Home » » Batik Ku, Batik Mu, Batik Indonesia
Friday, 12 October 2012

Batik Ku, Batik Mu, Batik Indonesia

Posted by Mungkin Blog on Friday, 12 October 2012

Tanggal 02 Oktober merupakan hari batik nasional. Hari itu banyak sekali masyarakat Indonesia yang menggunakan batik. Nah sobat semua pasti punya batik kan? Saya yakin kalian pasti punya. Entah itu kain sarung, baju, celana, bahkan mungkin tas atau sejenis lainnya. Tentu saja, kita sebagai masyarakat Indonesia pasti bangga dengan produk asli negara ini. Secara gak sengaja, dengan itu kita ternyata udah ikut melestarikan budaya Indonesia. Saya harap gak ada lagi yang bisa ngambil budaya kita #eh? @_@

Nah, kalau bicara soal pengertian batik, sejarah batik, jenisnya, cara pembuatannya, saya rasa semua sudah lengkap di jelaskan di Wikipedia. Jadi saya rasa gak perlu lagi ngebahas tentang itu. Berikut saya berikan sedikit kutipan tentang pengertian batik berdasarkan Wikipedia:

“Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009”

Saya rasa itu sudah cukup untuk mengawali pembahasan ini. Sekarang saya tidak akan menjelaskan tentang sejarah batik, jenisnya atau lainnya. Namun, sekarang saya ingin menuliskan tentang beberapa alasan orang-orang menggunakan batik. Ini berdasarkan eksperimen yang saya lakukan #jiaah. Ternyata ada beberapa alasan orang-orang menggunakan batik, diantaranya:
  • Bangga menggunakan produk Indonesia
Seluruh dunia tahu bahwa batik hanya ada di Indonesia. Jika seseorang bicara tentang batik, berarti orang tersebut bicara tentang Indonesia. Kepemilikannya juga sudah di akui oleh dunia. Hal itu yang membuat seseorang sangat bangga menggunakan batik. Menggunakan produk asli Indonesia berarti ikut memajukan dan mencintai Indonesia.
  • Melestarikan budaya Indonesia
Dengan ikut menggunakan batik, berarti kita juga ikut melestarikan budaya bangsa. Saya rasa karya yang punya nilai seni tinggi seperti batik ini akan tetap selalu bersemi di negara ini. Belum lagi dengan banyaknya masyarakat yang ikut serta menggunakannya. Ini akan menjadikan batik semakin naik daun dan tetap menjadi salah satu budaya Indonesia yang tak akan pernah mati.
  • Terlihat lebih modis
Tak jarang orang-orang besar di negarai ini menggunakan pakaian batik di kesehariannya. Hal itu membuktikan bahwa batik merupakan motif yang banyak diminati. Belum lagi banyak batik-batik modern yang berkembang saat ini. Mereka bilang batik itu “keren”. “batik itu keren, aku berasa kayak bapak pejabat kalau lagi pakai batik”, ujar seorang teman saya.
  • Harga Bersahabat
Untuk tampil trendy, gak perlu lagi merogoh kocek terlalu dalam. Banyak loh pilihan harganya. Ada yang terbilang murah, sedang dan mahal. Semua tergantung kualitas produknya. Jadi, harganya bersahabat bangetkan! Kita bisa pilih yang mana sesuai kebutuhan.
  • Gak perlu di setrika (katanya)
Jadi kemaren saya sempat tanya sama teman di kampus. “hhmm, elu kok sering pakai batik sih? Cinta produk Indonesia ya?”. Nahlo, dia jawab sambil cengengesan “Iya, sekalian juga saya gak perlu nyetrika, gak keliatan kan kusutnya *nunjukin bajunya”. Spontan saya shock.! Tapi benar juga apa yang dikatakan teman saya. Great statemant..!!

Di kampus, saya juga sering menggunakan batik. Terutama saat ujian, baik itu UTS maupun UAS. Pakaian kebaya dan batik selalu setia menemani dan membuka pikiran kami untuk menjawab soal-soal ujian yang diberikan dosen. Pikiran menjadi tenang dan nyaman menggunakannya #ah masa iya? >_<

Batik Ku dan Batik Mu

Oke, berikut ini juga foto-foto hasil eksperimen saya, "batik on the street".
Di dekat parkiran kampusDi jalan depan fakultas
Luthfi lagi melongo *maafRini pakai rok batik nih ye.!!
Cukup sekian pemabahasan saya mengenai batik pada hari ini. Semoga bermanfaat dan salam blogger Indonesia.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

40 komentar:

  1. batik sudah menjadi warisan kebudayaan yang ga terlinai harganya. Ga kebayang gimana susahnya orang dulu mencari, ngegambar manual batik itu meskipun sekarang masih ada juga yang menggunakan proses manual. Sekarang tinggal kita yang menjaganya, cuma menjaga masa ga bisa. Paling tidak memakai batik itu diacara-acara tertentu.

    Indonesia, emang kaya akan budaya, makanya jangan heran kalao ada negara yang mau ngekalin, meraka itu iri, ga punya kebudayaan sebanyak kita. INDONESIA

    ReplyDelete
    Replies
    1. yappss,,betul banget bay,,setuju..!!
      hhmm makanya kita harus berbangga sbg masyarakat Indonesia :D

      Delete
  2. Tiap daerah sebenarnya punya motif batik yang berbeda... makanya saya setuju jika batik itu dilestarikan karena selain berfungsi estetis, juga berfungsi sebagai identitas kita Orang Indonesia.

