Home » , » Wisata Impian: Anambas Island
Wednesday, 4 September 2013

Wisata Impian: Anambas Island

Posted by Mungkin Blog on Wednesday, 4 September 2013

Awal mula saya menggilai Anambas Island adalah ketika salah satu stasiun tv swasta Indonesia yang membahas tentang kepulauan ini. Mulai saat itulah saya semakin penasaran dan mencari tahu tentang Kepulauan Anambas. Belum lagi ternyata di tempat saya PPL, ada seorang guru senior yang berasal dari sana, namanya Pak Atak. Kemarin saya disuguhkan berbagai macam jepretan-jepretan saat beliau pulang kampung ke Kepulauan Anambas. Maka semakin bertambah pula rasa keingintahuan dan keinginan saya untuk dapat berwisata ke sana.
Anambas Island? Ya, Kepulauan Anambas merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Ibukotanya adalah Terempa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna. Saya yakin pasti banyak kalian yang tidak mengetahui keindahan pulau ini. Terbukti ketika saya katakan "Suatu saat saya ingin ke Kepulauan Anambas", kebanyakan orang menjawab "Dimana tuh?". Padahal Anambas kan dulunya juga bagian dari Riau ya. HHmm sudahlah.

Anambas, Pulau Tropis Paling Indah Se-Asia
Kepulauan Anambas di Indonesia, berhasil menduduki urutan pertama setelah bersaing dengan 4 pulau tropis indah lainnya. Keempat pulau tropis tersebut adalah Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similand Islands (Thailand) pada kategori tersebut. Bayangkan sob..!! Pulau Tropis paling indah se-Asia. Seharusnya kita bangga dengan keindahan alam yang ada di Indonesia. Indonesia itu kaya keindahan sob. Cuma kita aja yang gak sadar, merasa bangga pergi ke pulau lain di luar negeri, padahal pulau terindahnya ada di Indonesia. Hhmm :\ Gak percaya kalau Anambas Island itu indah? Ini nih.




Anambas memang pantas dinobatkan sebagai pulau terindah. Terdiri dari 238 pulau dengan pantai dan pasir putih yang sangat cantik, Anambas menjadi magnet bagi para wisatawan. Beberapa pulau di antaranya juga terkenal sebagai habitat penyu.
Keindahan Pulau Bawah
Di antara yang menawan dari Kepulauan Anambas adalah Pulau Bawah. Pulau Bawah terkenal dengan Lagunanya. Pulau Bawah disebut sebagai, Asia’s top five tropical island paradises. Laguna adalah semacam danau kecil atau tasik yg terjadi pada laut dangkal yang dikelilingi oleh beting karang atau gosong pasir yang menutup pesisir atau muara sungai.  Katanya sih disana kita bisa ngeliat air yang jernih banget, sampai ikan-ikan didalamnya pun terlihat jelas. Ditambah lagi terumbu karang yang masih terjaga ekosistemnya. Pas banget untuk menyelam nih. Hhmm semakin menambah keinginan untuk kesana.


Ikan Napoleon
Kalian tahu ikan napoleon?? Mungkin banyak juga yang gak tau. Ikan Napoleon (Cheilunus undulatus) termasuk dalam kategori ikan langka. Tapi di Kepulauan Anambas ini Ikan ini gak sulit untuk dicari, malah banyak warga yang membudidayakannya. Tahu gak sih, harga 1 kg Ikan napoleon ini bisa mencapai 1,2 juta rupiah. Gile benerr..!! Penasaran gak tuh gimana rasanya.?
Air Terjun Temburun
Penasaran juga sama yang namanya air terjun temburun, katanya kalau kita lihat dari bawah, kita bisa lihat bagaimana air terjun dengan tujuh tingkat tersebut membelah hutan dan mengalir di batu-batu besar. Muaranya merupakan laut tepi pantai yang ditumbuhi hutan bakau dan nipah.
Selain itu masih banyak wisata alam lainnya seperti  Pulau Penjalin, Pantai Padang Melang, Pulau mengkait, Pulau Berhala, Pulau Durai, Air Terjun Neraja, Selat Rangsang dan lain sebagainya. Dan yang pasti semuanya terlalu indah untuk diungkapkan dengan kata-kata. Selain itu juga ada wisata kuliner seperti Kerupuk Atom, Mie Terempa dan lain sebagainya.
Entah kenapa, keinginan saya untuk dapat berwisata kesana sangatlah besar. Melebihi keinginan saya ke tempat-tempat indah lainnya. Anambas Island merupakan satu-satunya tempat wisata yang benar-benar memaksa saya untuk berangan-angan pergi kesana. Semoga suatu saat saya bisa mengunjungi Anambas Island, wisata impian saya. Amiiinn. Wonderful Indonesia.

Referensi:
http://forum.kompas.com/nasional/78271-foto-anambas-adalah-pulau-tropis-paling-indah-se-asia.html
http://bumi-nusantara.blogspot.com/2011/11/kota-terempa-kabupaten-kepulauan.html
http://dfw.or.id/mendesak-pengelolaan-ikan-napoleon-di-kepulauan-anambas/

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

9 komentar:

  1. baru tau ada nama pulau anambas,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. elu sih mblo gak gaul, itu aja gak tau, :p

      Delete
  2. baru denger, dan aku langsung jatuh cinta! subhanallah, keren banget kak! pantainya airnya biru gitu, apalagi air terjunnya, sumpah keren bangeeettt, tapi sayangnya jauh banget dari tempatku :'(

    ReplyDelete
  3. interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings from yozidahfilputra.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. gatel banget kepengen ke Anambas ......

    ReplyDelete
  5. uni dah tau tentang pulau ini..tapi gak nyangka secantik ini..
    Subhanallah..
    huaa..jdi pngen kesana jga..kyknya,bsa kbwa smpai mimpi ne..

    ReplyDelete
  6. wah keren banget pemandangan nya

    ReplyDelete
  7. Penasaran sm anambasisland dan lgsg searching stlah mawarku update pm destinasi ke pulau ajaib ini.. Subhanallah, sukses bikin deg"an.. Semoga kesana sm aku. O:)

    ReplyDelete
  8. Penasaran sm anambasisland setelah mawarku update pm destinasi 2015 ke pulau ajaib ini.. *semoga kesananya sm aku ya.. mawar**

    ReplyDelete