Home » , » Asem Manis Cinta Blogger Energy
Friday, 28 February 2014

Asem Manis Cinta Blogger Energy

Posted by Mungkin Blog on Friday, 28 February 2014

Asem Manis Cinta Blogger Energy merupakan buku pertama yang resmi terbit hasil karya dari teman-teman dari grup blogger kesayangan, Blogger Energy. Butuh banyak perjuangan dari para admin (rangers) dan anggota (gyers) Blogger Energy untuk pada akhirnya menerbitkan buku pertama ini. Butuh penantian selama lebih kurang satu tahun untuk buku yang satu ini. Proyek menulis ini diberi nama NBBE (Nulis Buku Blogger Energy) dalam rangka satu tahunan BE. Jadi dengan tema kisah cinta absurd dan real, bersatulah para rangers dan gyers untuk membuat cerpen masing-masing. 

Untuk seleksi pertama dilakukan sendiri oleh rangers BE. Saya juga merupakan salah satu pengirim naskah untuk NBBE pada waktu itu. Total ada 50 naskah cerpen yang terkumpul. Dari 50 ada 31 naskah yang lolos dan diajukan kepada penerbit. Hebatnya, naskah saya lolos loh! Ini buktinya:
Hingga pada akhirnya ada penerbit yang mau nerbitin naskah kami dan naskah saya malah gugur. Dimana cuma ada 12 naskah yang akhirnya bisa masuk dalam buku BE, seperti gambar berikut ini:
Dari 12 naskah tersebut terbitlah buku pertama Blogger Energy yaitu "Asem Manis Cinta". Buku ini saya dapatkan secara tidak sengaja pada hari Selasa lalu. Waktu saya mencari referensi untuk proposal. Iseng-iseng lewat dibagian novel dan sekilas tampak buku ini. Awalnya cuek soalnya cuma berasa kenal covernya dan gak lama baru inget "Oh iya, itu buku BE.!", jadilah saya langsung putar balik dan beli bukunya seharga Rp.40.000.

Buku Asem Manis Cinta ini diterbitkan oleh penerbit Grasindo. Sesuai dengan judulnya, buku ini merupakan kumpulan cerpen cinta anak-anak BE yang ada asem dan ada juga manisnya. Total ada 12 cerpen didalamnya, seperti yang saya sebutkan diatas. Awal saya melihat sampulnya dan isi dalamnya, cuma satu kata yang bisa menggambarkannya, yaitu unyu. Begini penampakannya:
Narsis Bareng Buku Asem Manis Cinta >_<
Pada kata pengantar buku ada cerita singkat tentang Blogger Energy dan segala isinya. Lalu disambut oleh cerpen dari @sandalpedottt yang ceritanya jleb banget. Awalnya manis banget, pada akhirnya malah asem. Satu pertanyaan yang gak ada jawabannya dari cerpen ini adalah: Bagaimana cara cinta memaafkan? Saya juga gak tahu.  Selanjutnya tentang cerpen dari Mei yang berbau cinta dengan mitos tentang angka 13. Sampai dicerpen ketiga berhasil ngakak parah karena tulisan Edotz (penulis Cancut Marut juga). Ada juga cerpen tentang santri gaul yang jatuh cinta, nekatnya dia nembak cewek padahal belum pernah ketemu. Nekat. Tapi keren. Ada juga yang kena PHP, tapi pada akhirnya  ebih lega dan timbul quote seperti berikut ini:
"Ditolak itu lebih baik daripada mencintai diam-diam karena kamu masih diberi kesempatan untuk menyampaikan perasaan" - Jajang, 35 tahum kang somay.
Dan saya sangat setuju dengan quote dari kang somay tersebut. Mencintai dalam diam itu nyesek, mending dibilang walau pada akhirnya ditolak. Nah malah curcol. Kemudian disambut dengan cerpen Yoga yang benar-benar tragis, ceritanya tentang bagaimana dia belajar memaknai cinta dengan benar pada orang yang ternyata salah. Bisa dibayangkan sendiri gimana asemnya cerpen itu. Selanjutnya malah bukan cerpen, lebih ke hasil observasi gitu mengenai "Hal sepele apa aja sih yang bisa bikin orang pacaran berantem". Sama kayak cerpen Edotz, ini juga karya Ichsan (penulis buku Ayam Sakit) berhasil bikin saya ketawa cekikikan. Selain itu masih banyak cerpen lainnya, ada yang galau terus malah nyanyi Monita - Kekasih Sejati, ada yang so sweet-an dibawah hujan selama 10 menit. Ada juga yang malah foto narsis. Hingga pada akhirnya ditutup cerita yang sedikit horor. Kisah pacaran sama seseorang yang sering kerasukan gitu.
Seru, tapi ada satu yang saya rasa kurang dari buku ini. Ilustrasi. Gak ada gambarnya. Padahal kan pasti tambah asyik kalau ada gambar-gambar unyu ilustrasi gitu. Satu-satunya gambar yang ada cuma foto narsis si Nurul Prayoga -___-. Diakhir postingan ini saya cuma berharap, semoga dengan terbitnya buku Asem Manis Cinta ini, Blogger Energy semakin jaya dengan energy positif yang semakin bertambah dan menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Semoga juga buku pertama ini sukses dan ada project kedua sehingga saya punya kesempatan lagi. Hahaha amiiinnn.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

