Saturday, 1 June 2013

Sontuang Palalau

Posted by Mungkin Blog on Saturday, 1 June 2013

Sontuang Palalau? Iya, Sontuang Palalau. Sontuang Palalau merupakan sebuah istilah yang sedang hangat dibicarakan dikalangan teman-teman dekat saya. Istilah "Sontuang Palalau" berasal dari bahasa asli Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Kampung halaman saya yang tercinta. Nah, kali ini saya akan bercerita tentang Sontuang Palalau. Untuk lebih tau selengkapnya tetaplah bersama saya di Mungkin Blog *iklan*.
Oke, kembali lagi bersama saya di Mungkin Blog. Seperti yang saya sebutkan tadi, kali ini saya akan membahas tentang Sontuang Palalau. Masih pada bingung ya apa arti dari Sontuang Palalau? Jadi, Sontuang Palalau merupakan istilah yang sering digunakan orang-orang dikampung saya untuk mengungkapkan seseorang yang terkena guna-guna yaitu berupa kerumitan dalam percintaan. Dinyatakan positif terkena guna-guna Sontuang Palalau adalah ketika kamu dicintai sama seseorang, tapi kamu malah mencintai orang lain, sementara orang yang kamu cintai tidak mencintaimu. Nahlo ribet gak sih? Jadi intinya tuh gini, misalnya si A cinta sama Aku, sedangkan Aku cintanya sama si B, tapi si B ini gak cinta sama Aku. Yah, begitulah kira-kira.
Nah, beberapa hari yang lalu saya merasakan hal ini mulai terjadi pada diri saya. Saya mulai takut, apakah saya terkena guna-guna Sontuang Palalau ini? Siapa yang tega membuat saya tak kunjung mendapatkan jodoh? Oh Tuhan, dimana jodohku! *Ngikis Aspal, Makan Aspal* #GalauTingkatDewa. Saya mulai tersadar ini ketika ada seorang lelaki yang mengatakan cintanya kepada saya *eeaa*. Malam itu saya cuma bisa jawab, "Maaf, aku lagi gak pengen pacaran, mau fokus tugas akhir". Padahal dalam hati "Maaf, aku gak cinta sama kamu, aku cintanya sama orang lain". Berakhir dimalam itu, saya sudah menolak cinta seorang lelaki yang tampaknya tulus mencintai saya. Namun dikemudian harinya saya tersadar bahwa orang yang saya cintai takkan pernah membalas cinta yang saya miliki untuknya. So, malam berikutnya saya gak galau lagi. Akhirnya melayang sebuah tweet, ini dia:
Terus ada yang mention gini:
Dari situ saya mulai khawatir. Apa iya.....? *Skip*. Malam itu berakhir, hari-hari masih kayak biasa. Pacaran sama tugas kuliah. Tetapi hari-hari mulai aneh ketika 2 orang teman dekat saya juga menuliskan hal yang sama di akun jejaring sosial mereka. Ini kata mereka:

Saya mulai bertanya dalam hati, "Ini lagi ngetrend atau gimana sih? Kok pada rumit gitu percintaannya?". Alhasil saya coba telepon orang tua saya dikampung untuk sedikit bertanya dan memastikan tentang Sontuang Palalau.
"Assalamualaikum, Ma. Iva mau nanya" tuuuttt, mampus pulsa sekarat #NgomongDalamHati.
"Waalaikumsalam, tanya apa, Nak?"
"Bentar Ma, telepon balik ya, pulsa Iva habis, hehe"
"Ndeh, ya udah, matikanlah lu", tuuuttt mati. Pulsa habis, maklum jomblo, cuma punya pulsa buat paket internet #bangga.
Hilang di nan kalam, mungkin biaso, takicuah di nan tarang, hati taibo ~~~ hape saya berdering.
"Hallo Ma, Iva mau nanya, Sontuang Palalau tuh apa?", saya bertanya dengan segumpal rasa penasaran. "Ahahaha, kenapa? siapa yang kena Sontuang Palalau?", tanya Mama balik sambil tertawa kecil. "Gak ada, mau tanya aja, Ma. Jadi apa Sontuang Palalau tuh Ma?".  
"Sontuang Palalau tuh kayak guna-guna yang dibuat sama orang yang benci sama kita. Ntar yang kena guna-gunanya itu  gak pernah dapat-dapat jodoh gitu sampai tua. Misalnya, kita sayang sama orang, tapi orang itu gak sayang sama kita, orang sayang sama kita, tapi kita gak sayang sama dia. Begitu sampai tua gak dapat-dapat jodoh"
"Ooohhhh", jawab saya sambil mengango.
"Siapa yang kena Sontuang Palalau? Gak ada yang kayak gitu zaman sekarang, guna-guna itu syirik, tapi Papa bisa ngebuatnya kok", tiba-tiba Papa merampas hape dari Mama, sedikit kepo dan membuat saya juga kepo. "Hah, masa iya? gimana caranya?". Dalam hati saya mulai berpikir minta bantuan Papa buat ngirimin tuh guna-guna untuk orang lain, hahah kece kan niatnya? Namun pikiran jahat itu segera terlempar jauh ketika Papa bilang gini, "Gak lah, itu syirik namanya. Gak boleh kayak gitu, jodoh itu ditangan Tuhan, gak usah takut gak dapat jodoh. Mitos aja tuh kayak gitu". Saya mulai sedikit berpikir jernih lagi, "Hehe iya deh Pa, tadi Iva mau nanya aja kok, soalnya ada yang bilang tentang Sontuang Palalau kemarin tuh di Facebook". Akhirnya ke-kepo-an saya dan kedua orangtua saya berakhir seiring dengan berakhirnya pembicaraan ditelepon saat itu.
Sejak berakhirnya telepon itu, saya kembali normal. Gak mikir yang aneh-aneh lagi. Gak mikir terkena Sontuang Palalau lagi. Yah, masalah teman-teman yang juga merasa begitu, kayaknya memang lagi ngetrend deh. Semoga semua ini bukan Sontuang Palalau. Cinta itu memang rumit. Terkadang kita memang berusaha mencari yang terbaik, padahal didunia ini gak ada yang sempurna. Cinta ...Cinta.... Setiap orang pasti merasakan cinta. Apalagi galau. Gak kece kalau belum pernah galau. Nikmati aja. Itu bumbu kehidupan. Buat yang senasib sama saya, tetap pegang prinsip kalau jodoh itu ditangan Tuhan. Gak usah terlalu dipikirin, entar botak. Palingan jodohnya masih dijalan. Otw ke hati kamu, katanya gitu. Mau berkata-kata dulu boleh kali ya..!
***
Terkadang aku berpikir kemana rindu dan rasa ini akan berpulang?
Kemanakah peraduan yang paling tepat untuk menyandarkan hati yang masih saja hampa?
Ada terbersit rasa gundah kala senja hadir tanpa genggaman kasih.
Jingga di cakrawala seakan terlihat kelabu tanpa bahu yang kuat untuk menyandarkan segala keluh.

