Home » » Bisnis Online: Paradigma Baru dalam Berbisnis
Saturday, 29 September 2012

Bisnis Online: Paradigma Baru dalam Berbisnis

Posted by Mungkin Blog on Saturday, 29 September 2012

Seiring perkembangan zaman banyak paradigma baru yang telah muncul. Salah satunya dalam berbisnis. Strategi berbisnis zaman dulu sangat berbeda dengan saat ini. Sebelum munculnya paradigma baru dalam berbisnis, biasanya pebisnis selalu mengandalkan sales untuk memasarkan produknya. Jika tidak, maka pebisnis tersebut harus berusaha sendiri mencari pembeli dan berkoar-koar kesana kemari untuk memasarkan produknya. Tidak perlu mengambil contoh yang terlalu jauh, misalkan saja penjual remote di kompleks perumahan saya. Penjual remote selalu berkeliling kompleks untuk memasarkan produknya dengan menyerukan: “remote..remote...remote...remote TV..remote CD..remote control..ini remote bisa mengatur cinta, yang JOMBLO bisa dapat pacar!”. Banyak sekali kata-kata dan strategi yang harus dijalankan si penjual remote untuk memasarkan produknya. Tentu saja dengan harapan ada calon pembeli yang tertarik dan bisa dinobatkan sebagai pembeli remote.

Sangat berbeda dengan gambaran yang saya sebutkan diatas. Pada saat sekarang ini, pebisnis cenderung menggunakan teknologi dalam berbisnis. Terutama menggunakan teknologi informasi. Pebisnis tidak lagi memerlukan sales-sales untuk memasarkan produknya dari pintu kepintu. Pebisnis cukup melakukan pemasaran melalui jaringan internet yang biasa disebut online. Tidak hanya pemasaran, proses jual beli dan pembayarannya pun dilakukan secara online. Oleh karena itu, bisnis yang di lakukan dengan strategi ini biasa disebut bisnis online. Memang tidak semua produk cocok dipasarkan dan dijual dengan cara online, tetapi bisnis online masih tetap menjadi pilihan favorit bagi para pebisnis.

Nah, adanya paradigma baru dalam berbisnis ini, cukup membuat saya penasaran untuk mencobanya. Saya rasa bisnis online merupakan sebuah cara yang lumayan simple dan mudah untuk dijalankan. Oleh karena itu, selama beberapa bulan yang lalu saya sempat membangun sebuah bisnis online secara mandiri. Sebelum memulainya dibutuhkan beberapa persiapan-persiapan yang tidak mudah. Baik itu mengenai produk yang akan dijual, jenis pembayaran, metode pemasaran, orang-orang yang terlibat dan lain sebagainya. Wah wah pasti pada penasaran bisnis online apa yang sempat saya jalankan beberapa bulan yang lalu? Iya kan? Pada ngaku deh..! Oke, maka dari itu untuk kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan tips dalam berbisnis online kepada sobat semua.

Pengalaman Berbisnis Online
Pacu Jalur
Tepatnya 3 bulan yang lalu yaitu bulan Juni merupakan awal dari bisnis online ini. Bisnis online ini berkembang sejalan dengan diadakannya Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Tidak berlangsung lama, bisnis online ini ditutup pada akhir bulan Agustus. Hal ini juga dikarenakan festival itu mengalami puncaknya diakhir bulan Agustus. Lalu apa dong kaitannya bisnis online ini dengan festival pacu jalur?
Tentu ada kaitannya, karena produk yang saya jual secara online ini merupakan salah satu produk yang dicari sebelum dan saat berlangsungnya festival pacu jalur. Produk itu merupakan Miniatur Jalur. Miniatur Jalur merupakan bentuk mini dari Jalur yang dipertandingkan dalam Festival Pacu Jalur. Biasanya para pengunjung membeli Miniatur Jalur sebagai souvenir atau kenang-kenangan dari Kota Jalur.

Saat itu saya memutuskan untuk menjual Miniatur Jalur dengan cara online. Ide itu dicetuskan oleh Oom saya yang terlibat langsung sebagai pembuat dari Miniatur Jalur itu sendiri. “Va, kenapa Miniatur ini tidak kita jual di Facebook saja?” , ucap Oom saya saat itu. Tanpa pikir panjang, kami langsung mengatur strategi bisnis mulai dari anggota perusahaan, harga produk, jenis produk, jenis pembayaran dan lain sebagainya. Dengan demikian, saya tidak perlu lagi datang ke lokasi festival dan berpanas-panasan hanya untuk menjual Miniatur Jalur.
Menjual Miniatur Jalur di Facebook (bisnis online)

