Home » » Hari Musik Nasional? Kapan?
Friday, 22 March 2013

Hari Musik Nasional? Kapan?

Posted by Mungkin Blog on Friday, 22 March 2013

Sobat pada tau gak tanggal berapa diperingati Hari Musik Nasional? Banyak yang gak tau ya? Saya juga demikian. Beruntung panitia Liga Blogger Indonesia memberikan tema pada pekan ke sebelas dengan tema ini yaitu "Hari Musik Nasional". Tapi wajar-wajar saja banyak yang tidak tau. Ini pasti dikarenakan memang baru ditetapkan beberapa hari atau tepatnya dua minggu yang lalu. Tepatnya tanggal 09 Maret 2013 yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (Susilo Bambang Yudhoyono).
Sebagaimana kutipan berita berikut yang saya kutip dari metrotvnews.com
Metrotvnews.com, Jakarta: Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI) menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional. Keputusan itu diambil setelah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Sekretaris Negara RI."Ini sudah diputuskan dan nanti Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono) yang akan mengukuhkan Hari Musik Nasional ini besok, Sabtu (9/3)," ujar Ketua Umum KCI Dharma Oratmangun di Kantor KCI Pusat, Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat (8/3) malam.
Bicara soal musik, sepertinya tidak ada yang bisa terlepas dari hal itu. Mungkin hanya sebagian kecil orang yang tidak suka musik. Selebihnya pasti setuju kalau musik adalah salah satu kebutuhan. Mau tidur, lagi makan, lagi duduk, lagi kerja, pasti suka dengarin musik. Terbukti juga akhir-akhir ini semakin banyak acara-acara musik dan pencarian bakat yang berhubungan dengan musik yang tampil ditelevisi. Tidak hanya itu, saat kita mendengarkan radio, mayoritas acara pasti berhubungan dengan musik. 
Untuk musik dalam negeri, saya pasti selalu suka. Banyak jenis musik yang tersedia, tinggal pilih, seperti pop, jazz, rock, metal (melayu total #ajiiaa jiaa), dan masih banyak lagi. Hanya saja ada beberapa yang sudah kurang diminati seperti keroncong. Sepertinya semakin berkurang saja peminatnya. hihihi. Nah, kalau bicara lagu dalam negeri, juga banyak pembagiannya, ada lagu nasional dan juga lagu daerah.
Memang akhir-akhir ini seperti industri musik Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Kalau zaman dulu, band-band terkenal pasti yang sudah punya album sendiri, seperti ungu, peterpan, padi, sheila on 7 dan lainnya. Berbeda dengan sekarang, cukup punya satu lagu saja kita bisa terkenal. Jangankan satu lagu, lipsinc satu lagu dengan gaya heboh saja pasti terkenal. Hahaha. Tapi tentu saja ketenarannya hanya sekejap mata. Dan ini semua dikarenak perkembangan teknologi yang cukup pesat.
Dikarenakan perkembangan teknologi ini pula, semakin banyak terjadi pelanggaran terhadap musik tanah air. Mulai dari pembajakan DVD/VCD/cakram optik, ilegal download, serta pengguna Hak Cipta Lagu di tempat-tempat hiburan. Sebenarnya memang miris, tapi gak bisa dipungkiri bahwa diri sendiri juga sering melakukannya. Semuanya pasti berpendapat "selagi ada yang gratis, kenapa mesti bayar?" Hahaha itulah orang Indonesia. Banyak mungkin pemusik yang mengeluh akan hal ini, tapi gak bisa dipungkiri juga berkat download gratis yang banyak tersebar dimana-mana ini, lagu mereka jadi tambah terkenal. Hanya saja pembagian hasilnya sepertinya yang diperhitungkan.
Yah, semoga saja Hari Musik Nasional yang ke-dua, ke-tiga dan seterusnya nanti akan ada gebrakan baru untuk kemajuan dan kepesatan musik nasional. Tidak hanya dihari itu, tapi disetiap hari ke harinya semoga ada perubahan kearah yang lebih baik. Saya hanya bisa manggut-manggut, karena saya juga tidak begitu ahli dan begitu suci dari pelanggaran-pelanggaran terhadap musik nasional. Akhir kata, semoga info tentang hari musik nasional ini bermanfaat buat sobat Mungkin Blog. Jadi, sekarang udah tau kan, kapan hari musik nasional?
Wassalam *aseek

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

14 komentar:

  1. aku aja yang musisi malah ru tau dari kamu va..thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajiaaa mas pasnem musisi daang,, mantap, ya bagus udah tau, sama2 ya, senang berbagi :D

      Delete
  2. pembajakan emang ada dimana2 kak
    3/4 lebih dari seluruh orang indonesia koleksi lagunya pasti dari hasil bajak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gtu lah, udah gak bisa dipungkiri lagi semuanya,,hhhmmmm

      Delete
  3. Wah,, new info,,
    Bru tahu aku klo ada hari musik nasional.
    Klo hari jntung kita jalan sehat, hari energi kita matiin listrik,, klo hari musik kita ngapain ya??? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngidupin musik lah, masa iya masak-masak, hahahaha

      Delete
  4. Ayo lah ... musik tradisonal juga harus di angkat di Hari Musik Nasional.
    Jangan hanya musik modern saja, musik tradisonal juga harus dilestarikan dan dikembangkan :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo ayooo, sama-sama dong melestarikannya, kalau aku tetap suka musik khas kampung aku yen, sering kok aku putar kenceng2 dirumah,,wkwkwk

      Delete
  5. Replies
    1. hahaha...
      itu polusi zim :D

      Delete
    2. wkwkwkwkw... aku enggak ikut2an bilang polusi lho ya

      Delete
    3. hahahaha aku juga gak loh *tutup idung*

      Delete
  6. sama, aku juga baru tahu hihi

    ReplyDelete