Home » , » Seribu Tanya Tentang Award Berantai
Tuesday, 19 February 2013

Seribu Tanya Tentang Award Berantai

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 19 February 2013

Cinta, dimanakah kini? Cinta, kini aku kecewa.! Haduh, ini judulnya tentang award berantai tapi kok malah membahas cinta. Huuh maklum sob, lagi gundah gulana mencari cinta sejati. Sebenarnya malas juga nyari, lebih baik nunggu aja kali ya? Haiishh keterusan deh ngebahas soal cinta. Sudah, sudah. Kembali ke topik sebenarnya, ini posting tentang seputar pertanyaan tentang award berantai. Kenapa saya tiba-tiba nulis tentang ini? Karena baru saja saya menerima lagi sebuah Sunshine Award dari seorang blogger yang bernama Mister Gandi? Kenal gak? Gak ya? Memang dia gak terkenal kok. Haha santai mister :p
Tiba-tiba mention saya pagi ini dihiasi oleh twit dari @GANDIFAUZI yang memberitahukan bahwa saya dapat Sunshine Award, ini penampakannya: 
Nah, jelas bahwa maksud dan tujuan dari award berantai ini benar-benar tidak jelas. "jelas bahwa tidak jelas? apaan sih va?". Bahkan sang pemberi award pun tidak tahu maksud dan tujuan dari award tersebut. Hanya sekedar berbagi. Sebenarnya saya senang sekali mendapatkan award ini, karena itu berarti saya salah satu blogger terpilih dan terspesial yang diberikan kepercayaan untuk dapat award ini. Sebelumnya saya juga pernah mendapatkan award ini dari Kak Ina dan ada lagi Award Company dari Kak Rita. "Maaf kakak-kakak ku tersayang, iva gak tau mau menruskannya untuk siapa. Sementara teman-teman yang lain juga sudah dapat."

Selanjutnya mau diapakan award berantai ini? Saya bingung. Sebelumnya ada juga award berantai yang bernama Lobster Award, eh bukan. Liebster Award. Saya tidak begitu paham maksud dan tujuannya. Entah siapa pencetus award ini dan sejak kapan dia berkelana mengelilingi Indonesia. Ada banyak pertanyaan yang timbul dari adanya “AWARD BERANTAI” ini.
Apa maksud dan tujuan award berantai?
Setiap award berantai, pasti mengharuskan penerimanya untuk menjawab berbagai pertanyaan dari sang pemberi award. Apakah yang membuat award ini pertama kali maksudnya untuk KEPO-in orang yang lagi dia taksir? Dengan begitu dia bisa tau apa isi hati dan yang disukai dari orang yang dimaksud. Misalnya nih, pencetus award itu adalah saya. Kemudian saya naksir sama seorang blogger yang bernama “Ahmad”. Terus saya buat deh award berantai ini sekalian biar bisa menutupi ke-KEPO-an makanya ditujukan buat banyak orang dan diteruskan ke orang lain gitu. Sehingga saya bisa tahu apa yang Ahmad suka, Apa yang Ahmad gak suka dan lain sebagainya. Bisa jadikan? 
Mengapa harus berantai?
Entah karena pencetus award ini ingin terkenal dan disebut namanya diblog orang lain yang mendapatkannya. Kita pun tidak tau. Mungkin juga dia ingin dapatkan backlink gratis dengan award ini. Atau juga biar dia merasa paling hebat karena berhasil menyebar award ini dikancah perbloggeran tanah air. Banyak tanda tanya disini..! 
Bagaimana perasaan penerima award berantai?
Namanya dapat award ya pasti senang sekali. Tapi bagaimana jadinya kalau award itu merupakan award berantai? Bagaimana jadinya kalau award itu mengharuskan menjawab pertanyaan yang sedikit frontal untuk dijawab? Bukannya si penerima menjadi terpaksa? Misalnya nih, saya dapat award dari si B. Saya senang bisa dapat award, tapi saya juga bingung menjawab pertanyaan dari si B karena pertanyaannya terlalu frontal. Tetapi saya segan terhadap si B jika tidak menjawab pertanyaan dari award tersebut. Karena bagaimanapun si B adalah sahabat blogger saya. Apakah ini menjurus ke pemaksaan?
Sampai kapan award berantai ini tersebar?
Seiring berjalannya waktu, award berantai akan terus menyebar dipenjuru dunia perblogeran. Bayangkan saja jika penerima award ini ada 10 orang dari 1 orang. Berarti kalau diterusin jadi 10, 100, 1000, 10000. Apasih? Kok jadi kayak bisnis ML-M gini yah? Jadi kapan award ini berakhir? Didaerah mana dia akan berakhir? Sementara satu orang saja bisa dapat lebih dari 2 kali. Sampai kapan? Sampai kapan? Sampai kapan? *oke ini 4L4y
Seberapa pentingkah award berantai?
Jadi gini, kalau memang award berantai ini tujuannya untuk menjalin silaturahmi, lalu mengapa seakan diberikan karena terpaksa? Gini loh, seandainya kita ingin menjalin silaturahmi dengan sobat blogger lainnya mengapa tidak memberikan award yang spesial? Yang didesain berdasarkan kemampuan sendiri untuk sobat blogger lain yang dianggap spesial. Mungkin itu akan lebih membuat sobat blogger lainnya lebih merasa spesial. Walau mungkin desain yang kita buat tidak seberapa, namun pasti akan sangat berkesan jika dibuat sendiri. Ibarat menerima hadiah dari pacar nih. Lebih bahagia mana, dapat boneka yang dibeli atau yang dibuat oleh pacar dengan tangan sendiri? Jadi pentingkah award berantai?
Sebenarnya masih banyak pertanyaan yang ingin saya lontarkan tentang award berantai. Tapi berhubung postingan ini sudah menuju kearah panjang badai cetar membahana ulala. Akhir kata saya cukupkan sampai disini. Saya hanya berharap award berantai segera dimusnahkan dari peradaban. Maaf kalau ada yang tersinggung dengan pernyataan saya ini. Tapi saya rasa award hasil karya sendiri itu lebih spesial. Ada yang setuju? Ada yang tidak setuju? Ayo hajar di kotak komentar ya..!!