Benar saja, akhirnya perusahaan kecil kami yang memiliki karyawan hanya berupa sanak saudara ini mendapatkan keuntungan yang lumayan. Namanya saja perusahaan kecil, tentu laba yang diperoleh juga kecil dan tidak sebesar perusahan yang sudah sukses. Menjalani bisnis online selama tiga bulan, cukup membuat saya mendapatkan beberapa pengalaman baru. Setidaknya saya telah berhasil mencoba dan merasakan bagaimana meraih keuntungan melalui strategi yang cukup mudah. Dibalik pengalaman itu, saya bisa simpulkan beberapa kelebihan, kekurangan dan tips-tips berbisnis online.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online
Masing-masing strategi bisnis memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan bisnis online. Banyak pebisnis yang merasa sangat nyaman berbisnis online dan ada pula yang tidak betah menjalaninya. Berikut saya berikan kelebihan dan kekurangan bisnis online menurut pengalaman berbisnis yang pernah saya jalani.
  • Kelebihan Bisnis Online:
-Tidak terbatas tempat dan waktu pelaksanaannya
-Tidak terikat dengan lembaga tertentu (bebas)
-Modal lebih sedikit (tidak harus membeli ruko atau toko)
-Lebih cepat dikenal oleh masyarakat (target pemasaran)
-Transaksi lebih cepat
-Menggunakan sedikit tenaga
-Tidak harus berpengalaman banyak 
  • Kekurangan Bisnis Online:
-Hanya menjangkau daerah yang memiliki jaringan internet
-Cukup sulit meyakinkan pembeli, karena sering terjadi penipuan
-Belum ada Undang-Undang yang mengatur tentang bisnis online

Tips-Tips Berbisnis Online
Tiga bulan bukan merupakan waktu yang singkat bagi saya untuk mendalami peran sebagai pebisnis online. Cukup banyak pahit manis yang saya rasakan saat menjalaninya. Terutama dalam meyakinkan pembeli dan mengatur administrasi pembayaran. Berikut saya berikan sedikit tips bagi sobat yang ingin mencoba memulai berbisnis online:

1.  Pilih jenis produk yang unik dan beda dari yang lain
Dalam memulai sebuah bisnis, hal yang pertama sekali harus dipikirkan adalah produk yang akan dijual. Dalam memilih produk, kita juga harus menyesuaikan dengan tujuan awal berbisnis. Jika bisnis online dalam jangka panjang, maka pilih produk yang sekiranya diperlukan setiap saat misalnya pakaian, barang elektronik, dan lain sebagainya. Jika bisnis online dalam jangka pendek, maka pilih produk yang benar-benar dibutuhkan pada musim itu misalnya menjual Miniatur Jalur pada musim Pacu Jalur seperti yang saya lakukan. Selain itu produk yang di jual juga harus unik dan jarang ditemukan di tempat lain.

2.  Cari beberapa orang partner untuk memulai bisnis
Jika sobat sudah benar-benar yakin untuk memulai, maka jangan lakukan bisnis ini seorang diri. Mungkin bisa saja sobat melakukan ini seorang diri, tetapi alangkah baiknya apabila ada beberapa orang lainnya yang membantu kita dalam menjalankan bisnis online ini. Setidaknya beberapa orang anggota keluarga atau teman yang bisa dipercaya untuk dijadikan partner dalam bisnis online terbaru sobat. Sehingga dengan demikian sobat tidak perlu lagi mengerjakan seorang diri seluruh tugas, seperti memproduksi barang, mempromosikan, mengatur administrasi dan lain sebagainya.

3.  Penuhi beberapa kewajiban berbisnis online
Berbisnis online sangat berbeda dengan berbisnis offline. Dalam berbisnis online, ada beberapa kewajiban yang harus dimiliki agar dapat meraih kesuksesan. Jika tidak, usaha berbisnis online hanya akan sia-sia. Apa saja kewajiban yang harus dimiliki pebisnis online? Berikut saya sajikan dalam beberapa point:
  • Memiliki seperangkat alat dan bahan untuk online
Bisnis online tentu saja harus memiliki seperangkat alat dan bahan untuk online. Seperangkat alat itu berupa PC atau Laptop atau sejenis alat lainnya. Selanjutnya harus memiliki bahan berupa sebuah email yang nantinya berfungsi sebagai dasar untuk membuat media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Blog, Web dan lain sebagainya.
  • Miliki banyak teman di dunia maya
Setelah alat dan bahan itu kita miliki, maka trik selanjutnya agar sukses berbisnis online adalah dengan memperbanyak teman di dunia maya. Dengan demikian kita bisa menentukan target awal pemasaran tanpa harus memulainya dari awal.
  • Berusaha terbuka dan jujur kepada konsumen
Pebisnis online juga harus memiliki sifat terbuka dan jujur yang lebih besar dibandingkan pebisnis offline. Hal itu dikarenakan sering terjadinya penipuan oleh pebisnis online amatir. Sehingga kita harus lebih berusaha keras untuk meyakinkan calon pembeli. 
  • Pandai memaksimalkan promosi online
Promosi online merupakan suatu hal terpenting yang harus dilakukan pebisnis online. Promosi online dapat dilakukan dengan banyak cara, diantaranya membuat sebuah iklan di situs online, membagikan beberapa tautan tentang bisnis yang sedang kita jalani di jejaring sosial, dan masih banyak trik promosi online lainnya yang harus dikuasi oleh pebisnis online.
o0o
Demikianlah beberapa pengalaman, pengetahuan dan tips-tips yang dapat saya bagikan kepada sobat semua. Saya harap sobat dapat mengambil pelajaran dari pengalaman yang telah saya alami ini. Tips ini benar-benar saya berikan GRATIS kepada sobat semua. Ya mungkin ada diantara sobat yang ingin mencoba. Semoga artikel ini berguna untuk membangun dan memulai bisnis online terbaru sobat.

