Home » , , » Menuju Pandai Bermain Gitar
Tuesday, 25 November 2014

Menuju Pandai Bermain Gitar

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 25 November 2014

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sudah tidak pernah bisa lepas lagi dengan yang namanya musik. Setiap harinya ada saja lagu yang kita dengarkan dan nyanyikan, entah itu sekilas atau memang dinikmati dengan sungguh-sungguh. Nah, untuk masalah dunia musik ini, saya benar-benar penasaran cara memainkan gitar, setelah sebelumnya sudah berhasil melepas rasa penasaran dengan drum dan recorder. Melihat orang lain memetik dan menggenjreng gitarnya dengan nada yang asyik sampai nada yang galau membuat saya tertarik untuk mempelajarinya. Berikut sepenggal kisah perjuangan saya menuju pandai bermain gitar, siapa tahu bisa memotivasi yang masih mau belajar.

Kenapa tidak kunjung belajar bermain gitar?
Sebenarnya sudah sejak awal SMA dulu saya ingin sekali belajar bermain gitar. Namun kendalanya terletak pada alat musik itu sendiri. Tidak punya gitar, kalau saya tidak punya gitar, lalu bagaimana saya akan belajar? Sedangkan teman pun tidak ada yang bisa dipinjami gitarnya.
Pengalaman Pertama Bermain Gitar
Untuk kali pertama saya belajar bermain gitar, kira-kira 2 tahun yang lalu. Saat pulang ke kampung, kebetulan adik saya, Alvaro membeli gitar baru. Alhasil, saya coba pelajari dan hapal kunci-kunci dasar. Oleh karena itu pertama kali saya belajar, maka saya sedikit kesulitan untuk memindahkan jari-jari. Adapun lagu pertama yang saya pelajari dengan kord yang mudah adalah lagu The Virgin - Love Setengah Mati dengan kord D A D A G A D A. Benar-benar wooww, ternyata sakitnya tuh di jari-jari tangan saya, banyak yang berair seperti kena setrikaan. Perih!
Menuju Pandai Bermain Gitar
Sejak saat itu setiap kali saya pulang kampung, saya selalu mempelajari dan memahirkan diri untuk memindah-mindahkan jari dan mengatur petikan demi petikan yang sesuai dengan lagu. Hingga suatu hari saya berhasil membeli sebuah gitar yang sekarang saya beri nama "Gitar Galau". Kenapa? Karena saya suka memainkannya dengan lagu-lagu galau. Awalnya saya kebingungan cara stem gitar, nadanya semakin hancur-hancuran. Tapi saya menemukan solusinya, yaitu aplikasi Pitch Perfect Musical Instrument Tuner. Dari aplikasi tersbeut kita bisa menyetem gitar dengan waktu yang singkat dan tanpa butuh keahlian. Cukup samakan saja nada yang ada. 
Perlahan-lahan saya tidak lagi hanya bisa DADAGADA, tetapi sudah bisa A, B, C, D, E, F, G, Am, Dm, Em, D7, Bm dan lain sebagainya. Namun masih banyak juga kord gitar yang membuat saya kewalahan mengatur tata letak jari saya yang cukup besar-besar ini. Haha. Alhasil sekarang jari-jari tangan saya jadi semakin mengeras. Tidak sakit seperti dulu lagi. Masih menuju pandai bermain gitar, sampai saat ini mungkn masih belum ada apa-apanya.
Gitar Galau
Chordtela, Tempat Berburu Kunci Gitar Dasar
Chordtela.com adalah tempat saya berburu kunci gitar dasar, sesuai dengan deskripsi situsnya "situs kunci gitar dasar, mudah dimainkan dan mudah dihafal". Yupz, emang bener banget, kunci gitar yang ada di dalam situs tersebut lebih mudah dimainkan dan dihafal. Contohnya saja untuk lagu Yangseku - Pujaan Hati. Pada situs lain kunci gitarnya agak ribet, nah beda kalau di Chordtela lebih mudah. Jadi bisa belajar dengan lebih giat lagi secara perlahan-lahan. Dan yang bikin asyiknya, jika kursor diarahkan pada kord tersebut, maka akan muncul petunjuknya. Lihat gambarnya.
Ada Petunjuk Saat Kursor Diarahkan
Kunci Gitar Dasar Yangseku - Pujaan Hati
Kunci Gitar Versi Ribet Bagi Pemula (Yangseku - Pujaan Hati)
Situs ini benar-benar favorit saya banget dah, apalagi warna juga ada hijau-hijaunya, love banget :* Tiap hari bela-belain pantengin, paling seneng kalau ada update terbaru Lagu Malaysia. Tahu sendiri saya kan suka sekali Lagu Malaysia (jadul).
Nah, dari cerita di atas, mungkin bisa sedikit mencerahkan pikiran dan niat bagi orang-orang dan saudara sekalian yang ingin belajar bermain gitar. Ceeeiilleeehh bahasa gue wkwkwk. Dimana ada niat disitu ada jalan, semakin rajin maka semakin berhasil. Menuju pandai bermain gitar. Demi kehidupan yang lebih galau membahana badai. ROTFL

