Home » , » Reputasi Bloger Dimata Search Engine dan Readers
Tuesday, 28 March 2017

Reputasi Bloger Dimata Search Engine dan Readers

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 28 March 2017

Bagi saya seorang blogger, menjaga reputasi tentulah sangat penting. Karena apabila reputasi tidak terbangun dengan baik, tentu blog akan hanya dipenuhi komentar-komentar negatif. Dalam artian disini, bukan kritikan yang membangun, malah akan menjadi cacian atau cemoohan. Oleh karena itu, membangun reputasi online bagi seorang bloger sangatlah penting. Membangun citra positif tersebut tidaklah mudah. Banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai bloger untuk membangun citra positif tersebut yaitu menulis dengan kalimat yang baik, bersosial dengan komunitas/teman sesama bloger, bangun konten positif dan masih banyak yang lainnya. Kita tidak perlu jaim (jaga image) terlalu berlebihan, kita bisa menjaga citra tersebut dengan tetap menjadi diri sendiri dengan cara mengontrol diri dari hal-hal yang berbau negatif. 

Reputasi online bagi seorang bloger tidak hanya dari mata pembaca saja, bloger juga harus punya reputasi yang baik dimata google. Tidak mau munafik, tentu apabila seorang bloger menulis di blog publik, itu artinya bloger tersebut ingin tulisannya banyak dibaca orang lain. Salah satu caranya tentulah dengan menjadi baik dimata google. Maksud saya disini, tidak hanya reputasi penulisnya saja, reputasi blog juga harus dipertimbangkan. Jadi, reputasi online seorang bloger tersebut tidak hanya dari pribadi sendiri melainkan juga peringkat blog di mesin pencari. Dengan demikian, akan meningkatkan reputasi positif di dunia maya.

Reputasi Blog Dimata Mesin Pencari (Google)
Menjadikan artikel di blognya menjadi halaman 1 di pencarian google merupakan impian para bloger. Untuk itu saya pun tidak main-main, karena saya tidak hanya mencari reputasi baik untuk diri sendiri, melainkan juga untuk blog ini. Akhir-akhir ini MungkinBlog.com reputasinya sangat buruk, pengujung dari search engine menurun drastis. Takutnya peringkat blog saya di Alexa pun ikut menurun. Untuk saat ini, MungkinBlog.com berada diperingkat berikut ini:

alexa rank mungkinblog
Alexa Rank MungkinBlog.com akses tanggal 28 Maret 2017
Saya rasa itu sudah sangat lumayan untuk personal blog seperti saya ini. Oo iya kalau boleh curhat sedikit, kemarin  blog ini sempat down banget pengunjungnya. Turun drastis dibandingkan tahun 2016, padahal lebih banyak update ditahun ini dibandingkan tahun lalu. Biasanya blog saya ini bisa mencapai ribuan pengunjung per hari. Tetapi akhir-akhir ini malah kurang dari 500 pengunjung per hari, bahkan sempat hanya 200an saja. Usut punya usut ternyata bermasalah dengan templatenya, mulai dari template yang tidak responsif sehingga pengunjung sulit untuk membuka blog saya dari berbagai perangkat mobile, struktur datanya banyak yang error setelah saya cek DISINI dan persentase SEO Friendly nya juga kurang dari 40% setelah saya cek DISINI. Akhirnya dengan sangat terpaksa, saya harus mengganti template yang responsif dan SEO Friendly. Lalu apa yang terjadi?Walllaaaa, akhirnya pengunjung dari search engine kembali berdatangan. Lihat gambar dibawah, itu grafik pengunjung yang mulai naik kemarin udahmencapai 700 pengunjung lagi. Mudah-mudahan sampai ribuan seperti sebelumnya. Amiiinn.

statistik Mungkin Blog
Statistik MungkinBlog.com hingga 28 Maret 2017
Nah, itu cara saya untuk membangun reputasi blog saya dimata mesin pencarian. Semoga menginspirasi. Lanjut yaa..

Reputasi Blog Dimata Pembaca
Setelah tulisan kita banyak ditemukan dan kemudian dibaca orang, baru kita akan bisa lihat komentar orang lain terhadap tulisan kita. Apakah akan mendapatkan respon positif atau tidak? Jika tidak, maka siap-siap reputasi negatif akan kita dapatkan. Imbasnya tidak hanya pada blog saja. Jika kita melakukan kesalahan di dunia maya, cacian tidak hanya datang di satu tempat saja. Maksudnya, jika kita membuat kesalahan dalam menulis blog, orang tidak akan menghujat di blog saja. Orang-orang akan dengan sigap mencari akun media sosial kita bahkan hanya untuk sekedar mencaci kesalahan kita. Seperti itulah yang saya lihat saat ini. Begitulah kejamnya dunia maya. Nah, jika reputasi yang kita bentuk baik, tanggapannya juga akan baik. Tidak hanya blog yang akan difollow orang, media sosialnya juga akan dicari bahkan kontaknya akan dicari untuk sekedar menyapa. Bahkan jika reputasinya benar-benar bagus, tidak tertutup kemungkinan akan banyak yang namanya fans. Btw kalian punya fans gak? Hihihi. Kalau saya sih enggak, saya merasa cukup hanya dengan menjadi bloger biasa dan reputasi yang biasa semoga suatu saat luar biasa (dalam hal positif). Amiiinn..

Jangan lupa like, komen, dan follow blog saya yaa.. Sekian, wassalam.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. Pengunjung blog saya alhamdulillah tidak pernah di bawah 500 per hari karena memang sudah menuliskan artikel yang kebanyakan dicari via search engine di blog saya. Mempertahankannya yang sekarang harus terus saya lakukan.

    ReplyDelete
  2. Apa yg kita tabur, maka jangan heran jk itu jg yg akan kita terima.

    Menjaga attitude saat online sama pentingnya dgn attitude sehari2 yg offline

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju....100%, jangan cuma jd blogger yg cari sensasi Mbak ya...., blogger narsis gitu

      Delete
  3. Kemaren saya sempat membuat artikel yang membuat para pembaca merasa tertipu. Tapi artikel yg saya buat bukanlah penipuan. Dan mereka menyatakan nyesal membaca nya. Saya jadi merasa bersalah.

    ReplyDelete