Home » » Header Baru MungkinBlog.com
Thursday, 29 March 2018

Header Baru MungkinBlog.com

Posted by Mungkin Blog on Thursday, 29 March 2018

Hallo sobat kembali lagi dengan saya di blog ini. Sebelumnya saya mau cerita, beberapa bulan belakangan jarang update blog itu cuma karena lagi kehilangan jati diri aja. Saya jadi jarang nulis dan baca-baca rasanya aneh, bikin stress. Makanya beberapa waktu yang lalu saya coba lagi untuk baca-baca blog teman-teman blogger yang saya kenal sampai saat ini. Saya kirain mereka sudah tidak menulis lagi seperti saya, tapi kenyataannya berbeda ternyata mereka masih menulis dan masih aktif seperi biasanya. Alhasil sekarang saya jadi pengen nulis lagi. Oke, kembali ke inti cerita sesuai judul artikel ini. Kali ini saya akan membahas tentang header MungkinBlog.com yang sangat fenomenal ini (haha).

Header MungkinBlog.com Mei 2017
Sebenarnya header sekarang yang bisa terlihat ini sudah terpasang sejak Mei 2017 yaitu betepatan ulang tahun MungkinBlog yang ke-8 tahun. Waktu itu saya berniat untuk mengganti header karena biasanya setiap tahun saya selalu ganti header supaya terlihat lebih fresh. Biasanya saya juga langsung mengulas tentang header tersebut tapi kenyataannya baru sekarang akan saya ulas dan bahas apa makna header ini. Berikut tampilannya header lama dan baru.
Header lama

Header Baru


Arti dan Makna Header MungkinBlog.com
Pada header MungkinBlog.com kali ini bentuknya merupakan kartun dan tidak menggunakan foto asli seperti biasanya. Kartun-kartun tersebut memiliki arti yaitu merupakan bangunan-bangunan yang menjadi ciri khas Kota Teluk Kuantan. Dimana dikota inilah tempat tinggal ternyaman bagi saya. Bagaimana sih penampakan asli kartun tersebut, berikut ini saya ulas.
Tugu Carano
Sebelah kiri ada kartun TUGU CARANO tugu ini salah satu ciri khas Kota kelahiran saya Kota Teluk Kuantan, karena dari arah ibukota Provinsi Riau (Pekanbaru) pertama kali yang akan kalian lihat kalau sampai di kotaku yaitu Tugu Carano. 

Tugu Dayung

TUGU DAYUNG merupakan salah satu icon Taman Jalur yang merupakan salah satu taman paling terkenal di kotaku. Kota yang identik dengan dayung mendayung. 

Admin (Iva Mairisti)
WAJAH ADMIN gak usah ditanya kartunnya lebih bagus dari aslinya (sejenis penipuan publik haha). 

Pacu Jalur
PACU JALUR merupakan tradisi kotaku yang dimana tradisi ini sudah lebih dari satu abad lamanya. Dimana tiap tahun ada perlombaan perahu panjang yang dinamakan jalur yang kemudian dipacukan untuk mengetahui mana jalur yang paling cepat. FYI tahun 2017, Pacu Jalur masuk nominasi dan mendapatkan Juara 1 di kategori Festival Pariwisata Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia (keren kan? iyalah). Baca artikel lengkapnya DISINI. 


Lancang Kuning

TUGU LANCANG KUNING ciri khas bumi melayu ya begitu identik dengan lancang kuning dan tugu air mancur lancang kuning ini juga terdapat di kawasan Taman Jalur Kota Teluk Kuatan (kota kecilku).

Nah, itu penjelasan tentang kartun-kartun yang ada di header MungkinBlog.com. Selanjutnya seperti biasa blog saya ini selalu dipenuhi warna hijau. Dulu teman blogger suka ngejekin blog saya bau baygon. Hijau terus sih.

Header Karya Siapa?
Header MungkinBlog.com bukan hasil karya admin (bukan saya). Melainkan hasil seorang cartoon creator yang merupakan admin dari @Selasiban_Komik. Beliau juga anak Kuantan Singingi, Riau. Setelah saya lihat hasil-hasil karyanya di instagram, ide langsung muncul di kepala saya untuk bekerja sama dengan beliau untuk menghasilkan header baru Mungkin Blog. Dengan diskusi yang cukup lama hingga berminggu dan lewat sebulan akhirnya jadilah header ini. Dengan sekian banyak revisi, akhirnya selesai dan tentunya tidak gratis. Karena bagi saya sebuah karya yang hasilnya luar biasa tentu harus dibayar setimpal. Rugi? Tidak, saya tidak merasa rugi sama sekali. Berikut ini bukti-bukti kami melakukan revisi bahkan diskusi yang alot untuk hasil yang maksimal. Klik aja kalau mau zoom (bahasa Kuansing).