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

11 komentar:

  1. wih, belajar main gitar nih. Asyik yah bisa ngilangin bosen kalo lagi gak ada kerjaan :)

    ReplyDelete
  2. Akhirnya, gue bisa mampir ke blog ini lagi. Setelah sekian lama. "Iya, lama banget."

    Keren ya, cewek punya niat buat main gitar. Menurut gue ya, "Cewek pandai main gitar itu nambah kecantikannya 70%" :)

    ReplyDelete
  3. Selalu ada fase kapalan di saat belajar main guitar. Semangat terus jangan bosen dijejali kunci yang itu-itu aja nyampe mahir (y)

    ReplyDelete
  4. Keren.... kamu suka gitar, hingga mau belajar mainin gitar. Oh iya, Iva belajar nya perlu yg sabar ya.. untuk awal kali biasanya jari jemarinya akan bengkak dan memar, dan itu agak sakit. Tapi lama kelamaan it is okey.. yg penting positif aja ya, kalau galau lepaskan kegalauannya dg berfikir di sini dan hari ini. Jgn melihat masa lalu... okey... super!! hihi

    ReplyDelete
  5. Kerenlah, sebagai cowok gue merasa gagal karena kalah sama cewek yang bisa maen gitar hahaha

    Alat musik yang gue bisa cuman kecrekan dari bekas tutup botol doang *ehhh

    ReplyDelete
  6. Belajar main gitar itu emang seru abis. Dulu aku juga sempet belajar main gitar. Sebelum gitar kakakku dijual. Setelah dijual gak pernah megang itar lagi, gak punya sih :D. Emang pertama kalinya ujung jari ini pedes pedes gimana gitu, kayak abis megang cabe cabena dan gak cuci tangan.

    ReplyDelete
  7. Wuih keren. Aku juga mau dong belajar haha. Aku inget banget dari 2010 niat mau belajar tapi tiap diajarin teman, katanya jari aku ga cocok dan ga ada feelnya untuk main gitar. Gonta ganti guru tetep jawabannya sama. *rajam jari sendiri* yaudahlah emang cocoknya ngetik aja kali nih jari. Anyway nice post kak ^^

    ReplyDelete
  8. Waaahh... keren , Iva bisa main gitar... selalu suka klu liat orang metik gitar... apalagi klu cewek...pokoknya keren bgt di mata sy. sy pernah sih skli bljr... tp gk bisa2 emang krn gk terlalu niat jg sih kyk Iva cb klu niat dn pantang menyerah pst bisa jg, hehehe

    ReplyDelete
  9. @elang: hehe iya mas, terutama itu sih tujuannya

    @heru: iya lama ya pangeran wortel wkwk, duuh berarti aku tambah cantik, makasih :D

    @bintang: oke deh, terimakasih semangatnya

    @makruf: iya udah tau kok, udah ditulis tuh di atas, hehe aku sebenarnya gak galau, cuma suka aja dengan sensasi galau

    @priest: haha jgn merasa kayak gitu banget lah haha ya elaah kesian di lampu merah dong ya haha canda

    @latifah: haha awalnya emang gitu tapi lama2 kalo diterusin gak kok

    @uni: waahh ternyata ada juga cocok gak cocoknya yaa, iya deh hehe makasih ><

    @siska: iya pokoknya tuh jangan menyerah, aku juga masih belajar nih, belum terlalu bisa :D

    ReplyDelete
  10. pengen belajar juga, tapi belum sempet

    ReplyDelete
  11. kalau aku lebih suka ke chordvisa.com dan chordindonesia.com karena lebih cerah websitenya, lihat website gelap lama2 pusing kepalaku

    ReplyDelete