Home » , » Kisah Indah di Seminar Pendidikan
Sunday, 14 July 2013

Kisah Indah di Seminar Pendidikan

Posted by Mungkin Blog on Sunday, 14 July 2013

Sebulan yang lalu yaitu bulan Juni 2013, merupakan masa paling suram seumur saya kuliah di Universitas Islam Riau jurusan Pendidikan Matematika. Banyak tugas yang diberikan dosen sebelum Ujian Akhir Semester, alhasil Mungkin Blog terbengkalai. Tugas yang paling berat menurut saya adalah Seminar Pendidikan. Sebenarnya mata kuliah Seminar Pendidikan Matematika merupakan mata kuliah semester 8. Berhubung IPK cukup, jadilah saya ambil mata kuliah tersebut. Tugas akhir semester dari mata kuliah ini adalah seluruh anggota kelas harus bisa melakukan sebuah seminar pendidikan disuatu daerah untuk saling berbagi dengan guru-guru didaerah.
Nah,  berhubung ini mata kuliah yang saya ambil ke semester 8, akhirnya mau tidak mau harus beradaptasi dengan kakak tingkat. Ada sekitar 10 orang teman saya (semester 6 kelas D) yang juga  mengambil mata kuliah Seminar di kelas 8D ini. Seminar dijadwalkan tanggal 17 Juni 2013 di Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sahilan, Kab. Kampar, Riau. Jadilah kami sekelas bersiap-siap sebelum hari H. Sudah gak terhitung lagi berapa kali kami rapat untuk mempersiapkan acara ini.
Menuju Gunung Sahilan
Tepat tanggal 16 Juni 2013 kami sekelas (lebih kurang 60 orang) berangkat menuju lokasi seminar untuk mempersiapkan segala keperluan acara.
Begitulah kicauan saya hari itu. Berharap seminar pendidikan berjalan sukses. Suasana masih biasa aja.
H - 1 di Gunung Sahilan
Sesampainya di lokasi acara, ternyata tempatnya sangat-sangat tidak seperti yang dibayangkan. Kami ditempatkan di KUD yang tempatnya kece badai. Gak nyangka, ternyata jaringannya juga HSDPA. Padahal lumayan pelosok loh, cetar..! Setelah makan, kami mulai beberes tempat seminar (lantai 1) dan tempat tidur (lantai 2). Apa yang disuruh kakak tingkat, saya lakukan dengan senang hati. Namun, sore harinya kita harus antre lama banget buat mandi. Udah gitu mandinya gak boleh sendiri-sendiri, biar cepat, jadilah teman saya mandi itu @nelda_helya

Malam Hari di Gunung Sahilan
Malam hari sekitar pukul 19:00 WIB, dosen pembimbing udah pada datang semua. Alhasil kami dikumpulin di lantai 1 untuk diceramahin. Ternyata banyak kerjaan yang seharusnya kami kerjakan, namun tidak kami kerjakan. Ibu dosen sedikit komplain, tapi kami minta maaf dan lanjut bekerja. Berhubung saya SEXY eh Seksi Konsumsi jadilah tugas saya malam itu melipat tisue dan kotak kue bersama kakak tingkat lainnya. Hadeehh. Teman-teman dan kakak tingkat lainnya sibuk dengan bidang kerjanya masing-masing. Ada yang nyusun kursi, ada yang nyusun kasur, ada juga yang gladi resik. Malam semakin mencekam, listrik padam, hujan pun turun, ada bayangan putih di sudut sana. #bukan-bukan. Malam itu mencekam, ada banyak EMOSI disetiap muka kakak tingkat, mereka mendadak seperti monster karena lelah dan sibuk. Sedikit-sedikit ngebentak. Jadilah saya ngetwit ini malam itu:

Pagi Hari Sebelum Seminar Berlangsung
Pagi itu tanggal 17 Juni 2013, saya harus bangun jam 4 pagi untuk mulai siap-siap jadi panitia Bidang Konsumsi lagi. Selesai mandi, saya dan kakak tingkat lainnya pergi menjemput kue di rumah makan dekat lokasi acara. Gile lu cuuy...!! Saya mesti bawa kue satu baskom sendirian, jalan kaki. Tangan saya pegel, keringat saya ngucur deras sampai menuhin baskom kue #nahlo. Ini masa paling mengesalkan sekaligus menyenangkan karena semenjak itu kakak tingkat udah pada baik lagi dan mereka sering manggil saya dengan panggilan "Ipeehh..!" gila aja, nama saya jadi jelek gitu.
Seminar Berlangsung
Seminar Pendidikan pun berlangsung, satu persatu guru-guru dari SD sampai SMA sederajat datang ke seminar kami. Teman-teman dan kakak-kakak yang mengisi acara udah mulai pada gugup. Kekompakan  semakin terlihat, semuanya bersama-sama saling menguatkan dan percaya bahwa seminar akan berjalan sukses. Tugas saya pun berganti, Tukang Foto. Satu..duaa..tiga... jam telah beralu. Dan kamiii.........sukses melaksanakan seminar. Kami berhasil berbagi ilmu bersama guru-guru di Gunung Sahilan. huuhh.
Diakhir acara, dosen pembimbing PUAS dengan hasil seminar kami. Lebih kurang 60 orang berwajah lega saat itu. Akhirnya perjuangan yang cukup panjang bisa berakhir dengan sukses. Ya walaupun belum tau dapat nilai apa. Foto bersama dulu:
Bergabung dan beradaptasi bersama kakak tingkat ternyata gak sesulit yang dibayangkan. Ada banyak hal yang bisa saya petik dari acara ini:
"Emosi bukanlah suatu cara untuk menyelesaikan masalah. Butuh tindakan dengan rasa sabar untuk menghadapi tantangan yang besar. Jika kita terjatuh, bangkit lagi, bergandengan tangan dan bersungguh-sungguh maka akan ada jalan dan titik temu di akhir jalan"
Usai sudah kisah indah bersama teman dan kakak-kakak tingkat digunung sahilan. Waktunya melepas penat bersama mereka semua kesuatu tempat yang indah. Bersambung.....!!!!

