Home » , , » Wonderful West Sumatera
Monday, 15 July 2013

Wonderful West Sumatera

Posted by Mungkin Blog on Monday, 15 July 2013

Setelah diadakannya Seminar Pendidikan, akhirnya tiba waktunya jalan-jalan. Berhubung kata kakak senior uang seminarnya masih sisa banyak, maka diputuskan untuk tour ke West Sumatera. Apa? Sekali lagi apa? Iya, Sumatera Barat. Kita ke ranah minang men..!! Cihuuy..!! Selesai beres-beres dan merapikan kembali tempat seminar seperti sedia kala, sekitar pukul 20:00 WIB kami cabut dari Gunung Sahilan menuju Sumatera Barat. Tentu saja masih bersama sebagian teman sekelas saya (semester6) dan kakak senior (semester 8) yang kece badai. Kami gak memilih rute balik ke Pekanbaru, Riau dulu melainkan memilih rute memutar lewat Kuantan Singingi alias kampung halaman saya. Begini rute perjalanan kami.


Lihat TES di peta yang lebih besar
Alkisah, didalam bus Full AC yang diisi oleh sekitar 50 orang (sebagian ada yg pulang ke Pekanbaru) ini sudah disediakan selimut tebal. Jadilah semua kami tertidur nyenyak diperjalanan, ditambah lagi semuanya sudah kecapekan pasca seminar. Jalanan terlihat gelap karena hari masih malam #ya iyalah bego..! Singkat cerita 12 jam perjalanan sudah kami tempuh.
  •  Sampai di Solok
Tanggal 18 Juni 2013, sekitar pukul 08:00 WIB bus kami berhenti di Kota Solok. Berarti ini sudah masuk kawasan Provinsi Sumatera Barat. Bus kami berhenti tepat didepan sebuah masjid, katanya mau pada mandi. Dan apa yang terjadi? Tuh air didalam kamar mandi berasa air minum dalam kulkas. Dinginnya ngajak berantem. Alhasil banyak yang mengurungkan niat buat mandi, perjalanan berlanjut. Setelah gak jadi ke Kebun Teh, Lembah Anai dan Pemandian Air Panas, maka tujuan pertama kami adalah Pantai Carolina.
  • Pantai Carolina
Pantai Carolina terletak di Kecamatan Bungus, Sumatera Barat. Katanya sih pantai ini dulunya indah dan pasirnya putih. Tapi kalau saya lihat, pantainya udah mulai jelek, gak keurus, udah gitu airnya keruh dan pasirnya enggak putih. Niat mandi di pantai, saya urungkan lagi. Alhasil saya mandi di kamar mandi dekat pantai. Nah, di Pantai Carolina ini kami menikmati bebasnya dan indahnya alam, ada bukit di seberang sana. Kami mengisi waktu di Pantai Carolina hanya untuk makan, berfoto, dan bersenandung bersama. Yeaayy..!!

Pantai Carolina
  • Pantai Padang (Taplau)
Hari sudah siang, masih dihari yang sama, kami segera meninggalkan Pantai Carolina. Saya gak tau rute selanjutnya kemana, tapi yang pasti saya ikut dalam rombongan itu. Sampai disuatu tempat, entah dimana.
"Kak, ini dimana sih?" saya mencoba bertanya kepada kakak senior. "Kita lagi di Taplau dek, mau liat sunset". Lah taplau apaan yak? Saya mencoba bertanya dalam hati. Oke, akhirnya searching dan ternyata Taplau itu Tapi Lauik cooyyy..!!! Gak gaul banget sih gue -__-\\. Tapi Lauik (bahasa minang) artinya Tepi Laut. Itu bahasa gaulnya, karena Pantai Padang ini terletak di tepi laut. Benar aja, disini saya bisa ngelihat sunset. Berhubung anak kelas saya banyak yang cinlok, maka dapatlah dokumentasi ini.

Naldi dan Tia
Nelda dan Luthfi
Iva dan Nelda #Ngenes banget gue
Hari beranjak malam, kami mulai beranjak dari Kota Padang menuju Kota Bukittinggi. Singkat cerita kami sampai di Bukittinggi sekitar tengah malam. Alkisah kami berhenti didepan Sanjai Mintuo, ituloh pusat oleh-oleh Kota Bukittinggi. Hemat biaya, kami semua memilih tidur di bus, ada sebagian di mushalla Sanjai Mintuo, dan ada juga yang tidur diemperan toko #ngenes. Ceritanya udah pagi. Cuaca yang dingin kembali menusuk tulang, yang tidur diemperan apalagi, mereka langsung nyari kopi. Hadeehh..!! Setelah selesai makan, mandi dan beres-beres, tepat tanggal 19 Juni 2013 sekitar pukul 10:00 kami menuju pusat Kota Bukittinggi.
  • Jam Gadang 
Disekitar Jam Gadang kita bisa beli ole-ole sekalian foto-foto. Di Bukittinggi kami semua jalan kaki, berhubung adem gak kayak di Pekanbaru, Riau. Hehehe Mau tau selengkapnya tentang Jam Gadang, Baca Disini.
Ini gue FGnya
  • Lubang Jepang 
Lubang Jepang merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan. Kami menyewa pemandu dan kata si pemandu "dapur" yang ada di Lubang Jepang itu cuma modusin masyarakat Indonesia. Jepang bilang ini proyek penggalian tambang emas, padahal tempat perlindungan Jepang dari sekutu. Jadi sebenarnya "dapur" itu bukan tempat makan, melainkan tempat pembantaian pekerja yang membantah. Mayatnya itu dibuang ke lubang yang tembus ke Ngarai Sianok. Iihhhh serem..!! :|
  • Ngarai Sianok
Tak jauh dari Lubang Jepang, ada Ngarai Sianok. Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Disini kami cuma foto-foto sambil makan Pensi. Pemandangannya disini bikin adem banget. Ada bukit, sungai, pepohonan, sawah, hhmmm nyaman banget rasanya.

