Home » , , » Desa Wisata, Koto Sentajo dan Kasang
Friday, 22 February 2013

Desa Wisata, Koto Sentajo dan Kasang

Posted by Mungkin Blog on Friday, 22 February 2013

Desa Wisata adalah tema pekan ke tujuh Liga Blogger Indonesia. Indonesia, memang punya banyak desa wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, tidak semua Desa Wisata tersebut dikenal sampai ke seluruh Indonesia, apalagi mancanegara. Oleh karena itu, saya memilih untuk membahas Desa Wisata yang ada dikampung halaman saya. Yah, semoga bisa sedikit membantu mempromosikannya. Sebelumnya sudah tau apa yang dimaksud Desa Wisata? Belum.? Berikut penjelasannya lebih lengkapnya lagi.
Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.
Terdapat dua konsep yang utama dalam komponen desa wisata :
  1. Akomodasi : sebagian dari tempat tinggal para penduduk setempat dan atau unit-unit yang berkembang atas konsep tempat tinggal penduduk.
  2. Atraksi : seluruh kehidupan keseharian penduduk setempat beserta setting fisik lokasi desa yang memungkinkan berintegrasinya wisatawan sebagai partisipasi aktif seperti : kursus tari, bahasa dan lain-lain yang spesifik.
Berbicara soal Desa Wisata, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau juga tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di Indonesia. Menurut saya pribadi, ada 2 Desa Wisata yang paling terkenal di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Desa Wisata itu yaitu Desa Koto Sentajo dan Desa Kasang.

Desa Koto Sentajo
Desa Koto Sentajo memang sudah resmi menjadi desa wisata. Desa Koto Sentajo terletak sekitar 3 km dari Kota Teluk Kuantan, ibukota Kabupaten Kuantan Singingi. Disana terdapat peninggalan bersejarah dan budaya yang sangat kental. Diantaranya yaitu:
Sumber
  • Silat Pendekar Bertuah
Silat Pendekar Bertuah sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Silat ini hanya akan diperlihatkan pada waktu-waktu tertentu. Katanya ilmu Silat Pendekar Bertuah ini hanya bisa diwarisi oleh keturunan asli Pendekar Bertuah. Disetiap generasinya hanya ada satu orang pewaris silat ini.
  • Mesjid Raya Desa Koto Sentajo
Mesjid ini dibangun pada tahun 1838 dengan menggunakan 17 tiang kayu sebagai pondasi. Sengaja dibangun dengan 17 tiang kayu untuk melambangkan 16 hulu balang dan 1 ketua  sebagai simbol Kenegrian Sentajo. Uniknya, untuk menyambung pondasi Masjid, tak ada satu buah pun paku yang terpakai. Konon, di ujung atas tiang utama penyangga masjid menampung air yang tak pernah kering meski terkena sinar matahari berhari-hari. Di dalam masjid juga masih terdapat mimbar pertama yang dipakai sejak masjid ini berdiri.
Sumber
  • Rumah Adat Kuantan Singingi (Rumah Godang)
Sumber
Rumah Godang ini berfungsi sebagai tempat pertemuan adat. Baik itu diacara-acara tertentu maupun untuk sekedar bersilaturahmi. Selain itu Rumah Godang juga bisa digunakan untuk tempat bermusyawarah. Dan di Desa Wisata Koto Sentajo, Rumah Godang ini masih bisa dilihat.

Desa Kasang
Desa wisata berikutnya yaitu Desa Kasang. Desa Kasang terletak sekitar 24 km dari Kota Teluk Kuantan, ibukota Kabupaten Kuantan Singingi. Walau Desa Koto Sentajo memiliki banyak peninggalan sejarah dan budaya, namun bisa dikatakan Desa Kasang lebih terkenal dibandingkannya. Hal ini karena di Desa Kasang terdapat sebuah wisata alam yang sangat indah yaitu air terjun yang bernama Air Terjun Guruh Gemurai. Ada juga sebagian orang yang menyebutnya Air Terjun Kasang, itu pasti karena terletak di Desa Kasang.
Dokumen Pribadi
Tidak sedikit lagi masyarakat penduduk Riau yang kenal atau tau dengan air terjun ini. Karena memang lokasinya yang mudah di jangkau. Apalagi semenjak pembenahan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kuansing. Tambah mudah dijangkau dan tambah keren deh. Saya juga sudah pernah cerita khusus tentang Air Terjun Guruh Gemurai DISINI dan saya juga pernah bercerita tentang keberhasilan saya menghasut teman dari Kota Pekanbaru, Riau untuk berkunjung ke Air Terjun Guruh Gemurai DISINI. Sobat bisa baca sendiri. Memang luar biasa.

