Home » » Monumen Lokomotif dan Tugu Pahlawan Kerdja
Friday, 1 March 2013

Monumen Lokomotif dan Tugu Pahlawan Kerdja

Posted by Mungkin Blog on Friday, 1 March 2013

Haduuhh tema Liga Blogger Indonesia pekan ke-8 adalah “Heritage Culture : Peninggalan Sejarah di Kotaku”. Tema ini cukup membuat saya kelabakan. Bagaimana tidak, di Kota Pekanbaru peninggalan bersejarah memang terbilang sedikit. Sebagaimana kita ketahui bahwa peninggalan bersejarah di Provinsi Riau itu banyak tersebar di kabupaten-kabupaten lainnya, bukan di Kota Pekanbaru. Tapi justru karena memang sedikit dan belum banyak yang mengenal, oleh karena itu saya memilih untuk membahas peninggalan sejarah yang berada di Kota Pekanbaru, Riau. Untuk peninggalan bersejarah di Kabupaten Kampar, Riau sudah pernah saya bahas sebelumnya, begitu pula dengan peninggalan bersejarah di Kabupaten Kuantan Singingi. Nah, ayo kita bahas tentang peninggalan bersejarah di Kota Pekanbaru, Riau.
Kali ini kita akan membahas tentang peninggalan bersejarah: Monumen Lokomotif dan Tugu Pahlawan Kerdja yang terdapat di Kecamatan Bukit Raya (Marpoyan) Pekanbaru, Riau. Saya memilih peninggalan bersejarah ini karena memang lokasinya yang berjarak sangat dekat dengan Universitas tempat saya menuntut ilmu. Sudah tidak terhitung berapa kali saya melewati monumen dan tugu tersebut. Setiap melewati Monumen Lokomotif tersebut saya selalu mengkhayal, "Andai saja di Riau ada kereta api lagi, mungkin jarak Pekanbaru - Taluk Kuantan bisa terasa semakin dekat. Mungkin jarak tempuh 3 jam bisa disingkat jadi 1 jam dan saya bisa pulkam tiap minggu -__-". Dari kecil hingga sampai sekarang ini, saya tidak pernah sekali pun merasakan yang namanya naik kereta api. Miris banget ya. Ya sudah, mau bagaimana lagi, kereta api tidak ada lagi di Provinsi Riau. Sudah sudah, tidak perlu jauh dibahas, kembali ke topik pembicaraan.
Makam Pahlawan dan Monumen Lokomotif
Tugu Pahlawan Kerdja  dan Monumen Lokomotif terletak sekitar km.10 jalan raya Pekanbaru menuju Teratak Buluh Perhentian Marpoyan. Tugu dan monumen ini diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1958. Monumen Lokomotif menandakan bahwa dulunya pernah ada Kereta Api di Kota Pekanbaru dan didinding monumen Lokomotif terdapat gambar kekerasan tentara jepang terhadap romusha.  Tugu Pahlawan Kerdja ini dibangun sebagai tanda jasa bagi para pejuang yang banyak meninggal dunia pada masa penjajahan Jepang, di Riau. Menurut saya bentuknya sangat biasa, tapi jelas bahwa nilai yang terkandung didalamnya lebih dari luar biasa.

Tugu Pahlawan Kerdja
Konon menurut cerita yang saya dengar, di Kota Pekanbaru dulunya memang ada rel kereta api disekitar kawasan yang kini bernama Jalan Kereta Api. Namun, besi-besi tua bekas rel kereta api tersebut kini telah hilang dan dijual oleh orang yang tak dikenal. Nah, disekitar Monumen Lokomotif dan Tugu Pahlawan Kerdja tersebut terdapat banyak makam pahlawan, yang tidak lain tidak bukan adalah para pahlawan yang bekerja membangun lokomotif tersebut pada zaman penjajahan.
Monumen Lokomotif dan Tugu Pahlawan Kerdja
Dua hari yang lalu saya sempat mampir sebentar di Monumen Lokomotif dan Tugu Pahlawan Kerdja. Tetapi berhubung saya sendiri dan tidak ada orang disekitar kawasan tersebut, saya memutuskan untuk melihat-lihat sebentar saja dan kemudian memutuskan untuk pergi. Seluruh foto yang ada diartikel ini saya ambil dari blog lain dan tertera pada referensi dibawah. Tetapi berdasarkan pengamatan saya sendiri saat sering lewat disekitar monumen dan tugu tersebut, cukup banyak orang-orang yang datang ke kawasan tersebut. Entah mereka memang mau memberi penghormatan kepada Pahlawan Kerdja atau ada maksud lainnya. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa mereka juga ada maksud lain, yaitu hunting foto. Hahaha miris. Tapi saya bersyukur karena sejauh ini peninggalan sejarah tersebut masih terawat dengan baik. Saya hanya berharap semoga peninggalan sejarah Monumen Lokomotif dan Tugu Pahlawan Kerdja tetap terjaga dengan baik dan tidak rusak oleh tangan-tangan jahil. Semoga saja. 

