Home » , , » Blogger Bertuah dari Kota Bertuah
Thursday, 23 January 2014

Blogger Bertuah dari Kota Bertuah

Posted by Mungkin Blog on Thursday, 23 January 2014

Jika bicara tentang komunitas, tentu akan ada banyak sekali komunitas dinegara ini. Blogger juga tidak mau kalah. Komunitas blogger banyak tersebar dipenjuru negeri ini, baik itu komunitas blogger berdasarkan genre tulisan, daerah, hobby dan lain sebagainya. Banyak keuntungan dan pengalaman yang bisa seorang blogger dapatkan dengan bergabungnya ia dalam sebuah komunitas.
Nah, untuk kali ini saya akan bercerita tentang komunitas blogger daerah, khususnya daerah saya yaitu Blogger Bertuah. Blogger Bertuah merupakan komunitas blogger terbesar di kota Pekanbaru, Riau. Blogger Bertuah diambil namanya dari julukan Kota Pekanbaru, Riau yaitu Pekanbaru Kota Bertuah. Kata "bertuah" pada Blogger Bertuah dalam bahasa melayu dapat diartikan mempunyai tuah, bernasib baik, berbahagia, beruntung, berhikmat, mem­punyai kuasa (yg tertinggi), atau sakti. Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru didirikan pada tanggal 28 Februari 2009 atas prakarsa 11 orang yang kemudian menjadi pendiri dari Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru. Blogger Bertuah saat ini diketuai oleh Kurnia Rahman Agus.

Awal Mula Bergabung di Blogger Bertuah
Sejak awal tahun 2013 (lupa tepatnya tanggal dan bulan berapa) saya bergabung dalam komunitas Blogger Bertuah. Awalnya saya cukup minder bergabung bersama teman-teman komunitas blogger ini. Dengan status saya sebagai blogger newbie dan hanya punya blog curhat, sementara berdasarkan penjajakan saya melihat banyak anggota komunitas Blogger Bertuah yang punya blog berita, infromasi unik, serta blog-blog yang keren SEOnya. Jadilah saya semakin minder. Hingga pada akhirnya di Giveaway Anniversary Blogger Bertuah yang ke-4 yang kebetulan membawa tema tentang Komunitas Blogger Bertuah itu sendiri, saya menulis tentang ke-minder-an saya dan berharap Blogger Bertuah mau menerima kehadiran blogger yang cuma bisa nulis (tidak terlalu ahli HTML/ SEO atau apalah) seperti saya. Tanpa disangka saat saya menghadiri Acara Puncak Anniversary Blogger Bertuah yang ke-4 yang berupa kopdar, diumumkan bahwa artikel saya yang menang, juara 1. Alhamdulillah. Itu pertama kali saya ikut gabung bersama mereka dan langsung menang giveaway, speechless banget.
Kopdar Pertama Saya dengan Blogger Bertuah Anniv ke-4
Sejak saat itu setiap bulan Blogger Bertuah mengadakan giveaway untuk memotivasi para blogger yang doyan nulis. Semakin hari saya semakin sering datang ke sekre Blogger Bertuah (dulunya rumah Om Atta - Bapak Blogger Riau) yang sekarang sekre tersebut sudah berpindah ke Rumah Blogger Riau (RBR). Apa RBR? Nanti akan saya jelaskan. Lama waktu berlalu, semakin banyak pengalaman dan teman blogger yang saya kenal, seperti beberapa teman blogger wanita yang sering muncul ke permukaan yaitu Kak Risah, Cicajoli, dan Elvina Yanti. Mereka bertiga aktif banget di Blogger Bertuah akhir-akhir ini. Sementara saya masih berdiam diri, karena emang lebih hobby diam dan semakin sibuk sama tugas akhir. Maaf ya teman-teman :D

