Home » , » Harapan untuk Dunia Perbloggeran Ditahun 2013
Friday, 11 January 2013

Harapan untuk Dunia Perbloggeran Ditahun 2013

Posted by Mungkin Blog on Friday, 11 January 2013

Tahun 2012 telah berlalu, kini saatnya kita mempersiapkan segala strategi untuk menghadapi tahun 2013 yang pastinya tidak kalah menantang dari pada tahun 2012. Ada banyak harapan dan impian yang mendobrak untuk segera tercapai ditahun 2013 ini. Tidak hanya harapan tentang dunia nyata tentunya. Lebih tepat lagi karena saya seorang blogger, maka saya juga punya beberapa harapan untuk dunia perbloggeran 2013 dan beberapa tips bersama agar kita menjadi blogger yang lebih profesional ditahun 2013.

  • Kurangi Kegiatan Copas dan Plagiat
Tidak bisa dipungkiri, hingga saat ini dunia perbloggeran sangat identik dengan copy paste dan plagiat. Oleh karena itu, kita bisa mulai dari diri kita masing-masing agar ditahun 2013 kita bersama lebih bisa menghargai karya orang lain. Memang tidak salah jika kita menduplikasikan suatu artikel yang kita anggap adalah sebuah ilmu yang sangat penting. Tapi apakah benar apabila kita mengakui artikel orang tersebut hasil karya kita sendiri? Tidak. Berbagi ilmu memanglah penting, tetapi kita juga harus menghargai hasil karya orang lain. Seperti halnya rumus pelajaran, berbagai ilmuwan terlibat dalam penemuannya. Namun nyatanya kita selalu menghargai dan mengetahui siapa penemu rumus tersebut. Apa bedanya dengan sebuah artikel? Seharusnya kita copas sebanyak mungkin jika benar artikel itu bermanfaat. Tapi dengan catatan, tidak merubah penemu alias penulis (sumber) dari artikel tersebut. Tidak perlu malu jika kita belum bisa menulis dengan baik, tapi akan lebih malu jika kita menjiplak atau mengakui hasil karya orang lain. Seharusnya blogger profesional tidak bertindak sehina itu. 

  • Kurangi Spam Komentar
Komentar memang sangat diperlukan bagi seorang blogger, entah itu kritik maupun saran. Karena memang sebuah komentarlah yang akan membantu seorang blogger untuk dapat lebih maju. Ada seorang blogger berkata “saya tidak butuh komentar..!”. Maka dari situ kita bisa simpulkan bahwa dia adalah seorang blogger yang tak pernah mau untuk bergerak maju. Namun komentar seperti apakah yang diharapkan? Tentu saja komentar yang bisa memberikan sesuatu yang benar-benar berarti. Oleh karena itu, kita sebagai blogger ditahun 2013 mulailah untuk memberi sedikit saja masukan kepada teman blogger lainnya. Saya yakin itu akan menjadikan kita blogger Indonesia setahap lebih maju untuk kedepannya. Saya yakin tidak ada satupun blogger yang mau blognya dijadikan sampah pembuangan link oleh para komentatornya. Memang lebih baik tidak berkomentar apabila hanya spam saja. Contoh komentar spam: komentar tidak sesuai dengan artikel, hanya titip link, dan yang lebih ngenes kalau yang punya blog wanita tulen seperti saya, malah dipanggil “mas” didalam komentarnya. Sungguh, itu adalah sebuah komentar yang sangat membuat hati membara.
  • Blogger Indonesia Bisa Bersaing Secara Sehat
“Kalau sakit gak boleh bersaing gitu?”. Bukan, maksudnya kita sesama blogger Indonesia bersainglah secara jujur, adil dan tidak mengganggu hak blogger lain. Misalnya, dalam sebuah kontes, mencari uang dengan iklan atau bersaing menduduki halaman satu google. Saya harap blogger Indonesia tak lagi menggunakan cara-cara yang tidak sehat. Gunakan kemampuan masing-masing. Apa gunanya menjadi nomor satu kalau nyatanya itu bukanlah kemampuan sendiri? Sudah cukup bangsa ini dengan berbagai macam kebohongan dan kecurangan. Jangan sampai blogger ikut-ikutan seperti itu.
  • Kurangi Sifat Blogger Sok Artis
Saya sendiri kadang risih melihat blogger Indonesia ini. Masih belum seberapa, sombongnya sudah setengah mati. Oke jika memang ada blogger terkenal, pandai menulis, punya banyak artikel dalam sehari. Tapi apa gunanya jika hanya menjadi blogger yang sombong dan terlena akan pujian dari teman-teman blogger lainnya? Banyak blogger yang sudah terkenal dan menerbitkan buku. Tapi apakah mereka sombong? Tidak, justru blogger yang banyak sok artis ini adalah blogger yang belum seberapa. Tidak heran jika kita punya sifat sombong seperti itu, kesuksesan akan menjadi suatu imipian yang tertunda. Ini memang agak vulgar, tapi ini jujur dari hati. Saya memang memuji kepandaian kalian semua, tapi kali ini saya hanya ingin mengkritik bahwa “tak seharusnya pujian itu membuat kalian terlena, seharusnya kalian bisa membagi ilmu itu kepada blogger tak seberapa seperti saya ini”. Semoga tak ada lagi blogger sok artis di dunia maya Indonesia dan semoga kalian bisa membantu orang tertindas seperti saya ini.

