Home » » 5 Motif Batik Paling Terkenal di Indonesia, Kamu Wajib Tahu!
Wednesday, 25 October 2017

5 Motif Batik Paling Terkenal di Indonesia, Kamu Wajib Tahu!

Posted by Mungkin Blog on Wednesday, 25 October 2017

Berasal dari paduan kata dalam bahasa Jawa, 'amba' yang berarti menulis, dan 'tik' yang berarti titik, lahirlah batik. Yap, menulis titik di atas kain, seperti itulah kira-kira akhirnya kain batik terwujud. Tentu saja kamu bisa belajar bikin batik yang dipunya hampir di setiap daerah di Indonesia. Kamu hanya butuh tiket pesawat Citilink untuk terbang ke daerah yang kamu ingin pelajari batiknya.

Well, setiap daerah di Indonesia punya motif batik khas mereka masing-masing. Tak hanya sekedar menggambar saja, tiap motif pun punya maknanya sendiri. Ada banyak sekali motif batik di Indonesia, dan berikut lima di antaranya yang paling terkenal. Kamu pun mungkin sudah pernah mendengar namanya. Nah, untuk tahu lebih detil, yuk simak deh lima motif batik andalan berikut ini:

Motif Batik Mega Mendung
via. thelanguageofcloth.com

Motif yang satu ini tampaknya termasuk yang paling sering terdengar namanya. Berasal dari Cirebon, motif batik mega mendung ini merupakan perpaduan budaya antara penduduk asli dengan pemahaman filsafat yang dibawa masyarakat China yang pada masa itu masuk ke Cirebon melalui pelabuhan perdagangan.

Mega mendung berbentuk seperti awan, dengan warna yang menggambarkan suasana mendung. Motif dasarnya berupa garis lengkung yang membentuk gambar gumpalan awan. Warnyanya didominasi biru, putih, dan abu-abu. Nah, dari tiga warna itu, sudah bisa dibayangkan gimana nuansa mendung tercipta.

Motif Batik Parang

via. flivkr.com/65905349@N04

Batik Parang bisa dibilang salah satu motif yang sudah tua. Asli Indonesia, batik ini sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo). Didesain oleh pendiri keraton, motif ini akhirnya jadi pedoman utama dalam menentukan derajat kebangsawanan seseorang. Hanya raja dan keturunanya yang boleh memakai batik dengan motif ini.

Kini, semua orang bisa memakai kain batik bermotif parang, dan bahkan tak hanya berbentuk kain, tapi juga bisa dijadikan gaun. Motif menyerupai huruf S ini tampak saling terkait satu dengan lainnya, saling menjalin. Bentuk huruf S itu sendiri diadaptasi dari bentuk ombak, sebagai perlambang semangat yang tak pernah padam.

Motif Batik Sekar Jagad
via. batikmal.com

Masih juga dari Jawa Tengah, motif batik yang satu ini ada di dua daerah, Solo dan Yogyakarta. Motif sekar jagad ini sendiri berasal dari kata sekar yang berarti bunga, dan jagad yang berarti dunia. Keduanya, jika disatukan bisa punya makna keindahan dan keanekaragaman bunga di seluruh dunia.

Tapi ternya ada yang punya versi lain dalam memaknai motif ini. Dipercaya berasal dari kata kar yang artinya peta, dan jagad yang artinya dunia, sekar jagad dipercaya merupakan lambang dari keberagaman yang ada di dunia. Motif ini memang punya pola mirip gambar peta, dan warnanya pun bervariasi.

Motif Batik Kawung
via. indokabana.com

Lagi-lagi dari Solo, ada satu lagi motif batik yang namanya juga sering terdengar, batik kawung. Dinamakan begitu karena motif yang satu ini punya pola bulatan-bulatan yang menyerupai buah kawung, sejenis kelapa yang mungkin kamu lebih mengenalnya dengan sebutan kolang-kaling.

Kalau melihat gambarnya, motif batik ini juga bisa diartikan sebagai gambar bunga teratai yang punya empat lembar daun bunga yang sedang mekar. Bunga teratai sendiri merupakan perlambang umur panjang dan kesucian.  Kalau kamu perhatikan, motif batik kawung ini digambarkan berjajar rapi dan geometris di atas kain kain.

Motif Batik Pring Sedapur

via. tokopedia.com

Nah, kalau yang satu ini berasal dari daerah Magetan. Motif batik pring sedapur ini tepatnya berasal dari sebuah desa di lereng Gunung Lawu yang sangat identik dengan pohon bambu, yaitu Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan. Yap, seperti namanya, pring dalam bahasa Jawa berarti bambu.

Pring sedapur sendiri punya arti serumpun pohon bambu. Makna dari desain ini pun sangat filosofis. Kamu tentu sudah tahu kan kalau tanaman bambu biasa hidup bergerombol membentuk satu kekuatan, dan jika diurai menjadi sebuah tali yang sangat erat. Seperti itulah kira-kira yang ingin dituangkan dalam motif ini.

Nah, sudah tahu kan lima motif batik paling terkenal yang ada di Indonesia. Meski rata-rata berasal dari Jawa, namun bukan berarti daerah lainnya tak punya harta karun berupa batik. Kalimantan pun tak kalah, mereka juga punya motif batik khas yang sangat indah. Kamu bisa terbang ke sana dengan pesawat Citilink dan membuktikannya sendiri. Selain itu, masih banyak lagi daerah di Indonesia yang punya batik khas loh.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Post a Comment