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

28 komentar:

  1. Keren yahh seminar pendidikan, saya juga dulu sering banget waktu kuliah ikut seminar2 semacam itu, tapi bedanya saya bahasa indonesia.
    Jangan lupa jika berkenan mampir dan berikan masukan untuk blog butut saya http://river-cloud.blogspot.com/2013/07/sepuluh-artis-berjilbab-tercantik-versi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ini beda, seminarnya kami yg ngadain sekelas buat tugas akhir mata kuliahnya hehe. oke sip, makasih udah mampir, segera ke TKP ^_^

      Delete
  2. Mending kuliah bareng senior drpd jadi senior kuliahnya bareng junior-junior. *curhat
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih,, hahahaha curhat banget kayaknya, pukpuk

      Delete
  3. Kayaknya anak-anak BE ini banyak banget ya yang calon guru. :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya juga ya, kayaknya emang gitu deh :)

      Delete
  4. ya gue pesen Pin BB yang pakek baju ijo kayaknya jodoh gue itu, sungguh va plissssssssssssssssss

    wah va waktu kalian mandi aku g ngebayangin, kalian mandi bareng kan, gue #pikirkeras kalian lakuin apa ajah hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiiihhh dia udah punya pacar kaleee :p
      tuh kan, lain-lain aja pikiran lu, hhuuuss bulan puasa mikirnya yg baik2 aja, banyakin ibadah, jangan mikir aneh. ckckck

      Delete
  5. jadi mahasiswa matematika..susah gk sih? wahh calon guru ya..mulia sekali pekerjaannya :)

    semoga membangun bangsa dan negara mencetak anak didik yang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiinnn ya allah, ada susah enggaknya sih, ya kayak mahasiswa lainnya juga slah ;)

      Delete
  6. uohooo kata kata terakhirnya keren euy. emang kita nggak perlu pakai emosi dalam menyelesaikan masalah.
    eh iya, kuliah itu sampai semester 7 atau 8 sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siipp,, hehe
      ya tergantung kita sih mau nya sampai berapa, kalo cepet skripsinya dan ujiannya, plingan cuma smpai smstr 8, klo enggak ya bisa ampe 12 -____-

      Delete
  7. itu itu mandinya berdua?? duhh ga geli kak??
    wah selamat yaa seminarnya sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya, loh kok geli?? emangnya main gelitikan apa? -_-
      hihihi

      Delete
    2. ishhhhhhhhhh........ mandi berduaaaa.. #padahal duulu wkt di asrama sering mandi rame2

      Delete
    3. laahh lebih parah kak risahnya mandi rame2 -____-||

      Delete
  8. *ngebayangin SEXY KONSUMSI , apaan tuh haha :D , mungkin konsumsi nya erotis haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah tu kan pada aneh2 pikirannya, padahal kan udah diralat tu jadi seksi konsumsi, handeehh -___________-

      Delete
  9. Wah, wah, wah, selamat ya? sukseskan acaranya...?

    itu berarti gabungan 2 angkatan ya? atau cuma satu angkatan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah, hhe
      dua angkatan, cuma lebih sedikit yg smster 6, kan itu sbnarnya makul semester 8, hehe :)

      Delete
  10. gile nih baru jadi mahasiswa udah bikin seminar, kalo aku mah cuma mini seminar di depan kelas . kern deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga seminar yg biasa aja kok, hehehe semuanya bisa kalau dicoba dan usaha :)

      Delete
  11. wah seminar nya juga kece badai melalang buana sampai ke angkasa ditabrak elang banget nih Va....aku jadi kangen dunia perkuliahan yang sgra aku tinggalkan..huhu..good job va! rasah baleeeeek, enak sama tmn tmn tuh enaaaaak..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. laaahhhh kakak lebay -___-
      wuuiihhh udah mau wisuda, selamat kak, masih banyak pengalaman menarik kok diluar dunia perkuliahan, hehe ntar kalau balek kuliahnya gak selesai2 dong, weehehehe

      Delete
  12. oooooowwhhhhhhh.... pegi seminar kemaren tu dia rupanya.. awak sangka ialah dia pegi jalan2 study tour kampus..

    berarti angkatan kk lah tu ya? untung kami nggak ada matkul kayak gitu. ribet juga tuh. hahaha

    tp ngadakan seminar di kampus pernah juga sih, atas nama HMJ, bukan krn matkul.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaahh ternyata kak risah beneran kepo :p
      iya kak, ribet sih, tapi seru, tambah ilmu dan pengalaman juga, hehe ciiiee ya lah yg HMJ tuh, hihihhi

      Delete
  13. Seminar pendidikan. Keren tuh acaranya, Va. Semoga beneran jadi guru yak? Jangan ikutin saya. Tersesat nih jadi kuli tinta:D

    Suksess:)

    ReplyDelete
  14. Ngikut matkulnya kk tingkat emg gmpg2 susah ya va. Hehe secara pasti lah ada di benak mereka wlwpn dikit, rasa 'takut disaingi' atau 'takut adek tingkat lu2s duluan' . Tp smua kmbli dgn pinter2nya qt membaur dgn mreka sih. Congratz ya, u win their heart! ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ ┌(˘⌣˘)ʃ

    ReplyDelete