Home » , » Top 3 Peserta Liga Blogger Indonesia 2017 versi Mungkin Blog
Friday, 3 February 2017

Top 3 Peserta Liga Blogger Indonesia 2017 versi Mungkin Blog

Posted by Mungkin Blog on Friday, 3 February 2017

Postingan pertama di bulan Februari. Alhamdulillah saya bangga dengan pencapaian 8 artikel dibulan Januari 2017. Ini berkat semangat ikut serta dalam kompetisi Liga Blogger Indonesia, tempat ber-liga-nya para blogger dari berbagai penjuru Indonesia. Dengan berlalunya bulan Januari, ini berarti sudah 4 pekan berlalu Liga Blogger Indonesia Musim ke-5 tahun 2017. Pekan ini merupakan pekan ke-5 Liga Blogger Indonesia. Tema pekan ini adalah review peserta Liga Blogger Indonesia 2017. Beberapa tahun yang lalu pada Liga Blogger Indonesia tahun 2014 juga pernah mengangkat tema ini yang kemudian saya tuangkan dalam artikel berjudul 4 Blogger Peserta LBI 2014. Namun, bedanya pada LBI tahun 2014 diwajibkan review 4 blogger (2 pria dan 2 wanita). Nah, kalau tahun ini hanya wajib review minimal 3 blogger dan dibebaskan memilih pria ataupun wanita.
Jika kita masih membicarakan perbedaan, pada tahun 2014 peserta LBI rata-rata adalah blogger yang rata-rata sudah saya kenal. Namun,tahun ini hanya beberapa saja yang saya kenal. Sudah berusaha untuk mengikuti twitter para peserta, tapi tidak di follow balik. Mungkin saya kurang menarik. Hahaha becanda. Jujur saja, selama 1 bulan Liga Blogger Indonesia 2017 berlangsung, saya hanya 1 kali berkomentar di blog peserta LBI. Selebihnya saya hanya baca-baca tanpa meninggalkan komentar. Hal ini disebabkan saya tidak tahu mau mulai berkomentar dari mana. Sesama peserta belum terlalu mengenal satu sama lain. Takut salah-salah bicara dan menyinggung perasaan. Tetapi saya bersyukur, karena ada inisiatif dari panitia untuk membuat kami saling berkenalan satu sama lain dengan tema pekan ke-5 ini. Mau tidak mau secara tidak langsung setiap peserta saling cari tau informasi tentang peserta lainnya. Mulai dari nama lengkap, alamat, lihat fotonya, baca profilnya. Sebab itulah yang saya lakukan sebelum menulis artikel ini. Terimakasih panitia. Semoga ke depannya sesama peserta dapat saling komunikasi, karena walupun kita dalam LBI bersaing, tapi pada kenyataannya kita semua adalah blogger Indonesia. Langsung saja, berikut saya review 3 peserta Liga Blogger Indonesia berserta blognya:
  • Ririe Khayan
Mbak Ririe merupakan peserta Liga Blogger Indonesia yang pada pekan ke-4 ini berhasil duduk diperingkat pertama dengan selisih 2 poin dari peserta-peserta LBI lain yang ada pada urutan berikutnya. Mbak Ririe merupakan seorang personal blogger dengan akun twitternya @ririekhayan dan URL blognya ririekhayan.com. Berdasarkan profil Mbak Ririe pada halaman blognya yang berjudul Who Am I?, Mbak Ririe sekarang bertempat tinggal di Yogyakarta dan merupakan Ibu dari tiga orang anak. Wow. Super Mom. Mbak Ririe juga punya banyak jejak antologi loh, kalau saya baca disana ternyata ada sekitar 10 buku yang memuat karyanya. Amazing. Beda kalau saya, satu pun tidak ada. Duuh. Mbak Ririe juga sempat memenangkan sampai 14 lomba blog dan juga merupakan Juara Liga Blogger Indonesia tahun 2016. Saingan berat nih! Hehe peace Mbak.


Jika dilihat dari arsip blognya, Mbak Ririe mulai mengisi blog pada tahun 2011 dengan postingan terbayak ada pada tahun 2012 yaitu sebanyak 127 postingan. Kalau menurut saya, bagi seorang personal blogger, jumlah tersebut tergolong banyak. Blognya yang beralamat ririekhayan.com berada pada peringkat 3.574.191 pada alexa global rank. Seperti wajarnya personal blog, isinya lebih menyangkut personal. Artikelnya bertemakan pengalaman sehari-hari, opini pribadi dan juga catatan harian lainnya. Kalau masalah tampilan blog, sangat enak untuk berlama-lama mampir. Dengan latar putih dan font yang sesuai standar membuat mata nyaman membaca tulisan demi tulisannya. Hanya saja mungkin bagian header terlalu polos dan kurang berwarna (menurut saya). Memang selera tiap manusia berbeda-beda. Blog Mbak Ririe juga sudah aktif google adsense, berapa ya penghasilannya perbulan? Hehe. Pokoknya intinya Mbak Ririe saingan berat deh.
  • Farid Nugroho
Nah, kalau ngomongin Mas Farid, kayaknya gak ada bahan. Tapi saya usaha buat mencari bahan reviewnya kesana-kemari. Bela-belain deh, karena emang cuma Mas Farid peserta LBI sebelum-sebelumnya yang mau ngajakin saya ikutan LBI 2017. Katanya "gak ada lo, gak rame". Ini buktinya:


Farid Nugroho, itu nama lengkapnya dan akun twitter @f_nugroho. Peserta LBI 2017 yang satu ini mengikutsertakan blognya yang beralamatkan faridnugroho.my.id. Blog yang katanya merupakan pindahan dari blog lamanya yang beralamatkan edisipertama.wordpress.com. Mas Farid juga merupakan personal blogger. Jadi isi blognya ya masih tidak jauh-jauh dari opini pribadinya. Pada deskripsi profil blognya Mas Farid menuliskan "Blogger yang entah masih bisa disebut blogger atau tidak.". Tidak tau pasti alasannya menuliskan kalimat tersebut. Apa mungkin karena jarang nulis blog? Kalau Mas Farid termasuk kategori jarang nulis blog berarti saya apa dong ya (lebih jarang nulis)? Blognya duduk di 8.132.712 alexa global rank. Waah, bisa dibeliin iph*ne, Mas! Hehe becanda. Jangan marah. Ya, mungkin karena blognya belum terindeks dengan baik, karena blog merupakan blog baru (pindahan).

Dari template blog juga nyaman untuk disinggahi lama-lama. Setiap blog dengan latar putih dan font berwarna hitam akan tetap jadi blog ternyaman untuk dikunjungi. Daripada blog warna-warni bikin mata pedih. Templatenya juga ada nuansa hijau pada header, ditambah pula google adsense yang terpasang cantik di header dan widget sampingnya. Keren. Tetapi sayangnya pada header tidak dimanfaatkan dengan baik untuk menempatkan menu blog.

  • Rindang Yuliani
Rindang Yuliani dengan akun twitternya @Ryu_keren dan alamat blog bintangpamungkas.blogspot.co.id juga merupakan peserta Liga Blogger Indonesia 2017 yang menarik hati saya untuk direview. Walaupun saya hanya lewat-lewat saja di blognya, tanpa meninggalkan jejak komentar. Namun, tulisannya sangat enak untuk dibaca. Tampilan blognya juga imut dan nyaman dibaca. Berdasarkan profil google, Rindang merupakan kelahiran tahun 1992. Berarti kita seangkatan ya? Soalnya teman-teman angkatan saya rata-rata 1992 semua, akibat dulu saya kecepatan masuk SD. Dilihat dari arsip blognya, Rindang sudah menulis blognya sejak tahun 2008. Waah satu tahun lebih lama dibanding saya. Keren. Artikelnnya juga banyak-banyak tiap tahunnya dan sepertinya konsisten ditiap tahun untuk mengisi blognya. Terbukti dengan arsipnya yang selalu terdapat postingan ditiap tahunnya. 

Blog Rindang termasuk blog yang sangat ringan untuk diakses kalau menurut saya. Simple dan tidak banyak embel-embel. Fontyang dipilih juga bagus. Saat ini di pekan ke-4 LBI 2017, Rindang ada diperingkat 3 klasmen sementara. Berada satu peringkat di atas saya. Saingan berat juga nih. Sebenarnya poin kami sama, hanya saja peringkat yang sama ditentukan oleh jumlah komentar peserta LBI terbanyak diartikel blognya. Ini berarti Rindang orangnya ramah dan mudah bergaul, rajin blogwalking sehingga banyak yang berkomentar di blognya. Tidak seperti saya yang jarang sekali berkomentar di blog peserta LBI 2017. 

Nah, itu dia top 3 peserta Liga Blogger Indonesia 2017. Semoga kita bisa terus bersaing hingga liga usai. Memang kebanyakan peserta Liga Blogger Indonesia 2017 merupakan personal blogger. Hal ini juga sangat membantu kita sebagai peserta untuk terus konsiten ngeblog. Dengan mengikuti liga, kita seakan dapat kekuatan ngeblog kembali. Mengingat pada saat sekarng komunitas-komunitas blogger sedang turun keaktifannya. Mudah-mudahan dengan liga ini kita bisa sama-sama saling menguatkan. Dalam liga kita boleh bersaing, di luar liga kita tetaplah Blogger Indonesia. Harus bersatu untuk saling mendukung dan memotivasi. Sekian dari saya, mohon maaf untuk peserta lain yang tidak saya review. Bukan berarti saya tidak support, hanya saja akan jadi sangat panjang artikel ini jika saya review semuanya. Mudah-mudahan dikemudian hari ada suatu momen lain agar saya bisa review peserta lainnya.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

6 komentar:

  1. Mantap Mbak Iva, postingnya cepat bgt. Proses nulisnya lancar bgt, nggak seperti saya kebanyakan gaya. Hihi. Terima kasih banyak Mbak Iva atas reviewnya. Salam kenal ya. Tetap semangat ngeblognya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kok merendah jadinya. Oke salam kenal kembali, semangat juga utk kamu yaaa

      Delete
  2. Seperti berkunjung ke mall, datang tak harus membeli. Tapi pasti kedatangan kita sangat dihargai (apalagi kalau awal bulan... :-) just kidding) btw, nice review here :-)
    @ge1212y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha boleh lah yaa pemisalannya. Siipp deh

      Delete
  3. Ma kasiiih mbak Iva, blog jadi salah satu 'bintang tamu'nya.

    Iya banget, headerku masih polos. Sebenarnya pengen ganti background tp yg bantuin ngedesain masih kerepotan otak atik coding dr template awalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 ya mbak. Ttap semangat kalau gitu. Semoga kelar dgn cepat codingnya.

      Delete