Home » » Bangkitkan Kembali Semangat Sumpah Pemuda
Thursday, 25 October 2012

Bangkitkan Kembali Semangat Sumpah Pemuda

Posted by Mungkin Blog on Thursday, 25 October 2012

Hari Minggu nanti, tanggal 28 Oktober 2012 merupakan hari bersejarah bagi putra-putri Indonesia. Terhitung 2 hari lagi kita akan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-84.  Saya rasa tak ada yang salah jika saya membahasnya saat ini. Kebetulan ini juga tema pekan terakhir trial Liga Blogger Indonesia. Oya sebelum membahas lebih lanjut tentang Sumpah Pemuda, masih ingatkan apa isi dari Sumpah Pemuda itu? Saya harap kita sebagai putra-putri bangsa tak akan pernah melupakannya.
Isi Sumpah Pemuda yakni:
  1. Kami putra-putri Indonesia, mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia.
  2. Kami putra-putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra-putri Indonesia, mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia.

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-84 ini, sebagai kaum muda bangsa tentunya kita punya harapan dan keinginan terhadap bangsa Indonesia. Terutama dalam hal politik. Dunia politik bangsa saat ini memang mengalami kemelut yang luar biasa. Kasus korupsi tersebar dimana-mana. Permainan politik juga sedang bergejolak di kalangan pejabat negara. Hal ini mengakibatkan kerugian bagi rakyat biasa seperti kita-kita ini. Uang rakyat habis digerogoti tikus-tikus berdasi. Inilah harapan terbesar saya sebagai kaum muda bangsa Indonesia. Dengan semangat sumpah pemuda, saya ingin sekali memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme. Tapi apa hendak dikata, itu semua belum bisa saya lakukan. Saya hanya bisa memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik. Jadi, saya hanya hanya bisa berharap KPK dapat segera menanganinya. Itu harapan dan keinginan terbesar saya untuk bangsa ini. Sebenarnya masih banyak harapan saya yang labelnya sebagai kaum muda bangsa. Tapi saya rasa tak mungkin mengungkapkannya disini. Bisa panjang sekali postingan ini. >_<

Memberantas korupsi bukan hal mudah dan saya belum mampu melakukannya. Sebagai kaum muda bangsa, memang belum banyak yang bisa saya berikan terhadap bangsa ini. Bahkan bisa dibilang hanya secuil jika di bandingkan dengan kaum muda lainnya. Tapi setidaknya masih ada sesuatu yang bisa saya berikan untuk bangsa ini, terutama dalam hal menulis. Sesuai isi sumpah pemuda, kita sebagai kaum muda telah berjanji bertanah air satu yaitu Indonesia. Dengan itu saya telah berusaha menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan Indonesia di blog ini. Entah itu informasi maupun promosi, bisa dalam hal budaya, wisata, keadaan sosial, dan segala yang khas dari tanah air Indonesia ini. Saya cukup bangga dengan tulisan saya. Walaupun tak begitu apik, namun saya yakin bisa memberi manfaat bagi tanah air ini.

Selain itu, untuk merealisasikan mimpi para kaum muda bangsa, saya sangat berharap pemerintah bisa mencukupi kebutuhan putra-putri bangsa. Entah itu fasilitas sekolah ataupun lapangan kerja. Dengan demikian di harapkan putra-putri bangsa dapat terus melakukan hal-hal positif untuk memajukan bangsa.

Sesuai dengan isi Sumpah Pemuda itu sendiri, Sumpah Pemuda merupakan pemersatu dalam hal perbedaan daerah, suku, ras, bahasa, budaya dan lain sebagainya. Sumpah Pemuda bisa dijadikan acuan untuk menyatukan perbedaan-perbedaan tersebut. Namun apabila kita lihat kenyataannya akhir-akhir ini, makna dari Sumpah Pemuda perlahan-lahan telah menghilang dari diri Pemuda Indonesia. Buktinya? Yaps, buktinya banyak sekali terjadi tawuran di kalangan pemuda bangsa akhir-akhir ini. Tentu ini sudah melanggar dari Sumpah Pemuda itu sendiri. Rasa saling bersatu untuk memajukan negeri tampaknya semakin memudar dalam diri pemuda Indonesia. Oleh karena itu, saya sangat berharap dengan memperingati Sumpah Pemuda tahun ini, kita bisa saling berbenah diri untuk mendalami kembali apa arti Sumpah Pemuda itu sendiri. Sehingga takkan ada lagi perpecahan antar sesama kaum muda bangsa. Kita sebagai putera-puteri Indonesia sudah seharusnya bahu-membahu untuk menyongsong masa depan dan menjadikan Sumpah Pemuda sebagai pemersatu dan acuan untuk hidup berbangsa di negara Indonesia tercinta.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

