru maupun dimana saja..!!!
Ape kabarkah hari ini? Semoga berjalan lancar tau aktifitas korang tu..!!
Dah lame pula kami tak ngisi blog ini kan.
Haleeh sudahlah tak payah nak becakap melayu macam ne lah >_<
Cukup sebagai pengantar untuk menyapa sobat-sobat je lah :D

Untuk kali ini, saya ingin membahas tentang kosmetik dan kecantikan. Saya ingin berbagi beberapa pengalaman kepada sobat sekalian. Sebuah cerita perjalanan saya menuju seorang wanita yang sesungguhnya. Baiklah langsung saja kita mulai pembahasan kita kali ini. *usahakan tersenyum saat membaca postingan saya kali ini* Smile :D Oke mari kita mulai...!!

Adakah wanita yang tak ingin terlihat cantik?
Saya rasa seluruh wanita ingin selalu tampil cantik. Kecantikan merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada setiap manusia yang berjenis kelamin perempuan tentunya. Namun bagi segelintir orang, cantik itu lebih identik dengan paras yang menawan, body sexy, mulus, rambut panjang dan lain sebagainya. Padahal kecantikan tidak hanya terpancar dari fisik seseorang, melainkan kecantikan juga terpancar dari dalam diri wanita tersebut. Kecantikan hati, sifat, budi pekerti merupakan kecantikan rohani dari diri seorang wanita. Sedangkan kecantikan wajah, tubuh, dan lainnya merupakan kecantikan jasmani pada diri seorang wanita, karena tampak secara jelas jika dipandang oleh orang lain. Kecantikan jasmani tidak lengkap apabila tak diiringi dengan kecantikan rohani. Begitu pula sebaliknya, cantik hati tidak akan lengkap jika tak diiringi dengan kecantikan jasmani. Cantik luar itu biasa. Cantik luar dan dalam itu baru luar biasa.
Benar gak sobat...???
Nah...oleh karena itu pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang cara untuk mendapatkan kecantikan jasmani dan rohani tersebut.

Kecantikan Rohani
Tidak begitu sulit untuk mendapatkan kecantikan yang terpancar dari dalam. Cukup dengan berbudi pekerti baik, sifat yang terpuji dan akhlak yang mulia.
Bagaimana cara mendapatkan dan mempelajarinya?
Mendapatkan dan mempelajarinya tidak begitu susah, cukup berpedoman saja pada kitab suci agama masing-masing. Baca, pahami dan aplikasikan dikehidupan sehari-hari. Dengan demikian, kecantikan rohani yang terpancar dari dalam diri akan kita dapatkan secara perlahan-lahan. Asalkan mau berusaha untuk menjadi lebih baik, pasti kecantikan itu akan dengan sendirinya terpancar dari dalam diri seorang wanita. Jika kecantikan rohani sudah mulai muncul dari dalam diri kita sebagai wanita, maka tidak ada salahnya untuk memulai mempercantik jasmani. Karena ada sebuah hadist yang menjelaskan bahwa Allah SWT juga menyukai kedua kecantikan  tersebut, berikut hadistnya:
“Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai yang indah, murah hati dan menyukai kemurahatian, menyukai akhlak yang luhur dan membenci akhlak yang rendah.” (HR. Al-Baihaqi)

Kecantikan Jasmani
Seorang wanita juga harus memiliki kecantikan jasmani. Sesuai dengan hadist diatas, tentu menjadi wanita yang bersih, rapi, indah dan cantik juga merupakan suatu yang diinginkan. Untuk mendapatkan kecantikan jasmani juga tidak begitu susah. Kuncinya masih tetap sama, yaitu "berusaha". Sebelumnya saya ingin bercerita terlebih dahulu bagaimana pengalaman saya menjadi seorang wanita yang jauh dari kata cantik jasmani dan rohani.

Dari dulu sejak saya dilahirkan hingga saat ini, saya masih tetap berjenis kelamin wanita. Insyaallah tidak ada niat untuk merubah jenis kelamin saya. Namun sempat suatu ketika, kelakuan dan sifat saya tidak lagi menyerupai seorang wanita. Acak-acakan, nakal, berakhlak tidak terpuji dan pastinya sangat jauh dari kata cantik. Entah apa penyebabnya, saya pun kurang tahu. Untuk berbedak sehabis mandi saja, tidak ada kemauan sedikitpun. Apalagi merias diri layaknya seorang wanita. Saat-saat itu merupakan saat paling kelam dalam hidup saya sebagai seorang wanita. Bergaya bagai seorang laki-laki.

