Home » , » Skripsi Oh Skripsi
Saturday, 15 February 2014

Skripsi Oh Skripsi

Posted by Mungkin Blog on Saturday, 15 February 2014

Berpredikat sebagai mahasiswa semester delapan, itu berarti sangat dekat sama yang namanya tugas akhir alias skripsi. Di semester ini akan ada banyak orang yang bertanya kapan wisuda, sepertinya saya harus rancang jawaban mulai dari sekarang dan saya sudah punya satu jawaban yang akan saya jawab kepada setiap mereka yang mengajukan pertanyaan "Kapan wisuda?", jawabannya yaitu "Secepatnya". Setidaknya pertanyaan tersebut bisa mengalihkan pertanyaan masa lalu, "Kapan punya pacar?". So nice and so good. Halah.

Bicara soal skripsi, sekarang saya lagi semangat-semangatnya berjuang nih. Tentunya dimulai dengan proposal. Karena sekarang saya sudah menyusun proposal, itu berarti judul saya sudah diterima. Ya, sudah ACC. Penelitian saya adalah penelitian korelasi dengan judul:
Hubungan Tingkat Kegalauan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Keren kan? Pada percaya gak kalau itu judul proposalnya? Gak percaya? Ya udah. Kalian memang tidak pernah mau percaya. Kalian jahat! Duh, drama banget. Sebenarnya itu memang judul paling keren sejagat alay. Tapi bukan itu judulnya. Padahal saya penasaran banget pengen meneliti tentang tingkat kegalauan. Ada gak hubungannya dengan hasil belajar matematika siswa? Logikanya gini, kalian sering galau gak sih? Sering kan? Terus kalau lagi galau disuruh belajar, pelajarannya masuk ke otak gak sih? Kayaknya kan enggak. Apalagi zaman sekarang banyak siswa yang galau karena pacaran di usia dini. YAELAH..!! Ini judul keren banget sebenarnya. Kalau memang terbukti hubungan kedua variabel tersebut mempunyai keberartian yang tinggi, itu berarti kegalauan perlu dimusnahkan agar siswa bisa memperoleh hasil belajar yang baik. Haduh, lupakan judul yang gak masuk akal tersebut. Ya ginilah jadinya kalau galau mulu, skripsi pun mau diberi judul GALAU. Yaelah va...vaa...!!
Bicara soal skripsi itu seperti bicara soal hantu. Kesannya seram dan menakutkan banget. Ya iyalah secara kita ngerjainnya sendiri-sendiri. Tidak bisa menyontek lagi seperti mata kuliah sebelum-sebelumnya. Bisa copas tugas teman seenaknya. Tapi jangan khawatir, masih ada dosen pembimbing yang bersedia bantuin mahasiwa untuk mengakhiri studinya dengan sebuah skripsi. Nah, kali ini saya akan sedikit berbagi pesan dari dosen pembimbing saya agar sukses menyelesaikan skripsi.
  • Siapkan Senjata
Bisa diibaratkan skripsi ini medan perang. Untuk dapat melawan musuh, kita butuh senjata. Senjatanya adalah referensi. Ya, skripsi itu butuh referensi sebanyak mungkin. Sampai kita tahu pasti dengan sepasti-pastinya apa yang sedang kita kerjakan. Mau tau senjata saya? Ini dia:
Pernah waktu itu ketika saya dan teman saya masih ingin mengajukan judul proposal, kami datang menghadap dosen pembimbing tanpa satupun buku referensi, lalu apa kata beliau?
"Bagaimana kalian bisa perang kalau senjatanya tidak ada? Peperangan akan segera dimulai, tapi kalian tidak punya senjata. Jangan bilang, kalian baru mau nyari senjata saat musuh sudah mendekat! Kalian akan kalah!"
Saat itu kami cuma bisa diam dan sedikit tersenyum lalu pulang untuk mencari senjata hingga pada akhirnya senjata itu didapatkan dan sekarang kami berjuang di medan perang. Aseekk.
  • Konsisten
Bimbingan untuk kedua kalinya, saya dapat pesan lagi dari dosen pembimbing. Apa kata beliau?
"Menyusun skripsi itu harus konsisten, setidaknya dalam sehari kita harus lihat skripsi kita, mana yang mau disusun selanjutnya dan mana yang perlu diperbaiki"
Untuk konsisten itu memang susah banget, apalagi kalau sudah malas. Proposal malah di-diam-in. Memangnya proposal sama kayak kamu yang di-diam-in mulu sama pacar. Muahaha.
  • Target
Perlu target yang harus dikejar dalam menyusun skripsi. Kita harus membuat deadline sendiri, karena memang dosen tidak pernah peduli untuk menargetkan mahasiswanya kapan wisuda. Yang bisa menargetkan cuma diri sendiri. Oleh karena itu, rancang sendiri mulai dari sekarang mau wisudanya kapan.
Segitu dulu curhatan proposal menuju skripsi saat ini. Berhubung bimbingannya belum banyak, maka pesan yang didapat juga baru segitu. Semoga bermanfaat. Oke, postingan ini kayaknya makin gak jelas. Awalnya judul skripsi yang aneh, akhirnya malah tips dari dosen pembimbing. Haduuh. Maklum yang menulis lagi galau mikirin pacar skripsi. Sekarang saatnya mengucapkan:
"Oh, gini rasanya jadi mahasiswa tingkat akhir?"
Wassalam.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