10 komentar:

  1. Keren!! Kamu deh kayaknya orang yang pertama ngereview buku BE.

    Selain kurang ilustrasinya, profil penulisnya juga. Haha

    Jangan sedih, va masih ada project selanjutnya.

    Tapi secara keseluruhan terlebih kualitas tulisannya gak nyeselkab beli bukunya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiikk gue pertamax
      iya bay, itu juga. profil penulisnya, cuma ada akun twitter doank, huuuhh
      oke gue gak sedih kok bay, pasti bakal serius utk project berikutnya, gak nyesel sama sekali, ini salah satu kebanggaan ngapain nyesel, kan! ;)

      Delete
    2. akhirnya uni dapat juga Va..

      iyaa nih..gak ada kata menyesal buat beli buku BE, itu karya kita semua..itu perlu dihargai..;) :D

      Delete
  2. aseeek deh kalo bikin ngakak parah haha, kirain ngakak unyu Va :D
    bener2 asem manis di dalemnya kan, enggak nyesel kan?
    Bukunya anak muda banget deh pokoknya~

    ReplyDelete
  3. haha iya setahun ya kira2 tp gak sampe setahun kok va :D 6 blan aja paling. tp gue aja sebelum beli udah lpa cerita2 mereka termasuk cerita ge sendiri hahaha. tp asli keren kan. yg 31 cerita aja udah keren semua. sayang emang harus dipangkas biar gak begitu tebel. next ikutan lagi ya

    ReplyDelete
  4. Selamat ya, tulisannya menjadi bagian dari Buku Asem Manis Cinta..
    Belom sempet ikutan nyertain tulisan, baru gabung BE soalnya.
    Mudah-mudahan bukunya jadi Best Seller, deh..

    ReplyDelete
  5. sama va gue juga nggak lolos, tapi nggak papa kita belum beruntung ajah kali yah haha

    wajib beli deh pokoknya. dan kalo bisa kalian sebagai anggota blogger energy, harus promoin gila2an. :) sales dadakan

    ReplyDelete
  6. Maknyuuuzzzz iva udah dapet bukunya!
    Huhuhu aku blom ni.

    Kyknya seru ya va baca bukunya :)

    Trnyata tu buku udah nyebar sampai di pekanbaru juga.yeeeea hidup BE (з´⌣`ε)

    ReplyDelete
  7. Amiiinn berharap bukunya bisa jadi mega best seller kayak yg bang edotz bilang haha.

    Eh izin kritik boleh ya kak? Menurutku review di atas nggak mesti diceritain ending tiap kisahnya, nati jatohnya jadi kayak spoiler. Setauku sih gitu, jadi kan bikin yang belom baca penasaran hehe.

    Tapi kalo dibanding punyaku, punya kamu lebih lengkap sih reviewnya. Hampir diceritain masing-masing ceritanya. Good!

    ReplyDelete
  8. di jambi baru masuk hari ini looooooooooooh.
    Lalalalala~ :D

    Baca review ini bikin penasaran sih.
    Cuma menurut aku kurang greget awawawaw.

    Berarti enak ya kamu, beli buku nya gak sengaja.
    Gak payah nyari kayak si Dwi itu yg berkorban banget.
    Aku jugaaaaaaa.
    Hiks

    AMIIN.
    Buku Asem Manis Cinta ada di bagian buku BEST SELLER gitu yaaaa.
    Hihi amin amin amin

    ReplyDelete