Home » , » Duh.. Pasang Iklan?
Friday, 21 February 2014

Duh.. Pasang Iklan?

Posted by Mungkin Blog on Friday, 21 February 2014

Siapa sih yang tidak kenal sama yang namanya iklan. Iklan ada dimana-mana, baik itu di televisi, aplikasi handphone, facebook, twitter, blog dan lain sebagainya.Tentu saja dengan maksud agar jasa/ produk lebih dikenal dan diminati orang banyak. Untuk kali ini saya ingin membahas tentang iklan yang dipasang di blog. Tidak sedikit loh blogger yang memanfaatkan jasa pasang iklan untuk memperoleh keuntungan. Tentu saja dengan harapan blogger mendapatkan bayaran dari penyedia iklan untuk jasa pemasangan iklan di blognya.

Kenapa Pasang Iklan di Blog?
Untuk saya sendiri, ada 2 alasan kenapa memilih memasang iklan di blog. Walaupun sebenarnya dulu sempat tidak mau sama sekali memasang iklan di blog. Dua alasan tersebut adalah cari uang dan biar keren. Ya iyalah, siapa yang gak mau dapetin uang cuma-cuma hanya dari pasang iklan di blog. Tentu saja ini salah satu cara gampang buat dapetin uang. Menjalani hobby dengan ngeblog, sediakan jasa pasang iklan, dan dapat uang. Gampang sih! (kayaknya!). Namun sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan, nanti akan saya jelaskan lebih lanjut. Alasan yang kedua adalah biar keren. Sesimple itu ya. Karena menurut saya sebuah blog dengan adanya iklan itu lebih keren, ada warna-warninya dan lebih ramai. Tapi dengan catatan, tidak membuat blog penuh dan membuat risih pengunjung.

Susah atau Gampang itu Relatif
Mendapatkan uang dari pasang iklan di blog, susah gampangnya itu relatif. Tergantung dari blogger itu sendiri. Biasanya sih blogger yang mempunyai blog dengan visitor yang banyak akan mengatakan bahwa mendapatkan uang dari pasang iklan di blog itu gampang. Sebaliknya blogger yang mempunyai blog dengan visitor sedikit akan lebih mengatakan sulit mendapatkan uang dari blog. Ada blogger yang membuka sendiri lapak di blognya untuk diberi ruang bagi pemasang iklan dan ada juga blogger yang memilih memasang iklan dari jasa penyedia iklan dengan konsep PPC (Pay Per Click), jadi setiap klik pada iklan di blog menentukan jumlah uang yang terkumpul. Dari 2 cara tersebut, tetap saja jumlah pengunjung blog menjadi penentunya. Apabila blogger menyediakan lapak sendiri, maka yang ingin memasang iklan di blog tersebut akan mempertimbangkan bagaimana jumlah visitor, rank dan kedudukan blog tersebut. Untuk iklan PPC juga sama, semakin banyak pengunjung maka semakin banyak juga kemungkinan klik pada iklan yang ditampilkan sehingga berpengaruh pada jumlah uang yang terkumpul. So, sulit gampangnya itu relatif. Tergantung blog dan pemilik blog itu sendiri.

Iklan MungkinBlog.com
Nah, untuk www.mungkinblog.com sendiri saya memilih untuk memasang iklan PPC. Tujuan utamanya sih buat meramaikan saja, soalnya untuk mendapatkan uang yang banyak dari iklan itu bagi saya sulit (walaupun ngarep ya), karena dengan pengunjung 500-1000an/ hari seperti blog saya ini masih terlalu sedikit untuk berharap banyak. Untuk iklan PPC yang pernah saya pasang di Mungkin Blog sudah cukup banyak macamnya, soalnya saya orangnya memang gak konsisten, apalagi semenjak di banned Google Adsense. Berikut sedikit cerita tentang iklan PPC yang pernah dipasang Mungkin Blog:
  • Google Adsense
Untuk pertama kali saya mencoba iklan ada Google Adsense. Pertama sekali mendaftarkan langsung diterima. Setelah sekian lama bergulat, akhirnya dibanned juga karena blog saya melanggar ketentuan. Waktu itu saya lupa menghapus postingan hasil copas yang sudah lama sekali. Padahal jumlah dollar yang terkumpul lumayan banyak tuh, gak sempat payout. Tapi yang dibanned cuma blog ini saja, akunnya gak dibanned, jadi masih bisa dipake script iklannya diblog lain.
  • Adsensecamp
Kalau penyedia PPC ini harga per kliknya terlalu murah. Gak tau juga alasannya kenapa. Tapi saya dulu sempat pasang iklan ini beberapa saat, buat meramaikan. Dan sekarang saya pasang lagi biar keren. Hah -___-". Liat tuh, sudah 26 klik, tapi masih 8.000an aja.
  • IdBlogNetwork
Nah, untuk IdBlogNetwork ini saya berhasil diterima dari rekomendasi teman blogger. Awalnya sebelum rank blog saya turun drastis, masih banyak iklan yang tampil. Memang sih, kemarin blog ini sempat dicuekin beberapa bulan. Alhasil harus terima kalau sekarang tampilan iklannya lebih banyak begini:
Segitu dulu cerita tentang pasang iklannya, kasian sekali saya belum pernah mencoba rasanya payout. Bagaimana dengan kalian sendiri, pernah mencoba peruntungan didunia periklanan blog?

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. masih penasaran sama GA, satu-satunya yang belom ketrima dengan blog yang sekarang,, pernah saldo sampe US$ 100 dibanned di blog lama,,

    ReplyDelete
  2. google adsense nya lumayan tuh Va,, sayang bgt yah kena banned. jadi tertarik juga nih...

    ReplyDelete
  3. Males pasang banner iklan lg va.
    Aku pernah s*tti ma laz*da tapi gak payout karena blm memenuhi standar.

    ReplyDelete
  4. gua ikut iklan di adsense ajah, biar gahoool

    ReplyDelete