Home » , , » Perlukah Bloger Bergabung dengan Agregator Berita?
Tuesday, 7 March 2017

Perlukah Bloger Bergabung dengan Agregator Berita?

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 7 March 2017

Akhir-akhir ini agregator berita yang hangat diperbincangkan yaitu UC News. Bloger bebas untuk bergabung sebagai penulis pada platform yang disediakan. Walaupun sebenarnya sebelumnya sudah banyak situs agregator yang muncul, salah satu lainnya Kompasiana. Pada situs tersebut kita bisa menemukan berbagai macam berita atau artikel. Apabila kalian pengguna UC Browser maka pastilah sering menerima pemberitahuan berita yang viral. Nah, berita-berita tersebutlah yang ditulis oleh bloger yang tergabung dalam agregator tersebut. Pasca hadirnya salah satu peserta Liga Blogger Indonesia Musim yang lalu yaitu Kang Didno di acara Hitam Putih, trend ini semakin banyak diperbincangkan. Memang sudah banyak bloger yang bergabung, tapi banyak pula yang memilih untuk berdiam diri saja, saya misalnya.

Sebenarnya jika kita bicara perlu atau tidak bergabung dengan agregator berita, maka jawabannya kembali kepada diri masing-masing. Ingatlah kembali motivasi dan tujuan menjadi seorang bloger. Jika hanya untuk kesenangan sendiri (seperti saya) maka saya sarankan untuk tidak bergabung dengan trend tersebut. Namun, apabila tujuan terbesarnya adalah untuk mendapatkan penghasilan, maka bergabung dengan agregator berita merupakan salah satu cara untuk meraihnya dan memudahkan kita mendapatkan penghasilan yang tinggi dari ngeblog (jika serius). 

Lalu mengapa saya katakan "tidak" untuk bergabung?
Pertama, menulis di platform agregator berita dibutuhkan kreatifitas serta pemilihan kata yang menarik agar tulisan tersebut menjadi viral. Jika tidak, sama saja. Penghasilan tidak akan cepat bertambah dan artikel sepi pengunjung. Kedua, menulis di platform agregator berita sedikit tidaknya akan mengabaikan blog pribadi yang sudah dibangun sejak lama. Sebenarnya jika kita pandai untuk mengkoordinir blog pribadi hasilnya saya rasa juga akan lebih banyak daripada itu. Ketiga, menulis di platform agregator berita tujuan paling besarnya hanyalah untuk keuangan bukan untuk kesenangan. Sehingga akan membebani pikiran, sementara ini bagi saya menulis di blog pribadi adalah suatu kesenangan tanpa harus tertekan menciptakan konten yang dapat bersaing. Walaupun menulis di blog pribadi tetap harus profesional tapi bagi saya ini lebih menyenangkan dibandingkan bergabung dengan agregator berita.

Keuntungan bergabung dengan Agregator Berita?
Pertama, menulis di platform agregator berita tentunya memudahkan artikel yang kita tulis dapat mudah dibaca orang lain. Jika menggunakan blog pribadi tentunya harus lebih kerja keras untuk promosi. Walaupun sedikit banyaknya menulis di platform agregator berita juga harus promosi agar kontennya viral. Kedua, menulis di platform agregator berita akan melatih kita untuk menulis lebih baik. Dengan banyaknya saingan tentunya semangat untuk menulis lebih baik akan semakin tinggi. Ketiga, mendapatkan penghasilan dari konten viral. Kalau sudah viral kenapa? Kok viral terus dari tadi? Tentu, karena dengan menjadi viral-nya artikel yang kita buat pada agregator tersebut, akan berbanding lurus dengan penghasilan yang kita dapatkan. Kalau mau banyak penghasilan, jadikan konten kita viral.

Nah, itu dia alasan kenapa sebagai bloger kita tidak perlu bergabung dan perlu bergabung dengan platform menulis. Kalian termasuk bloger yang mana? Kalau saya masih setia sama MungkinBlog.com. Kalau kalian hadir disini hanya sebagai pembaca, komen di bawah yaa kalian lebih suka artikel dari suatu situs atau dari agregator berita?

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

15 komentar:

  1. Saya juga masih setia sama blog pribadi mbak :D

    ReplyDelete
  2. Karena saya masih susah merangkai tulisan yang baik dan benar sesuai EYD, sepertinya masih bertahan di blog pribadi. Tapi kelak, tetap harus dicoba :-)
    @ge1212y

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kita sependapat kalau gitu, gak pede juga sebenarnya

      Delete
  3. Dg tidak bergabung di agregator berita, semoga bisa ngeblog dengan lebih fokus ya. Tapi yang lebih penting ya itu tadi, hati jadi senang meski tak dapat uang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting bisa lanjutin hobby ya mbak

      Delete
  4. Untuk saat ini saya jg tdk tertarik untuk gabung di agregator berita. Entah besok2 bagaimana, hehe yg pasti skrng ingin fokus dgn blog sndiri.

    Klo sebagai pembaca saya lebih suka artikel di blog, klo agregator berita itu sbg untuk update informasi yg viral saja. Biar saya ga ktinggalan berita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siippp sama jg deh, kayaknya artikel di suatu situs lebih meyakinkan dibanding berita2 di agregator, karena sering dilebih2kan

      Delete
  5. kalau saya lagi ngintip2 dulu statistik tulisan di agregatornya hehehe

    ReplyDelete
  6. Sementara ini, saya cukup bergabung dgn agregator yg gratisan, semacam viva, cukup submit postingan yg ada diblog, lumayan bs nambahin view di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau viva harus pasang widget juga di blog kita kan, hhmmm ribet kayaknya mbak

      Delete
  7. Betul, yang opsi pertama sih yg paling nempel. Kita akan megabaikan blog personal kita. Saya aja yg ngga gabung apa2, masih sering lupa blog sendiri. Apalagi gabung~

    ReplyDelete
  8. oh jadi itu istilahnya agregator berita.. hm baru tau
    temen2 blogger di feed fesbuk gw sih ga terlalu rame bahas gituan. ada satu, tapi jarang banget post tulisan dia di UC. kalo gw suruh milih media baca berita, mending dari koran sih. lebih enak feel membolak balikkan kertas

    ReplyDelete
  9. Gaya bahasa saya masih jelek, gak bakal mampu deh gabung sama agregator berita..

    ReplyDelete