Home » , » Sketsa Ayah
Wednesday, 20 March 2013

Sketsa Ayah

Posted by Mungkin Blog on Wednesday, 20 March 2013

Hellow sobat Mungkin Blog..!! Lama gak nongol ya (padahal baru 3hari) -__- 
Sekarang saya ingin melanjutkan cerita yang bersambung pada beberapa hari lalu. Jadi setelah berlangsungnya Acara Bedah Buku Gaje Risah, saya membawa pulang 3 yang didalamnya terdapat tulisan karya Kak Risah. Sebagaimana yang dipesankan sebelumnya oleh Kak Risah bahwa saya hanya diharuskan membedah buku antologi yang berjudul "Sketsa Ayah". Alhasil disela-sela waktu saya menyempatkan untuk baca buku yang berjudul Sketsa Ayah ini. Berhubung memang selama lebih kurang seminggu ini tugasnya bejibun, saya baru tuntas bacanya hari ini. Hehehe maaf ya Kak Risah. Saya memang sengaja menuntaskannya lebih dulu agar saya tak mengada-ada saat mereview buku ini.
Buku antologi Sketsa Ayah ini ditulis oleh 21 penulis dengan cerpen yang berbeda-beda tiap penulisnya. Yah, memang begitulah buku antologi. Namun tidak mungkin rasanya saya bahas satu persatu tentang penulis cerpennya. Lagi pula ini khusus untuk Kak Risah. Penasaran siapa sih Kak Risah? Berikut sedikit penjelasan singkat tentang Kak Risah yang terdapat dibagian "tentang penulis" dibuku antologi "Sketsa Ayah"
Tentang Kak Risah
Risah Azazahra adalah nama pena dari Haritsah Salim. Aktif sebagai pengurus FLP Pekanbaru dan di Sekolah Menulis Online Writing Revolution. Beberapa cerpennya dimuat di harian Riau Pos dan memenangkan lomba. Salah satu cerpen humornya berhasil jadi juara dilomba FF Humor Writing Revolution. Beberapa antologinya yang telah terbit di Leutika Prio Yogyakarta adalah "Ketika Cinta Membiru", "Kita-Kata Cinta", dan "Senarai Tarian Imaji", serta antologi cerpen "Ujung Waktu" penerbit Hasfa Publisher, dan antologi "Narsis Unlimited" WR Publishing. Gadis yang saat ini kuliah di FKIP UR ini bisa dihubungi via HP: 0856xxxxxx (haha sok misterius) atau FB: Risah Icha Azzahra.
--------------woow gila, banyak banget ya buku antologi Kak Risah, keren.
Tentang Sketsa Ayah
Antologi cerpen yang berjudul Sketsa Ayah ini terbit pada November 2012 lalu. Seluruh cerpen didalamnya bercerita tentang sesosok Ayah. Total ada 21 cerpen tentang Ayah yang terdapat didalam buku tersebut. Semuanya memberikan makna, kesan, dan pesan yang berbeda- beda. Namun kebanyakan diantaranya berujung mengharu biru dan mengakibatkan beberpa cairan bening menetes dari ujung mata. Cerpen Kak Risah berada pada urutan ke 7 yang berjudul "Menjemput Ayah". Walau berada pada urutan ke-7, saya tetap baca pertama kali. Hehe ok, dan klimaksnya itu yang benar-benar membuat saya gak nyangka, gak bisa ketebak. Penasaran ya..?? | Gak ? | Pokoknya harus penasaran. titik.
Cerpen Kak Risah
Pastinya cerpen-cerpen dalam buku antologi Sketsa Ayah ini benar-benar menambah kecintaan kita pada Ayah kita. Ya, tau sendirilah, biasanya kita pasti lebih sayang Ibu dibanding Ayah. Tapi memang tidak bisa dipungkiri, bahwa sesosok Ayah memang penting dan berpengaruh terhadap hidup seseorang. Sketsa Ayah benar-benar menggambarkannya dari berbagai macam sisi. Berbagai macam cerita dengan tema yang berbeda-beda ada didalam buku antologi ini. Masih penasaran? Ini ada sedikit review yang gaje -__-
FYI nih ya sobat, buku Sketsa Ayah sempat saya bawa beberapa kali ke kampus. Diwaktu istirahat atau lagi nunggu dosen saya baca buku ini. Cerpen pertama (urutan pertama dibuku, tapi urutan kedua saya baca setelah cerpen Kak Risah :D) saya baca waktu kelas belum dimulai (masih nunggu pacar #eh dosen). Oke, untuk cerpen yang pertama, air mata sukses mengalir. Dan ini mengundang tanya seorang teman saya, Kenapa va? | Ini baca cerpen, mau baca? | Boleh, penasaran aku, sampai mu nangis gitu.
Jadinya buku ini dioper-oper gitu ke beberapa teman saya dan semua  setelah selesai baca satu cerpen pertama ini matanya pada berkaca-kaca ada juga yang sampai menteskan beberapa airmata. Cerpen pertama saja sudah demikian membuat 4 orang teman saya lainnya galau teringat Ayah. Ada lagi beberapa orang yang memfoto lembaran demi lembarannya, kemudian pada dikirim-kirim di grup WeChat. Benar-benar buku antologi yang sukses membuat heboh dan yang pasti memberikan pengajaran akan pentingnya berbakti pada orang tua, dalam hal ini terkhusus Ayah. Bukti konkret neh ya, takutnya pada gak percaya.