Jangan heran dan jangan menertawakan saya, karena saya sudah terlalu banyak mendapatkan tertawaan. Tapi sobat jangan salah, saat ini saya telah berhasil menjadi wanita yang sesungguhnya. Kisah itu bermula saat saya pulang kekampung halaman dan bertemu dengan kakak sepupu saya yang sangat perhatian terhadap saya. Kakak telah merubah hidup saya menjadi wanita yang lebih berkewanitaan. Saat itu pertama kali saya dipermak habis-habisan. Cantik...? Insyaallah lebih baik dari sebelumnya. Sayangnya tidak ada foto dokumentasinya :(

Apakah sobat pernah memiliki sifat dan tingkah seperti laki-laki seperti saya..? Ataukah saat ini sobat masih belum bertaubat? Hhhmm bagi sobat yang berjenis kelamin sama dengan saya, lebih baik segera berubah sebelum terlambat. Bukan bermaksud menggurui, namun terimalah kenyataan yang ada bahwa kita adalah wanita.

Semoga cerita diatas dapat menjadi motivasi bagi sobat yang masih dalam tahap ingin menjadi wanita yang sesungguhnya. Kini saatnya kembali ketopik awal. Bagaimana cara mendapatkan kecantikan jasmani? Caranya adalah dengan merias diri dengan beberapa kosmetik. Kosmetik yang biasa saya gunakan dari dulu hingga saat ini adalah Wardah. Mengapa harus Wardah? Selanjutnya akan kita bahas bersama-sama.

Saya memang belum profesional dalam hal ini, namun tak ada salahnya kita berbagi tips. Berikut beberapa tips yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman pribadi saya, untuk sobat sekalian yang ingin cantik jasmani.

Sebelum memulai, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja yang biasa dilakukan dan dibutuhkan oleh seorang wanita. Semua itu menyangkut pada segala keperluan tata rias, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mengapa mencari ilmu tentang kecantikan perlu dilakukan? Bagi sobat yang masih pemula dalam merias diri, tentunya akan sedikit kebingungan dalam memilih dan menggunakan kosmetik. Nah, oleh karena itu kita juga harus mencari tahu terlebih dahulu tentang kosmetik-kosmetik tersebut. *kan gak lucu kalau blush on dipakai untuk di hidung, wehehe -_- Mencari ilmu tidak lagi sulit sobat, cukup dengan searching saja atau bisa juga ikuti cara saya yaitu mencari seseorang yang mampu mengajari kita untuk menjadi wanita yang sesungguhnya.

Setelah kita paham setidaknya beberapa fungsi atau manfaatnya, maka ada baiknya untuk segera mencari kosmetik-kosmetik tersebut. Untuk memperdalam ilmu kecantikan, selanjutnya dapat di lakukan ketika kosmetik sudah di dapatkan. Dalam memilih kosmetik tidak pula semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal yang perlu diperhatikan, berikut ini beberapa tips dalam memilih kosmetik:
  • Kesesuaian dengan Keadaan Fisik
Sebelum memilih kosmetik, perhatikan terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan. Perhatikan keadaan fisik, mulai dari warna kulit, jenis kulit, tekstur kulit dan lain sebagainya. Pilihlah kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ini merupakan salah satu alasan mengapa saya memilih Wardah. Wardah selalu menyediakan berbagai pilihan untuk para wanita. Kita bisa memilih warna bedak, foundation, eye shadow dan lainnya sesuai kebutuhan masing-masing.

  • Perhatikan Keamanan dan Kehalalannya
Selain menyesuaikan dengan keadaan fisik, memilih kosmetik juga harus memperhatikan keamanan dan kehalalan kosmetik tersebut. Mengapa harus aman? Tentu saja harus aman, karena tidak ada wanita yang ingin bertambah buruk setelah menggunakan kosmetik. Kebanyakan kosmetik menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi kulit. *kan gak lucu juga kalau muka bertambah jerawatnya akibat kosmetik yang tidak aman. Oleh karena itu, kita juga harus cermat dalam memilih kosmetik. Kosmetik yang aman dan halal harus memiliki kriteria sebagai berikut:

-Memiliki Legalitas
Kosmetik yang aman pastinya akan lulus uji laboratorium. Kosmetik yang lulus uji akan diberikan surat izin oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hal itu menandakan produk tersebut jelas dan dapat dipertanggung jawabkan keamanannya. Produk-produk yang legal ini biasanya memiliki kode-kode tersendiri dari BPOM yang biasa terdapat dibagian belakang produk tersebut.