Mungkin hanya itu harapan saya untuk dunia perbloggeran Indonesia ditahun 2013 ini. Semoga kita sebagai blogger Indonesia bisa lebih naik maju ditahun 2013. Semoga pula semua harapan diatas bisa kita capai bersama-sama. Banggalah kita menjadi blogger. Tanpa ada blogger, tidak akan ada ringkasan materi kuliah di internet. Tanpa ada blogger, tidak akan ada puisi-puisi galau bertebaran di dunia maya. Tanpa ada blogger, tidak akan ada ilmu-ilmu penting bertaburan di langit dunia maya. Tanpa ada blogger, tidak akan ada artis dadakan dari dunia maya. Hahaha #apasih?

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

65 komentar:

  1. YEAY, setuju banget, paling ga suka sama blogger yang sok ngartis.. pelit blogwalking, ngerasa tulisan paling bagus, aaah yah sudahlah, nanti dibilang iri lagi sama yg sok ngartis :p

    *malah ikutan curcol xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah gak apa2 kq curcol, slagi masih gratis hahah

      Delete
  2. sangat setuju sekali..
    blogger sok artis yg sombongnya minta ampun. padahal di atas langit masih ada langit #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps betuull bgt, kyak dia aj yg pling hebat, pdhal yg lain msh bnyak.

      Delete
  3. gue setuju bangeett...... gue coblos yak?? *getakpakesandal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini sini gw jitak lu, emg pmlihan ktua RT pake coblos sgala -_-

      Delete
  4. yang point kurangi copas sama nyepam daganti jadi hilangkan hehe..
    ternyata si iva sangat perhatian sama blogger2 copas.

    yg bersaing secara sehat itu gimana maksudnya va? untuk orang yg menggunakan seo atau sejenisnya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klau dihilangkan kyknya masih mustahil zi, iya bsajg gtu zi, entah itu seo, kontes atau apa lah, kan lbih baik pakai cra yg sehat.

      Delete
  5. spam komentar itu yang paling harus dimusnahkan..kalau plagiat dan copas mungkin itu kebanyakan bukan blog yg bergenre personal, cenderung ke blog2 HOW TO...
    dan yg blogger sok ngartis itu juga aku setujuh..haha. tempat artis2 yang tidak sombong itu cuma ada di BE :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak jg bg, buktinya tulisan saya trutama puisi2 dan ilmu pnting masih bnyk yg copas. Hahaha betul bgt bg, cuma di BE yg gak ad sok artis.

      Delete
  6. Wah ... sungguh harapan yang mulia nak.

