Home » , , » Penetapan Awal Ramadhan dan Tradisi Mandi Belimau
Tuesday, 23 July 2013

Penetapan Awal Ramadhan dan Tradisi Mandi Belimau

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 23 July 2013

Memasuki bulan Ramadhan, banyak persiapan yang dilakukan oleh masyarakat. Salah satu tradisi menyambut bulan suci Ramadhan dikampung halaman saya Kabupaten Kuantan Singingi, Riau yaitu tradisi "Mandi Belimau". Mandi Belimau, mandi = mandi, limau = jeruk, Mandi Belimau berarti mandi menggunakan jeruk. Konon katanya tradisi ini diturunkan dari nenek moyang dan sudah ada sejak dahulu kala. Mandi Belimau dilakukan untuk mensucikan diri dari hadast besar sebelum berpuasa dibulan Ramadhan. Seperti ajaran agama Islam, mandi belimau sama halnya dengan mandi wajib. Namun perbedaannya, mandi belimau ini dilakukan ditempat-tempat umum seperti sungai, air terjun, danau, pantai dan tempat pemandian lainnya dengan menggunakan jeruk sebagai pengganti sabun.
Namun, seiring berjalannya waktu, mandi belimau tidak lagi menggunakan limau. Sebenarnya wanita tidak diijinkan bergabung bersama lelaki untuk mandi belimau, namun lagi-lagi perkembangan zaman mengakibatkan mandi belimau tidak lagi ada batasan antara lelaki dan perempuan. Sebenarnya mandi belimau tidak hanya dilakukan di Kuantan Singingi, Riau, kabupaten-kabupaten lainnya di Riau juga ada tradisi seperti ini, hanya penamaannya saja yang berbeda.

Mandi Belimau ini dilakukan pada sore hari tepat dimana hilal sudah tampak dan berarti kita akan berpuasa pada keesokan harinya. Lagi-lagi permasalahan penetapan awal puasa harus menjadikan tradisi mandi belimau ini dilema. Masyarakat menjadi dilema, apakah mandi belimau akan diadakan petang hari tanggal 8 Juli 2013 atau mungkin tanggal 9 Juli 2013? Tentu saja sebagai masyarakat, penetapan awal Ramadhan menunggu keputusan pemerintah. Hal ini dilakukan guna menyeragamkan dan menghilangkan adanya perbedaan pendapat. Namun tentu saja kita harus tetap menghargai perbedaan yang ada. Tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa penetapan awal Ramadhan juga mengakibatkan berbagai dampak yaitu:
  • Perbedaan pendapat yang menjadikan berbagai perselisihan diantara masyarakat
  • Terjadi keterpaksaan yang membuat ibadah tidak khusyuk
  • Berpengaruh terhadap pelaksanaan tradisi masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadhan seperti tradisi mandi belimau dan tradisi lainnya menjelang Ramadhan yang ada di Indonesia.
Berbekal informasi dari mulut kemulut, kami masyarakat Kuantan Singingi, Riau akhirnya memutuskan melakukan  tradisi mandi belimau pada sore hari ditanggal 9 Juli 2013. Hal ini dikarenakan kabar yang beredar menyebutkan bahwa awal ramadhan jatuh pada tanggal 10 Juli 2013. Dan ternyata benar adanya. Jika kami salah memperkirakan, dan ternyata awal puasa tepat tanggal 9 Juli 2013, tentu saja mandi belimau tahun ini terpaksa ditiadakan. Beruntung kali ini berjalan sebagaimana mestinya.

Tepat sekitar pukul 15:00 WIB berbagai tempat pemandian umum di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau mulai dipadati masyarakat. Tentu saja untuk melakukan ritual mandi belimau. Untuk kenegerian Teluk Kuantan, biasanya masyarakat banyak menghadiri acara mandi belimau yang diadakan di "Mudiak Sungai". Mudiak Sungai merupakan sungai kecil yang terletak diperkebunan karet warga. Banyak keluarga yang ikut serta dalam acara ini. Tidak hanya untuk mandi belimau, juga untuk berkumpul, makan bersama serta bermaaf-maafan sesama masyarakat.

Tidak hanya di Mudiak Sungai, masyarakat juga ada yang memilih Sungai Kuantan sebagai tempat mensucikan diri sebelum Ramadhan. Sungai Kuantan merupakan sungai utama sumber segala kebutuhan air yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Memang tidak seramai di Mudiak Sungai, hanya minoritas warga yang mandi belimau di Sungai Kuantan. Hal ini dikarenakan akhir-akhir ini banyak buaya yang berkeliaran di Sungai kami ini. HHhmm sebuah tradisi menjelang Ramadhan yang harus kita lestaraikan nih sobat.

Bebatuan di Tepi Sungai Kuantan
Nah, itu dia tradisi Mandi Belimau di Kuantan Singingi. sebelum Ramadhan. Bagaimana di daerah kalian? Ada acara apa menyambut bulan suci Ramadhan?
banner-kontes-blog-teraspos
Referensi: TerasPos.com

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. apapaun tradisi dan pendapat semoga perbedaan gak menjadikan perpecahan

    ReplyDelete
  2. ternyata ada tradisi balimau jga disana ya..
    sama donk ama di padang..
    Uni cuma balimau di kamar mandi aja..hehe

    ReplyDelete