Waah, gak terasa, saya menulis sudah sekian banyaknya. Maaf buat para pembaca yang mungkin jadi loncat-loncat baca postingan saya. Tapi intinya, saya rekomendasikan untuk sobat baca buku antologi cerpen "Sketsa Ayah" ini. Dibuku ini sobat pasti menemukan kasih sayang dan sketsa indah dari sesosok Ayah. Oke, untuk harganya sekita Rp.30.000, kalo gak salah, soalnya Kak Risah jawabnya juga ragu-ragu kemarin -___-
Sekian Acara Bedah Buku Risah kali ini, sampai ketemu disession berikutnya :D

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

31 komentar:

  1. Replies
    1. Mendengar cerita Kak Iva sepertinya cerpen pertama yang di sebutkan sangat membuat sedih (@,@)

      Memang kenapa ?, apa isinya ?, kasih tahu dikit dong ? :O

      Wah, Kak Risah sangat berbakat dan berprestasi mendongeng dalam betuk tulisan tangan nih (^,^)b

      Delete
    2. ayoo dibeli,,hehehe
      iya kak risah emang bakat, aku akui kehebatannya >_<b
      jadi ceritanya tuh tentang anak yg malu punya ayah kayak ayahnya, terus anaknya mau tampil disebuah lomba gtu, teruuuussss ahhh gak seru lah kalo dilanjutin :p
      ayo dipesan aja sendiri sama Kak Risah..!!

      Delete
  2. Keren ya risah :D ceritanya dimuat di buku, ada di media cetak lain lg. pinjem dong va, bisa gak buat gue nangis ya? hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gak ya?? dicoba dulu baru tau,, haduuh jauh banget mau minjaminnya ya, ngirim ke bali gtu??? gak ada yg lebih jauh ga?

      Delete
  3. ouwww.. sketsa ayah toh.... minta satu boleh *ehh *ketauan lompat2 bacanya*

    ReplyDelete
  4. wah... kaka risya udah nelurin buku aja yah sob..

    aku kapan ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ayo semangat, waktunya kita berusaha :D

      Delete
    2. Bertelur??
      Lu kira gua ayam? -__-

      Delete
    3. hahahaha baru sadar, "nelurin" wkwkwkwk ayam kampung apa ayam kota kak,,?? ckck

      Delete
  5. kalo udah tentang ayah, dan kalo banyak yg bikin testimoni bukunya sedih + bikin nangis, bisa dijamin saya juga bakalan nangisss nih kalo baca bukunya T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya dibeli dulu dong, hahaha ayuukkk pasti sedih deh :(

      Delete
  6. dulu aku juga punya kumpulan cerpen, ada yang tentang ayah, judulnya akhir hidup ayah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhir hidup?? pasti sedih-sedih juga kan, hmmm

      Delete
  7. Replies
    1. Rp. 28.000, tuh kak risah komen dibawah :D

      Delete
  8. keren deh cara kamu promosiin ni buku. Pengen cepat-cepat ke gramedia jadinya heheh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia, sayangnya buku ini nggak di jual bebas d gramed. Kalo pngen beli bisa langsung ke penerbitnya Pustaka jingga. Hubungi aku juga bisa :)

      Delete
    2. nah itu dia penjelasan dari Kak Risah nya langsung kalo mau beli buku Sketsa Ayah :D

      Delete
  9. wuaaaaaa, Ka Risah keren..
    Ka Iva juga keren promosinya, bikin penasaran -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. komentar kamu juga keren va, lebih keren kalo beli bukunya juga,,hahahaha #modus

      Delete
  10. Uwaaaaa.....
    Maacciiihhh ivaaa...
    Terharruuu.. Ember mana ember..
    Perasaan waktu aku baca biasaa aja.. Ternyata ada yg sampe nangiss ya...

    Harga Rp.28.000 va.. :)

    makasi banget ya riview nya kereenn.. Apalagi itu bukti autentiknya. Lumayan, modelnya cantik2 pula..

    Itu biodata aku pasti yg dari biodata di belakang buku. Hihi
    Makassiii ivaaa manisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. cama-cama kaka \(>_<)/
      ampuuun kak, ampuuunn jangan pukul aku pakai ember,, hahahaha
      iya kak, emang gitu adanya, sedih, apalagi yg surat2 tuh,,hikss
      ooo 28 ternyta, gak apa2 lah 30 kak, ckckck hahaha ya cantiklah kak, masa ganteng, iya tu biodata yg di "tentang penulis". Makasih juga udah mau minjamin aku ya kakak, kakak emang keren banget deh, mantap >_<b

      Delete
    2. Sisa dua ribu buat royalti jasa pengiklanan Kak Iva colek Kak Risah hehe ... :D

      Delete
    3. hahaha gak segitunya kali yen -_-

      Delete
    4. gak kok kak, becanda aja rayen tuh, jangan didengarin -____-

      Delete
  11. Waw, kak Risah keren ya. Pengen punyaaa...

    ReplyDelete