    Semoga harapan mu dan juga harapan saya sama, terkabul. Amin ... (/-,-\)

    Mari menjadi Blogger yang lebih baik dari tahun sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ammiiinnn pak, moga kta bsa saling bahu mmbahu mnerapkannya ツ

      Delete
  7. emang siapa yg kayak artis hahahaha, wah aku mau dong jadi artisnya blogger, sukses ya kakak tema LBInya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahha ada org sok artis dek, hahaha
      Adek jg ya, moga sukses LBInya :p

      Delete
  8. Oouwww. baru paham kalo sok artis itu sombong enggak mau BewE toh *lemot; tapi ini beneran*... Emmm, kurangin copas yak? wah, itu pas banget sama yg dialamin rinem tuh.. pasti tuh jomblo setuju kalo copas musti dikurangin hhhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jahaha tumben lemot zim, haha rinem jomblo malah dbwa2, hhmmm

      Delete
    2. secara yang kemaren nggondok gara2 copas kan tuh jomblo

      Delete
    3. Hahaha iya ya, yg komen panjang2 itu ya.hhhmmm kelakuan jomblo emg aneh2.

      Delete
  9. Setuju sama semua point yang kamu tulis... Harapan mu, harapanku, harapan kita... Semangat ngeblog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhmmm bagus dong klu stuju, ayo ttap smangat kta raih smua harapan ini ^O^

      Delete
  10. hahahhaaa...
    iya,aku juga males banget sama blogger yang sok ngartis..
    lebih seneng sama yang blognya bagus tapi rendah dati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati kali maksudnya,,, hhmmm brrti kita spendapat dong ya (>_<)

      Delete
  11. yap kak ipa. bener.
    soal copas mengcopas itu loh. emang sih bocil belum ngeliat tulisan bocil ada yang ngecopas tapi semoga aja gak ada. bocil sering liat di twitter atau pun Blog kalo article mereka di copas tanpa sumber. kasian si penulis di rugikan..

    soal spam comment ini lah yang banyak bergetayangan di Blog, termasuk Blog bocil. kadang sampai hati untuk menghapus komennya kak.

    dan soal Blogger yang Sombong sudah banyak sekali terlihat saat ini kak, bocil heran mereka sombong itu manfaat sama keuntungannya apa yah buat Blog dan diri mereka sendiri? hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klau gtu kmu coba aja cil searching di google sbagian artikel kamu sapa tau ad yg kopas.

      Hhhmmm ya udh lah cil, yg pnting kta jgn kyak gtu, kta brusha aj dri diri masing2 dlu biar harapan ne smuanya tercpai.

      Delete
  12. yang nomor dua itu paling banyak ditemui sekarang...
    cuma komen "wah bagus" apanya yang bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin cuma fontnya aja yg bagus, atau iklannya doang yg bgus, ambigu bgt gak mmbangun,,hhmm

      Delete
  13. duieleee manteb vaa
    semuanya udah lo bahas disini.
    tapi bagian blogger sok artisnya bisa lo bold dan sizenya diperbesar wkwkwkwk :)))) abis gue gregetan sama tipe yang satu itu.
    sukses LBI nya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak usah ges, tulisan bgtu aja pasti udh bnyak yg ngrasa kq, hhhmm ya moga aja thun 2013 ini udh pada musnah tipe itu

      Btw thengs ya ges atas dkungannya ^O^

      Delete
  14. blogger sok artis sama spam itu udah makin banyak populasinya, .. koemntar gak nyambung dan gak sopan atau spam lah
    harusnya jgn sombong lah, jgn sok sok gak butuh juga -______-

    artikel itu tujuannya di baca bukan di komentari, drpd komen gak nyambung bikin kita sebel, terus kedamaian juga penting tuh, apalg kita keluarga besar BE cinta damai ^________^
    ya semoga blogger di sekitar kita semuanya sesuai dg harapan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseeeekk stuju bgt deh sama kamu, smoga bisa brkurang lah atau mungkin dimusnahkan aja skalian, wkwkwkw

      Delete
  15. semoga harapannya dapetttttttt :p wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapet apa terwujud???
      Amiiinn deh, moga aja ≧﹏≦

      Delete
  16. bener cuy... udah banyak kayak gitu...
    kalau ane sih kalau nemu blog yg sok ngartis...
    langsung ane blacklist.... gak akan ane kunjungin lagi hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha sadiss bneeerrrr, kasih tau dong yg mana aja yg udh di blacklist? Kepo neh ≧﹏≦

