Home » , » Mengapa Ada Berita Hoax? Cara Menanggapinya?
Tuesday, 14 February 2017

Mengapa Ada Berita Hoax? Cara Menanggapinya?

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 14 February 2017

Fakta dan Hoax. Merupakan tema yang belakangan ini sedang marak dibicarakan diberbagai tempat. Baik itu pada media offline maupun media online. Hal ini disebabkan oleh banyaknya berita-berita hoax yang bermunculan. Tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan berita-berita hoax tersebut. Bahkan kita sudah sering membacanya baik kita sadari ataupun tidak. Lalu sebenarnya apa tujuan orang atau sebagian kalangan menyebarkan berita bohong atau disebut hoax ini? Lalu bagaimana pula cara kita menyikapinya?

Apa tujuannya?
Tentu saja tujuannya berbeda-beda tergantung dari kalangan mana penyebar hoax itu berasal. Tetapi tujuan paling utamanya tentulah untuk mengambil keuntungan baik itu secara pribadi atau keuntungan sekelompok orang. Selain itu tujuannya adalah memecah belah sebagian pihak. Nah, berita hoax ini biasanya sering kali muncul tentang politik, agama, orang-orang terkenal, bahkan tentang suatu kejadian. Semua hal tersebut seringkali muncul menjadi viral oleh karena berita hoax tersebut. 

Bagi penulis berita, media massa, situs berita atau bloger sekalipun, hal tersebut merupakan suatu keuntungan apabila berita yang sengaja dibuat dengan cara berbohong (hoax) tersebut sampai menjadi viral. Tentunya akan menambah keuntungan dengan hadirnya sekian banyak pengunjung. Bagi sebagian kalangan lainnya, berita-berita hoax bisa pula menjadi keuntungan misalnya isu politik yang sedang hangat dibicarakan pada saat ini. Apabila ada berita hoax tentang suatu calon dengan niat menjatuhkan, maka calon lainnya akan memperoleh keuntungan. Namun semua itu tidaklah semuanya berlaku. Masyarakat Indonesia sekarang sudah berangsur-angsur bisa membedakan mana berita hoax dan mana berita yang merupakan fakta.

Bagaimana menyikapi?
Apabila dikaji dari sisi seorang bloger seperti saya, maka saya sarankan untuk menulis sebuah artikel berdasarkan kejadian sebenarnya. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan atas terbitnya artikel di blog kita. Kemudian apabila kita mengambil dari berbagai sumber, sebaiknya telaah kembali, apakah sumber tersebut dapat dipercaya untuk membantu kita dalam menambah informasi untuk menerbitkan artikel atau berita terbaru.
Apabila dikaji dari sisi pembaca, maka saya sarankan beberapa hal berikut. Ini berdasarkan pengalaman saya membaca berita atau artikel di dunia maya.

  • Baca Isi Berita, Jangan Judulnya Saja
Ini yang sering terjadi pada masyarakat Indonesia, menganggap berita hoax padahal sebenarnya fakta. Hanya karena membaca judul saja, bukan isinya. Pada zaman sekarang memang portal berita menghalalkan semua cara. Dulu saya pernah membaca "Rossi Meninggal Dunia". Judulnya sudah benar, namun kontroversi sekali, itu strategi sebenarnya. Kita yang harus pandai-pandai memahami, memang benar bernama Rossi tapi bukanlah pembalap yang ada seperti dibayangan kebanyakan pembaca. Ini bukan termasuk berita hoax, namun sering dianggap hoax karena kesalahan pada pembaca itu sendiri. Dari sini kita bisa lihat bahwa masyarakat Indonesia masih malas membaca dan memahami, sehingga gagal paham.
  • Cari Sumber Lain
Pada saat kita baca sebuah berita yang tidak jelas kebenarannya, apalagi diterbitkan oleh situs yang kurang terpersaya, maka ada baiknya kita cari sumber lainnya. Bahkan jika sumber tersebut menjadi portal paling populer pun, kita tetap harus baca berita dari berbagai sumber, agar kita dapat membedakan mana fakta atau hoax dan kemudian lanjutkan ke langkah berikut.
  • Telaah dan Lakukan Penalaran
Kita harus telaah berita yang diterbitkan. Bisa jadi berita tersebut hanya untuk kepentingan suatu pihak. Sebagai manusia yang diberikan akal dan pikiran oleh Allah SWT kita pasti bisa memikirkan berita yang masuk akal atau tidak masuk akal.

Demikian saja dulu pembahasan saya tentang gejolak FAKTA dan HOAX yang sedang marak diperbincang akhir-akhir ini. Semoga kita bisa menjadi bloger dan pembaca yang sadar akan baha HOAX yang semakin merajalela. Hehe. Sekian.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

7 komentar:

  1. Kadang tidak cuma berita "titipan" politik, tapi memang yang kadang juga bikin kesal berita "iseng" yang entah tujuannya apa. Yang pasti blogger ke depannya bisa menjadikan dunia informasi menjadi lebih positif dengan sudut pandang yang jujur.
    Ulasan yang menarik :-)
    @ge1212y

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget, palingan ya untuk menambah pengunjung

      Delete
  2. Kalau saya pribadi saat ini sudah mengurangi tingkat kekepoan terhadap berita dari situs-situs. Karena dengan begitu jari bisa terlatih untuk tidak sembarang share

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus dong kalau gitu, kalau saya masih suka kepo tapi emang jarang share sih

      Delete
  3. Iya sih, kebanyakan berita sekarang pada HOAX, sulit membedakan mana benar, mana yang salah..
    Apalagi sekarang orang-orang pada mudah percaya, padahal belum tentu benar.. intinya selektif aja pas dengar/baca berita apapun.. :D

    #SalamKunjunganBalik

    ReplyDelete
  4. bener banget, baca baca isinya secara menyeluruh dan endagpkan dulu utk menelaah isinya (sebelum beropini/nge-share)

    ReplyDelete
  5. Mantap...

    Follback www.mangandosetiawan.com

    Terima kasih

    ReplyDelete