-Memiliki Label Halal
Mengapa kosmetik juga harus memiliki label halal? Padahalkan kita tidak mungkin memakan bedak atau lipstik? Kembalikan pertanyan tersebut ke diri sendiri. Relakah sobat apabila tubuh sobat menyerap zat-zat haram? Allah SWT memilki alasan menetapkan sesuatu itu halal atau haram, karena sudah jelas bahwa yang haram itu tidak baik. Menggunakan kosmetik yang tidak halal, berarti menjadikan diri kita sendiri sebagai orang yang tidak baik. Bagi saya dan umat Islam lainnya, kehalalan merupakan hal yang utama. Bukan masalah di konsumsi atau tidaknya produk tersebut, melainkan pemakaiannya. Coba sobat bayangkan, apabila sobat menggunakan lotion yang tidak halal setelah berwudhu. Kemudian sobat shalat. Suatu hal yang pantaskah itu? Menghadap Allah SWT dengan kosmetik yang tidak halal. Allah SWT tidak akan menerima do'a dan amalan umatnya yang masih saja memakan atau memakai sesuatau yang haram. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut ini:

Dari Abu Hurairah ra dia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لَا يَقْبَلُ إِلَّا طَيِّبًا, وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ. فَقَالَ: { يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنْ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ } وَقَالَ: { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ } ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ: يَا رَبِّ يَا رَبِّ, وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لِذَلِكَ
“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu baik. Dia tak akan menerima sesuatu melainkan yang baik pula. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Dia berfirman, “Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) & kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan.” Dan Allah juga berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang telah Kami rezekikan kepadamu.” Kemudian beliau -shallallahu ‘alaihi wasallam- menceritakan tentang seorang laki-laki yang telah lama berjalan karena jauhnya jarak yang ditempuhnya. Sehingga rambutnya kusut & kakinya berdebu. Orang itu mengangkat kedua tangannya ke langit seraya berdo’a, “Wahai Rabbku, wahai Rabbku.” Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram, & diberi makan dgn makanan yang haram. Maka bagaimanakah Allah akan memperkenankan doanya?” (HR. Muslim no. 1015)

Jadi, masihkah akan diterima do'a seorang mukmin yang masih memakai segala yang haram? Tentu saja tidak. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa produk kosmetik pun ikut berlomba-lomba memproduksi kosmetik halal. Sekali lagi saya ingatkan sobat, ini bukan masalah di makan atau tidak, tetapi pemakaiannya.

Sertifikat halal untuk produk-produk Indonesia di keluarkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia atau yang disingkat LPPOM MUI.  LPPOM MUI adalah lembaga yang bertugas untuk meneliti, mengkaji, menganalisa dan memutuskan apakah produk-produk baik pangan dan turunannya, obat-obatan dan kosmetika apakah aman dikonsumsi baik dari sisi kesehatan dan dari sisi agama Islam yakni halal atau boleh dan baik untuk dikonsumsi bagi umat Muslim khususnya di wilayah Indonesia, selain itu memberikan rekomendasi, merumuskan ketentuan dan bimbingan kepada masyarakat. 
Untuk mendapatkan sertifikat halal bukan suatu perkara mudah, terdapat beberapa persyaratan yang harus di penuhi dari produk tersebut, diantaranya:
  1. Tidak mengandung babi dan bahan bahan yang berasal dari babi.
  2. Tidak mengandung bahan-bahan yang diharamkan seperti; bahan yang berasal dari organ manusia, darah, dan kotoran-kotoran.
  3. Semua bahan yang berasal dari hewan yang disembelih dengan syariat Islam.
  4. Semua tempat penyimpanan tempat penjualan pengolahan dan transportasinya tidak boleh digunakan untuk babi. Jika pernah digunakan untuk babi atau barang yang tidak halal lainnya terlebih dahulu dibersihkan dengan tata cara yang diatur menurut syariat.
Masih banyak kosmetik-kosmetik yang menggunakan lemak babi. Tentu saja itu tidak meluluskan produk tersebut untuk mendapatkan sertifikat halal. Memang tidak banyak kosmetik yang memiliki sertifikat halal. Bahkan saya hanya mengetahui satu produk kosmetik yaitu Wardah. Wardah merupakan produk kecantikan yang sudah jelas kehalalannya. Seluruh produknya yang berjumlah kurang lebih 200 macam telah mendapat sertifikasi halal, yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI. Tidak ada lagi keraguan untuk memilih Wardah sebagai kosmetik wanita Indonesia.

