Home » , » Lagu Galau Malaysia Tahun 90an
Wednesday, 10 September 2014

Lagu Galau Malaysia Tahun 90an

Posted by Mungkin Blog on Wednesday, 10 September 2014

Zaman dahulu kala sekitar tahun 1990an, banyak sekali lagu Malaysia yang ngetrend sampai ke Indonesia. Kalau tidak salah genre lagu ini yaitu slowrock. Rata-rata lagu malaysia ini merupakan lagu galau. Dari yang ditinggal nikah sama pacarlah, diputusin pacar, gak direstui orang tua, dan lain sebagainya. Sebelumnya dulu saya juga pernah menulis tentang lagu-lagu malaysia apa saja yang saya suka. Dari pemantauan di kotak komentar sepertinya teman-teman yang tinggal di daerah Pulau Jawa tidak cukup banyak yang tahu tentang fenomena lagu galau Malaysia tahun 90an ini.

Untuk sekitaran daerah saya, Provinsi Riau. Lagu-lagu galau Malaysia tahun 90an masih sering terdengar dimana-mana. Entah itu di dalam travel, toko kaset, rumah tetangga, karaokean. Masih banyak yang suka memutar lagi ini. Termasuk saya dan teman-teman. Tidak hanya itu, adik saya yang lahir di era millenium saja sampai tahu dan hapal banyak lagu galau Malaysia tahun 90an karena memang masih sering diputar dan sepertinya tak henti-henti diminati dan tak bosan-bosan untuk didengarkan. Kenapa ya? Setelah saya tanyakan pada beberapa teman disekitar, ada beberapa hal yang menarik dari lagu-lagu jadul tersebut yaitu:
  • Liriknya yang Puitis
Kalau masalah lirik, lagu zaman dulu sepertinya memang lebih memiliki lirik dengan maknanya yang dalam, tidak sekedar menceritakan secara langsung seperti kebanyakan lagu pada saat ini. Lirik lagunya sangat puitis dengan pemilihan kata yang sangat bagus-bagus. Seperti contohnya lagu Mega - Bayangan Grauan berikut ini: 
Andai di berikan emas permata.. Ku pilih senyumanmu 
Andai kupunyai mahligai indah.. Ku hadiahkan untukmu  
Dalam berjuta bintang berkelipan.. Kau bagaikan kejora 
Antara ribuan mata menikam.. Takkan kubiarkan kau tenggelam

Atau lagu Exist - Buih Jadi Permadani berikut ini. 
Oh mungkinkah diri ini.. Dapat merubah buih..
Yang memutih.. Menjadi permadani..
Seperti pinta..Yang kau ucap.. Dalam janji cinta..
Juga mustahil bagiku.. Menggapai bintang di langit..
Siapalah diriku.. Hanya insan biasa..
Semua itu.. Sungguh aku....
Tiada mampu..
Nah, udah keliatan bangetkan liriknya puitis banget, gak sembarangan lirik seperti lagu zaman sekarang pada umumnya. Bukan berararti lagu zaman sekarang gak bagus ya, ini hanya salah satu alasan saja kenapa lagu galau Malaysia tahun 90an sempat laku keras disini dan sampai sekarang masih tidak bosan untuk didengarkan.
  • Irama Enak Didengar
Irama yang mendayu-dayu ditambah dengan cengkok Melayu membuat lagu-lagu tersebut sempat booming, khususnya sekitaran saya ya. Iramanya pas bangetlah buat penghantar tidur dan menemani waktu santai biar mata tambah redup dan hati jadi layu.
Sumber
Nah, itu dia alasan kenapa lagu-lagu tersebut masih diminati disini. Memang gak semua orang suka, ini saya tulis hanya berdasarkan pendapat dari sekian banyak teman dan keluarga yang masih suka memutar lagu-lagu tersebut.
Kenapa saya menyebutkan lagu tersebut lagu galau? Karena memang kebanyakan dari lagu yang ada semuanya galau-galau. Palingan hanya beberapa saja yang tidak galau. Tapi justru itu yang membuatnya semakin diminati. Pas banget didengar waktu galau biar jadi tambah galau ya. Buat kalian yang mau tau apa saja lagu galau Malaysia yang ngetren di tahun 90an, berikut catatan beberapa penyanyi dan judul lagunya. Kalau mau download cari saja sendiri :p
  1. NewBoyz - Sejarah Mungkin Berulang (galau karena mempertahankan kekasihnya)
  2. NewBoyz - Andainya Kau Terima (galau karena salah, minta balikan ceritanya)
  3. NewBoyz - Meraung (galau pacarnya selingkuh)
  4. Exist - Buih Jadi Permadani (galau karena gak bisa menjadi sempurna dimata orang yg dicintai)
  5. Exist - Rindu Serindu Rindunya (galau udah putus tapi kangen, gak bisa mup on)
  6. Exist - Mencari Alasan (galau putus cinta, pacarnya memutar balik fakta, mencari alasan)
  7. Exist - Dirantai Digelangi Rindu (galau menunggu mantannya balik, tapi mantannya masih gengsi)
  8. Iklim - Gerhana Cinta Luka (galau putus cinta)
  9. Iklim - Suci Dalam Debu (galau karena pacarnya orang gak baik-baik dan banyak yg menentang)
  10. Stings - Ku Sapu Air Mata Perpisahan (galau putus cinta karena kedustaan)
  11. Stings - Dalam Diam Ku Mencintaimu (galau mencintai diam-diam)
  12. Lestari - Air Mata Dihari Persandinganmu (galau ditinggal nikah, kwokwok)
  13. Slam - Gerimis Mengundang (galau korban pehape, akhirnya putus juga)
  14. Slam - Rindiani (galau karena hampir putus)
  15. Screen - Bila Cinta Didusta (galau pacarnya selingkuh)
  16. Screen - Kita Ditakdirkan Berpisah (galau pacarnya selingkuh lagi)
  17. Achik & Nana - Memori Berkasih (galau putus cinta karena takdir dan perbedaan)
Wah, kalau ditulis semua, bisa gempor tangan. Cukup 17 itu aja deh ya lagu galau Malaysia tahun 90an nya. Semoga bisa dijadikan patokan buat download, ya siapa tau aja bisa jadi lagu yang setia menemani galau kalian. Komentar ya! Kalian berada di daerah mana dan pernah booming juga gak lagu galau ini? See you babaayyy ..>!!

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. bener2 lagu2 yg menggalaukan. Kalo denger gerimis mengundang & mencari alasan selalu inget masa2 broken. Hahaha

    ReplyDelete
  2. Informasi yang sangat berguna.
    Apabila ingin mendapatkan informasi tentang buku-buku bisa kunjungi Perpustakaan Gunadarma
    Terima kasih.

    ReplyDelete