Home » , , » Air Terjun Hulu Lembu (Hulu Lombu)
Saturday, 7 January 2017

Air Terjun Hulu Lembu (Hulu Lombu)

Posted by Mungkin Blog on Saturday, 7 January 2017

Holaaa, kali ini saya kembali untuk menceritakan trip saya ke Air Terjun Hulu Lembu pada liburan semester kemarin. Mudah-mudahan postingan ini bisa memberikan petunjuk bagi teman-teman yang ingin berwisata di Kab. Kuantan Singingi, Riau. Kalau mau tau keindahan kampung halaman saya bisa kalian baca dan simak setiap postingan yang ada pada label "Pesona Kuantan Singingi". Ada 20an lebih air terjun disini, tapi saya baru jelajah 3 air terjun. Masih alami, jadi aksesnya masih sulit. Itulah kendalanya. Langsung saja, berikut ini penjelasan tentang Air Terjun Hulu Lembu.
Letak Air Terjun Hulu Lembu (Hulu Lombu)
Air Terjun Hulu Lembu (Hulu Lombu) terletak di Kelurahan Muara Lembu (bahasa Kuansing: Muaro Lombu), Kec, Singingi, Kab. Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau. Surga tersembunyi yang satu ini terletak lumayan jauh. Kalau dihitung total waktu tempuh dengan sepeda motor adalah  1 jam 30 menit dari Kota Teluk Kuantan. Tapi kalau kami kemarin molor sampai 2 jam, maklum rempong.

Ngetrip ke Air Terjun Hulu Lembu
Air terjun Hulu Lembu bisa dikatakan tergolong salah satu air terjun yang masih alami dan masih sedikit campur tangan pemerintah dalam pengembangan wisatanya. Terbukti dengan tidak adanya tempat parkir, biaya masuk, akses jalan (misalnya tangga), ataupun orang-orang berjualan. Menurut kabar yang beredar, sama seperti air terjun batangogan, memang baru-baru ini juga air terjun hulu lembu lebih mudah diakses. Hari Kamis, 29 Desember 2016 adalah 4 hari menjelang liburan semester ganjil berakhir. Sementara mungkin hanya saya waktu itu guru yang tidak pergi liburan. Sekitar pukul 09:00 WIB terpikirlah oleh saya untuk menuju air terjun hulu lembu, sehingga akhirnya saya kirim DM di twitter ke salah satu murid saya yang rumahnya di Muara Lembu yaitu @Oky_Atni909 untuk menanyakan jalan menuju air terjun tersebut. Kalian juga bisa baca blog Oky tentang Hulu Lembu di artikel Realisasi Air Terjun Hulu Lombu Bebas Sampah. Lalu melayanglah sebuah tweet berikut:

Sangat disayangkan saya menghubungi Oky disaat tidak tepat, sudah terlambat mau minta tunjukin jalan karena Oky juga sudah mau berangkat sama teman-teman Pondoknya yang lain. Dari penjelasan Oky arah menuju air terjun tidak ada petunjuknya dan sebaiknya mengajak seseorang yang sudah tahu jalannya. Akhirnya saya putar otak, mengingat-ingat siapa teman saya yang ada di Muara Lembu dan akhirnya saya ingat Zailul, teman kuliah. Kirim BBM dan akhirnya bisa. Blogger harus punya bukti, buktinya foto. No Pict = Hoax. Nih!

DM dengan Oky

Chat BBM Zailul

Kami berangkat berempat (2 sepeda motor) dengan sahabat saya (Wiwik) dan adik-adik saya dari Teluk Kuantan. Kemudian disusul oleh 1 sepeda motor yang ditumpangi sahabat saya (Dedi S) dan adiknya. Ditambah 1 sepeda motor lagi ditumpangi Zailul dan 1 anak muridnya yang sudah menunggu di Muara Lembu. Total ada 4 sepeda motor kami berangkat dengan jumlah 8 orang. Jadi foto ini siapa yang fotoin? Ada lah adik cantik yang kebetulan juga liburan disana.