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

44 komentar:

  1. kmarin jg dikasih award berantai
    cuma gak ngerti, dia cuma notif di twitter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahay emang kadang-kadang sebagian orang banyak yg bingung sama award berantai ini. maklum kan udah berantai, jadi penyampaian pertamanya dah beda sama yg udah disebar2, makanya membingungkan -_-

      Delete
  2. waaaaa.. langsung dibikin postingan, keren kamu va :) :)

    jujur aku juga bingung sama ini awards

    bayangin aku dapet awards yg sama dari Javas, Rita n Gandi

    seneng sebenarnya
    tapi kan yg kemarin2 udah aku jawab, masa skg harus jawab pertanyaan yg sama lagi hadeew

    btw makasih ya yg udah ngasih aku awards.. thanks bgt
    tapi mugkin tdk akan aku teruskan, karena aku bnr2 bingung jawab berkali2 gtu
    maafin yee

    (sory va malah curhat hahaha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe makasih mei :)
      waahh banyak juga kamu dapatnya, hahahah iya gak apa-apa lah curhat, award berantai emang gitu, bikin bingung :D

      Delete
    2. iya banyak yg ngasih aku awards berantai :)

      oke okee.. keep posting nih kamu

      Delete
    3. oke itu pasti, ssiiipp deh,hhhe makasih loh :D

      Delete
  3. iya mbak, semacam bisnis MLM jadinya hadeeehhh :(
    aneh banget, setelah Liebster muncul Sunshine, mungkin suau saat muncul juga Harlem Shake Award Hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. muakakakakakakakakaka
      ngakak guling-guling aja deh -__-

      Delete
  4. mueheheh keren postingannya kak. mengupas habis ttg award berantai. pernah juga dapat award begitu, 1 warad tapi banyak yg ngasih.. jadi pusing sendiri jg mesti jawab pertanyaan siapa??? padahal kan sama semua pertanyaannya mueheheh

    tapi yg award dari abang gandi, aku gak pernah dapeeet muehuehue #kodeKeras

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha makasih loh :D
      nah itu emang membingungkan, gak mungkin juga dibuat post satu persatu kan.
      jiaaahhh ngode nih ceritanya -___-

      Delete
  5. Bayangin kalo lo dapet award berantai yang sama sampai 7 kali lebih ...

    Apa lo harus ngejawab 7 pertanyaan yang jadi kewajiban?

    Apa lo harus meneruskan ke blogger lainnya ???
    Kalo misal 1 award nyebarin ke 11 blogger ..
    Tujuh award berapa?

    Bener va, gue sih lebih seneng ngasih award yang hasil karya gue sendiri. Tanpa membebani penerima buat membagikan lagi...
    Award eksklusif jauh lebih berharga ..(•̀⌣•́)9

    ReplyDelete
    Replies
    1. gilaa banyak juga kalau gitu kan? mana mau tuh, pasti bosen -___-
      nah itu benar dotz, walau desainnya biasa, tapi kalau limited edition pasti lebih gaul :D

      Delete
  6. wakakakaka...
    kalo aku sih seneng dapet award/...
    tapi kalo bisa jangan yg berantai...biar cukup posting di blog aja..ga usah meneruskan ke yg lain -____-

    bagusan award yg didapet secara personal/bikinan sendiri dari blog sobat lain gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semua juga senang dapat award kak,
      nah itu berarti sama pendapat kita kak, kan juga udah iva bilang tuh diatas :D

