Home » » Pengalaman Menarik di Liga Blogger Indonesia
Monday, 29 October 2012

Pengalaman Menarik di Liga Blogger Indonesia

Posted by Mungkin Blog on Monday, 29 October 2012

Awalnya saya berniat memposting tulisan ini tadi pagi, tapi berhubung saya tadi lagi diperjalanan maka kali ini baru bisa saya posting. Saya harap sobat tak bosan dengan tulisan-tulisan gak mutu yang saya tulis di blog ini. Nah, sesuai judul untuk kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti kompetisi blog yang berbentuk sebuah liga. Kompetisi itu bernama Liga Blogger Indonesia. Sebelumnya saya juga sudah sempat menuangkan beberapa ide dan menjelaskan beberapa topik tentang Liga Blogger Indonesia (LBI) DISINI.

Liga itu bermula diawal bulan Oktober 2012. Liga Blogger Indonesia memang baru pertama kali dan satu-satunya ada di Indonesia. Oleh karena itu, bulan ini LBI masih trial dan belum masuk ke tahap sebenarnya. Saya merupakan salah satu peserta dari trial LBI ini. Banyak pengalaman dan manfaat yang saya peroleh dari LBI itu sendiri. 

Sebelumnya mari saya jelaskan dulu tata cara LBI itu sendiri. Jadi,  Setiap peserta dituntut untuk mendapatkan poin disetiap pekannya. Untuk memperoleh poin di Liga Blogger Indonesia, peserta harus menyelesaikan:
  • 2 buah postingan biasa (postingan bebas) : 1 poin 
  • Postingan Tema = 1 poin 
  • Komentar (minimal 5 komentar dari postingan biasa dan tema) = 1 poin 
  • Tantangan = 1 poin
Nah, jika sobat sudah tau dari mana saja pengumpulan poinnya, maka sekarang saatnya saya ceritakan pertarungan sengit di LBI mulai dari pekan pertama hingga pekan keempat (terakhir).

Pekan Pertama
Pekan pertama pertarungan masih berjalan tanpa hambatan. Pasalnya “tantangan” belum diberikan oleh panitia LBI. Peserta hanya disuruh membuat 2 postingan biasa, 1 postingan tema (tema pekan pertama yaitu “Liga Blogger Indonesia”) dan mengumpulkan 5 komentar. Banyak peserta yang berhasil menuntaskannya dan memperoleh poin maksimal, termasuk saya. Berikut postingan yang saya daftarkan untuk pekan pertama LBI:
Karena saya berhasil mengumpulkan 5 komentar, maka saya berhak atas 3 poin (poin maksimal). Dan itu membuat saya berhasil duduk diposisi 8 pekan pertama LBI.
Posisi 8 di Pekan Pertama
Pekan Kedua
Pekan kedua bertepatan pula dengan hari batik nasional, maka panitia memberikan tantangan kepada para peserta yaitu menyisipkan “photo batik on the street” di postingan tema (tema pekan kedua: “Hari Batik Nasional”). Jadi para peserta disuruh untuk mengambil foto orang yang menggunakan batik dengan syarat harus di luar ruangan. Oke, pekan kedua masih banyak peserta yang berhasil menuntaskan seluruh poin beserta tantangannya. Total poin maksimal pekan kedua adalah 4 poin berikut daftar postingan saya:
Karena tantangan (Photo Batik On The Street) berhasil saya tuntaskan dan komentar juga mencapai 5 komentar maka total poin yaitu 4 poin. Jika digabung dengan pekan pertama maka jumlah poinnya yaitu 7 poin. Itu membuat saya menduduki posisi 9 di pekan kedua LBI.

Pekan Ketiga
Tantangan mulai dipersulit, panitia menantang para peserta untuk bangun pada Rabu (00:00- 06:00 WIB) atau Kamis dinihari untuk membuat sebuah postingan yang temanya ditentukan pada malam itu juga. Alhasil saya menghidupkan alarm hape saya pukul 00:30 WIB, malam itu saya berhasil bangun dan ternyata tantangannya yaitu sebuah postingan yang bertema “Blogger Nusantara 2012”. Awalnya mata saya memang sedikit berat waktu menulis postingan itu, tetapi melihat banyak peserta yang online dan saling sapa di twitter, itu membuat saya semangat dan berhasil menuntaskannya hingga kembali tidur sekitar pukul 01:30 WIB. Berikut daftar postingan pekan ketiga:
Saya berhasil lagi memperoleh 4 poin (poin maksimal) itu dikarenakan saya tuntas menyelesaikan 2 postingan biasa, 1 postingan tema (tema pekan ketiga: “Kebebasan Berekspresi dan HAM”), 1 postingan tantangan dan mengumpulkan 5 komentar. Jadi total seluruh poin yaitu 7 + 4 =11, dan ini membuat saya duduk di peringkat 4 LBI pekan ketiga.

