Home » , , » Konten Marketing
Friday, 17 January 2014

Konten Marketing

Posted by Mungkin Blog on Friday, 17 January 2014

Pada akhir-akhir ini memang sedang maraknya tentang Konten Marketing didunia perbloggeran. Secara sadar dan tidak sadar banyak blogger yang memiliki konten marketing didalam blongnya. Apasih konten marketing? Menurut beberapa informasi yang saya baca, Konten Marketing adalah informasi dalam bentuk media atau produk elektronik yang bertujuan membantu memasarkan atau promosi produk, jasa, usaha, perusahaan atau lainnya baik dalam bentuk tulisan, gambar, foto maupun video. Konten marketing biasanya lebih menjurus kedalam bentuk review yang menjelaskan jenis produk, keunggulan, cara mendapatkan, dan segala hal lainnya yang bisa dijelaskan tentang produk atau jasa tersebut. Tentu saja dengan harapan pembaca atau orang yang melihat menjadi tertarik menggunakan barang/ produk, jasa atau suatu usaha sehingga terbantu dalam hal pemasarannya.
Menyediakan konten marketing, tidak hanya bisa dilakukan melalui blog, melainkan seluruh media sosial lainnya seperti facebook, twitter, youtube, instagram dan lain sebagainya. Apakah sobat pernah menjadi penyedia konten marketing? Kalau saya sendiri mengakui bahwa memang diblog ini memiliki konten marketing. Mengapa saya mau menyediakan konten marketing dalam blog ini? Tentu saja ada faktor-faktor mengapa seorang blogger mau menyediakan konten marketing dalam blognya. Ada 2 faktor yang menjadi penyebabnya yaitu:
  • Internal
Faktor dari dalam diri blogger itu sendiri. Biasanya secara sadar blogger akan menulis tentang suatu produk, jasa atau suatu usaha dalam blognya berdasarkan keinginan pribadi. Hal ini terjadi apabila blogger tersebut merasa produk, jasa atau usaha tersebut memang layak untuk dibantu pemasarannya. Biasanya produk, jasa atau usaha yang dipilih adalah menjadi favorit bagi blogger tersebut. Untuk konten marketing yang saya miliki karena faktor internal yaitu postingan yang berjudul Mau Bakso Mataram? Tidak Harus ke Mataram. Saya menuliskan tentang bagaimana saya menyukai usaha kuliner tersebut dengan tujuan benar-benar hanya untuk berbagi pengalaman, informasi dan rekomendasi untuk pembaca. Selain dari itu, saya tidak mengharapkan apa-apa.
  • Eksternal
Faktor eksternal atau dari luar diri blogger itu sendiri. Biasanya kita membuatnya dikarenakan beberapa pengaruh dari luar misalnya seperti karena dibayar, mengikuti lomba, paksaan (mungkin) dan lain sebagainya. Jika bayaran cukup menggiurkan, memang tak jarang blogger mau membuatkan konten marketing. Untuk blog ini, contoh konten marketing yang tercipta karena faktor eksternal yaitu Biarkan Kulitmu Menikmati Indahnya Malam. Konten marketing tersebut saya buat untuk membantu pemasaran sebuah produk karena memang saya mengikuti lomba yang diadakan oleh perusahaan yang melahirkan produk tersebut. Ikhlas, walau akhirnya tetap saja mengharapkan imbalan dari pihak yang bersangkutan.

Nah itu dia sedikit pembahasan tentang konten marketing, baik itu pengertian, bentuk, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat. See you babay :*

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

3 komentar:

  1. kunjungan silahturahmi...!

    jadi teinspirasi tuk buat.. iklan bantuan untu korban bencana..

    ReplyDelete
  2. Salam Mbak Bro

    Jadi sebenernya pengertian content marketing adalah informasi yang senagaja dibuat untuk jualan ya.
    Baru sadar soal content marketing baru-baru ini.

    Mauliate
    Makasih

    ReplyDelete