Home » , , » Trend Konten Tahun 2017
Tuesday, 17 January 2017

Trend Konten Tahun 2017

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 17 January 2017

Menjadi bloger tentu saja otomatis menghasilkan sebuah konten. Baik itu dengan tema yang serius, biasa atau bahkan santai. Bloger tidak hanya melulu tentang curhat, ada banyak jenis bloger di dunia maya. Setiap bloger pun berbeda-beda tema blog yang diusungnya. Ada yang kuliner, travelling, komedi, tutorial, review, news dan lain sebagainya. Semua itu tentunya menghasilkan konten. Konten pun juga tidakhanya dihasilkan oleh bloger saja. Lalu konten seperti apa yang diprediksi akan booming di tahun 2017? Mari kita ulas bersama.

Format Konten
Tahun 2017 menurut prediksi saya, lebih akan didominasi oleh vlog (videoblog). Mengingat bahwa pada saat ini internet Indonesia sudah semakin mudah dan murah untuk diakses. Sehingga banyak yang lebih suka konten yang praktis seperti video. Penikmat konten hanya perlu melihat dan memahami dengan tayangan, tanpa harus membaca. Hal ini mengingat bahwa masyarakat lebih suka dengan yang instan dan praktis. Tanpa bisa dipungkiri, textblog masih tetap akan dibutuhkan. Bagi sebagian orang yang suka membaca, banyak yang lebih memilih blog yang berisi teks. Selain bisa dipahami dengan baik, bisa pula dijadikan sumber untuk membuat artikel lainnya atau makalah. Bahkan masih banyak yang butuh artikel untuk dicopas. Hahaha. Hanya saja bloger pada saat ini butuh ide yang lebih untuk membuat judul sebuah artikel. Tentunya agar lebih menarik pembaca untuk membuka atau bahkan berkomentar. Namun seringkali pada saat ini pembuat konten terlalu melebih-lebihkan judul sehingga memunculkan persepsi yang berbeda-beda dari pembaca. Ini dikarenakan tidak semua penikmat konten mau memahami isi teks. Contohnya penikmat konten visual tadi, mereka adalah tipe orang yang suka dengan konten praktis. Mereka inilah yang sering kesulitan untuk memahami konten dalam bentuk teks. Penikmat konten seperti inilah yang seringkali berkomentar yang bahkan tidak sesuai dengan konten sebenarnya. Hanya membaca judul tanpa memahami isi konten. 

Oleh karena itu, kebanyakan bloger pasti mendukung artikel dengan foto atau bahkan video pada artikel agar lebih mudah dipahami dan menarik untuk dibaca. Kalau hanya musik dan suara atau sering disebut audioblog sepertinya tak lagi begitu diminati. Konten dalam format audio ini yang biasanya disalurkan pada radio. Tidak akan tren di tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Sudah jarang sekali orang mendengar radio. Jadi, format konten yang akan tren di 2017 masih hampir sama dengan 2016 yaitu video, teks, dan foto.  Memang perpaduan antara format video, foto dan teks adalah yang paling menarik dan mudah untuk dipahami.

Tema Konten
Nah, tadi itu masalah format konten. Kalau ini tentang temanya. Di tahun 2017, mungkin akan lebih didominasi oleh konten dengan tema komedi, travelling, dan kekinian.
Komedi akan menjadi salah satu tema konten yang masih trend, terbukti dengan banyaknya vlog yang berisi komedi di Instagram, Blog maupun YouTube. Tema curhat sepertinya tak lagi diminati.
Travelling juga menjadi konten yang akan banyak diminati. Tidak sedikit blog, channel, atau akun media sosial yang memiliki tema ini. Mengingat Indonesia yang kaya akan keindahan wisata alam, kuliner, budaya dan tradisi, konten travelling masih sangat diminati.
Kekinian merupakan sebuah tema konten yang semakin menjamur di Indonesia. Konten yang bertema kekinian ini contohnya "Om Telolet Om", tidak sedikit konten yang muncul akibat "kekinian" yang satu ini. Ada yang menulis beritanya di website/blog, membuat meme di media sosial, menjelaskan artinya dalam video di YouTube, menulis opini di Microblog seperti twitter, membuat musiknya, dan lain sebagainya. Itu semua adalah konten. Tema kekinian terus berubah-ubah tergantung musimnya.
Itulah konten yang mungkin akan trend di tahun 2017. Kenapa tidak ada tema politik atau prokontra yang akan jadi trend? Jelas saja karena saat ini kita masih terjerat UU ITE. Membuat konten di internet atau media tidak lagi semudah dulu. Ada sekian pasal yang siap menjerat. Cukup itu dulu prediksi saya untuk trend konten tahun 2017. Apa kalian punya pendapat lain? Silahkan tulis di komentar bawah yaaa...

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. Ngevlog yuk! Tapi juga kekinian. :D

    ReplyDelete
  2. Namun sebisa mungkin juga ada filter, meskipun kekinian kalau menurut saya kurang pantas dilihat dari segi agama dan sosial, tetap saja nggak bakalan ikutan meramaikan agar jadi trend...

    ReplyDelete
  3. mana vlog iva? lihat dong... haha

    ReplyDelete