Referensi:

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

32 komentar:

  1. wua, nambah pengetahuan lagi nih aku.. hehehe
    aku juga sama kok belum pernah naik kereta api sama sekali.. soalnya di jayapura ngak ada.. miris banget ya.. -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeeeyyy selamat, pengetahuan Anda bertambah lagi, hihihihi :D
      iya miris, padahal pengen nyoba loh, #eh

      Delete
  2. seru kali ya kalo ke sana. Mantep buat Poto-poto. Hehehe. Sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, thanks ya :D
      jiaahh makanya banyak orang foto-foto disana tuh :D

      Delete
  3. eh di riau juga ada kereta ya? baru tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduuhh ketahuan gak bacanya nih, tapi gak apa2 deh.
      hahahahah

      Delete
  4. masuk situ bayar ya va?
    aku gak pernah masuk situ, walaupun pengen tapi cuma sering lewat aja ehehe

    iya coba aja ada kereta api di riau ini, pasti asik, pergi kemana-mana bisa di tempuh dalam waktu singkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak zi, ayuukkk kapan-kapan kita kesana yukk :D
      hhmm tuh kan rozi jadi ikutan ngayal juga -__-

      Delete
  5. klo di malang kayaknya ada monumen jenis kereta juga deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa iya?? ditulis juga dong biar kece :D

      Delete
  6. kok gak ada foto narsisnya di situ sih? hahahha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi gak sempat bang, takut juga sendirian disitu, lagian gak ada yg motoin :D

      Delete
  7. Sama,, Di kotaku jg ga ada kereta api.
    Tpi di Riau msih mnding msih ada monumen & tugunya, setidaknya sesuatu benda brnama " kereta api" prnah hidup & menetap disana.. :D
    Btw, tau ga knpa di Riau ga dibangun kereta lgi ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, masih bersyukur ada peninggalan sejarahnya ya :D
      gak tau, kamu tau???
      kenapa ya?? ntar dicari tau deh :)

      Delete
  8. di ambarawa juga ada kereta api lokomotif zaman belanda dulu, cuma kalo mau naik bayarnya muahal hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe masih mending masih ada, bisa kapan-kapan dicoba, dari pada yg disini cuma monumennya, gak bisa jalan -___-

      Delete
  9. Wah, nambah ilmu nih. Iya, bener kata rara. di ambarawa juga ada, dan gue pernah naik~
    by the way, mau nanya dong. Apa di Riau masih suka ada yang kasih 'barang' ke tugu-tugu seperti itu. Sama kayak di tugu soekarno gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciiyyee enak dong bisa naik >_<
      maksudnya??? yang dalam tanda kutip itu apa?? seriusan aku gak ngerti -____-

      Delete
  10. Aminn... semoga saja benar2 tidak dirusak tangan2 jahil..

    sebagian bentuk tugu ato monumen memang biasa kalo dilihat dari "batang tubuhnya". tapi dibalik itu sangat luar biasa isi makna yang dikandung padanya *ngomong opo* hhehe

    di tuban setauku tugu2 seperti ini cuma... tugu pancasila *dll *promosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, amiiinn :D
      iya zim, elu emang betul, memang maknanya lebih besar dari pd tampilannya :)
      cuma tugu pancasila *dll*.
      udah pake cuma, pake "dll" lagi -_____- maksud lo zim?

      Delete
    2. maksud guaa... biar penasaran terus dateng ke tuban gitu

      Delete
    3. kenapa? elu pengen ketemu gw ya?? aciiieee :p

      Delete
  11. nantilah kalau aku udah sarjana bangun kereta api bawah tanah di Riau...wkkw

    btw dikuburan ada jumpa arwah pahlawan menjelma jadi pocong nggak???
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seriusan bang?? jangan berhenti untuk bermimpi, krena dari mimpi itulah bisa jadi nyata *apasih
      ini bang fian kenapa ya?? lagi naksir sama pocong atau gimana?? kok nanyain kabar dia terus?? #eh

      Delete
  12. kirain tadi tugu pahlawan di suarabaya. ternyata...

    btw, di suarabaya ada museum kapal selam lho... keren banget tempatnya. aplaagi kalo malam, banyak tmpat nongkrongnya githu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaahaa jauh amat gw ke Surabaya Vas -___-
      ciiyyee elu sering ya kesana vas?? romantis gak tempatnya #eh

      Delete
  13. Oiii Jangan Lupa Postibg bapak Blogger Riau yaaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. okey, amaaannn lah tuh abaang pijan :3

      Delete
  14. untungnya ada ya...setauku di riau itu bagus pemandangannya yah?
    mantanku anak riau loh...-->malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, hihihi
      ecciieee yang punya mantan anak Riau,,eciieeee, hahahah :p

      Delete
  15. Replies
    1. spa* banget, komentar bg pijan ini -___-

      Delete