Sekian dulu pembahasan saya tentang Desa Wisata, Koto Sentajo dan Kasang yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Semoga bermanfaat bagi sobat Mungkin Blog semua. Salam Indonesia...!! Hehe

Referensi:

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

24 komentar:

  1. khehehe nece share, saya izin nyimak aje

    ReplyDelete
  2. andaikan saya ikut liga blogger pasti saya akan mempromosikan desa saya sendiri :(
    karena temanya pas banget :(
    nyesel telat daftar.
    berarti mbak Iva pernah juga tho Air Terjun Kasang? berarti tiap postingan di liga blogger harus berdasarkan pengalaman dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mesti ikutan Liga Blogger untuk mempromosikan desa sendiri :D
      dan gak perlu ada penyesalan, masih banyak kesempatan untuk berkarya kok, iya pernah lah, masa gak pernah, rugi banget toh. ya gak harus, cuma ya ini kan blog curhat, ya harusnya berdasarkan pengalaman dong :p

      Delete
  3. teman serumahku ada yang dari Kuantan Singingi nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seriusan nih syifa?? siapa? n kuansingnya dimananya?? kepo banget dah gw yak -___-

      Delete
  4. menarik sis...postingnya...moga kekayaan budaya dan adat indonesia.ga pernah pudar..ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas pujiannya, hihi
      semoga deh ya, makanya kita jaga sama-sama dong >_<

      Delete
  5. Aaaa iva tulisannya makin keren, desa wisata di daerah kamu msh ada ya kalo aku boro2 , paling di desa alias kelurahan dirumah aku adanya empang sm setu -,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh maca iya git?? perasaan gini-gini aja tulisan aku, hhmm ya udah empangnya dijaga terus ya git, biar gak hilang, Indonesia hampa tanpa empang *apasih -__-

      Delete
  6. wah aku disini desanya ga ada yang bagus kak iva wkwkw
    keren keren pasti orang yang jaga kelestariannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya jangan mau kalah ya. justru karena gak bagus itulah kita jaga supaya bisa bagus dan lebih bagus lagi :D

      Delete
  7. ƪ(♥ε♥)ʃ tempatnya masih primitif bgt kayaknya, disitu suasanya tentram bgt yahgal kaya dikota yg sumpek (˘_˘”)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak segitu primitif juga kali pino -_-
      iya disini asyiikk loh, yuukk mari mampir kesini, jangan dikota terus :p

      Delete
  8. kayaknya pernah dengar nih desa sentajo, benar2 desa ya kayaknya. pasti gak ada mall..wkwkwk

    ternyata di riau ada juga ya air terjun keren, baru tau, maklumlah anak kota :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya iya laahhh abang, masa ada desa boongan -_-
      yaahh malah ngomongin mall, hhmm belagau gak tau, sok gak tau, pura-pura gak tau :p

      Delete
  9. desa wisata kalo dituban di kerek... fokusnya ke batik

    ajakin ke koto senjajo dong ka :D

    juga ke kasang muehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh keren tuh zim, pengen dong kesana juga, laahh kamu aja gak mau kesini, gimana aku mau ajakin?? hehee

      Delete
  10. Wah, gue juga baru tau tuh ada desa wisata...... Keren.
    Gimana gbung di liga blogger, yak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, namanya juga Indonesia, pasti keren (y)
      coba cek @LigaBlogger_id

      Delete
  11. desa kasang air terjunnya kayaknya klo dilihat pakai mata sendiri bagus tuh/y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya terus mau lihat pakai mata orang lain?? gak mungkin juga kan? hahaha

      Delete
  12. bangga ternyata indonesia makin banyak desa wisata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bangga, dijaga sama2 dong ya mas,,hihihi siiippp :)

      Delete