Home » , » Pengobatan Tradisional, Obat Perangan
Thursday, 7 February 2013

Pengobatan Tradisional, Obat Perangan

Posted by Mungkin Blog on Thursday, 7 February 2013

Dua minggu sebelumnya puas sudah saya menikmati Senja Cinta di Jembatan Indragiri. Akhirnya saya memutuskan untuk menikmati sisa liburan ini untuk pulang kekampung halaman, Desa Pulau Aro Kuantan Singingi, Riau. Nah seperti biasanya, kalau sudah di kampung halaman seperti ini, pasti akan banyak pengalaman baru yang saya dapatkan. Kali ini tentang cara pengobatan tradisional yang bernama Ubek Perangan (“Ubek” dalam bahasa kampungku berarti “Obat”).
Seperti biasanya obat tradisional, pasti ada yang berbau mistis. Sebenarnya ada sedikit rasa tidak percaya akan khasiat obat itu, tetapi tak bisa dipungkiri bahwa memang obat tradisonal sering memberikan khasiat yang sangat ajaib. Nah, Obat Perangan ini digunakan untuk menyembuhkan penyakit “perangan”. Perangan ini sejenis penyakit pada bayi yang sedang demam dan tidak kunjung mau membuka matanya walau dia menangis atau bersuara. Obat Perangan ini terdiri dari satu gulung kecil daun pisang yang sudah kering.



Langkah-langkahnya yaitu:
  • Minta bantuan kepada dukun kampung untuk mendapatkan obat yang tepat.
  • Kemudian cari daun pisang yang disuruh dan berikan kembali pada dukun kampung untuk dibacai mantra.
  • Setelah itu bawa pulang obat perangan yang berupa gulungan daun pisang yang sudah kering tersebut. Dengan syarat tidak boleh dilangkahi.
  • Kemudian bakar ujung gulungan daun pisang yang sudah dimantrai tersebut seperti membakar rokok.
  • Lalu tiupkan asapnya ke ubun-ubun anak bayi yangmenderita penyakit perangan tersebut.
  • Jika asap yang ditiupkan cukup lama mengepul dikepala si bayi, berarti bayi memang menderita perangan.
Nah, ini dilakukan tadi pagi oleh nenek saya terhadap adik sepupu saya yang terkena perangan. Adik sepupu saya tak kunjung membuka matanya sejak terbangun dari tidurnya. Dia merengek, menyusu dan menangis dalam keadaan mata tertutup. Kemudian nenek saya mencarikan obat perangan itu ke dukun kampung. Dan ajaibnya setelah ritual pengobatan itu dilakukan, adik sepupu saya langsung membuka matanya, tidak merengek lagi dan mulai mau tertawa dan tersenyum seperti biasa.

Heran memang, tapi tidak bisa dipungkiri jika cara ini benar-benar telah berhasil. Saya pun tidak tahu kejadian secara ilmiahnya seperti apa. Apa hubungan asap yang ditiupkan di ubun-ubun si bayi dengan aktifitasnya membuka mata. Mungkin saja hawa hangat dari asapnya yang membuat si bayi membuka matanya, tapi mungkin juga karena alasan lainnya. Entahlah, saya pun tidak tau pasti.

Dengan demikian kita bisa tarik kesimpulan bahwa pengobatan tradisional kadang memang bisa kita percayai. Hal ini karena memang khasiatnya terlihat secara jelas. Ada unsur takut musyrik kepada Tuhan, namun cara ini memang telah ada sejak zaman dulu kala. Bisa dikatakan bahwa memang beginilah cara orang dulu untuk mengobati penyakit. Sebelum adanya dokter dikampung-kampung, memang bantuan dukun kampung lah yang sering dimanfaatkan. Bahkan pada saat sekarang ini tak bisa dipungkiri bahwa pengobatan tradisional masih menjadi alternatif pengobatan bagi banyak orang. Jadi bagaimana? Sobat percaya atau tidak? Ada pengalaman? Silahkan dikotak komentar..! >_<