      Delete
  7. aku juga dapet SUnshine Awards, baru mau aku jawabin...cuman asik juga sih, buat iseng isengan gitu, menyenangkan sih so far..:3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya kalau baru dapatnya dikit, kalau banyak gimana?? pasti lama kelamaan bingung juga jawab pertanyaannya -____-

      Delete
  8. hahaha keren.
    aku untung nggak dapat award berantai ini,memang benar tuh ga ada tujuan yg jelas, hanya sekedar melunasi hutang aja kesannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bang, ternyata sama pendpat kita, belum dapat? mau dapat dari iva gak, eh -____-'

      Delete
    2. hahaaa nggak usah lg va, makasi ya :D

      Delete
    3. hahahaha saddiiss, ditolak mentah2 akunya :(

      Delete
  9. Dulu, taon 2007, award-award bergembira ini namanya bukan award, tapi PR.

    Entah siapa yang memulai, tapi para blog users mengerjakannya dengan riang gembira. Tanpa paksaan.

    Dulunya lagi, taon 2004, PR-PR bergembira ini namanya bukan PR, tapi self note, dan dipublish via bulbo alias bulletin board friendster.

    Fungsinya untuk apa? Buat suka-suka aja. Kalo mau isi, monggo. Gak mau, gak ada paksaan, wong gak ada hukuman ini :D

    Entah siapa yang mulai mengganti namanya jadi award, dan ngasih stereotip seolah2 award itu HARUS diterima dan dirantaikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo jadi gitu ya mbak?? tau banget nih kayaknya, banyak pengalaman mbak yah, dah dari 2007. hhmm makasih udah nambahin disini loh :D
      ya gitulah, lama kelamaan pasti maksudnya jadi gak jelas, apalagi besok2 tuh, ntah apa lagi yg membingungkan..!!

      Delete
  10. pernah dapet Sunshine Award..
    Karena aku punya waktu kosong, akhirnya aku terusin aja.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh iya bagi sebagian org emang lebih milih buat nerusin, sebagian juga ada yg enggak, saya juga gitu :D

      Delete
  11. kadang males juga sih ngerjain award berabtai. gak tau, males aja. saking banyaknya yg bikin postingan kali ini, malah jadi gak terbaca.
    tapi seru juga sih buat seru-seruan! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha berarti kita sama, kadang2 mau buat seru2an aja :)

      Delete
  12. Kenapa gue jadi model sih?? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha karena emang mister yg pas jadi modelnya :p

      Delete
  13. em, saya dapat juga..
    tapi ,e,e,e,,e
    bingung mau ngasih sapa
    jadi gak ane terusin

    ReplyDelete
  14. Gak pernah dapet,
    betapa sedihnya aku -__-")

    Semoga besok yang ngasih ginian (award berantai ya?)
    ngasih ke aku juga, biar tau :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha mau aku kasih award??
      jangan deh, ntar nyesek,,wkwkwk

      Delete
  15. ohh ini semacam awart tertulis gitu aja ya, tanpa design dan apapun, wihhh horor juga sihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduuuhh ayam apaan sih? ini bukan award, ini membahas tentang awrd yam, elu gagal paham kah??

      Delete
  16. mbak gue juga dapet mbak, rencananya sih mau nerusin ke mbak juga,,

    ReplyDelete
  17. gue sering dapet award gitu, keluhan gue terwakili sama post lu ini va .
    cuma gue gak enak kalo gak ngerjainnya, jadi bimbang gitu lah pokonya :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah bagus dong hen, jadi gw wakil blogger yg teraniayai oleh award nih??
      bimbang?? haaduuhhh ngeri bahasa :)

      Delete
  18. hmmm. ketika dapat ini pertanyaan gw juga va.. buat apa ya? harus buat juga ga ya? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha kita sama, kita sama yuhuuuuu

      Delete
  19. Blogger masih kepo tentang Award, Nyangkut dimari.
    Kependekan postnya, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk ini udah panjang mah -_____-
      klu tambah panjang lagi ntar pada ketiduran bacanya :p

      Delete
  20. itu diatas tadi bawa2 nama ahmad pasti panjangnya ahmad mu'azim abidin kan... hayo ngaku, tapi sayangnya tuh bocah udah ada yang punya *hahaha

    award itu lebih spesial kalo desainnya spesial, yah, bukannya meniadakan award berantai, tapi award berantai biasanya sih buat seru2an kalo lagi suntuk aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. laahh kok elu tau zim??
      jadi beneran lu udah punya pacar?? *terjun ke jurang * *mati*
      ----------------------------------------------------------------------------------

      Delete