Home » , , » (Menjadi) Guru Profesional
Thursday, 8 January 2015

(Menjadi) Guru Profesional

Posted by Mungkin Blog on Thursday, 8 January 2015

Menjadi seorang guru professional, itulah yang menjadi cita-cita saya pada saat ini. Pasca diterimanya saya sebagai guru honor dibeberapa sekolah, tugas saya sekarang semakin jelas, begitu pula dengan cita-cita saya sebelumnya. Rasa syukur yang sangat besar saya limpahkan kehadirat Allah SWT yang sudah mengabulkan keinginan saya untuk menjadi seorang guru matematika. Awal tahun 2015, seluruh kehidupan saya berubah drastis, dari seorang mahasiswa yang baru saja mendapat gelar pengangguran menjadi seorang guru yang harus mengabdi di sekolah yang dulunya juga merupakan tempat saya menuntut ilmu.
Kehidupan perkotaan yang hiruk pikuk kembali berubah menjadi kehidupan yang lebih tenang dan damai. Kembali ke kampung halaman adalah sebuah keputusan final dari semuanya. Janji yang saya utarakan sebelumnya lewat kicauan di akun twitter, akhirnya saya tepati. Menetap dan mengabdi di kampung halaman. Sebenarnya niat itu sempat pudar dan janji itu hampir saja saya ingkari. Tapi sekarang saya penuhi, kemana saya akan bertempat tinggal setelah ini saya takdir kepada Allah SWT, yang terpenting saat ini saya sudah mengabdi sebagai guru di kampung halaman (seperti janji sebelumnya).
Guru yang professional, sepertinya masih agak jauh untuk mencapainya. Sebagai seorang guru yang baru saja benar-benar terjun ke lapangan, tentu masih banyak yang perlu saya benahi dan pelajari lagi. Ada beberapa hal yang harus dijalani oleh seorang guru baru, seperti pengalaman saya satu minggu ini. Namun ada satu hal yang sangat penting bagi seorang guru baru yaitu adaptasi.
Adaptasi atau penyesuaian diri yang saya maksudkan disini adalah tentang penyesuaian diri dengan lingkungan sekolah. Baik itu dengan tempat/lokasi, rekan kerja, pimpinan, murid dan warga sekolah lainnya. Perlahan-lahan kita harus tahu satu persatu ruangan kelas, nama-nama guru, nama-nama murid, jadwal pergantian pelajaran, terbiasa dengan kondisi ruangan yang ada, peraturan-peraturan yang ada dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, menjadi seorang guru sebenarnya gampang-gampang susah. Harus tahu bagaiaman teknik mengajar dan juga cara mendidik, karena menjadi seorang guru tidak hanya bertugas sebagai pengajar namun juga sebagai pendidik. Bagi saya yang memang baru pertama kali mengajar di sekolah, tentu saja masih banyak hal yang harus dipelajari. Bisa belajar dengan pengalaman, atau bertanya-tanya dengan rekan sesama guru lainnya. Apalagi di sekolah tempat saya mengabdi guru-guru yang mengabdi  juga merupakan guru-guru saya sebelumnya. Suatu kebanggaan berada disekitar beliau. Semoga kelak saya bisa sehebat beliau-beliau sekalian. AMMmiiinn. Semoga menjadi suatu inspirasi untuk teman atau adik-adik yang mempunyai cita-cita sama seperti saya.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. selamat cik gu, salah satu amal yang tidak akan pernah putus adalah ilmu yang bermanfaat. :)

    ReplyDelete