    Mari lestarikan batik dengan memakainya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bangettt,,,,,mariii marii,,hhe

      Delete
  3. rok batikku warnanya ungu :3 baju batik juga ungu :3 dress batik juga ungu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya ungun dong,,bnyak jg ya koleksi batik mu :)

      Delete
  4. aku jg suka batik. padahal dl di sekolahanku gak ada batik, sekarang udah ada sergamya. kl hari jum'at dan sabtu, pasti pake batik. di almari jg ada 6 baju batik. semuanya aku suka. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak jg ya koleksi mu vas,,ayo lestarikan trus batik kta :)

      Delete
  5. gue juga suka sama batik, batik solo ga kalah keren keren nya hloo..
    lestarikan batik.. !! sebagai aset budaya indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,,iva jg ad liat kmrn batik solo,,,tpi lum kesampaian utk beli,,hhe
      ayo semangat :)

      Delete
  6. kalo mau belanja batik bisa pesan ke aku loh. ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyiaahahahah si syifa malah promosi,,gak apa2 deh selagi gratis :)
      kapan2 boleh lah,,gratis ongkir gak?? hehe

      Delete
  7. pake batik juga modis ko , malah yah yg bilang pake batik jadul itu malah mereka yg ga gaul hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener banget toh,,jadi kita2 ne gaul dong hen?? ckckck

      Delete
  8. wah di daerahku (Jawa Tengah) juga pengrajin batik tentunya dengan corak khas Jawa Tengah, emang Indonesia harus melestarikan batik supaya tidak menghilang/di klaim karena batik adalah aset yg tak ternilai bagi negara Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh besar bgt rsa nasionalisme mu sprtinya sob,,hhe
      yah emang, corak batik bnyak macamnya,,salah stunya y dri daerahmu itu :)

      Delete
  9. Gue langsung koprol sambil bilang WOW nih :D

    Saya setujua apa yang kamu paparkan diatas. Cintailah Produk-Produk Indonesia supaya Indonesia semakin maju (^,^)b

    BTW apa iya ya pakai batik bisa membuka pikiran untuk mengerjakan UTS dan UN. Kalau begitu saya mau mencoba mengganti dari biasanya Kotak-Kotak sekating Batik-Batik. Jangan lupa blankonnya ketinggalan hehe ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. uu lala,,,bagus deh kalau kamu setuju,,hhe
      kan tadi iva jga dah tulis ini : #ah masa iya?
      berarti gak jamin juga dong,,hehehe tapi gak ada slahnya juga di coba,,hhmm blankon?? -_____-'

      Delete
  10. Kebetulan gue suka banget pake batik va,,

    Kemarin gue juga sempet jualan baju batik Lho...Walaupun sekarang udah gulung tikar gara-gara modal abis...

    Batik selalu digemari masyarakat, entah anak-anak,dewasa,tua, ,batik selalu membuat sipemakai nyaman dan selalu bikin modis....HIDUP BATIK

    ReplyDelete
    Replies
    1. hidupppp..!!
      hhmm iya lah lu khabisan modal,,bjunya elu pakaiin semua sih med,,ckck

      Delete
    2. tau lah,,iva gtu loh,,,hhe ckckck

      Delete
  11. bener va baju batik gak perlu disetrika, bukan gabisa kusut lebih kepada karena gaboleh distrika kyknya haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha btul jg,,apalgi yg kainnya licin2 gtu ya,, :-\

      Delete
  12. kalo gue jadi rektor ataupun dekan gue pengen setiap hari jum'at baik mahasiswa atau pun dosen make batik :') wkwk #sikap
    terkadang banyak juga yang ngebangga2in batik tapi malah dirumahnya gak punya batik bahkan kadang malu make batik :') #fact

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh mulia skali itu tujuannya,,smoga aja ksmpaian ya,,klu udh ksmpaian jgn lupa diterapkan,, :)
      hhmm bner bgt tuh,,jgn smpai kta kyk gtu daah..

      Delete
  13. Kalau saya sih jarang pake batik, soalnya terlihat rapi bgt dan kesan-nya mau ke kondangan. Hehehe...
    Tp foto cewek2 yg ada diatas, itu menambah kecantikan kalian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwaaahh maksih yoy,,
      hhmm gak jg kq vin, kan skrg bnyk jg tuh batik2 modern gtu..

      Delete
  14. aku pakai batik biasanya hari jumat...
    didekat rumah aku ada jual batik gaul, tapi harganya nggak bersahabat va!!
    hahaa ga jadi beli deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. uuuuu jdi rumah mu di dekat toko itu ian?? itu daerah gobah ya??
      hhmm emg prnh dngr sih, bnyak kq org bilang gtu,,hhe belinya di pasar aja,,lebih murah,,wkwkwk

      Delete
  15. aku pun suka batik.. senang.. ngak perlu seterika..
    haha bukan malas ya,tapi itu kan lebih mudah.. sayang loh masa kalu hanya diguna untk seterika baju terus.
    kalu diguna BW. sudah 5 blog bisa di lawat.

    ReplyDelete
  16. batik juga membuatki lebih terlihat ayuuu. terlihat indonesia banget gitu. jadinya, suka deh makek batik hihihihi

    ReplyDelete
  17. aku cinta batik dan bangga punya batik! nice photo:)

    ReplyDelete
  18. cinta mati sama batik apalagi sama rok batik!

    ReplyDelete
  19. memang jaman sekarang jaman Batik dalam kerja'anku aja harus pakai batik,,,

    Jangan Lupa Folow Back ea mba,,,
    hehehehe

    ReplyDelete