Pencurian Header?
Setelah beberapa bulan header ini menempel di blog saya. Tidak menyangka ternyata banyak yang tertarik dengan tampilan header blog ini. Buktinya kartun header MungkinBlog.com banyak dicrop dan kemudian digunakan oleh percetakan untuk membuat spanduk bahkan undangan. Dari sini kita bisa lihat ternyata karya @Selasiban_Komik memang bagus-bagus. Kemudian saya dan Selasiban Komik mulai berdiskusi, kami tidak menyalahkan dinas pemerintahan yang mencetak spanduk dengan memanfaatkan kartun header tersebut. Tentu yang kami permasalahkan disini adalah "percetakan tidak kreatif". Dimana letak percetakan yang menggunakan hasil karya orang lain tanpa izin? Kami membayangkan bagaimana kami memikirkan ide dan desain serta revisi-revisi yang membutuhkan waktu tidak sebentar, sementara percetakan tersebut hanya tinggal comot bahkan secara GRATIS. Miris, itulah Indonesia hak cipta tidak terlalu diperhitungkan. Lucu ya. Jangan sampai kita seperti mereka yang tidak pernah menghargai karya orang lain. Malahan mengambil karya orang untuk komersil dan kepentingan pribadi. Berikut saya lampirkan bukti-bukti spanduk  dan undangan yang dicetak oleh "percetakan" tersebut. Semoga owner percetakan melihat postingan saya ini dan menyadari kesalahannya.



Header blog merupakan salah satu ciri khas blog itu sendiri. Dari header orang bisa ingat blog kita. Tapi kalau begini? Header blog saya sekarang terkesan "PASARAN". Bahkan ada orang menganggap kebalikannya, bahwa saya lah yang "MENCURI" karya orang lain dan kemudian  untuk diletakkan sebagai header blog. Sekarang fakta sudah terputar balik.  

Itu dia cerita tentang header MungkinBlog.com yang terbaru. Menurut sobat bagusan header yang baru atau yang lama sih? Kalau kalian ada diposisi saya sebagai admin blog yang headernya dicomot gratisan oleh orang lain, apakah hanya diam saja? Atau apa yang seharusnya dilakukan? Kalau bisa berikan juga sarannya ya. Terimakasih telah membaca, jangan lupa like, follow blog ini dan share artikelnya ya. Datang kembali di postingan terbaru nanti ya >_<

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

10 komentar:

  1. Sekilas gaya kartunnya mirip dengan kartun di sampul-sampul bukunya Raditya Dika. Bagus banget. Jadi kepikiran pengen minta dibikinin kartun juga sama teman kamu itu.

    Btw brengsek banget ya itu yang asal nyomot header blog kamu. Semoga mereka kena karmanya nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren yaa. Bisa-bisa aja kalau mau minta buatin hihi.

      Amiiinnn iya, gak bisa menghargai karya orang lain aja mereka itu

      Delete
    2. Paling sebel memang kalau hasil karya kita dijiplak, apalagi untuk urusan komersil. Di Indonesia belum ada hukum yang mengatur soal ini sih. Kemarin saya juga sempet baca berita soal novelis Indonesia yg ketahuan bahwa karyanya menjilak karya orang di Wattpad.

      Delete
    3. Waahh parah juga yaaa, novel dijiplak. Kok pada berani aja gitu yaa. Kayaknya pemerintah emang harus mempertimbangkan hukum tentang hak cipta yaa

      Delete
    4. Iya, kata penulisnya "Abis kalau pakai kata-kata sendiri, dirasa kurang bagus"
      Parah banget memang. Tapi memang di Indonesia, untuk soal kekayaan intelektual dan buah kreativitas, memang masih minim undang-undangnya

      Delete
  2. Wah, plagiasi karya tak cuma dalam bentuk tulisan melaikan desain blog. Miris juga. Moga yang ngelakuin beroleh balasan hilang berkah. Sabar, ya.
    Foto adminnya lebih cakepan, hehe. Desain yang lamaberkesan girly, yang barulebih punya ciri khas tersendiri jadi unik dan tak pasaran meski sayang desainnya dicuri orang.
    Ijo gak masalah, kok. Bikin adem dan ngingetin pada alam. Saya lom desain blog. Lagi kelimpungan karena tidak bisa geser bawah di ruang blogger untuk posting. Napa, ya? Akibatnya tak bisa edit link banner dengan yang baru. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak amiiiinnn sedangkan template blog aja kita kalau mau download tetap aja di bagian bawah menggunakan link pembuat, walaupun dibolehin copas tetap aja ada hak cipta disitu.

      Makasih mbak hehe, sekarang jd pasaran karena percetakan copas itu mbk 😫

      Loh kalau itu saya kurang paham deh, gak terlalu ngerti

      Delete
  3. Bagus sih headernya, penuh makna. Jadi ingat pas pertama bikin header blog, dan akhirnya bisa nge-hire orang juga~

    ReplyDelete
  4. Wah, ternyata tidka sekedar header. Bagus mbak, ku juga mau ah bikin yang ada maknanya gini. Ndak pernah kayanya saya punya header blog wkwk

    Mbak sudah hubungi peretakannya? sebel gak sih karya orang dipake gitu tanpa izi, apalagi buatnya kan gak susah dan gak gratis hmm

    ReplyDelete