9 komentar:

  1. Ayo, Sist tetap semangat menghadapi skripsimu. Singsingkan lengan baju tatapderap langkah kedepan jangan putus asa. Merdeka....!

    ReplyDelete
  2. Kita sama-sama semster 8 nih, Va.

    Punya gue masih bertahan dijudul, masih banyak yang perlu dirombak, dan parahnya tuh proposal gak kesentuh lagi. Hahaha

    Setuju deh, emang harus pake deadline.

    ReplyDelete
  3. Iya kita sama-sama semester akhir nih va, bedanya kamu semester 8, aku semester...........akhir! #halah
    Hahahaha... Wah ada lagi nih yg mau berjuang sama skripsi.
    Semangat va... Tapi harus diingat juga, wisuda itu gak wajib, yg wajib itu Sholat 5 waktu #Tolongdicatat #Okesip #sesat
    Hhahahaha xD

    ReplyDelete
  4. Semangat kak iva \m/ oh iya, hati-hati loh udah wisuda ditanya "Kapan nikah?" nah, siapin juga jawabannya dari sekarang ya :D

    sekedar saran aja sih, kayaknya kalo skripsi dibuat outline gitu (kayak novel) mungkin akan ada sedikit gambaran kali yaaa

    ReplyDelete
  5. Aku doain sukses buat skripsinya. Kamu juga doain aku dong buat skripsian kayak gitu juga di UNPAD. Doain supaya tembus lewat jalur SNMPTN. Oke? ;))

    ReplyDelete
  6. dan point yg paling penting adalah
    "menajlain hubungan yg baik dengan Dos bing"
    dijamin semua akan berjalan mulus...lus lus

    ReplyDelete
  7. sebagai seseorang yg pernah merasakan, aku juga tau apa yang kamu rasain, dan aku setubuh bget sama postinganmu..kalo aku dulu yg pertama tentukan target mau lulus di bulan apa gitu yak, terus abis itu kumpulkan senjata seeeeeebanyak banyaknya, jadi tuh aku tiap hari di perpusss melototin komputer yg ada di sana ddan skripsi skripsi jmn dulu buat referensi terus hrus konsisten dehhh, krena pasti akan byk banget tantangannyaaa..semangatt yak Va!

    ReplyDelete
  8. Cayo kaaak !! Semangaaat !!
    Doakan aku akan segera menyusul yaaaa.
    Masih semester 4 sih, tapi harus segera kelaaaar !!

    Judul skripsi nya apa sih kak?
    Penasaran pengen tau.

    ReplyDelete
  9. hahhahaa...pasti deh kalo udah semester tua gini rasanya galau, aku udah pernah ngalamin soalnya hihihi
    tapi emang bener sih kita harus siapkan mental dlu utk menghadapinya, salah satunya siapkan senjata perang seperti referensi buku dari perpus dan jurnal penting di internet, kalo udah gitu harus konsisten melakukan bimbingan
    capek deh
    sukses ya buat Iva moga bisa cepet kelar urusannya :) aseeek

    ReplyDelete