Saya rasa hanya itu tips yang dapat saya bagikan dalam memilih kosmetik. Selanjutnya saya akan bercerita tentang pengalaman saya menggunakan Wardah. Pertama kali saya mengenal Wardah bukan dari kakak yang telah merubah hidup saya, melainkan dari seorang teman. Seorang teman yang saya kenal mulai dibangku perkuliahan. Dia terlihat sangat cantik dan berseri. Dengan diamuk rasa penasaran, akhirnya saya memberanikan diri untuk bertanya.

"Hai kamu cantik banget, pakai kosmetik apa ya?"
"Wardah :D"

Sejenak saya pun terdiam, bukannya Wardah itu produk mahal? Kan biasanya jadi sponsor make up artis? Dengan rasa penasaran yang masih menggebu-gebu, saya kembali bertanya.

"Wardah.?? Bukannya itu produk mahal??"
"Gak kok, harganya berkisar Rp.30.000-Rp.100.000 lah, tergantung kita memilih yang mana. >_<"
"Oooo...makasih ya infonya"

Saya pun kembali terdiam dan tak mampu berkata-kata lagi, masih ragu namun tetap dalam keadaan penasaran. Rasa penasaran itu pula yang membuat saya memutuskan untuk singgah di toko kosmetik sepulang dari kuliah. Sesampainya di toko kosmetik, saya lebih percaya diri untuk bertanya pada si kakak penjaga toko dan dia menjelaskan semuanya. Mulai dari cara memilih kosmetik, kehebatan produk Wardah dan bahkan kakak itu juga menjelaskan tentang Wardah Beuty Concept. Saat itu saya tidak begitu mengerti tentang konsep-konsep tersebut, namun akhirnya saya searching kembali dan memahami tentang Wardah Beuty Concept.  

Wardah Beuty Concept yaitu:
-Pure & Safe
Seluruh rangkaian Wardah kosmetik dibuat dari bahan berkualitas dan terbukti aman serta halal.
-Beauty Expert
Wardah diformulasikan oleh para ahli farmasi dan kecantikan yang menghadirkan produk dengan inovasi terkini. Seluruhnya didedikasikan untuk wanita modern agar makin percaya diri melalui produk berkualitas.
-Inspiring Beauty
Kosmetika tidak hanya untuk tubuh akan tetapi juga untuk jiwa. Wardah mendorong setiap wanita untuk senantiasa percaya diri dan peduli terhadap sesama. Kami menyebutnya "kecantikan yang menginspirasi".

Setelah membeli produk Wardah dan bertanya beberapa info kepada kakak si penjaga toko, akhirnya saya memutuskan untuk segera pulang. Saat tiba dirumah, saya bergegas mencuci muka dan memulai berhias dengan seluruh produk Wardah yang baru saya beli. Saat itu memang belum terlalu banyak produk wardah yang saya beli, diantaranya yaitu eye shadow, two way cake, dan eye liner. Cukup untuk menjadi modal awal saya menjadi seorang wanita cantik. Untuk pertama kali saya memoles wajah dengan Wardah dan hasilnya adalah seperti ini: *menjadi foto favorit saya sepanjang masa :D

Tidak Menor dan Simple :D

Pengalaman yang paling mengesankan juga saya dapatkan bersama Wardah. Saat itu saya bertemu lagi dengan kakak saya yang telah merubah hidup saya menjadi seorang wanita tulen. Ternyata kakak belum menggunakan Wardah. Saya langsung berinsifiatif merias wajahnya dengan kosmetik wardah milik saya. Apa yang terjadi, dia kagum dan menyukai wardah. Berikut buktinya ya sobat :D

Makasih pujiannya Kakak :D

Sejak saat itu, banyak adik-adik saya yang menjadi korban percobaan kosmetik Wardah. Sebenarnya hanya iseng, lagi pula mereka ingin mencoba dan penasaran menjadi seorang wanita. Itu terbukti dengan lontaran pertanyan dari beberapa orang adik saya.