Ingat..!! Tidak ada usaha yang sia-sia. Setiap usaha yang telah kita lakukan akan sebanding dengan hasil yang kita dapatkan. Tidak akan dapat meraih kata sukses, apabila hanya bersantai-santai. Namun, hanya cukup keseriusan, kerja keras, berusaha dan berdo'a. Yakinlah kesuksesan itu akan kita raih dengan sendirinya. Pahami dan jadikan motivasi quote berikut ini:

Praktekkan apa yang kau ketahui saat ini, 
dan hal itu akan membantu menjelaskan hal lain yang tak kau ketahui.
Practise what you know, and it will help to make clear what now you do not know.
~ Rembrandt van Rijn ~
  
Oleh  Iva Mairisti, Pekanbaru, 29 September 2012

Artikel ini diikutsertakan dalam Blogger Competition yang diselenggarakan oleh BEM PAAP FEB UNPAD dengan tema "Bisnis Online".
Kunjungi link berikut untuk informasi selanjutnya:

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

24 komentar:

  1. pengen nyobain, tapi gak tahu harus jualapa ya.... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhmmm coba pikir2 deh vas,,apa produk unik yg belum pernah ada,,ya kali2 aja bisa rncang bisnis online dgn keuntungan yg besar,,kan lumayan :)

      Delete
  2. bener tuh va. kekurangannya itulah yg membuat gue mikir2 lg kalo mau beli online :) takut ketipu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhmmm tu lah, kdang2 emg nyeremin,,apalgi kta kan gak kenal sma tuh org ya kan,,hhmm

      Delete
  3. Selain mendapat keuntungan, yang paling penting dalam berbisnis adalah pengalaman :)

    Makasih tipsnya yah,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke rob,,sama2 ya,,hhe
      ya emg pengalaman it lah yg pling berkesan :D

      Delete
  4. gue masih belum berani nih buat bisnis gituan takut ketipu :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh koq elu yg takut ketipu dit..? kan elu yg jualan,,hhmm kq va jdi bngung ya?? -___-'

      Delete
  5. mbak minta follow backya ya
    http://blogmashanif.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Wah..sekarang lagi musim apa ea, yang lagi banyak d cari orang apa ea,,
    ..lihat lihat sikon dulu ahhh !!

    Ada yang mua jadi pathner gue !?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klu disini lagi musim mangga mad,,hahaha kykny lg bnyak yg nyari mangga,,coba deh di jual online,,,wkwkwk
      saya brsdia jadi partner kmu :) ckckck

      Delete
    2. Owh sama dunk Va ..sini juga mangga..Ayuk kalu mau..tapi jangan d makan sendiri ea daganganya entar hehehe . canda !!

      *Serius

      Delete
    3. ini serius apa canda,,,wkwkwk

      Delete
  7. waah .. kalo gue kapok urusan sama yang onlen2 beginian va ..
    gak bisa ngecek kualitas barnag sebelum dibeli..

    gue pernah ketipu ..
    selain itu banyak toko onlen gak bertanggungjawab ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kebetulan aja mungkin elu nya yg apes dotz,, iy sih gak bisa ngecek kualitas,,tu jga trmasuk kkurangannya,,
      y klu mslh tko online yg gk tnggung jwab, y emg bnyak, mkanya it jdi rsiko utk kta yg bru mulai :)

      Delete
  8. ah pilihan yang bagus, gue juga kepingin bikin distro berbasisi online dulu kalau udah banyak laku baru nyewa toko

    oh ya..
    semoga berhasil ya lombanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh keren jga tuh bay,,,ya mgo aja elu sukses jg,,,
      thanks ya bay,,hhe :D

      Delete
  9. oh gue jg tau tuh kompetisinya :D tp gak ada ide jd gak ikutan -__-
    mau usaha online emang susah2 gampang , yg paling susah itu buat orang percaya kalo kita gak nipu . .hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneerr banget tuh sob,,hhm ya kalau mau sukses pasti harus berusha dulu dong,,,
      hhmm knpa gak ikutan? ktanya masih diperpanjang hingga tgl 5 loh :)

      Delete
  10. makasih ilmu bisnisnya mbk... ni minta dukungannya ya ni aku ikutan lomba blog lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke deh,,sama2 ya,,udah saya kunjungi tuh,,salam kenal :D

      Delete
  11. ini artikel yang menang itu kan mbak Iva?
    wiihh ternyata ini artikelnaya yang bikin juara. mantap mbak
    hehehe
    kalo ada kontes saya mau ikutan dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,,hehe
      thanks ya,
      nah gtu dong, semangat. Pasti bisa..!!!

      Delete