Pekan Keempat (Terakhir)
Pekan keempat tantangan semakin susah. Para peserta dituntut untuk memosting sebanyak-banyaknya tulisan tentang kuliner 10 ribu. Maksudnya disini, peserta dituntut untuk mencoba dan berfoto bersama kuliner yang harganya kurang atau sama dengan Rp.10.000,-. Nah, tantangan ini mulai menggugurkan beberapa peserta. Peserta yang tak mau narsis dan tak mau menampilkan fotonya tidak mendapatkan poin. Alhasil banyak terjadi perubahan kedudukan di pekan keempat itu sendiri. Berikut daftar postingan yang saya daftarkan ke LBI untuk pekan keempat:
Saya berhasil mendapatkan 5 poin dari 2 postingan biasa (1 poin), 1 postingan tema (1 poin), 2 postingan tantangan (2 poin) dan 1 poin dari pengumpulan 5 komentar. Jumlah poin saya keseluruhan yaitu 11 + 5 = 16 poin. Dan itu membuat saya berada di posisi runner up Liga Blogger Indonesia bulan Oktober.

Sobat bisa lihat di pekan pertama masih banyak peserta dengan poin sama, begitu pula dengan pekan kedua. Nah, sobat lihat pekan ketiga, saat itu peserta dengan poin sama sudah semakin berkurang dan berakhir dengan poin yang bermacam-macam di pekan terakhir. Sungguh pertarungan yang sengit.

Banyak sekali manfaat yang dapat saya peroleh dari mengikuti Liga Blogger Indonesia. Pertama, saya menjadi konsisten untuk menulis minimal 3 postingan setiap minggunya. Liga Blogger Indonesia seakan-akan membuat saya termotivasi luar biasa untuk tetap menulis. Memang LBI tidak menilai isi dari tulisan itu sendiri, tapi saya tetap berusaha menyajikan yang terbaik untuk pembaca. Gak lucu kan kalau duduk di posisi 2 dengan konten yang tak seberapa. Oleh karena itu, saya selalu berusaha semaksimal mungkin membuat postingan demi postingan.

Kedua, memperoleh banyak teman. Yaps, banyak sekali teman yang saya kenal dari Liga Blogger Indonesia. Dan mereka adalah blogger-blogger hebat yang pernah saya kenal diantaranya @pasnem, @yoszca, @whizisme, @Faradis1 dan masih banyak lagi tak bisa saya sebutkan disini. Ketiga, dapat ilmu. Dari membaca beberapa postingan peserta LBI, otomatis membuat saya menambah ilmu. Banyak moment untuk berbagi informasi antar peserta satu dan lainnya.  Nah, karena Liga Blogger Indonesia oktober ini masih trial, maka sobat semua masih berkesempatan ikutan LBI yang sesungguhnya. Kalau tidak salah, akan diadakan bulan Desember. Untuk infonya cek TL mereka @LigaBlogger_id.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

29 komentar:

  1. wuih...kakakakaka selamat ya, /me colek iva :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok bg, thanks yo.. hehe selamat jg msuk 10 besar >_<

      Delete
  2. seruuu jg y, baru tau ada Liga Blogger
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seruuu dong, yah smoga brmnfaat jdinya info ini :D

      Delete
  3. Keren bisa top 2
    Blog saya di bawah 10 ada beberapa poin yg panitia kelewatan, tapi gak apa apa - gratis ini....
    dan kemaren saya masih kesulitan ngumpulin komentar cos biasanya gak berharap komentar , tapi sekarang udah belajar untuk supaya blog bisa dikomentarin. karena ikutan liga blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus dong kalau gtu, hhe
      jgn lupa kumpulin semangatnya buat LBI bulan desember ntar :D

      Delete
  4. wah, seru nih..=D
    ntar ikutan ah..
    banyak temen dan dapat ilmu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru nih,,hhe
      ok kumpulin semangatnya menjelang desember >_<

      Delete
  5. Selamat Ya... Ikut senang nih :)

    ReplyDelete
  6. Cieee Yang Udah Naik Klasemen, okey gue dukung terus deh Va, semoga tetep bisa Elu pertahankan posisi itu, and Elu bisa Juara,

    owh ya gue kemarin engga jadi daftar Va, hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh itu kan udh final med,,ckck
      yg desember itu udh lain lgi, y udh ntr ikutan yg dsember aja :D

      Delete
  7. selamat ya...kamu memang layak menang...
    Tahniah ya..semangat2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jue ini masih sangat semangat,,hhe
      thanks ya jue >_<

      Delete
  8. iva ini emang paling kreatif :) mau posting apa ide2 cepet datangnya. gak salah deh kalo menang.SELAMAT

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh bisa aja elu ga,,thanks ya. Berkat energy daru elu jg sya bisa gne :D

      Delete
  9. selamat ya....
    hadiahnya bagi-bagi dong! hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya vas, mkasih ya :)
      hadiah ya? hadiahnya gak sberapa kq, >_<

      Delete
  10. keren va pada posisi dua keren dah, kalo menang traktiran yak haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih nem, btw itu udh final kq di posisi 2 hehehe :)

      Delete
  11. wih lu emang kreatif bener va, pantes bgt klo juara gt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bisa aja kmu hen. Thanks ya,, kamu juga hebat. Selalu memberi energy ^_^

      Delete
  12. Huaahhh.. hebat banget tuh. Jadi kepengen juga ikut LBI . Huehehe :D

    Selamat ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ya udh ikutan aja,, bulan desember ad lagi :D

      Delete
  13. ehh ketinggalan berita :(

    selamat hari batik nasional #ehhh selamat atas kemenangannya ya mbak iva

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makasih ya.
      jgn lupa ikutan yg desember :)

      Delete
  14. ouww juara 2 trial ya vva. udah keren bgt kok, toh isi blogmu /konten yg kamu ikutsertakan emang berkualitas. bukan asal2an nulis ^_^

    ReplyDelete