Home » , » 4 Masalah Umum Bagi Calon Guru
Tuesday, 9 September 2014

4 Masalah Umum Bagi Calon Guru

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 9 September 2014

Sebagai seorang lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, saya tahu persis bagaimana rasanya menjadi seorang calon guru. Sebelumnya di semester 7 juga sudah pernah melaksanakan yang namanya PPL. Sebenarnya ada beberapa masalah yang pada umumnya muncul dalam benak seorang calon guru, karena menjadi guru bukan sekedar mengajar namun juga mendidik. Pastinya sebagai guru akan menjadi panutan dan contoh juga bagi anak muridnya. Selama empat tahun duduk di bangku perkuliahan saya sering berbincang-bincang dengan teman seperjuangan, masalah apa saja yang sering mereka dan saya rasakan saat berada pertama kali di dalam kelas. Pada umumnya masalah yang muncul diantara kami ini sama. Apa saja masalah itu?

  • Susahnya Menjadi Dewasa
Menjadi seorang calon guru yang ditempatkan untuk praktek di sekolah, masalah pertama sekali yang muncul adalah susahnya menjadi dewasa. Murid-murid di sekolah tentu memandang gurunya juga sebagai orang tuanya. Oleh karena itu seorang calon guru juga harus belajar bagaimana bersikap sebagai guru, tidak boleh kekanak-kanakkan seperti mahasiswa apalagi merasa seperti anak sekolahan. Calon guru harus siap dipanggil Ibu atau Bapak. Itu sudah kenyataan yang harus diterima. Masalahnya lidah pasti belum terbiasa menyebutkan kata Ibu atau Bapak untuk diri sendiri. Contohnya begini, "Sekarang Ibu minta kalian mengerjakan ....." Nah, untuk mengucapkan kata "ibu" itu sangat canggung dan bersikap seperti seorang ibu guru yang patut di-TUA-kan itu sangatlah susah. Tapi lama kelamaan juga akan terbiasa dan bukan lagi sebuah masalah.
  • Tidak Menguasai Materi
Masalah kedua yang muncul dan selalu membayangi calon guru adalah ketakutan tidak bisa menguasai materi. Takut nanti murid bertanya namun tidak bisa menjawab atau takut salah mengajarkan materinya. Ya itulah calon guru, berada di bangku sekolah selama 15 tahun ternyata belum cukup untuk meyakinkan diri bahwa ia bisa menguasai materi dengan baik. Hah lucu? Tapi memang itulah yang terjadi. Apalagi kalau disuruh mengajar kelas 3 SMA, materinya kan lumayan susah tuh. Masalah ini pasti selalu muncul menghantui. Takut banget kalau muridnya tiba-tiba nyolot bilang kalau yang diajarkan itu salah.
  • Perkara Mengelola Kelas
Baik saat microteaching atau praktek di lapangan, masalah yang muncul lagi pada mahasiswa calon guru yaitu perkara mengelola kelas. Teori sudah cukup banyak yang diketahui, baik itu metode, model, strategi pembelajaran untuk memudahkan menyampaikan pelajaran. Namun kenyataannya di lapangan, praktek tidak semudah teori. Apa yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Berharap murid menyimak dengan baik, tetapi nyatanya tidak.
  • Percaya Diri yang Kurang
Dari ketiga masalah di atas, intinya adalah masalah tentang kurangnya kepercayaan diri. Ya, karena kurangnya pengalaman, seorang calon guru selalu bermasalah dengan dirinya sendiri, selalu takut. Takut tidak menguasai materi, takut tidak bisa mengelola kelas, takut tidak bisa menjadi contoh yang baik dan masih banyak takut-takut yang lainnya. Akibatnya tidak sedikit loh mahasiswa calon guru yang praktek di lapangan mengajarnya jadi gugup sampai ketahuan lagi gugup sama anak muridnya sendiri. Hehe itu biasa untuk seorang calon guru :D
Memang tidak semua calon guru seperti ini, terutama yang kepercayaan dirinya tinggi. Tapi pada umumnya memang masalah-masalah inilah yang sering ditemui pada seorang calon guru. Namun, seiring berjalannya waktu masalah-masalah tersebut di atas akan segera teratasi jika calon guru itu sudah menjadi guru sebenarnya nanti. Ini hanya masalah waktu, lama kelamaan juga akan terbiasa jika dijalani dengan ikhlas. Dan yang akan muncul kemudian adalah masalah-masalah umum bagi seorang calon guru. Tentunya masalah tersebut muncul karena guru ingin menjadi guru profesional. Jadi gimana dengan kalian calon guru lainnya, samakah masalahnya dengan 4 masalah umum bagi calon guru di atas? Atau ada tambahan lainnya?

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. bener banget Va, keempat itu emang sering banget jadi masalah pra calon guru.. gue juga dulu gitu, dan gue tetep melaju dengan seadanya ... hehe
    yang penting nikmatin aja~

    ReplyDelete
  2. baru calon aja dah kena masalah gitu ya mblo. jadi guru emang makan ati. apalagi kalo pas dapet 'gajian tambahan' gitu, biasanya dipalakin oknum dinas. belum lagi kalo ngurus2in apa2 gitu n berhubungan sama orang dinas, dipalakin juga.

    ReplyDelete