Dalam do'a ku serahkan semua ditangan-Nya.
Akan tiba masa dimana singgasana itu terisi oleh dua cinta yang membaur dalam kebahagiaan.
Cinta yang suci dihadapan Sang Pencipta.
Aku kokoh disini menanti sosok itu, zahir  dan jiwa sebagian dari diri ini.
Biarlah takdir menggambarkan usaha.
Biarlah bumi yang akan menyeret kita bersama.
Akan tiba masanya perahu berlabuh tepat didermaganya.
Yakinlah Mblo..!! Hihihihi :D

Salam Sontuang Palalau buat itikbali.com dan itikbalihandmade.com yang mensponsori Giveaway ini :D


Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

21 komentar:

  1. bener....tinggal nunggu..sabar..
    bentar lagi pasti ada yang nyamperin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi amiinn, semoga dia datang tepat waktu :D

      Delete
  2. jangan-jangan itik bali juga kena sontuang palalau?? OHHHH NOOOOO....
    oooopsss moga ga dibaca itik amis berkumis tipis sedikit klimis punya penyakit kronis serta selalu berbisnis

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha is nya banyak banget yaa om, jangan deh, itik kan banyak yg minat tuh kyaknya om :D

      Delete
  3. wuiiih aidiblognetwok nya kereeeen eeeuuuuyy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerennn apanya om?? udah gak ada yg aktif lagi iklannya saking gak mutu blog ini -__-

      Delete
  4. sontuang itu bukannya tutup periuk va? soalnya pernah dengar sontuang nasi atau sontuang pariuk kalo lagi mudik .. hehee

    ReplyDelete
  5. Berarti ini guna-gunanya semacam kebalikannya pelet gitu dong ya...

    ReplyDelete
  6. kena pelalau kalo kata org teluk pinang va...hehe..
    bener tuh...gak usah takut jomblo...
    nanti sudah waktunya bakal datang juga jodohnya... :)

    ReplyDelete
  7. Pokoknya kalo sampe dalam beberapa bulan kedepan gak ada yang samperin Lo, tingkatkan lagi doanya tiap malam. Doa minta jodoh.

    ReplyDelete
  8. yuk kak iva kita tetep pegangan tangan #eh pegang prinsip maksudnya bahwa jodoh itu ada ditangan tuhan ya :')

    ReplyDelete
  9. iya jodoh di tangan tuhan tapi kalo tuhan enggan memberikannya apa kita akan mencari ?
    haha perlu juga teh searching, alias nyari jodoh.

    ReplyDelete
  10. Walau kita tau jodoh itu tidak akan lari kemana, tapi semua itu akan sia-sia dan tidak menghasilkan apapun jika kita tidak berusaha... so semangat !!

    ReplyDelete
  11. Jodoh emang di tangan Tuhan, tapi kita juga harus ngulurin tangan biar dapat. kalo cuma diem percuma :D

    ReplyDelete
  12. saya tak taaaau maksudnya, yang penting jodoh itu mah pilihan Allah, tapi kita juga terus berusaha :D

    ReplyDelete
  13. Yang lebih pusing itu kalo cewek suka cowok, tapi cowoknya suka cowok lain..hahahaha

    ReplyDelete
  14. Duh, rumit! Semoga kamu dapet jodoh yang terbaik yah! Well, tx infonya. Walaupun itu rada rumit istilahnya. Song.. songta... apa itu tadi?

    ReplyDelete
  15. Yahampun masih jaman apa pelet memelet pake Sontuang apa tadi? Palalau. Iya ih musrik bgt. Anyway ikutan gvaway ya va? Ciyee makin getol aja nih.

    ReplyDelete
  16. jadi itu guna-guna atau emang nasib? hihi
    mungkin dikasih jodohnya entar entar sama Tuhan biar bisa fokus sama kulianya :3

    ReplyDelete
  17. Va, aku setuju banget sama papamu Va! emang bener ada Alloh yang ngatur segalanya, nggak perlu percaya kayak begituan juga Va..hihi..santay k kayak di pantayyy, kan masih muda gini Va...nikmati masa muda dulu baru...mikirin dapat jodoh..hehehe..

    ReplyDelete