Home » , » Resep Kentang Goreng ala Cafe
Sunday, 25 March 2018

Resep Kentang Goreng ala Cafe

Posted by Mungkin Blog on Sunday, 25 March 2018

Hallo sobat semua, kembali lagi bersama saya di MungkinBlog.com udah berlalu aja tahun 2017 dan blog ini baru mulai diisi kembali hari ini. Bulan ke-3 di tahun 2018. Lucu? Enggak juga. Malah bego sih ya. Si admin mau bayar domain mahal tiap tahunnya tapi blognya gak diisi lagi. Mungkin akan saya bahas di postingan lainnya kenapa bisa jadi seperti ini. Nah, kali ini lagi pengen banget nulis tentang resep masakan, berhubung kemarin udah nyobain dan terbukti sukses. Yeeaah. Resep kali ini yaitu "Resep Kentang Goreng ala Cafe". Sebenarnya dapatin resep ini di aplikasi Cookpad Indonesia tapi resep ini kemudian dimodifkasi sedikit sehingga saya bisa share disini. Oke langsung aja tanpa basa-basi lagi berikut ini resepnya.

Bahannya:

  • 1 kg kentang goreng (potong panjang-panjang seperti kentang goreng pada umumnya)
  • Bawang putih 4 siung digeprek (atau bisa sesuai selera)
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • Royco (penyedap rasa lainnya juga boleh)
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
Langkah-langkahnya (nanti fotonya setelah langkah ini ya, cek di bawah):
  • Rebus kentang yang sudah dipotong-potang sekaligus bawang putih yang sudah digeprek, masukkan juga 1 sdm garam, 1 sdm gula pasir dan air secukupnya. Yaiyalah kalau gak pakai air namanya gak direbus. Ingat. Jangan pakai minyak, kalau pakai minyak namanya digoreng muehehe.
  • Setelah kentang setengah masak, segera angkat dan tiriskan. Jangan sampai kentang terlalu lembut yaaa. 
  • Tiriskan di atas kain lap bersih atau tisu yaaa
  • Setelah agak dingin masukkan kentang yang setengah masak tersebut ke dalam kulkas selama lebih kurang 30 menit - 60 menit.
  • Kemudian keluarkan dari kulkas dan baluri dengan campuran 2 sdm tepung terigu + 1 sdm tepung beras. Kita juga bisa tambahkan royco atau penyedap rasa disini kalau rasanya masih kurang asin atau kurang pas.
  • Baluri seluruh kentang, bisa diaduk dengan tangan atau masukkan ke dalam wadah yang ada penutupnya dan goncangkan.
  • Nah, jadi deh, kentang goreng yang sudah dibaluri tadi bisa digoreng kapan saja. Kalau masih mau disimpan dalam kulkas lagi juga boleh.
  • Kalau lagi mau cemilan, tinggal goreng dan tambahi saus sambal atau tomat sesuai selera.
Nah, itu dia resep kentang goreng ala cafe. Hasilnya terbukti mirip banget loh dengan kentang-kentang goreng yang ada di cafe-cafe. Kentangnya tidak layu, crispy di luar dan lembut di dalam. Bisa dicoba ya kalau mau cemilan sehat dan mengenyangkan. Karena seperti yang kita tahu kentang kaya akan karbohidrat dan juga mengandung vitamin A, B-Kompleks, vitamin C, asam folat, mineral dan juga protein. Jadi kalau kita mau buat cemilan sehat, tentunya bisa banget dengan menggunakan kentang. Saya juga bakalan coba olahan kentang lainnya. Nanti kalau berhasil saya akan share lagi disini. Oiya jangan ketinggalan, berikut foto-foto step by step pembuatan kentang gorengnya.

Kentang iris memanjang

Bawang putih di geprek

Rebus kentang dengan bawang, garam dan gula

Setengah masak, tiriskan

Siapkan tepungnya

Masukkan dalam kulkas dulu

Kalau udah dingin baluri dengan tepung

Ready untuk di goreng nih

Bisa disimpan lagi atau langsung di goreng
Kentang Goreng ala Cafe
Oke segitu dulu ya untuk resep kentang goreng ala cafe kali ini. Kalau ada tambahan supaya hasilnya lebih bagus dan enak lagi. Tinggalkan aja komentar di kolom komentar di bawah ya. Jangan lupa follow terus MungkinBlog.com. Makasih buat yang udah baca. 

