Home » , » Komputer Seperti Manusia
Tuesday, 4 March 2014

Komputer Seperti Manusia

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 4 March 2014

Pada zaman sekarang ini, siapa sih yang gak kenal sama yang namanya komputer? Mayoritas orang pasti sudah mengenal sama yang namanya komputer. Komputer tidak hanya tentang PC atau laptop yang kita punya. Komputer pada saat ini semakin memiliki arti yang luas. Banyak perangkat yang dapat disebut sebagai komputer. Dari zaman ke zaman, komputer semakin canggih dan lebih canggih lagi. Bahkan sekarang komputer sudah seperti manusia, bisa memiliki indera seperti manusia, malah sekarang sedang diusahakan bisa berpikir seperti manusia.
Para ilmuwan IBM sedang mengembangkan sebuah ekosistem perangkat lunak baru yang akan mampu mendukung sistem komputasi kongitif yang dapat berinteraksi lebih alami terhadap manusia. Sistem komputer kongitif ini dapat dilatih dengan kecerdasan buatan dan algoritma canggih. IMB Research mengatakan bahwa teknologi semacam ini memungkinkan untuk menciptakan "aplikasi yang meniru kemampuan otak untuk persepsi, tindakan, dan kognisi". Itu berarti komputer akan berurusan dengan data dan "berpikir" lebih seperti yang kita lakukan sebagai manusia. source
Itulah sedikit kutipan berita yang saya baca. Entahlah, saya tak akan pernah mengerti bagaimana proses itu bisa terjadi. Karena saya bukan ahli dalam hal-hal tersebut. Jika memang pada masa depan akan ada komputer yang bisa memiliki indera seperti manusia layaknya meraba, mencium, mendengar, merasa, dan melihat. Lalu ditambah lagi kemampuan berpikir seperti manusia. Tidak tertutup kemungkinan komputer masa depan berbentuk robot-robot canggih yang melakukan segala sesuatu hal seperti manusia. Tidak hanya sekedar berbentuk PC, laptop, netbook, tablet atau perangkat lainnya. 
Mungkin saja dimasa depan kita akan memiliki rekan kerja, teman bermain atau sahabat dalam bentuk komputer. Mengingat komputer semakin canggih, menambah keyakinan bahwa manusia akan semakin mau berlama-lama bersama komputernya. Kita lihat saja saat sekarang ini, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak manusia yang mau menghabiskan waktu berlama-lama bersama gadgetnya.
Komputer hanyalah buatan manusia. Tidak ada yang makhluk Allah SWT yang sempurna penciptaannya selain manusia. Komputer-komputer tersebut hanyalah buatan tangan manusia. Itu berarti manusia masih jauh lebih cerdas dibanding komputer. Setidaknya komputer belum bisa memiliki hati dan perasaan seperti manusia, kalaupun ada itu hanyalah buatan manusia. Itu berarti belum ada kemungkinan manusia menikah dengan robot. HAH
Oleh karena itu sejak sekarang kita harus mulai berpikir dan menanamkan prinsip bahwa dunia mulai berbahaya. Ini juga karena manusia itu sendiri yang menciptakannya. Lihat saja, sekarang banyak terjadi kematian akibat komputer. Seperti beberapa waktu yang lalu seseorang meninggal karena gadgetnya meledak. Memang, manusia semakin terbuai dengan kecanggihan komputer-komputer yang mereka buat. Bisa jadi ini mengancam peradaban manusia, apalagi ketika komputer berpikir seperti manusia. Sebuah hal yang menakutkan. Pernah saya membayangkan jika suatu saat bukan manusia yang menguasai komputer-komputer itu. Tetapi malah sebaliknya, komputer yang menguasai manusia. Mengerikan!

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

11 komentar:

  1. bukan sesuatu yang mustahil karena ada sistem pakar. bahkan sekarang sudah ada lho, robot sosial media (socialbot), dia adalah akun yang gaya berfikirnya seperti manusia, bisa nge-add orang, bikin status, bikin komentar, layaknya manusia biasa. :D

    ReplyDelete
  2. lama-lama bukan orang yang mainin komputer, tapi komputer yang mainin orang

    ReplyDelete
  3. ya computer adalah salah satu ciptaannya melalui perantara manusia. yang pasti gunakan komputer dengan bijak, jangan sampai diperbudak :D
    tapi komputer kan hanya membantu manusia, gak sampai menggantikan manusia.
    pas adzan, yang adzanin robot, lah masak yang sholat imamnya robot -_-

    nice post ^_^

    ReplyDelete
  4. Nggak bisa jauh dari komputer, udah lengket. hahha tapi jangan sampai nikah

    ReplyDelete
  5. secanggih apa pun komputer tetap ciptaan manusia dan sehebat apa pun manusia, tetap saja dia ciptaan Allah

    ReplyDelete
  6. 11 -12 sama Komennya Kang Didno, Secanggih apapun yang namanya komputer, kalau manusianya tidak bisa mengoperasikan tetap aja disebut gak canggih hehe

    ReplyDelete
  7. bukan tidak mustahil nanti komputer yang menguasai manusia. ngeri ngebayanginnya. kaya film sci-fie hollywood :(

    ReplyDelete
  8. lapangan pekerjaan juga kemungkinan akan berkurang, jika teknologi terus berkembang pesat

    ReplyDelete
  9. IBM memang visioner, mimpi Bosnya udah yang nggak mungkin nggak mungkin...

    ReplyDelete
  10. BALASAN UNTUK:
    @f.nugroho: ya emang begitulah, ternyata yg gak mungkin masih ada yang jadi mungkin, yang pasti bukan mungkin blog, muehehe
    @tama: hahaha canda aja :D
    @punkjack: insyallah jangan sampai kayak gitulah :O
    @sira: makasih, heheh iya, mana bisa gitu ya kan?
    @cica: pakai lem apa ca, bisa sampai lengket, nikah aja, pasti keren. huaua
    @kang didno: betul, semua itu kembali hanya pada Allah
    @mbak yuni: yaps betul mbak
    @udafanz: aku belum liat filmnya, gimana sih? ya jangan sampai gitu lah
    @yesaya: hhmm iya juga, tapi kok gitu? *bingung*
    @bg rizal: gak mungkin tapi masih bisa mungkin. Nah!

    ReplyDelete