Naldi Makan Pensi
  • Great Wall Bukitinggi
Tempat wisata ini terbilang baru dikawan Bukittinggi karena baru diresmikan sekitar beberapa bulan yang lalu. Great Wall Bukittinggi ini terletak di kawasan Ngarai Sianok. Mirip tembok besar China, hanya saja ini ada di Bukittinggi. Emejiingg..!!
Great Wall Bukitinggi. Model: Nelda
  • Lembah Harau 
Puas berwisata di Bukittinggi, kami menuju Kota Payakumbuh untuk berwisata ke Lembah Harau. Lembah Harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di kabupaten Limapuluh Koto, propinsi Sumatera Barat. Ada air terjunnya, tapi berhubung dingin, gak jadi mandi lagi. Haha
Lembah Harau
Beranjak dari Kota Payakumbuh, kami menuju Kota Pekanbaru. Letih rasanya 2 hari gak ketemu kasur. Total perjalanan semenjak dari awal seminar yaitu 4 hari dan sampai dengan selamat di Kota Pekanbaru tanggal 20 Juni 2013. Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang gak kami kunjungi. Walaupun ini bukan kali pertama saya ke Sumbar. Tapi kali ini sungguh suatu momen yang gak akan terlupakan bersama teman, sahabat, kakak senior dan kamu. Handeehh..!! Wonderful West Sumatera..!!

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

30 komentar:

  1. Replies
    1. pada narsisssssss.
      hihihi,
      jadi pengen kesana nih.

      ada penginapan gratis n makannya nggak nih kak? :p

      Delete
    2. helehhh mana ada yg gratisan jaman sekarang, ayyukk kesana, tapi bawa modal ya,

      Delete
  2. Tanggung kalo gak smpai pesisir selatan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah, kapan2 ajak aku kesana, ckckck

      Delete
  3. wah walau sama2 di sumatra saya malah belum pernah maen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin suatu hari nanti akan ada, semoga aja :D

      Delete
    2. kalo impian saya tempat yang ingin saya tuju mungkin lombok,,hoho,selain pemandangan nya bagus, ada yang dituju disana,hihi

      Delete
    3. ciieeeee curcol nih yeee ciieeee aku juga pengen ke lombok, tapi gak ada sih yg mau dituju, pengen jalan2 aja :))

      Delete
  4. Iva cocok nih jadi duta pariwisata.
    Nice share Va...... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaahhh duta pariwisata?? gak segitunya juga kaleee -__- hihi
      thanks

      Delete
  5. owh... nama aslinya pantai carolina ya.. kk taunya carolin aja.. hehehe

    banyak juga t2 yg di kunjungi ya va.. ternyata plg seminar emg jalan2 ya... sedap lah tu euyy

    aciee... belakangnya itu ada "KAMU" nya. siapa tucccchhhhh.... #kepo stadium akut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy kak, sedap memang lah.
      ahahaha kepo banget dah, "kamu" itu "pembaca" kak.. kan berasa ikutan juga para pembacanya kalau liat foto2nya, ckckck >o<

      Delete
  6. Seru ya perjalanannya.. Jadi pengen..

    ReplyDelete
  7. Wah, itu Great Wall of China versi KW pasti... Foto yang couple di depan sunset itu keren abis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. -_______-
      kerennya abis?? iya?? ckkckc >o<

      Delete
  8. Wah, asik tuh
    Dari tadi saya BW kebanyakan tentang jalan-jalan ke tempat keren kaya gini, saya jadi ngiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah jalan2 aja biar bisa nulis tentang jalan2 nya juga

      Delete
  9. kok bisa ya dulu pantai carolina yang pasir putih kini jadi hitam, o gue paham pasti dipinggir laut kan panas sering berjemur jadi makin item, kamu beliin sun block va, kasian tu pasir

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyeee pinter banget lo mbloo, good statement, ntar gue beliin deh

      Delete
  10. ah keren banget pemandangannya. great wallny berasa di cina...
    dan sperti biasa, pantai emg tmpt yg bagus buat foto2 couple... -____-

    ReplyDelete
  11. sumatra emang kaya, tapi gak sedikit jug yang nyari duit di jakarta. based on research :)

    ReplyDelete
  12. keren banget itu......... tapi kayaknya nyesek banget itu yg foto ga da pasaangannya, i know what you feel.....

    dan yang jadi model di tembok bukit tinginya keren #salah fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. laaahhh salah fokus banget,, gak nyesek2 amat kok, biasa aja, hihihi #ngeles

      Delete
  13. pengeeeeeeeeeeen :" pasti dapet banget itu suasanaya -_-

    ReplyDelete
  14. Yuhuuu...
    Banyak juga tempat2 wisata di Indonesia.

    ReplyDelete
  15. dari kemarin yang post tentang liburan mulu,-
    aku envy nih, liburan gak kemana-mana u,u

    ReplyDelete
  16. ya udah..bsok2 bareng uni lagi ya Va..hehe

    ReplyDelete
  17. wah wah wah wah saya percaya bahwa semua ciptaan tuhan sangat sempurna :D

    salam kenal,,

    jangan lupa mampir yaa :D piissss

    ReplyDelete
  18. blog walking :D hehehe kereen nih blog ,,, Succes!

    saya percaya bahwa semua ciptaan Tuhan sangat sangat sangat sempurna :D

    ReplyDelete