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

14 komentar:

  1. Aduh, bikin mupeng da ngiler lihatnya. Jadi pengen praktik namun gak punya kulkas, Mungkin nanti harus praktik di rumah Ipah sobat baikku untuk nebeng kulkasnya sekalian jadi cemilan rame-rame.
    Nuhun pisan rsepnya, saya tak tahu kalau bikin itu harus ada langkahnya. Pakai tepung beras segala. Biasanya digoreng biasa dan lembek pula hasilnya. Padahal saya dan Palung doyang ngemil. Kalau beli bekuan 'kan mahal.
    Salam kenal, ya, Mbak. Sering-sering promo di Blogger Energy, saling berbagi energi. Saya tak pandai masak jadi cuma nyimak resep orang, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak ada kulkas bisa diganti sama step yg masukin ke kulkas itu dgn direndam menggunakan air es mbak.

      Iya mbak kalau beli langsung mahal jadinya.
      Oke salam kenal kembali hehehe siippp deh

      Delete
    2. Direndan pakai air es untuk berapa lama dan es batunya berapa banyak kalau kentang 1 kg?
      kalau disimpan di kulkas 'kan ada acuan waktu, namun kalau direndam dalam air es berapa lama?
      Soal penggunan tepung fungsinya untuk bikin renyah dan itu dapat dari hasil ujicoba resep atau pemberitahuan dari mulut ke mulut? Ada banyak ibu-ibu sederhana kayak saya yang tak tahu. Bahkan sahabat saya yang mau saya simpan kentangnya di kulkas juga gak pakai cara gitu. Lagsung goreng tanpa tepung, cuma dibaluri tepung maizena sebelum digoreng. Apa sudah tepat?

      Delete
    3. Satu bungkus es seribuan cukup kok mbak, sekitar 30 menit juga sih.awalnya saya baca-baca resep mbak, setelah dicoba ternyata emang tepung itu yg bikin gurih,ada juga sih yg pakai maizena, tapi saya belum pernah coba pakai tepung itu jadi gak tau perbedaannya nanti bakal dicoba lagi 😊

      Delete
  2. Oalah. Ternyata sederhana ya cara bikinnya. Terima kasih tutorialnya

    ReplyDelete
  3. Menarik banget resepnya. Saya pernah bikin yang mirip-mirip seperti ini, tapi bumbunya serbuk plum yang rasanya asam manis. Ditambah bumbu lada dikit, jadi deh rasanya manis asem asin pedas ala nano-nano hehehe.

    Temen saya ada yang punya penyakit ini, dan memang susah sembuhnya. DItambah lagi, kondisi psikologis yang tidak baik juga dapat memicu penyakit-penyakit fisiologis lain seperti gangguan pencernaan dan lain-lain. Baguslah kalo sang penulis mampu mencurahkan kekurangannya menjadi sebuah karya yang indah seperti ini.

    Btw beberapa hari ini saya lagi gak bisa ngepost link di grup BE, kalo ada waktu, nanti main-main ke blog saya juga ya =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ada ada aja deh ya jadi nano nano gitu. Hehe maksudnya ini penyakit apa ya kak? Hehe gak mudeng sama komennya

      Oke kak

      Delete
    2. Aduh, itu kayaknya gua gak sengaja nulis komentar untuk blog orang lain di blog kamu, hahaha. Maaf ya, kayaknya kemarin lagi ngantuk, jadinya gak konsen nulisnya hahaha >_<

      Delete
    3. Hehehe oke deh gapapa kok maklum aja kalau gituπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ‘πŸ‘

      Delete
  4. Kesukaankuuuuuhhhh.

    Biasanya sih aku suka beli yang siap goreng. Nah sekarang nemu resepnya mungkin bisa bikin aku sedikit berhemat.

    Oh ya mba, itu terigunya merk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, lebih hemat kita bikin sendiri lebih banyak dapatnya. Terigu segitiga biru mbak

      Delete
  5. Waahhh ,,, kaya kentang yang di jual di supermarket gitu yaaa,, nanti besok deh aku pengen nyoba bikinn, penasaran euyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, bisa juga kita buat sendiri kan gak harus beli di supermarket jadinya. Hehe silahkan dicoba

      Delete