Home » » Coworking Space untuk Bloger
Tuesday, 2 May 2017

Coworking Space untuk Bloger

Posted by Mungkin Blog on Tuesday, 2 May 2017

Lagi-lagi Liga Blogger Indonesia membawa saya menuju wawasan yang lebih luas. Setelah sebelumnya LBI2017 membuat saya menjadi tahu tentang start-up, financial tech dan sekarang coworking space. Jujur saja, saya benar-benar baru pertama kali membaca kata "coworking space" itu dari tema Liga Blogger Indonesia pekan ke tujuh belas ini. Tentu saja hal ini membuat saya harus membaca dan mencari referensi lebih banyak lagi. 

Apa itu Coworking Space?
Nah, setelah saya baca-baca dari berbagai macam artikel. Bisa disimpulkan bahwa Coworking Space itu adalah semacam tempat untuk bekerja atau kantor yang bisa digunakan secara perorangan maupun perkelompok baik itu untuk bekerja, meeting, ataupun seminar. Perorangan bisa saja seorang bloger, enterpreuner, atau freelancer dan suatu kelompok disini maksudnya bisa saja komunitas atau startup. Start-up atau perusahaan kecil yang baru berkembang tentu saja memiliki budget minim untuk menyewa suatu kantor atau gedung untuk bekerja. Sehingga bermunculanlah jasa penyedia Coworking Space. Coworking Space tersebut nantinya bisa disewa per jam, hari, minggu, bulan maupun tahun. 

Kenapa Tidak di Cafe saja?
Oke, mungkin ada yang berpikiran demikian. Nah, tentu saja konsepnya beda. Kalau coworking space kita memang menyewa tempatnya saja, beda jika memilih cafe untuk tempat kerja. Tentu saja yang lebih dijual adalah makanan dan minumannya, sehingga biayanya lebih besar dan kemungkinan untuk fokus bekerja juga sangat kecil karena tidaksemua pengunjung datang untuk bekerja. Sementara coworking space memang khusus disewakan untuk bekerja.

Sumber: startupexpats.com

Perkembangan Coworking Space di Indonesia
Di Indonesia sepertinya sudah mulai berkembang seperti halnya start-up. Coworking Space juga mulai menanjak. Berbanding lurus, karena memang banyak start-up yang memanfaatkannya. Namun, lagi-lagi ini tidak terjadi di kota kecil tempat saya tinggal. Hal ini juga yang mungkin membuat saya awalnya tidak tahu dengan adanya Coworking Space. Thanks LBI2017 yang sudah membuat saya banyak tahu perkembangan baru di Indonesia.

Coworking Space untuk Bloger
Perlukah seorang bloger menyewa Coworking Space untuk bekerja. Menurut sebagian bloger mungkin hal tersebut dibutuhkan. Apalagi jika bekerja di Coworking Space dapat menambah teman dan bisa menjadikan motivasi karena suntuk kerja sendirian di rumah. Jika hal tersebut terjadi pada seorang bloger, menyewa Coworking Space mungkin bisa menjadi solusinya. Tetapi untuk bloger yang nyaman dengan lokasi yang sepi dan tenang untuk bekerja, mungkin menyewa Coworking Space bukan pilihannya. Bloger bisa saja membuat Coworking Space sendiri di rumah. Membuat tatanan ruang kerja mini sehingga nyaman untuk bekerja. Namun, bagi saya pribadi sebagai seorang bloger. Ruang kerja atau tempat kerja masih belum saya butuhkan. Karena untuk sejauh ini, sebagai bloger, saya lebih suka membaca dan menulis dimana saja yang saya suka. Tidak ada ruangan khusus apalagi menyewa Coworking Space, terutama karena di kota saya tinggal, tidak ada jasa penyewaan Coworking Space.


Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Iya ya Mbak, coworking space sebenarnya bisa dikondisikan dimana saja, tak terkecuali di rumah juga

    ReplyDelete