27 komentar:

  1. Semoga semarak peringatan hari Sumpah Pemuda tidak hanya menjadi ceremonial belaka yang tidak meninggalkan dampak bagi yang memperingatinya. Selamat Hari Sumpah Pemuda semoga dengan peringatan kali ini pemuda-pemuda bangsa ini benar-benar bangkit dari tidur nyenyaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aammiinn semoga aja,,yuk mari bangun dan bangkit kembali :D

      Delete
  2. Semoga sumpah pemuda tidak hanya diperingati sebagai simbol aja, tetapi bisa diterapkan dalam setiap individu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps,,,smoga aja ya nus, smoga masing2 pada sadar dan bisa memaknainya, gak cuma skdr mngucpkan selamat hari sumpah pemuda.

      Delete
  3. semoga banyak yg baca postingan ini. trus bisa sadar dan memahami makna hari sumpah pemuda. tawuran, perang antar desa jadi berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. aammiinn,,smoga aja deh, smuany psti brhrp utk Indonesia lbh baik :)

      Delete
  4. Semoga saja :) tapi kayanya itu sekarang cuman jadi sumpah belaka :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak akan sekedar jdi sumpah, jika dlm dri kita masing2 bisa memulainya,

      Delete
  5. sumpah pemuda sekarang sudah diganti sama ciyus dan miapah --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehe itu hanya bahas selingan,,bahasa kita tetap satu, yaitu bahasa Indonesia :D

      Delete
  6. lakukan aja yang kita bisa...
    semoga rakyat indonesia terbuka mata hatinya dan pejabat mnyeleweng tersadar jiwa raganya... :) amin..
    yah..INDONESIA yang SATU, itulah harapan kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaammiiin,,kta hanya bisa brusaha dan berdo'a :)

      Delete
  7. Kayaknya sumpah pemuda ini sudah banyak diingkari

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sya sbagai putra-putri bangsa pun mnyadarinya,, nah, oleh karena itu, mari kita sama2 bangkit kembali.

      Delete
  8. Semoga para pemuda pemudi yang baca postingan ini bisa terenyuh hatinya dan kembali ke jalan yg bener u.u amiin. Yang doyanannnya tawuran cepet sadar.___. *jadi inget kasus alawyT-T*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tak hanya mereka, smuanya jg hrus di mulai dari diri kita masing2,kita kan jga putra-putri Indonesia :D

      Delete
  9. semoga di sekolah gue ngerayain hari sumpah pemuda ya kak:3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiin,,smoga tak hanya skedar memperingati tapi juga memaknainya.

      Delete
  10. kebanyakan malah anak muda aja udah pada ga inget sama isi sumpah pemuda itu sendiri, miris sih memang :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hen, maklum aja itu bukan lirik lagu boyband kesayangannya. Jangankan untuk tahu isinya, yg gak tau sama sekali apa itu sumpah pemuda juga ada kok.

      Delete
  11. memberantas korupsi di negeri kita bukan perkara mudah neng.
    1 orang yang sadar, 1000 orang yang khilaf -__-
    mgkin sperti itulah perbandingannya. Kalo kita sadar soal yang begituan, coba mulai dulu dari hal yang kecil. Mulai dari diri sendiri mungkin juga bisa.
    hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, itu betul banget. Yah gak ad cara lain selain memperbaiki diri masing2. Selanjutnya kasus besar seperti itu tak mungkin kita tangani, jadi ya kita serahkan aja pada yang mampu :)

      Delete
  12. keren, setuju gue sumpah peduma semakin hari semakin buran artinya.
    apalagi akhir-akhir ini sering terjadi tawuran dimana-mana ga anak sekolah, kampus, warga, semuanya pada tawuran. Entah setan apa yang merasukinya sampai segitu buasnya mereka.

    oh ya, kalo boleh saran, kayaknya lo harus bisa mebedain yang mana "di" kata depan sama awalan. Biar tulisannya makin gaul. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah setan apa lah bay, ya smoga aja dgn memperingatinya kita bisa kembali memaknai arti dari semuanya.

      Hhmm iya bay, nanti saya perbaiki lagi. Thanks ya sarannya :D

      Delete
  13. wah semoga menang liga blognya mba.. :D mari kita ngeblog aja dari pada tawuran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aammiinn, smoga aja. Tapi intinya saya cuma mau meramaikan liga blogger..

      iya setuju deh sama kamu, ngeblog lebih positif dan banyak manfaat dari pada tawuran bonyok2 :D

      Delete