Asyiknya Blogger Bertuah
Dalam beberapa tahun belakangan ini Blogger Bertuah semakin aktif dan memiliki berbagai macam hal, acara, event, dan kegiatan keren. Diantaranya:
  • Rumah Blogger Riau
Ini dia yang saya jelaskan sekilas diatas. Jadi, Blogger Bertuah ini punya sebuah tempat bernaung yang dinamakan Rumah Blogger Riau atau disingkat RBR. Rumah Blogger Riau ini merupakan rumah yang terletak disamping sekre lama Bertuah yang kemudian dijadikan RBR atas izin pemilik rumah yang bertugas dilain kota dan RT setempat. Jujur, saya belum pernah kesana semenjak diresmikan pada bulan Juli 2013 lalu. Banyak alasan untuk gak kesana, pertama jauh, kedua sibuk kuliah, ketiga memang belum diizinkan Tuhan. Buktinya minggu sore kemarin saya berniat kesana, namun harus terhenti oleh yang namanya hujan. HHmm. RBR sendiri merupakan kantor resmi tempat singgah, tidur, makan, diskusi, main game, belajar dan lainnya dari anggota Bertuah. Doakan minggu depan saya jadi kesana. Muehehe
Peresmian Rumah Blogger Riau
Didalam RBR ada banyak blogger (katanya) lagi sibuk tuh!
  • Pelatihan Blog
Blogger Bertuah juga sering dipercayakan mengisi materi pada pelatihan-pelatihan blog. Seperti pada akhir-akhir ini diadakannya pelatihan blog di SMK Yapim dan Stikes Hangtuah. Tentu saja dengan harapan semakin banyak pelajar, mahasiwa/i, guru, atau masyarakat yang lebih mengerti tentang penggunaan dan pemanfaatan blog.
  • Bertuah.tv
Tidak hanya berfokus pada photo blog, personal blog, news blog dan lainnya, Bertuah juga mempunyai video blog. Bertuah TV, begitulah kami menyebutnya. Sebuah blog yang berisi video-video yang diupload ke YouTube dan kemudian disatukan dalam sebuah blog yang beralamatkan di www.bertuah.tv. Tidak hanya video tentang event atau acara Blogger Bertuah, Bertuah.tv juga sedang gencar-gencarnya mempromosikan wisata Riau dengan cara mendatangi tempat tersebut dan mendokumentasikannya dalam video, seperti Objek Wisata Bono Sungai Kampar, Istana Siak, Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim, Goa 7 Serangkai dan lainnya.
  • Sharing Class
Blogger Bertuah juga punya acara yang bernama sharing class yaitu kelas berbagi yang acaranya diisi oleh blogger maupun pemateri dari luar. Baik itu membahas tentang template blog, cara menulis yang baik, dan lain sebagainya. 
Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang asyik dari Blogger Bertuah, terlalu panjang untuk diceritakan disini. Blogger Bertuah memang menjadi pilihan utama bagi saya untuk belajar lebih dalam mengenai blog. Karena tetuahnya memang sudah pada hebat-hebat. Apalagi karena bisa bertemu dan belajar langsung dengan mereka. Oya, tidak lama lagi, Blogger Bertuah akan Anniversary yang ke-5 nih. Semoga makin maju dan jaya serta banyak memberikan manfaat untuk semua anggota, masyarakat, nusa, bangsa, agam dan negara, amiinn hehehe. Wassalam.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

12 komentar:

  1. Asyik...nama Cicajoli mengudara dang :D *kedip-kedip*

    ReplyDelete
  2. keren,.. lengkap bangetttt yah . ada tv nya juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya kak, dotsemarang juga keren :D

      Delete
  3. temenku sering banget ngomongin sungai kampar, tapi aku bingung kaya apa. Mungkin kapan2 kalo lagi punya koneksi bagus bisa lihat di bertuah tv ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. liat ja, banyak kok, videonya keren banget :D
      ya harus liat tuh pokoknya, hihi

      Delete
  4. waaah,, harus meluncur pekanbaru nih buat ngambil ilmu biar bisa bikin komunitas di Nganjuk,,
    blogger Nganjuk punya kotaangin.com tapi vakum kegiatan,, pengennya siih ada kegiatan semacam pelatihan blog,, insyaallah diusahakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiinnnn semoga cepat terealisasikan ya :D

      Delete
  5. Kreatif yah Mbak Iva , sekarang banyak sekolah Blogger dibuka / sekolah website , semakin banyak peminatnya dan semoga dengan pelatihan , blogger bisa menulis yang berkualitas bermanfaat dan say no to kopas. Trims infonya bagus.

    ReplyDelete
  6. Semangat Selalu buat Ngeblog nya Mbak Iva . .

    ReplyDelete
  7. Waaah jd semangat niih buat nulis. Ternyata ada komunitas blogger juga di pekanbaru.
    Saya juga newbie mba dan sedang merasakan minder kyk yg mba rasakan dulu..hehehe

    ReplyDelete