Home » » Perkembangan FinTech di Indonesia
Tuesday, 18 April 2017

Perkembangan FinTech di Indonesia

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 18 April 2017

FinTech merupakan singkatan dari Financial Technology. Tentulah ini kaitannya erat dengan masalah keuangan. FinTech ini merupakan industri baru di bidang keuangan untuk memudahkan kita bertransaksi. Tidak hanya masalah pembayaran, bisa juga investasi, peminjaman, transfer dan lain sebagainya. Di Indonesia perkembangan FinTech sudah mulai terlihat perkembangannya, walau di pedesaan seperti desa saya tidak banyak yang tahu bagiamana dan apa itu FinTech. Sebelumnya saya pernah bahas tentang startup kan? Nah, tidak jauh beda FinTech Indonesia juga didominasi oleh perusahaan startup. Baiklah, kali ini akan saya tuliskan perkembangan FinTech khususnya di masyarakat desa yang jauh dari kota besar.

Menurut pandangan saya pribadi, perkembangan FinTech di Indonesia belum berkembang pesat. Saya bisa katakan demikian karena disekitar saya saja yang berani menggunakan jasa online shop saja sangat minim. Bahkan disini, tidak ada ojek atau taxi online, apalagi jasa antar jemput barang dengan memanfaatkan GPS. Apalagi menggunakan FinTech dalam keuangannya. Kalau kita lihat dari sudut pandang masyarakat kota-kota besar, menggunakan jasa startup dalam kehidupan sehari-hari adalah suatu hal yang biasa. Tetapi hal ini tidak terjadi di pedesaan. Itulah alasan mengapa saya katakan perkembangan FinTech di masyarakat desa tidak terlalu cepat, walaupun sudah ada mungkin hanya satu atau dua orang saja yang mengetahui. Sekedar tahu, lalu tidak memanfaatkannya atau memanfaatkannya pada saat di kota saja karena memang tidak ada tempat berbelanja atau transaksi yang menggunakan FinTech.

Tentu ada alasan mengapa masyarakat awam masih jarang menggunakan FinTech di era modernisasi ini, penyebabnya diantaranya yaitu:
  • Sulit akses internet
  • Takut dengan penipuan
  • Terbiasa dengan cara lama
  • Kurang informasi
Nah, memang untuk kali ini saya membahas dari sudut pandang berbeda. Perkembangan FinTech di Indonesia tentu saja tidak bisa kita simpulkan hanya dari perkembangan di kota-kota besar saja. Apabila sudah merambah ke masyarakat yang jauh dari kota besar, baru bisa dikatakan berkembang pesat. 

Memang apabila perkembangan FinTech sudah sampai diseluruh penjuru Indonesia, masalah keuangan akan terasa lebih mudah dan praktis. Kita tidak perlu lagi membawa uang cash kemana-mana. Sebab di smartphone kita sendiri pun bisa melakukan pembayaran. Lagi pula FinTech ini nampaknya hanya banyak digrandungi perusahaan atau masrakat-masyarakat yang bertaraf penghasilan diatas rata-rata. Walaupun di Indonesia banyak sekali pengguna internet, namun tidak semuanya yang dapat menjangkau teknologi terbaru dengan sangat mudah.

Oleh karena itu, saya rasa perkembangan FinTech hanya terasa di kota-kota besar saja. Di kota kecil seperti kota saya tinggal, perkembangannya belum terasa. 

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Post a Comment