      Delete
  17. Setuju banget...
    Sekarang banyak blogger sesat yang suka copas ataupun yang spam. Kalo blogger ngartis, gue baru tau. Mudah mudahan gak ada lagi blogger yang suka copas, spam, dan sok ngartis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn moga aja deh, makanya kita saling bantu dan mengingatkan ssama teman blogger ╮(╯3╰)╭

      Delete
  18. cuma komentar "wah bagus"

    hehe

    ReplyDelete
  19. harusnya ada juga kumpulan grup copas, kasian mereka, miskin kreatifitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya bay, kasian ya gak ad yg dkung ckckck

      Delete
  20. bener tuh jangan copas apalagi plagiat. haram, fatwa MUI haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeeeengg brruuummm bruuumm baru tau gw -_-

      Delete
  21. setuju dan gwe nge RT lagi post lu yang ini va wuu cetarrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yam, hhmmm trnyta masih bnyak yg blum smbuh dri virus syahrini, ckckc

      Delete
  22. keren banget tuh Va, bener semua yang lo omongin ...

    tapi gue paling suka yang blogger sok artis, gue pernah berkunjung yaah ..
    dia tuh gak pernah balesin komen yang masuk ..
    kampret, sombong banget jadi blogger ,,
    mending kalo artis beneran , lah ini tetangganya aja belom pada kenal ..
    cuih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadddeehhh kotor deh blog gw lu ludahin gne dotz :(
      hhmmm kasian bgt ya lu dgtuin, ckckck udah hajar aja rame2 yok.

      Delete
  23. kalo aku termasuk blogger sok artis gak ya...
    moga-moga aja kagak, abisnya emang masih culun sih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhhmmm gmn ya vas?? Hahaha culun? gak lah vas, ada2 aja neh-_-

      Delete
  24. mantep nih va, detail abis semua lu bahas disini .
    paling sebel sih sama blogger sok ngartis haha
    sukses ya va, berssaing secara sehat gua setuju :bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya hen, moga kita bsa brsaing sehat di LBI hehehe

      Delete
  25. Yaps! Paling gak suka sama manusia-manusia udik yang copas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aajjiiibbb,, manusia udik, sangar bgt kta2nya,ckckck

      Delete
  26. yaps..
    bener banget resolusinya ..:)
    copas aku jg gk setuju banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasih, hhmmm brrti sya gak slah udh buat post ini ツ

      Delete
  27. Bilang "WOW" gak pake salto...

    sepertinya bakalan seru nih kalo buat semacam seminar khusus lalu yang punya ni blog diundang sebagai pemateri.

    Biar mayoritas blogger yg masuk kriteria segera kembali ke jalan yang lurus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin smoga aja deh hhmmm jadi pmbicara??? Gak salah tuh??? ntar smua pada ikutn sesat kyk sya lagi -_-

      Delete
  28. wkwkwkw gue geli juga kalo liat blogger sok artis, banyak gue temuin, males bgt :) ya semoga 2013 ini para blogger jadi lebih baik lagi, bersaing dengan sehat, nggak sombong, dan kalo komen gak nyepam, mending gak usah komen dari pada komen tp gak nyambung dengan bacaan, bikin malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammiiinnn, moga aja bay.
      Hhmmm stuju bay, gak prlu maksa buat komentar, yg pnting ikhlas dn brmanfaat. Jangan cuma buang link, gak mmbngun sma skali.

      Delete
  29. hehehe harapannya semoga blogger indonesia makin baik,,
    salam blogger..

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMmiiinnn moga aja ya,
      Salam blogger n slam sukses kmbli (>_<)

      Delete
  30. Semogaa ditahun 2013 lebih baik dari tahun kemarin.

    Sukses selalu mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiinnn, sukses juga buat kamu ya, caiyoooo...!!

      Delete
  31. stuju bro.....
    jgn rusak citra blogger indonesia. biar jelek tp karya sndiri, gac copas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajiiiibbb kq panggil bro???
      Tapi keren kta2nya, sya stju ^O^

      Delete
  32. Aku sangat benci kepada pemilik blog sok jual mahal. Baru ilmu secuil sudah belagu minta ampun. Semoga kita tidak termasuk golongan orang angkuh dan sombong.

    ReplyDelete