Tuesday, 31 January 2017

Keroncongantar: Startup Kuliner Pertama di Pekanbaru

Kalau bicara tentang startup, kita tentu sudah tidak asing lagi. Sudah banyak startup yang ada di Indonesia salah satunya yang sering disebut-sebut adalah Go-Jek. Merupakan sebuah startup yang menyediakan layanan antar jemput. Nah, itulah salah satu contoh startup. Lalu apa sebenarnya startup? Kalau menurut saya sendiri startup ini lebih identik dengan sebuah perusahaan yang sedang berkembang dan berkaitan dengan dunia teknologi dan online. 

@selasiban_komik: Komik Lokal Kuantan Singingi

Setelah seminggu yang lalu saya review sebuah akun instagram kuansingpict. Akun kuansingpict lebih identik dengan gambar atau foto yang berkaitan dengan Kab. Kuantan Singingi (Kuansing), Riau (kampung saya). Nah, kali ini saya juga akan review sebuah akun instagram lagi. Saya akan membahas sebuah akun yang juga mengedepankan tentang Kuantan Singingi, namun dituangkan dalam bentuk komik di instagram. Akun tersebut adalah selasiban_komik. Siapa authornya? Kenapa diberi nama selasiban_komik? Yuk kita bahas, kebetulan saya pun sudah menanyakan beberapa hal tersebut kepada author selasiban_komik.

Tuesday, 24 January 2017

Akun Instagram @kuansingpict

Tahun 2017 sepertinya media sosial masih didominasi oleh Instagram. Banyak trending topic yang muncul dari perdebatan dan atau perbincangan di Instagram. Walaupun akhir-akhir ini Twitter juga kembali menunjukkan taringnya. Memang kalau bicara tentang media sosial, Intagram dan Twitter seperti yang paling banyak diminati. Selain memang aplikasinya memiliki banyak fitur, aplikasinya juga tidak berat dan lelet seperti halnya Path. Oleh karena itu, banyak pula bermunculan akun-akun Instagram dalam berbagai kategori. Ada kategori personal, perusahaan, travelling, kuliner, music, humor, info, tips dan lain-lain. Kali ini saya akan bahas tentang sebuah akun yang mengusung nama suatu daerah. Daerah tersebut adalah tempat kelahiran saya, Kab. Kuantan Singingi (Kuansing), Prov. Riau. Kabupaten yang berjarak sekitar 160 Km dari Kota Pekanbaru (ibu kota provinsi Riau).

Pentingnya Personal Branding Bagi Guru dan Blogger

Jika kita langsung berbicara tentang personal branding, sebenarnya secara tidak langsung rata-rata pengguna social media pernah melakukannya. Personal branding itu sendiri adalah bagaimana kita memasarkan diri sehingga citra kita secara individu terlihat lebih baik. Jika saya secara pribadi hal tersebut sudah pernah dilakukan, jelas saja karena memang saya seorang blogger dan seorang guru. Citra yang baik tentunya sangat dibutuhkan untuk mendukung kedua profesi saya tersebut. Sehingga sesungguhnya personal branding memang dibutuhkan untuk menunjang itu semua. Anda pun pasti pernah berusaha untuk menunjukkan brand Anda. Kalaupun Anda adalah seorang pelajar, salah satu langkah untuk membangun personal branding adalah dengan cara meraih prestasi. Baik itu prestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Dengan adanya hal tersebut tentu akan menunjukkan jati diri kita yang lebih positif. Itulah contoh-contoh sederhana dari Personal Branding.

Tuesday, 17 January 2017

Pesona Telaga Dompeng dan Danau Biru

Kembali lagi bersama saya di MungkinBlog.com. Yeaah. Kalau mau bicara soal tempat wisata atau tempat foto kekinian di sekitar Teluk Kuantan, saya banyak tahu. Kali ini saya akan bicarakan tentang telaga dan danau yang baru-baru ini muncul tanpa sengaja. Telaga dan Danau itu sebenarnya tidak punya nama resmi karena memang tidak dikelola secara resmi. Hanya sebagai lokasi wisata alam untuk bersantai dan foto-foto saja. Tidak ada yang jualan disana, tukang parkir atau bahkan tukang pungut uang masuk alias abang-abang karcis. Haha. Langsung saja.

Trend Konten Tahun 2017

Menjadi bloger tentu saja otomatis menghasilkan sebuah konten. Baik itu dengan tema yang serius, biasa atau bahkan santai. Bloger tidak hanya melulu tentang curhat, ada banyak jenis bloger di dunia maya. Setiap bloger pun berbeda-beda tema blog yang diusungnya. Ada yang kuliner, travelling, komedi, tutorial, review, news dan lain sebagainya. Semua itu tentunya menghasilkan konten. Konten pun juga tidakhanya dihasilkan oleh bloger saja. Lalu konten seperti apa yang diprediksi akan booming di tahun 2017? Mari kita ulas bersama.

Saturday, 7 January 2017

Air Terjun Hulu Lembu (Hulu Lombu)

Holaaa, kali ini saya kembali untuk menceritakan trip saya ke Air Terjun Hulu Lembu pada liburan semester kemarin. Mudah-mudahan postingan ini bisa memberikan petunjuk bagi teman-teman yang ingin berwisata di Kab. Kuantan Singingi, Riau. Kalau mau tau keindahan kampung halaman saya bisa kalian baca dan simak setiap postingan yang ada pada label "Pesona Kuantan Singingi". Ada 20an lebih air terjun disini, tapi saya baru jelajah 3 air terjun. Masih alami, jadi aksesnya masih sulit. Itulah kendalanya. Langsung saja, berikut ini penjelasan tentang Air Terjun Hulu Lembu.

2017 Masih Ngeblog? Kenapa?

Alhamdulillah. Hanya itu kalimat pertama yang bisa saya sampaikan, karena masih diberikan kesempatan oleh Sang Pencipta untuk menghirup udara tahun 2017. Walau kita tidak tahu sampai dimana kesepakatan kita dengan Allah SWT. Alhamdulillah juga di tahun 2017 ini masih bisa nulis blog walaupun dari tahun ke tahun postingannya semakin sedikit. Hiks. Kalau dihitung-hitung tahun ini akan menjadi tahun ke-8 saya bersama mungkinblog.com. Terus kenapa sih 2017 masih aja ngeblog? Sementara sekarang kan lagi trendnya vlog (video blog). Gak mau ikutin perkembangan zaman? Nah, dipostingan ini akan saya bahas apa motivasi terbesar saya ngeblog di tahun 2017. Kebetulan juga Liga Blogger Indonesia 2017 sudah dimulai dengan tema ini.