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

26 komentar:

  1. perangan...
    pernah denger ini sih va dr mama ku..
    tapi belum pernah liat langsung bayi yg terkena ini... terkadang memang dukun kampung justru bisa mengobati yang tidak bisa diobati oleh dokter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhmm biasanya bayi yg kena tu matanya pejam terus, gak mau buka2 matanya :(
      iya kasang emang bisa dipercaya juga, apalagi banyak buktinya kan :D

      Delete
  2. kalo penyakit Perangan sih aku lumayan sering denger kak, mungkin karena sama-sama di Sumatera hehe
    Kalo obat tradisional sendiri sih belum pernah ngalamin yang ada mantra-mantranya, lebih sering gunain obat tradisiona yang di tumbuk-tumbuk :p hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh mungkin iya.
      ya yang ditumbuk juga banyak tuh,,ckck
      *maaf kemaren komen e masuk sp4m

      Delete
  3. hmm..
    jadi nambah lagi pengetahuanku..
    emang ngak bisa kita pungkiri lagi, terkadang memang hal-hal yang masih tradisional memang lebih manjur.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus dong :)
      heheh iya, apalagi dikampung2, obat tradisonal memang terkadang lebih dipercayai.

      Delete
  4. wah sungguh ajaib, hehe.. baru kali ini gue dengar *Perangan
    obat tradisonal sungguh manjur , dan anti obat kimia. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. naahh itu lah dia ajaibnya, memang lah Indonesia kaya akan tradisi >_<
      seharusnya selalu seperti ini kan?

      Delete
  5. kenapa bisa manjur, mungkin saking percayanya pengobatan tradisional itu bisa nyembuhin penyakit... siapa percaya, dia menuai hasil *ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang banyak orang bilang gitu, intinya kita percaya, pasti sembuh, lau kita ragu, kemungkinan sembuhnya juga meragukan, hhmmm gitu deh pokoknya :)

      Delete
    2. kalo ilmu percaya ini di praktekin buat dapetin cewek?
      ntar kalo ada orang percaya bakalan dapet cewek idaman pasti kesampean dong ya *ehhhhhhh

      Delete
  6. hhheemmm unik juga ya mbak cara menyembuhkannya :)

    ReplyDelete
  7. Saya baru dengar penyakit perangan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus deh, kan bertambah pengetahuannya :)

      Delete
  8. iva...award buat kamu nih>>

    http://www.inarakhmawati.com/2013/02/cihuyydapet-sunshine-award.html

    ReplyDelete
  9. waw luar biasa ya, di tempat ginian juga ada tapi yang ditiup bukan gituan tapi kayak pakek bambu bengkok

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhmm Indonesia emang luar biasa dah, setiap daerah pasti punya tradisi >_<

      Delete
  10. Oh, penyakit demam dengan efek menutup mata (@,@)

    Hm ... tradisonal ke dukun sayangnya di perkotaan sudah tidak ada ...

    Kalau di perkotaan biasanya obat tradisonal itu ya rempah-rempah bumbu dapur :D

    Hihi ... adi sepupunya imut sekali ... sudah sembuh ... Semoga gak kena lagi dan sehat selalu. Amin ... (/-,-\)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, mungkin masih ada, tapi di kota pasti udah jarang.
      alhamdulillah udah sembuh, hihihii, ya dong imut kayak kakak sepupunya >_<
      aamiiinnn

      Delete
  11. Iya. Saya juga pernah diobatin kalau lagi sakit perut. Pake telor sama madu. Langsung sembuh.:D

    ReplyDelete
  12. gua baru pertama kali denger kata "perangan" .
    tapi terbukti emang obat atau cara tradisional itu ampuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hen, bagus deh kalau emang pertama kali, jadi tau kan ya,,hehehe :D

      Delete