Dari Kota Teluk Kuantan ke Muara Lembu memakan waktu sekitar 45 menit jalan aspal. Nah, untuk menuju Air Terjun di Muara Lembu kita harus belok kiri ke arah Pangkalan Indarung dan memakan waktu sekitar 40 menit. Jangan lupa beli makanan atau minuman dulu karena di lokasi tidak ada yang jualan (sampahnya bawa pulang). Jalannya mulai masuk jalan semenisasi. Naik turun perbukitan sampai-sampai harus gigi 1 sepeda motornya. Lalu kami harus melewati juga jalan tanah kuning yang juga naik turun, harus hati-hati dan lumayan keringatan. Maklum cewek. Usahakan jangan bawa motor matic ya. Setelah menggunakan sepeda motor mendaki gunung lewati lembah ~~ serta lewatin sungai kecil akhirnya tiba waktunya kami parkirkan kendaraan kami disebuah tempat yang bisa disebut semak. Karena tidak ada abang parkir, jangan lupa gembok sepeda motornya dan berdo'a semoga masih rezekinya.

Perjalanan masih berlanjut sekitar 5 menit, berjalan melewati sungai dan perkebunan yang aksesnya memang masih alami. Tidak ada jalan semen, cuma perlu kerjasama dan kewaspadaan. Akar-akar pohon masih bisa membantu, hampir sama seperti Trek Batang Ogan yang lalu. Tetapi ini masih tergolong mudah dan tidak terlalu curam. Lebih kurang 5 menit berlalu air terdengar dari balik bebatuan besar dan tadaaaa..... Air Terjun Hulu Lombu.

Maaf Pose Garang
Air Terjun dengan ketinggian lebih kurang 30 meter, air yang sejuk dan percikannya membasahi kita yang berdiri didekatnya. Jangan takut buat berenang di air terjun ini karena tidak terlalu dalam, malahan masih bisa menyentuh dasarnya. Dasarnya merupakan pasir halus, mungkin itu juga alasannya kenapa air terjun ini airnya sedikit berwarna kuning. Tidak sejernih Batang Ogan, tapi lokasinya masih berkesan bagi saya dibandingkan Batang Ogan. Air terjun hulu lombu dikelilingi oleh tebing yang tinggi, bahkan untuk melihat pangkal air terjun kita harus menengadah. Itupun terlihat sangat jauh. Jangan lupa ambil foto dan video. Abadikan momen yang tercipta dan nikmati alam sebagai karunia dari Allah SWT yang pantas untuk kita jaga sebagaimana kita menjaga diri kita sendiri. Kalian terbaik!

Tibalah waktunya kami harus pulang, alhamdulillah sepeda motornya masih rezeki kami. Sayangnya dijalan pulang ada insiden adik dan adik sepupu saya mengalami kecelakaan sepeda motor, Tidak terlalu parah. Tetapi bisa dijadikan pelajaran untuk kedepannya agar tetap berhati-hati dan ingat jangan bertingkah aneh-aneh atau macam-macam kalau kita sedang berada di alam. Hal buruk bisa saja menghampiri, selalu waspada itu yang penting.

Foto ini diambil adik saya Taufik, dari sebelah dalam air terjun
A photo posted by Iva Mairisti (@iva_gs) on

Kita cuma butuh kesadaran diri saja untuk tetap menjaga alam, agar suatu saat anak cucu kita bisa merasakan yang kita rasakan pada saat ini. Bukan hanya sekedar cerita, melihat foto atau videonya saja. Inilah Kuantan Singingi, bagian dari Indonesia. Negara yang tak habis-habis keindahan alamnya untuk dikaji. Ayo ke Riau. Ayo ke Kuansing! Berikut video kami di Ngetrip ke Air Terjun Hulu Lombu.