"Kak, apa sih enaknya dandan?"
"Sini deh coba dulu"

 Dengan suka rela, mereka pun dengan senang hati menjadi korban keganasan saya. Hahahaha berikut buktinya ya sobat :D #maaf ya adik-adikku :-*

Chibi ChibiDia yg pakai jilbab sendiri ya..!

Melihat mereka yang saya dandani seperti itu, Mama saya berkata:
"Kok adik mu yang ganteng ini bisa jadi cantik? Pakai produk apa?"
"Wardah, Ma"
Seluruh keluarga kami pun terbahak-bahak.

Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya sobat tidak sembarangan lagi memilih kosmetik. Pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih. Hingga saat ini Wardah masih setia menemani saya yang selalu ingin menjadi wanita sesungguhnya. Sebagai seorang muslim, saya tidak takut lagi melanggar syariat agama akibat menggunakan kosmetik haram. Sekarang sudah ada Wardah, kosmetik halal sebagai inspirasi wanita Indonesia. Bagaimana dengan sobat? Yuk mempercantik diri dengan Wardah...!!

Eiitss..tapi ingat juga sobat, kecantikan jasmani tidak lengkap apabila tidak diiringi kecantikan rohani. Bak kata lirik lagu Cherrybelle "you are beautiful, beautiful, kamu cantik cantik dari hati mu". So, sekarang kita bisa kan jadi wanita yang cantik jasmani dan rohani..?? >_< 

Iva dan Kakak bersama Wardah :D

Referensi:

Wassalam

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

16 komentar:

  1. HAi blogwalking!!ak balik berkunjung nih :D

    ReplyDelete
  2. gue gak pengen tampil cantik -_-
    btw, adek kamu gak tau bahaya yang mengancam akibat eksperimen dari kakaknya :D

    sukses buat lombanya yaaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha makasih dotz..
      eksperimen it prlu, y mungkin aja ntr va bsa jdi profesor gtu,,hho

      yakin lu gak mau tmpil cantik? ntar nyesel loh,,
      dri pda lu trus2an jdi makhluk yg GAK CAKEP, mending jdi wanita cantik, wkwkwk *peaceBro

      Delete
  3. cantik itu menurut saya adalah hasil dari usaha kita sendiri, ganteng dan cantik kita yang nentuin. dan jelek itu bukan sebuah pilihan. contohnya dengan kosmetik adalah suatu usaha dari diri kita untuk menciptakan tampilan fisik yang kita inginkan tentunya dengan usaha dan pengrobanan.

    kunjungi blog aku ya, dan kalo bisa tukeran link heheheh
    nama : Socialoo
    URL : http://www.socialoo.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget sob,,,okok aman tuh,,
      segera menuju TKP :D

      Delete
  4. waah bagus nih temanya. soalnya sekarang banyak yang pengen cantik tapi akhirnya justru kelihatan maksa soalnya ga sesuai diriny.
    Kalau aku sukanya yang simple aja, sesuai kebutuhan dan tempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bnyak yg gtu skrg, padahal jdi dri sndri itu lebih asyik kan,,
      iva sependapat deh sma sobat :D

      Delete
  5. Bagus nih :D 3 postingan ku juga aku ikutin lomba ...
    Kosmetik bikin cantik ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong,, :D
      waahh tiga?? bnyak bgt, sukses y lombanya :)

      Delete
  6. Dugh..
    Setelah belajar jadi wanita dan kecantikan, ane mau cari korban suka rela dimana ya, bear dia jadi mirip Po-oK, eh,..
    Selamat ya cantik, semoga ente ga ganteng lagi..
    [semoga benar]

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihh takutt aaahh,,,,
      masa miri po-ok...hhmm
      bneerr kq,,makasih ya sob :D

      Delete
  7. Baca posting ini kaget lihat adikmu yang cowok Kak Iva #NgakakMaksimal

    Yang penting itu halal, nyaman, dan tidak menimbulkan iritasi kosmetiknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hihihi mereka yg mau kok yen, jadi ya udah begitulah mereka >_<

      Delete