Home » , » Jadwal Pacu Jalur dan Perahu Beganduang 2017
Tuesday, 14 March 2017

Jadwal Pacu Jalur dan Perahu Beganduang 2017

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 14 March 2017

Tahun 2016 sudah berlalu, masih teringat dengan jelas bagaimana rangkaian acara demi acara budaya yang dilaksanakan di Kabupaten Kuantan Singingi. Baru dua setengah bulan berlalu dari pergantian tahun, tapi setiap masyarakat disini selalu menantikan masa-masa itu. Satu Event Nasional yang sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat Kab. Kuantan Singingi (Kuansing), Riau yaitu Event Pacu Jalur. Sebuah perlombaan adu kecepatan perahu panjang (jalur) untuk memperingati HUT Republik Indonesia. Jalur-jalur tersebut ada yang perwakilan, dusun, daerah, kabupaten, provinsi bahkan negara loh. Dulunya Malaysia dan Singapura pernah mengutus untuk Event Pacu Jalur.
Event ini diibaratkan lebaran kedua bagi masyarakat disini. Nah, ibaratnya gitu deh, hasil jerih payah bekerja selama kurang lebih setahun akun benar-benar dihabiskan waktu Pacu Jalur. Orang perantauan pada pulang, kampung-kampung di Kuansing akan ramai lagi. Hal ini dikarenakan banyak yang kedatangan tamu dari luar kota, provinsi bahkan luar negeri untuk dapat melihat event ini. Pokoknya Event Pacu Jalur adalah event terbesar di Kuansing. 

Sebagai anak asli Kuantan Singingi tanpa campuran darah apapun, saya sangat bangga dengan tradisi leluhur yang masih ada hingga saat ini. Sudah lebih dari 1 abad lamanya Pacu Jalur ini. Hanya saja terkadang saya suka mirimelihat generasi penerus yang semakin tidak peduli dengan Event besar ini. Setiap ada yang bilang ke saya, “Ngapain lihat Pacu Jalur? Kampungan!”. Oke, bagi sebagian orang mungkin rasa cinta ke negerinya sendiri tidaklah terlalu besar, tetapi bagi saya adat, budaya dan tradisi akan saya junjung tinggi. Tak perlu malu dengan budaya kampung halaman sendiri, seharusnya kita bangga. Indonesia dengan sejuta pesona adat dan budaya. Tidak hanya Pacu Jalur, ada satu lagi event yang sangat dinantikan, yaitu Perahu Beganduang. Perahu Beganduang merupakan adu keindahan perahu-perahu panjang yang dihias dengan sedemikian rupa. 

Jadwal Pacu Jalur 2017 

Poster Pacu Jalur 2016

Doc. Pribadi
Pacu Jalur tidak dilaksanakan hanya sekali pada bulan Agustus saja. Melainkan ada rangkaian acara uji coba di 4 kecamatan rayon sebelum acara puncak pada bulan Agustus. Pacu Jalur rayon ini biasanya dilaksanakan pada 4 kecamatan terpilih. Jadwal tersebut biasanya dipastikan oleh Pemkab sekitar bulan Mei. Sehingga untuk saat ini jadwal pastinya belum tersedia. Namun, diperkirakan, setelah Hari Raya Idul Fitri tahun ini, sudah dimulai pacu jalur di 4 rayon dengan total 3 hari di setiap rayon dengan jarak waktu antara rayon 1 dan berikutnya bisa 1 minggu atau 2 minggu. Setelah itu baru acara puncak 4 hari di Kota Teluk Kuantan (Ibukota Kuansing) pada akhir Agustus (tanggal belum pasti). Tidak hanya itu, ada juga uji coba Pacu Jalur Mini dan acara puncak Pacu Jalur Mini. 

Kesimpulan: 

  • Pacu Jalur Kecamatan Rayon I – Pacu Jalur Rayon IV 2017 (diperkirakan dimulai usai lebaran)
  • Pacu Jalur Mini 2017 (Bulan Agustus sebelum Pacu Jalur Nasional) 
  • Pacu Jalur Nasional 2017 (4 hari di akhir bulan Agustus) 
AKAN SAYA UPDATE KEMBALI PADA SAAT SUDAH ADA PENGUMUMAN RESMI PEMKAB KUANSING 

Jadwal Perahu Beganduang 2017
Foto @kuansingpict
Ada lebih dari 10 perahu yang ikut serta dalam lomba ini, biasanya mengatasnamakan desa, dusun, mushalla, suku dan lain-lain. Dilaksanakan pada:
  • Ba'da Subuh (sebelum) sholat Idul Fitri
  • H+3 Idul Fitri
Diadakan di Tepian Muko Lobua, Lubuk Jambi, Kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi, Riau.
Doc. Pribadi
Nah, itu dia jadwal Pacu Jalur dan Perahu Beganduang. Dua tradisi leluhur yang masih dijaga kelestariannya di Kabupaten Kuantan Singingi. Bagi yang mau hadir kesini silahkan,kami terima dengan senang hati. Ohya, kalian juga haru baca ya artikel saya yang ini:
Cintai adat, budaya dan tradisi negerimu! Jangan munafik tentang rasa cintamu terhadap negaramu. Kita makan hasil buminya dan kita minum airnya, tak mungkin kita tak mencintainya (Indonesia). Jangan lupa komen dan share yaaa. See you.. :* 

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. Baru dengar dengan event ini.
    Seru ya sepertinya...

    ReplyDelete
  2. Seru. Saya pribadi belum pernah melihat secara langsung lomba perahu, tapi bagi saya daerah yang masih kental budayanya, menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang banyak kayaknya yg belum pernah lihat, karena emang hanya ada di beberapa daerah dan konsepnya pun beda2

      Delete